1. Menurut UU No.

25/1992 yang termasuk Perangkat Organisasi Koperasi adalah:
a. Rapat anggota, pengurus, dan pengawas *
b. Rapat anggota, pelanggan, dan pengawas
c. Rapat anggota, manajer, dan pengawas
d. Rapat anggota, guru, dan pengawas

2. Tempat dimana suara-suara anggota berkumpul dan hanya diadakan pada waktu-waktu
tertentu disebut...

a. Rapat anggota *

b. Pengurus

c. Manajer

Pengawas
d.
3. Orang-orang yang bekerja di garis depan, mereka adalah otak dari gerakan koperasi dan
merupakan salah satu faktor yang menentukan berhasil tidaknya suatu koperasi disebut...

a. Rapat anggota

b. Pengurus *

c. Manajer

d. Pengawas
4. Mempunyai sifat sebagai pemimpin, yang disegani anggota koperasi dan masyarakat
sekelilingnya. Dihargai pendapatnya, diperhatikan saran-sarannya dan diindahkan nasihat-
nasihatnya. Hal ini merupakan salah satu syarat untuk menjadi...
a. Rapat anggota
b. Pengurus
c. Manajer
d. Pengawas *

5. Membuat rencana ke depan sesuai dengan ruang lingkup dan wewenangnya, mengelola
sumberdaya secara efisien, memberikan perintah, bertindak sebagai pemimpin dan mampu
melaksanakan kerjasama dengan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi (to get things
done by working with and through people) merupakan pengertian dari...
a. Peran pengurus
b. Peran pengawas
c. Peran manajer *
d. Peran anggota

6. Otak dari gerakan koperasi dan merupakan salah satu faktor yang menentukan berhasil
tidaknya suatu koperasi sering disebut..
a. Pengurus koperasi *
b. Pengawas koperasi
c. Manajer koperasi
d. Anggota koperasi

7. Anggota secara Keseluruhan menjalankan manajemen dalam suatu rapat anggota dengan
menetapkan...
a. Anggaran dasar
b. Pembagian SHU

c. Jawaban a dan b benar *
d. Jawaban a dan b salah

8. Yang bertindak sebagai orang-orang kepercayaan anggota dalam menjaga harta kekayaan
anggota dalam koperasi adalah...
a. Pengurus
b. Pengawas *
c. Manajer
d. Anggota

9. Yang tidak termasuk syarat-syarat menjadi pengawas adalah...
a. Mempunyai kemampuan berusaha
b. Rajin bekerja
c. Tugas manajer dapat dilaksanakan sebagai tugas sambilan *
d. Semangat dan lincah

10. Tugas dan kewajiban pengurus koperasi adalah...
a. Memimpin organisasi
b. Memimpin usaha koperasi
c. Jawaban a dan b benar *
d. Jawaban a dan b salah

11. Tugas pengawas adalah melakukan pemeriksaan terhadap tata kehidupan koperasi, termasuk
organisasi, usaha-usaha dan pelaksanaan kebijaksanaan pengurus, serta membuat laporan tertulis
tentang...
a. Pemeriksaan *
b. Pengawasan
c. Penelitian
d. Pengorganisasian

12. Penghasilan koperasi yang diperoleh dalam satu tahun buku dikurang biaya, penyusutan dan
kewajiban lainnya termasuk dalam pajak tahun yang bersangkutan disebut…
a. Sisa Hasil Usaha *
b. Deviden
c. Bunga
d. Laba Penjualan

13. SHU per Anggota dapat dihitung dengan cara…
a. Jasa Usaha Anggota – Jasa Modal Anggota
b. Jasa Usaha Anggota / Jasa Modal Anggota
c. Jasa Usaha Anggota + Jasa Modal Anggota *
d. Jasa Usaha Anggota * Jasa Modal Anggota

14. Manakah di bawah ini yang merupakan prinsip-prinsip pembagian SHU?
a. SHU yang dibagi adalah bersumber dari anggota
b. Pembagian SHU anggota dilakukan secara transparan
c. SHU anggota dibayar secara tunai
d. Semua jawaban benar *

15. Status anggota koperasi adalah sebagai…
a. pemilik
b. pemakai
c. jawaban a dan b benar *
d. jawaban a dan b salah

16. Kunci utama efisiensi koperasi adalah…

a. Pelayanan usaha kepada anggotanya *

b. Pencapaian target

terpimpin dan cukup dinamis 23. Untuk saling memanfaatkan kelebihan dan menghilangkan kelemahan masing-masing anggota 24. Merupakan pengertian koperasi menurut… a.. a. Kontribusi anggota dalam memberikan modal koperasiny baik dalam bentuk simpanan wajib. Transaksi anggota c. Membangun dan mengembangkan potensi dan kemampuan anggota pada khususnya untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosialnya. Syarat-syarat yang harus dimiliki seorang untuk menjadi pengawas koperasi adalah… a. Suatu organisasi yang merupakan salah satu unsur dinamika kehidupan bermasyarakat c. simpanan pokok. Partisipasi modal * b. Kewajiban anggota 18. Definisi Mungkner 20. SHU yang dibagi adalah yang bersumber dari anggota . Cara manusia memerintah dan mengatur diri mereka sendiri melalui berbagai hukum dan peraturan * 25. Definisi Hatta b. adalah. Sebagai urat nadi kegiatan perekonomian Indonesia b. Koperasi (kerjasama) menurut Ilmu sosial. Berani mengemukakan pendapat d. Menyatukan. terencana namun sementara D. usaha yang dijalankan bersifat dinamis C. semangat dan lincah b. Semua jawaban benar * 19. Berikut ini yang bukan merupakan prinsip-prinsip koperasi adalah : a. teratur namun tidak terpimpin B. Gotong royong dalam koperasi berbeda dengan gotong royong yang biasa dilakukan oleh bangsa Indonesia. Mewujudkan pendapatan masyarakat yang adil d. Simpanan anggota d. disebut… a. Sebutkan salah satu Fungsi koperasi ? a. Mengelola Koperasi b. Bentuk kegiatan yang dilakukan untuk memelihara kelangsungan hidup suatu masyarakat d. simpanan usaha serta simpana lainnya. Dibawah ini merupakan salah satu fungsi Rapat Anggota. Mengembangkan kesejahteraan masyarakat pada umumnya d.25/1992* c. 25 tahun 1992 tentang perekonomian … a. Definisi UU No. Mengajukan budget belanja koperasi d. Badan hukum yang mempunyai hak-hak dan kewajiban-kewajiban b. Mengembangkan usaha di luar anggotanya d.. dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasar atas azas kekeluargaan. membina. Definisi ILO (International Labour Organitazion) d. * b. Perbedaan teersebut adalah gotong royong dalam koperasi mempunyai ciri … A. Memberikan kebebasan kepada anggota untuk masuk dan keluar c. Mempertanggung jawabkan laporan keuangan 21. Koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang-seorang atau badan hokum koperasi. Pembagian SHU c. dapat diartikan sebagai : a. c. Rajin bekerja. fungsi koperasi untuk Indonesia yang tertuang dalam pasal 4 UU No. Meningkatkan tarah hidup sederhana masyarakat Indonesia c. Memaksimumkan keuntungan 17. dan mengembangkan setiap potensi 22. Mempunyai kemampuan berusaha c..

Prinsip koperasi adalah… a. Anggotanya harus memiliki pekerjaan 4. Pembagian SHU anggota dilakukan secara transparan d. Intensitas kerja sama d. Definisi yang dikemukakan oleh Drs. Menjadi pioner atau perintis dalam usaha yang ditopang oleh rasa solidaritas yang tinggi untuk menciptakan kesejahteraan yang mendiri dan dinamis . 1898 b. Dalam sejarah perkembangan koperasi di indonesia. Didirikan dengan akta notaries d. Aria Wiryatmadja d. yang memenuhi aspirasi dan kebutuhan bersama di bidang ekonomi. Konfigurasi ekonomi dari individu membentuk dasar pengembangan lebih lanjut b. Anggota sebagai pemilik sekaligus pemakai b. Berikut ini dimensi structural dari cooperative combine.. Menjaga berkesinambungnya organisasi koperasi d.. Koperasi mengadakan pendidikan bagi anggota dan pernagkat koperasi c. Gotong royong d. 13 Tahun 1968 2. Masa bekerja tidak terbatas 5.. Mohammad Hatta b. Definisi yang dikemukakan oleh R. Keanggotaannya bersifat sukarela dan terbuka e. Undang-Undang Koperasi No. dengan pemisahan kekayaan para anggotanya sebagai modal untuk menjalankan usaha. Undang-Undang Koperasi No.. pertama kali didirikan koperasi di indonesia yang disebut sebagai Bank Simpan Pinjam untuk melepaskan para pegawai negeri pribumi dari cengkraman para tengkulak dan beliaulah yang dianggap sebagai pencetus gerakan koperasi di indonesia. Pengawasan oleh dewan koperasi c. Kesukarelaan dalam keanggotaan * 27. Usaha kekeluargaan b. a. b. c. Asas koperasi adalah… a. Boedi Oetomo b. Definisi koperasi tersebut sesuai dengan… a. Salah satu prinsip koperasi Indonesia adalah… a. Kekeluargaan e. Membuat sejahtera anggota lahir dan batin yang bersumber dari usaha yang difasilitasi pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan lahir batin c. SHU dibagikan secara merata kepada seluruh anggota * 26.. Undang-Undang Koperasi No. Koperasi didirikan pertama kali di indonesia pada tahun. Koordinasi suatu system * 28. Tidak mengejar laba d. Raden Ngabei Ariawiria'atmadja 29. UUD 1945 c. Kebersamaan 3. kecuali : a. Tujuan koperasi Indonesia adalah… a.. Bekerja secara individual c. Koperasi adalah badan hukum yang didirikan oleh orang perseorangan atau badan hukum koperasi. 1897 1. Ki Hajar Dewantara d. Berikut ini yang termasuk unsur sosial dalam koperasi adalah : a. Pancasila b.. 17 Tahun 2012 c.. Permodalan berasal dari hibah pemerintah e. Sifat-sifat dari anggota c. 1896 d. Raden Ajeng Kartini c. dan budaya sesuai dengan nilai dan prinsip koperasi. a. 1895 c. sosial. SHU anggota adalah jasa dari odal dan transaksi usaha yang dilakukan anggota sendiri. Setiap anggota koperasi mendapatkan SHU sama rata b. Menjalankan usaha yang diyakini dating mendatangkan kesejahteraan dan dipastikan tidak akan mendatangkan kerugian bagi anggota dan masyarakat b. 25 Tahun 1992 e.

Bentuk usaha yang paling cocok menurut UUD 1945 pasal 33 ayat 1 yaitu… a. Koperasi simpan pinjam b. 12 September 12. 12 Juli d. BUMS c. d. Koperasi konsumen d. Suka rela dan tanpa paksaan b. 4. 1. Berikut ini yang bukan merupakan pembagian koperasi menurut jenisnya adalah… a. Aria Wiriatmadja e. Bustanul Arifin b. Kekeluargaan dan kebersamaan c. dan 7 7. sekaligus sebagai bagian yang tak terpisahkan dari tatanan perekonomian nasional yang demokratis dan berkualitas 6. Koperasi yang usahanya memupuk simpanan dan memberikan pinjaman kepada anggota disebut…. Koperasi produsen b. 4. M. 5. Budi Utomo 10. Soekarno d. 6. BUMN b. 1. Koperasi serba usaha c. Perseroan 9. Keterbukaan dan kepentingan bersama e. 3. Bapak koperasi Indonesia adalah… a. dan 6 e. Hatta c. 2. Keadilan dan kejujuran d. dan 4 b. 2. Koperasi jasa d. a. 3. Koperasi produsen e. 4. Koperasi d. R. Koperasi unit desa 11. Perjan e. Koperasi jasa 8. 12 Mei b. 12 tahun 2012 adalah… a. Pancasila dan UUD 1945 . Koperasi konsumen c. Meningkatkan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya. Landasan koperasi Indonesia adalah… a. Menjadi contoh dalam berusaha dan berserikat yang diyakini melebihi keunggulan dari jenis usaha lain yang terlibat dalam kegiatan ekonomi e. 1. Koperasi simpan pinjam e. Berikut ini adalah jenis-jenis koperasi yang ada di masyarakat. 3. dan 6 d. 12 Agustus e. Hari koperasi Indonesia diperingati setiap tanggal… a. 1) Koperasi serba usaha 2) Koperasi simpan pinjam 3) Koperasi unit desa 4) Koperasi produsen 5) Credit union 6) Koperasi konsumen 7) Koperasi jasa Jenis-jenis koperasi yang ada di Indonesia sesuai dengan Undang-Undang Koperasi No. 2. 2. 12 Juni c. dan 5 c.

Manajer Koperasi b. Menentukan rencana kerja d. Usaha banyak orang e. Diselesaikan dengan adu kekuatan d. Koperasi produsen b. Pembina. Menilai hasil kerja pengurus koperasi dilaksanakan oleh … a. Usaha bersama c. Koperasi jasa 1. Sejumlah uang yang sama banyaknya dan wajib dibayarkan oleh anggota koperasi pada saat masuk menjadi anggota adalah. Pembina. Pengurus dan Rapat Anggota 2. Persyaratan untuk menjadi pengawas koperasi sekolah ditetapkan oleh … a. memerlukan keterlibatan unsur-unsur koperasi yaitu … a. a. Koperasi simpan pinjam c. Rapat Anggota. simpanan khusus d. Diselesaikan lewat pengadilan c... Koperasi konsumen d. Mengelola usaha koperasi b. Pembina koperasi e.. Mewakili koperasi didalam atau diluar pengadilan e. simpanan wajib c. Didiamkan saja b. Menerima atau menolak anggota baru c. Pengurus koperasi c. Usaha rakyat d. Ketua koperasi 4.. simpanan sukarela e. dimana anggotanya bekerja dalan koperasi sebagai pegawai / karyawan disebut .13. Manajer koperasi d. Diselesaikan dengan musyawarah e. Ketua. tindakan yang dilakukan adalah … a. Pengurus koperasi c. Unit usaha koperasi dijalankan oleh … a. Pengawas koperasi d. Rapat Anggota e. Kepala Sekolah b. Pembina dan Pengawas e. Koperasi yang menyelenggarakan perusahaan yang menghasilkan barang dan jasa. simpanan mana suka Jawaban: a . Pejabat Dinas Koperasi 5. Ketua. Menentukan pembagian SHU 3. Pengawas dan Rapat Anggota c. Agar koperasi berjalan dengan baik dan proporsional. Koperasi berasal dari kata co dan operation yang artinya… a. simpanan pokok b. Pengurus dan Pengawas d. Diselesaikan dengan baik-baik 15. Tugas utama pengurus koperasi adalah … a. Pembina koperasi c. Rapat Anggota e. Anggota koperasi 31. Koperasi desa e.. Usaha kita b. Anggaran Dasar d. Koperasi bekerja berdasarkan atas asas kekeluargaan maka apabila terjadi pertentangan pendapat di dalam koperasi. a. Usaha pribadi 14. Bendahara dan Sekretaris b. Ketua koperasi b.

. organisasi rakyat yang berwatak sosial b. Berikut yang tidak termasuk modal sendiri dalam koperasi adalah. menghasilkan informasi keuangan e. keanggotaan koperasi tidak boleh dipindahtangankan Jawaban: c . organisasi c.. Salah satu perbedaan pokok antara badan usaha koperasi dengan badan usaha lainnya adalah. simpanan wajib c. a.... setoran modal anggota d. menghasilkan pertanggungjawaban pengurus dan pengawasan koperasi Jawaban: d 37. pembagian SHU berdasarkan jasa anggota c. memperoleh pendapatan agar SHU besar d.. simpanan wajib e.. a. Inti jadi diri sebuah koperasi. Pernyataan-pernyataan berikut ini yang bukan termasuk fungsi dari akuntasi koperasi adalah. pengelolaan d. menghasilkan SHU b.. Akuntansi koperasi adalah sautu proses yang terjadi dalam badan usaha koperasi untuk. simpanan mingguna c. Sejumlah uang yang dibayar secara berkala mungkin setiap tiga bulan dengan jumlah yang sama disebut. simpanan sukarela anggota c. kekuasaan tertinggi terletak pada rapat anggota d. Berikut ini yang termasuk pengertian koperasi di Indonesia adalah. a.. sumber pembelanjaan usaha yang berasal dari anggota e. untuk mendorong peningkatan efisiensi seluruh kegiatan koperasi c. yaitu terletak pada. simpanan pokok b. anggota koperasi adalah pemilik sekaligus sebagai pengguna jasa koperasi e. modal koperasi terdiri atas simpanan anggota b. modal saham Jawaban: e 36.... modal yang masih harus disetor anggota Jawaban: d 35. simpanan bulanan b. a. badan usaha yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum koperasi c.. untuk menetapkan hak masing-masing pihak yang berkepentingan b. sumber modal b. simpanan sukarela Jawaban: d 33... modal penyertaan e... badan usaha yang beranggotakan masyarakat ekonomi lemah Jawaban: b 38. a. a.. kumpulan modal yang bertujuan untuk memperoleh laba d. dana cadangan e.. a. memperkecil beban pajak c. simpanan pokok anggota b. badan usaha yang mengutamakan modal dan tujuan utamanya mencari laba e.. tingkat suku bunga Jawaban: a 34. sebagai media informasi keuangan Jawaban: d 39... simpanan pokok d. untuk menghitung hasil usaha serta menilai keberhasilan koperasi d. untuk dapat memperkecil pajak e. Berikut ini yang termasuk dengan modal koperasi adalah.. hibah d..32. a.

disiplin. dan 4 Jawaban: e 54.500. a.00 d. a. 3.000.00 Beban gaji Rp 2.000..000. 2. Rp 9. apabila koperasi dijalakan dengan baik.000.. maka laba atas usaha adalah.500.00 Biaya Penjualan Rp 1. Pendapatan jasa Rp 8. 4.00 Pendapatan bunga Rp 1... selain itu. laba bersih b. laba kotor c..500. 3.00 SHU koperasi adalah..000.500.000.. keuntungan e. Maksud dan tujuan pendirian koperasi sekolah bagi siswa dalam kerangka pendidikan nasional sebagai berikut.00 Berdasarkan data di atas.000.000.00 c.. Rp 11.000. tentu akan memperoleh SHU (sisa hasil usaha). 4. dividen Jawaban: c 52.00 b.00 Harga pokok penjualan Rp 8.000. 1. a. 3..000..00 e. tidak dapat diambil kembali selama masih menjadi anggota.00 Jawaban: c 55.. disimpan secara periodik c.000. a. pendapatan dikurangi beban adalah. Rp 9. sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan para siswa. besaranya simpanan sukarela untuk masing-masing anggota tidak sama e. kecuali.000. diberikan imbalan jasa simpanan b. 1. sesungguhnya keuntungan merupakan tujuan utama pendirian koperasi sekolah Jawaban: e 53.00 Pendapatan komisi Rp 6.00 Beban administrasi Rp 1.000. dan 5 b..000. dan jiwa demokratis pada siswa sekolah yang sangat berguna bagi pembangunan diri dan negara c... 1.00 Biaya Umum Rp 500. menunjang pendidikan sekolah ke arah kegiatan-kegiatan praktis guna mencapai kebutuhan ekonomi di kalangan siswa-siswi b.000. dan 5 d. mengembangkan rasa tanggung jawab. SHU atau keuntungan yang diperoleh itu harus dibagikan kepada anggota sehingga siswa dapat menikmati hasil jerih payah mereka sendiri e.. Rp 10. dan 4 e.000. Dalam koperasi. a. setia kawan. Simpanan sukarela termasuk modal pinjaman sebab. bergerak pada usaha foto kopi dan perantara jual-beli menyusun akun-akun berikut.000. Berikut adalah hal-hal yang memengaruhi dan tidak memengaruhi besar kecilnya SHU anggota: (1) Jumlah simpanan (2) Jabatan dalam koperasi (3) Jumlah pembelian pada koperasi (4) Jumlah pinjaman pada koperasi (5) Lama menjadi anggota koperasi Faktor yang memengaruhi besar kecilnya SHU yang diterima anggota adalah. terutama yang menyangkut peralatan dan buku-buku sekolah d..000. 3.000. . Jumlah penjualan bersih Rp 20..000. dapat diambil sewaktu-waktu d. dan 5 c. Rp 12.000.. Jawaban: c 51.000.40. Koperasi Berkah. sisa hasil usaha d.

. dan berjiwa pemimpin c. memperluas kesempatan kerja d.000. Rp 9. Rp 4.370.000.780. a. mengurangi ketergantungan pada negara lain Jawaban: d 59. Berikut ini fungsi yang dapat dilakukan oleh seorang wirausaha.. berani mengambil risiko dan tantangan Jawaban: a 58.000.00 Beban usaha Rp 3. Rp 9. Rp 4. melakukan proses produksi atau perdagangan e. 2.. Perhatikan pernyataan di bawah ini! (1) Memiliki sikap mental yang positif (2) Rajin mencoba hal-hal baru (3) Bersikap pesimis (4) Takut mengambil risiko (5) Mempunyai daya pikir yang kreatif Dari pernyataan di atas. mengumpulkan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya c. 2.000. dapat mengompensasi tanggung jawab kepada pihak lain e. Rp 4.540. Rp 4. dapat menyesuaikan diri dengan berbagai kondisi d. 1. cakap.450. menunggu perintah Jawaban: e 60.000. mendidik siswa agar terampil berkoperasi c.00 b.. besarnya sisa hasil usaha adalah.. Rp 11. 3.00 c. dan 5 d.480. mengidentifikasi suatu kesempatan di lingkungan sekitar b.500.00 c. kecuali.084..000. dan 5 e.000.. pemerataan pendapatan masyarakat b..00 Beban di luar usaha Rp 540. dan 3 b.000.320.00 HPP Rp 6. a... 1.000. Dari suatu koperasi diperoleh data sebagai berikut. kecuali.00 Pend. 3....00 Jawaban: c 56.000.. cekatan. 2.000.000. kecuali.00 b. 4. a..840. meningkatkan pendapatan nasional c. Kegiatan koperasi sekolah mempunyai maksud sebagai berikut. menumbuhkan sikap individualistis .000.. 2.450. dan 4 c. a.00 d. e.00 Jawaban: b 57. menjadikan persaingan semakin rumit e.00 Berdasarkan data di atas.000. Di luar usaha Rp 1..000. Rp 12. Rp 10. 4. Berikut ini yang tidak termasuk pada peran wirausaha dalam pembangunan ekonomi nasional adalah.00 d.000.00. menarik investasi atau dana dari perorangan ataupun lembaga keuangan d. a.000. Rp 4. Penjualan Rp 13. terampil. meningkatkan disiplin siswa b. dan 5 Jawaban: d 41.00 e. a.000.000. kreatif dan inovatif b. Jika seseorang ingin menjadi wirausaha syaratnya adalah sebagai berikut. yang termasuk syarat menjadi wirausaha adalah..a.

karyawan c. kecuali.. guru dapat duduk dalam kepengurusan d. a.. a. permintaan guru Jawaban: e 48. tujuan koperasi sekolah berorientasi pada kesejahteraan peserta didik e. sebelum pengurus dapat bekerja sendiri. siswa pindah sekolah c. a. dikoordinir di setiap kelas untuk memudahkan pelayanan Jawaban: c 46. harga jual harus maksimal agar mendapat keuntungan sebesar-besarnya.. Pernyataan di bawah ini yang tidak menentukan berakhirnya anggota koperasi sekolah adalah. c.. siswa menginggal dunia b. pengurus mengajukan pengakuan koperasi sekolah kepada pejabat setempat dengan lampiran (akte pendirian. rapat anggota mempunyai kekuasaan tertinggi) memilih pengurus b. setiap siswa yang akan membeli barang harus didaftar. kecuali. pengurus harus mengatur dengan meminta saran dan pendapat dari guru pembimbing e... Hal-hal yang harus diperhatikan dalam penyelenggaraan koperasi sekolah. rapat anggota Jawaban: e 45. berhenti sekolah d. d... Jawaban: e 49. Pernyataan di bawah ini yang merupakan salah satu tujuan dibentuknya koperasi sekolah adalah.. kecuali. koperasi sekolah dipergunakan untuk tempat praktik akuntansi b. koperasi sekolah dipergunakan untuk tempat praktik tata niaga d. melalui rapat anggota (sebagaimana lazimnya koperasi. surat keputusan pendirian sekolah dikeluarkan oleh pejabat terkait. koperasi sekolah tidak berbadan hukum d. menambah pengetahuan tentang koperasi d. Pendirian koperasi sekolah dimaksudkan sebagai upaya untuk hal-hal berikut. mendidik. a. yaitu. a. kepala sekolah e... koperasi sekolah dipergunakan untuk tempat praktik administrasi c. mendorong siswa agar hidup saling membantu dalam lingkungan dan luar sekolah Jawaban: c 42.. barang yang dijual sesuai dengan keperluan siswa sekolah yang bersangkutan b. mengakomodir kepentingan guru dan karyawan koperasi sekolah e.. usaha-usaha yang dapat memenuhi kebutuhan siswa secara langsung Jawaban: d 47. membangun kesejahteraan guru dan karyawan Jawaban: d 44.. dan memelihara kesadaran hidup bergotong royong di kalangan siswa e.. melengkapi dan mendorong siswa untuk mengembangkan program kesejahteraan e. ketikan berita acara pendirian. pengurus membuat rencana kerja yang diajukan kepada rapat anggota untuk disetujui dan disahkan. Cara pembentukan koperasi sekolah adalah sebagai berikut. menanamkan. Berikut ini yang tidak termasuk usaha-usaha koperasi sekolah untuk menunjang praktik usaha yagn dapat dijalankan untuk maksud mencapai tujuan adalah. mewajibkan anggota untuk menyimpan dan menabung secara teratur b.. koperasi sekolah berbadan hukum b. Kekuasaan tertinggi pada koperasi sekolah adalah. menggiatkan anggota untuk menyimpan dan menabung secara teratur c.. Pernyataan di bawah ini yang merupakan ciri khusus koperasi sekolah.. dan daftar hadir peserta rapat pendirian) e. .d. petugas yang membeli barang harus mencari barang yang kualitasnya baik dengan harga yang semurah- murahnya c. a. koperasi sekolah bisa melakukan tindakan hukum Jawaban: c 43. koperasi sekolah kedudukannya bisa disamakan dengan manusia c. guru b.. a... neraca awal. lulus sekolah e.. siswa d.

kegairahan. jawatimur d. saling membantu d. bandung. Koperasi akan memperoleh SHU apabila. Keputusan penting yang di buat pada kongres koperasi ke 2 yang diadakan di Bandung adalah : a. ada selisih antara pendapatan dengan beban Jawaban: e Soal bab 1 1. SOKRI 2. konsep koperasi Negara berkembang Jawaban : 1. Di bawah ini merupakan konsep koperasi. konsep koperasi timur c. salatiga. dan untuk siswa. jumlah pendapatan jasa besar e. jumlah modal pinjaman besar c. jawa tengah 3. mengangkat Bung Hatta menjadi bapak koperasi Indonesia c. netral b. jawa tengah b. jawa barat c. jumlah modal sendiri besar b. oleh. B Soal bab 2 1. koperasi sekolah merupakan sarana untuk membantu dan melayani pemenuhan kebutuhan para siswa c. jepang cooperation c. Pada tahun 1942 Jepang menduduki Indonesia. D 3.. umum 5. B 4. A 2. gerakan koperasi jepang b. konsep koperasi barat b. menggairahkan jiwa berwirausaha di kalangan siswa d. 25/1992 Pasal 3 tertera tentang : a. konsep koperasi sosialis d. Hubungan pemerintah dengan gerakan koperasi bersifat : a. kecuali : a.. koperasi berfungsi sebagai sarana pendidikan Jawaban: d 50. menghimpun bahan untuk undang-undang perkoperasian 4. A 5.Aria Wiraatmadja mengenalkan koperasi di Indonesia di daerah : a.a. selain sebagai kegiatan ekonomi dari. a. kumuvai d. blitar.. menetapkan tanggal 12 juli sebagai hari koperasi b. Pada UUD No. penyempurnaan gerakan organisasi koperasi d. koperasi sekolah merupakan upaya untuk mengembalikan citra koperasi yang murni e. konflik c. purwekerto. dan kemampuan berkoperasi di kalangan siswa b. menumbuhkan kesadaran. Jepang lalu mendirikan koperasi yang bernama : a. pengertian koperasi b. makna koperasi . Pada tahun 1896 R. jumlah anggota banyak d.

1. Pendidikan pekoperasian 4. Keanggotaan bersifat sukarela dan terbuka 2. Suharsono Sagir 2. 1. organisasi koperasi 2.H.4.4 b. A 4 . mudah percaya dengan orang c. berdiri dengan bantuan dari bank d. tujuan koperasi d. Sistem manajemen di lembaga koperasi harus mengarah kepada manajemen partisipatif yang di dalamnya terdapat kebersamaan. ajakan 5. koperasi biaya 3. Kemandirian 5. pengelola b. C 2 . semuanya salah 4.4. Pengelolaan dilakukan secara demokratis. pemimpin d. Gophar d. Yang termasuk dalam prinsip koperasi yang tertera dalam UU No. koperasi bersama c. A 3 . koperasi desa d. Prinsip kemandirian koperasi mengandung arti : a.2. A Soal bab 3 1. Kerjasama antar koperasi dari data di atas yang termasuk dari koperasi melaksakan prinsip koperasi adalah : a. Adapun lingkup keputusan masing-masing unsur manajemen koperasi. 25 tahun 1992 Pasal 5 yaitu : a. sukarela d. dikemukakan oleh : . Keanggotaan koperasi bersifat : a. badan usaha koperasi di Indonesia memiliki manajemen koperasi yang dirunut berdasarkan perangkat organisasi koperasi. Ewell Paul Roy b. 1. koperasi jasa b. A. 3. Prof. C 5 . dapat berdiri sendiri b.5 d.5 c. pasrah c. pengawas 3. pengurus c. kecuali : a. 3. paksaan b. John Anderson c. c. pendapat tersebut dikemukakan oleh : a. semua benar Jawaban : 1 .

koperasi bertujuan memajukan kesejateraan anggotanya pada khususnya dan pada masyarakat pada umumnya. Fungsi ekonomi d. Fungsi ekonomi 3.10/1992 b. pengawas d. Sitio dan Tamba 5. 1. D 2. Fungsi etika c. kesinambungan rakyat 4. UU no. Fungsi sosial . C 4.25/1992 c. UU no. definisi dari fungsi koperasi : a. Fungsi etika dari data di atas merupakan fungsi ekonomi dalam : a. manajer. pengelola Jawaban : 1. C 3. Andre Sitompul b. merupakan definisi : a. Gophar c. A. Fungsi sosial b. C 5. Fungsi sosial 2. a. anggota. tim manajemen yang diangkat dan diberhentikan oleh Pengurus.30/1992 3. sosial d. definisi dari fungsi koperasi : a. kehidupan ekonomi dan sosial d. John Anderson 4. ekonomi 2. definisi dari fungsi koperasi : a. kesejahteraan rakyat C. cara perilaku dan meyakini kepercayaan mereka.15/1992 d. dan karyawan merupakan 4 (empat) unsur manajemen koperasi yang dikemukakn oleh : a. semua benar 5. Suharsono Sagir b.H. Prof. D Soal bab 4 1. kemakmuran rakyat b. pengurus. UU no. untuk melaksanakan teknis operasional di bidang usaha. mengatur manusia demi kelangsungan hidup. Andre Sitompul c. kapitalis c. rapat anggota c. yang tertera dalam : a. etika b. pengurus b. mengatur cara-cara manusia hidup. UU no. Sitio dan Tamba d. Ewell Paul Roy d.

Usaha Kecil c. sesuai UU No. Usaha Mikro c. Sangat Tidak Sehat 2. Pada struktur organisasi koperasi posisi pengurus dan pengawas koperasi adalah : a. 10 miliar. General Manager berada di bawah pengurus d. 66 sesuai Permen Koperasi dan UKM RI No. Usaha Menengah d. Semua jawaban salah Bagian ke-2 1. Pada struktur organisasi koperasi posisi general manager adalah : a. 20 Tahun 2008 termasuk kriteria : a. Di dalam Garis Struktur c. Usaha Besar Bagian ke-3 1.2. Pengurus di atas dan pengawas di samping kanan b. Juta. A 5.5 miliar s/d Rp. Memiliki omzet tahunan lebih dari Rp 2. Sehat c. Sejajar dengan pengawas c.KUKM/XI/2008 maka KSP/USP tersebut mendapat predikat : a.500 juta s/d Rp. semua salah Jawaban : 1. 20/Per/M. Cukup Sehat d.KUKM/XI/2008 maka KSP/USP tersebut mendapat predikat : a. di luar tanah dan bangunan tempat usaha. Pengawas lebih tinggi. Apabila hasil penilaian Kesehatan KSP/USP memperoleh skor 65. 20/Per/M. 300 Juta s/d Rp. sesuai UU No. C 4. Kurang Sehat b. Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar Bagian ke-1 1. C 3. Usaha Menengah d. Pengurus dan pengawas posisinya sejajar di bawah rapat anggota c.5 Miliar dan memiliki modal sendiri lebih dari Rp. Sejajar dengan pengurus b. Boleh di luar atau di dalam garis struktur b. B A. Kurang Sehat . Di luar garis struktur d. Apabila hasil penilaian kesehatan KSP/USP memperoleh skor 45. Usaha Menengah b. Memiliki omzet tahunan lebih dari Rp. 50 Juta s/d Rp. Memiliki hasil penjualan tahunan maksimal Rp. Usaha Kecil b. Usaha Kecil c. Semua jawaban salah 3. karena mengawasi pengurus d. A 2. Pada struktur organisasi koperasi.55 sesuai dengan Permen dan UKM RI No.20 Tahun 2008 termasuk kriteria : a. Usaha Mikro 3. Fungsi sosial d. 300 juta dan memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp 50 juta. Usaha Besar b. Fungsi ekonomi c. posisi pembina baik pembina teknis maupun non teknis trletak pada : a. Boleh di mana saja karena membina sekaligus mengawasi 2. Usaha Besar 2. di luar tanah dan bangunan tempat usaha. Usaha Mikro d. b. Sehat b. 20 Tahun 2008 termasuk kriteria : a. di luar tanah dan bangunan tempat usaha sesuai UU No. 50 miliar dan memiliki modal sendiri lebih dari Rp.

20/Per/M. Menggambarkan sifat nasional dalam kekaryaan gerakan koperasi d... Sangat Berkualitas b. koperasi tersebut termasuk predikat : a. . Jawablah dengan singkat dan jelas 1..KUKM/IV/2007. Apabila hasil pemeringkatan atau kualifikasi Koppontren "Al Amanah" Bagik Nyaka memperoleh skor 425. Menggambarkan kemakmuran rakyat yang dicita-citakan dan akan dicapai golongan koperasi c. Terdiri atas sembilan asas antara lain : asas kekeluargaan. Menggambarkan sifat nasional dalam kekaryaan gerakan koperasi d. Menggambarkan usaha karya terus menerus dari gerakan koperasi 2. Simbol koperasi tanda gambar Bintang melambangkan : a. Menggambarkan usaha karya terus menerus dari gerakan koperasi 3..KUKM/XI/2008 maka KSP/USP tersebut mendapat predikat : a... Cukup Berkualitas d. Cukup Berkualitas c. Kurang Berkualitas 2. koperasi tersebut termasuk predikat : a.KUKM/IV/2007. Menggambarkan kemakmuran rakyat yang dicita-citakan dan akan dicapai golongan koperasi c. Kurang Sehat b. Berkualitas b. 22/PER/M. Apabila hasil pemeringkatan atau kualifikasi Kopwan "Rinjani" Selong memperoleh skor 182..55 sesuai Permen Koperasi dan UKM RI No. Apabila hasil pemeringkatan atau kualifikasi KSP "Mulia" Aikmel memperoleh skor 349..c.. Cukup Sehat d. Simbol koperasi tanda gambar pohon beringin melambangkan : a. Berkualitas c.. Berkualitas c.. demokrasi ekonomi... Jawaban : UMKM 2. maka sesuai Permen Koperasi dan UKM No.. Menggambarkan pancasila dan merupakan landasan idiil koperasi Indonesia b.. berwawasan lingkungan dan lain-lain adalah merupakan asas. Kurang Berkualitas d. Sifat kemasyarakatan yang berkepribadian Indonesia dari koperasi yang kokoh berakar b. maka sesuai Permen Koperasi dan UKM No. Sifat kemasyarakatan yang berkepribadian Indonesia dari koperasi yang kokoh berakar b. Cukup Sehat d. Yang berkewajiban melakukan pembinaan terhadap Koperasi Jasa Keuangan Syariah atau Unit Jasa Keuangan Syariah adalah Pemerintah dan. Cukup Bekualitas d. efisiensi berkeadilan. Tidak Sehat Bagian ke-4 1. Simbol koperasi tanda gambar Kapas melambangkan : a. 22/PER/M. Menggambarkan keadilan sosial salah satu dasar dari koperasi c. Tidak Berkualitas 3.. koperasi tersebut termasuk predikat : a. Sangat Berkualitas Bagian ke-5 1. Sehat c. Menggambarkan usaha karya terus menerus dari gerakan koperasi B. Tidak Sehat 3... maka sesuai Permen Koperasi dan UKM No.Apabila hasil penilaian Kesehatan KSP/USP memperoleh skor 39. Kurang Berkualitas b. Menggambarkan sifat nasional dalam kekaryaan gerakan koperasi d.KUKM/IV/2007. 22/PER/M.

Di selesaikan dengan musyawarah Jawab : d. Jawaban : Luar Biasa C. 20 Juta. . Saling kerjasama b. tindakan yang dilakukan adalah . Terencana namun sementara d. Kerja sama c. Jawaban : BENAR 2. Tolong menolong satu sama lainnya 2. Menurut UUD 1945. Pembagian SHU kepada anggota dilakukan tidak semata-mata berdasarkan modal.Jawaban : Dewan Pengawas Syariah 3. Terpimpin dan cukup dinamis Jawaban : b. 210 Juta maka modal sendiri KUD tersebut adalah sebesar Rp. Di diamkan saja b. Berdasarkan hasil analisa Ratio Likwiditas KSU "Mitra Mandiri" posisi neraca 31 Desember 2012 diperoleh 198. Apa hak para anggota koperasi . .. dan Rapat Anggota Khusus serta Rapat Anggota. a. 116 Juta. Jasa usaha anggota terhadap koperasi Jawaban : d. landasan dan sendi koperasi . Rapat Anggota Rencana Kerja dan RAPBK. Koperasi 5. Mengamalkan asas. a.. Sumbangan anggota terhadap koperasi b. . a. . Mengikuti pendidikan yang diadakan tentang perkoperasian b. . . Pada Neraca KUD Utama Depan Pancor per 31 Desember 2012 tercatat bahwa asset sebesar Rp. Perseorangan Jawaban : c. . Rapat anggota koperasi terdiri dari : Rapat Anggota Tahunan ( RAT ). Diselesaikan dengan musyawarah 3. Kewajiban jangka pendek sebesar Rp. a. a. Pinjaman anggota terhadap koperasi c. . 155 Juta dan kewajiban jangka panjang sebesar Rp. Perbedaan tersebut adalah gotong royong dalam koperasi mempunyai cirri . sedangkan modal sendiri pada periode yang sama sebesar Rp. Di selesaikan lewat pengadilan c.55 Jawaban : BENAR 1. 623 Juta. Jawaban : BENAR 3. Pada neraca Tahun Buku 20012 SHU yang diperoleh Kopwan Permata sebesar Rp. a.. Jasa usaha anggota terhadap koperasi 6.. Tolong menolong satu sama lain Jawaban : d. Jawablah B Jika Jawaban Benar dan S bila pernyataan Salah : 1. Perusahaan Negara c. Di selesaikan dengan adu kekuatan d. 988 Juta. Teratur namun tidak terpimpin b. Gotong royong d. Usaha yang dijalankan bersifat dinamis c. Simpanan anggota terhadap koperasi d. 100 pembayarannya dapat dijamin oleh harta lancar sebesar Rp/ 198. Gotong royong dalam koperasi berbeda dengan gotong royong yang biasa dilakukan oleh bangsa Indonesia. maka nilai Ratio Rentabilitas Kopwan tersebut sebesar 17 % atau layak karena di atas suku bunga deposito bank. .55 % artinya bahwa setiap huntang lancar sebesar Rp. Koperasi bekerja berdasarkan atas asas kekeluaragaan maka apabila terjadi pertentangan pendapat di dalam koperasi. .Usaha yang dijalankan bersifat dinamis 4. Perusahaan swasta d. Koperasi b. . tetapi juga mempertimbangkan . . Koperasi berasal dari kata Co-operation yang artinya .. bentuk badan usaha yang paling sesuai bagi perekonomian Indonesia adalah .

Koperasi ekonomi di Indonesia banyak yang gulung tikar sebab .c. Bersama berdasarkan prinsip koperasi 14. Berperan serta secara aktif dalam upaya mempertinggi kualitas kehidupan manusia dan masyarakat. Tidak menginginkan prinsip ekonomi b. . Memiliki potensi ekonomi b. Memperkokoh perekonomian rakyat d. . kecuali .25 tahun 1992 pasal 4 dijelaskan bahwa fungsi dan peran koperasi sebagi berikut.12 tahun 1967 d.25 tahun 1992 12. Ir. Menjadikan koperasi sebagai wadah wirausaha masyarakat d. a. Menjadikan koperasi sebagai wadah wirausaha masyarakat 10. Tidak ada/kurangnya modal b. . Pengawas tidak berfungsi Jawaban : b. . b dan c benar Jawaban : d. Bersama berdasarkan asas gotong royong d. a. Anggotanya terlalu ikut campur tangan d.25 tahun 1992 d. Adanya masa implentasi UU No. Manakah kriteria minimal anggota koperasi . Koperasi merupakan usaha . a. terkandung dalam . . Melakukan pengawasan jalannya koperasi 7. Tidak berada di bawah garis kemiskinan c. . Soekarno c. . Melakukan pengawasan jalannya koperasi d. Jawaban a.25 tahun 1992 b. kecuali . Membangun dan mengembangkan potensi dan kemampuan ekonomi anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosial. Menurut undang-undang No. . Perbedaan pendapatan masyarakat mengenai koperasi c. Mohammad Hatta 13. Memperkokoh perekonomian rakyat sebagai dasar kekuatan dan ketahanan perekonomian nasional dengan koperasi sebagai soko-gurunya Jawaban : c. a. . kecuali . Memiliki pola income regular yang pasti d. Jawaban a. Visi UU No. Pengurusnya tidak jujur c. Sanggup dan bersedia memenuhi kewajiban dan melakukan hak nya c. Berperan aktif dalam upaya mempertinggi kualitas kehidupan manusia dan masyarakat Jawaban : b. Membangun dan mengembangkan potensi dan kemampuan ekonomi anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya b. Mohammad Hatta b. Perorangan yang berwatak ekonomis Jawaban : b. b.12 tahun 1967 c. Muhammad Soeharto d. Apa kendala yang dihadapi masyarakat untuk membangun koperasi dinegara berkembang. Sanggup dan bersedia memenuhi kewajiban dan melakukan hak nya 9. Bersama berdasar prinsip koperasi c. a. kecuali . UU No. Siapa yan di juluki sebagai bapak koperasi Indonesia . Misi UU No. Yang tidak termasuk modal sendiri koperasi yaitu. . . . Aktif dalam proses usaha koperasi Jawaban : c. Keppres nomor 58 tahun 1993 Jawaban : c. Bacharuddin Jusuf Habibie Jawaban : c. Misi UU No. adil. a. . dan makmur berlandaskan pancasila dan UUD 1945. . . Gerakan ekonomi rakyat dalam rangka mewujudkan masyarat yang maju. . . Berikut ini yang termasuk peran koperasi. . Adanya campur tangan pemerintah 8. Pengurusnya tidak jujur 11. Adanya campur tangan pemerintah Jawaban : d. . c. b dan c benar 15. Perorangan yang bersifat sosial b. a. a.

1984 18. 20 orang b. 1990 d. 1984 b. a. Obligasi 16. Sidang ICA di Wina menghasilkan prinsip-prinsip salah satunya yaitu adalah . Pada tahun berapakah sidang ICA ( International Cooperative Alliance) di Wina diadakan . 5 b. . Simpanan pokok b. 20 orang 21. Pada tahun berapakah Arifinal Chaniago di lahirkan . . Definisi Munker 19. 15 orang Jawaban : c. . Koperasi sebagai badan usaha 20. Koperasi berasaskan tolong menolong Jawaban : a. . 2. Obligasi d. 1965 c. 1988 d. 4 . Koperasi sebagai industri dan kerajinan d. 1998 Jawaban : c. Koperasi yang di bentuk untuk membantu para anggotanya d. Definisi Hatta c.25/1992 . . Semuanya salah Jawaban : a. 2. Semua koperasi harus menjalankan pendidikan secara terus menurus d. Menurut prinsip siapakah yang menyebutkan bahwa prinsip-prinsip koperasi adalah prinsip-prinsip ilmu pengetahuan sosial . a. Menurut definisi siapakah yang menyebutkan bahwa koperasi adalah organisasi tolong menolong yang menjalankan “urusniaga” secara kumpulan . a. . Dari jawaban berikut manakah yang termasuk kedalam 5 unsur koperasi Indonesia yang disebutkan di dalam definisi UU No. Definisi Munker d. . Terdapat tujuan ekonomi yang ingin dicapai c. 1978 c. a. . Prinsip Munker Jawaban : d. 4. a. 10 orang d. . 1996 23. 30 orang c. Manakah yang termasuk kepada 6 elemen dari definisi ILO . . Dana cadangan Jawaban : c. . Anggotanya berdasarkan kriteria dan karakteristik tertentu Jawaban : a. Prinsip Schuzle b. 1) Pengelolaan dilakukan secara demokratis 2) Keanggotaan bersifat sukarela dan terbuka 3) Kerjasama antar koperasi 4) Kemandirian 5) Pendidikan pekoperasian Dari data di atas yang termasuk dari prinsip koperasi adalah : a. . . 4. 4 c.a. Definisi ILO b. 1. Terdapat tujuan ekonomi yang ingin di capai b. 1996 b. 1. Suatu perkumpulan yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum c. Koperasi sebagai badan usaha b. Usaha hanya kepada anggota b. Pengurus bekerja dengan mendapatkan imbalan Jawaban : c. a. Definisi Chaniago Jawaban : b. 1954 Jawaban : c. 3. Prinsip Munker 22. a. Penjualan sepenuhnya dengan tunai c. a. . Syarat jika ingin membentuk organisasi koperasi minimal harus beranggotakan . Terdapat tujuan ekonomi yang ingin di cipai 17. Semua koperasi harus menjalankan pendidikan secara terus menurus 24. 1. Prinsip Dooren c. Prinsip ILO d. . 5 d. . Simpanan wajib c.

Pembagian SHU dilakukan secara hasil sesuai dengan besarnya jasa usaha masing-masing anggota. Memberi nasihat dan pengawasan kepada pengurus c. Hatta 26. . Sebagian anggota koperasi belum menyadari hak dan kewajiban sebagai anggota koperasi c. . 25/1992 29. . 25/1992 b. Apabila tidak diperoleh mufakat. a. a. . . Munker c.Pada koperasi sekolah terdapat pelaksana harian. Hatta c. SHU untuk cadangan dan untuk dibagikan kepada anggota. Schuzle d. Raiffeisen b. Banyak anggota koperasi tidak mau bekerja sama dan banyak utang kepada koperasi 5. . Kepemimpinan yang demokrasi atas dasar satu orang satu suara . a. Melaporkan hasil pengawasan kepada rapat anggota 3. Schuzle 28. ICA c. Dibawah ini adalah prinsip koperasi menurut Raiffeisen.Jelaskan faktor yang dapat menghambat perkembangan koperasi terkait sumber daya manusia JAWAB: a. ICA c. . UU No. Ketrampilan dan keahlian yang dimilik anggota koperasi terbatas b. ICA b. Daerah kerja terbatas d.Jelaskan batasan kewenangan pengurus koperasi sebagai wakil koperasi di pengadilan JAWAB: a. Bunga atas modal dibatasi c. Schuzle c. Apa tugas pelaksana harian tersebut? JAWAB: . 25/1992 Jawaban : a. Swadaya.25. Bagaimana ketentuan pengambilan keputusan yang sah dalam rapat anggota? JAWAB : Ketentuan pengambilan keputusan yang sah dalam rapat anggota dilakukan berdasarkan musyawarah untuk mencapai mufakat dengan syarat dihadiri oleh anggota koperasi sesuai dengan persyaratan kuorum dan disetujui oleh semua yang hadir. kecuali . daerah kerja tak terbatas.Sebutkan tugas pengawas koperasi JAWAB : a. ICA Jawaban : c. Schuzle Jawaban : d. Rochdaleantana 1. . a. UU No. . merupakan prinsip koperasi menurut . Anggota pengurus yang bersangkutan mempunyai kepentingan yang bertentangan dengan kepentingan koperasi 4. Raiffeisen Jawaban : b. Kurangnya partisipasi anggota koperasi dalam kegiatan koperasi d. Munker d. merupakan prinsip koperasi menurut . SHU untuk cadangan Jawaban : a. Pengawasan secara demokratis. . Rochdaleantana d. merupakan definisi koperasi menurut . 25/1992 Jawaban : a. UU No. Mengusulkan calon pengurus b. a. Raiffeisen b. Rochdaleantana d. merupakan inti dari prinsip . . ICA 30. UU No. Munker d. a. dilakukan berdasarkan voting dengan syarat dihadiri oleh anggota koperasi yang sesuai dengan persyaratan kuorum dalam AD/ART koperasi dan disetujui oleh setengah jumlah anggota koperasi yang hadir 2. Usaha hanya pada anggota b. Bunga atas modal dibatasi 27. Koperasi adalah usaha bersama untuk memperbaiki nasib penghidupan ekonomi berdasarkan tolong menolong. Terjadi perkara di depan pengadilan antara koperasi dengan anggota pengurus yang bersangkutan b. . Dooren b. Melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan kebijakan dan pengelolaan koperasi yang dilakukan oleh pengurus koperasi d.

Terkait kewenangan membubarkan. Biasanya pengambilan keputusan lambat di RAT (disebut RUPS untuk di PT). Sementara soal kuorum RAT bisa diatur di dalam AD/ART persyaratannya. Bagaimana kekuatan saham Koperasi dalam sebuah PT? Jawaban: Pertanyaan ini mungkin maksudnya. 5. itu norma yang berlaku umum dalam per-UU-an terhadap lembaga/organisasi yang keberadaannya diatur UU dan memperoleh pengesahan dari negara. dan keuangan Tanya Jawab Tentang Koperasi #MediaUmmat bersama Pak Ferry Koto 1. Jadi tidak perlu manajemen mengundang RAT untuk ambil keputusan. Jika tetap di jalan koperasi maka yang tepat adalah di tingkat propinsi kita membentuk Koperasi Primer yang anggotanya adalah pendukung di propinsi bersangkutan. Nah terkait perwakilan. Operasional harian pengambilan keputuasan di Koperasi sama saja dengan di PT. cuma beda jumlah kuorum saja. Bahkan untuk anggota yang besar bisa dengan sistem perwakilan. jika harus voting maka ketentuannya sama dengan PT yaitu suara terbanyak (50% + 1). Namun perbedaan dengan PT hanya di jumlah suara pengambil keputusan. Dan RAT juga bisa diwakilkan melalui surat pernyataan. Apakah cara mengambil keputusan harus kuorum? Jawaban: Sebenarnya ini juga sama dengan RUPS. Bahkan RAT pun bisa mendelegasikan kewenangan kepada pengurus / pengawas kewenangannya untuk hal-hal yang dianggap perlu. tapi sama dengan PT. pengambilan suara diutamakan musyawarah mufakat. Apakah sistem musyawarah bertingkat diatur dalam UU Koperasi atau cukup dalam AD/ART? Jawaban: Sudah terjawab pada nomor 3. dilakukan manajemen. selama tidak bertentangan dengan hasil RAT. Namun. karena kita hanya menjalankan usaha pers. . Karena corak PT akan berbeda dengan koperasi dari sisi kepemilikan. 4. Pedoman AD/ART lah yang menjadi acuan menjalankan Koperasi.Tugas pelaksana harian yaitu mengelola usaha. jika usaha yang dijalankan koperasi beragam. (Di koperasi. bisa jadi. administrasi. yang diputus adalah program kerja untuk masa satu tahun yang berisi target-target yang ingin dicapai dan hal-hal strategis seperti pergantian manajemen (pengelola usaha) dan atau pergantian pengurus/pengawas. 3. sesungguhnya saat ini justru kita sudah siapkan dengan membuat grup-grup propinsi yang sekarang sedang rekan-rekan kerjakan. yang lainnya pembagian SHU dan atau program kerja khusus (misal jika nanti dana cukup untuk akuisisi media) 2. Benarkah pengambilan keputusan dalam Koperasi lebih lambat bila dibandingkan dengan PT? Jawaban: Jika yang dimaksud RAT (Rapat Anggota Tahunan). kita membentuk koperasi-koperasi propinsi lantas didirikan PT yang sahamnya dimiliki koperasi. maka dalam RAT hanya akan membahas paling jauh pergantian pengurus. Di PT 50% suara + 1. yang ada adalah Pemerintah sesuai amanat UU mempunyai kewajiban mengembangkan dan membantu koperasi. Benarkah Koperasi ada campur tangan pemerintah? Jawaban: Sebenarnya justru campur tangan pemerintah tidak ada. Ini idea bagus… Namun sesungguhnya jika kita ingin tetap di jalan koperasi maka tidak perlu membuat PT. Namun hal-hal yang diputuskan dalam RAT bukanlah sesuatu keputusan yang sifatnya operasional harian.

Jelaskan tugas tata kerja manajer ! 4. bukan masalah bagi perusahaan pers dengan badan hukum koperasi. Ke daerah bisa diatur di dalam AD/ART sistem keanggotaannya. Pada masanya jika Koperasi sudah profitable maka nilai SHU tahunan akan lebjh besar dari Simpanan Wajib anggota tiap bulan (saya sudah buat simulasinya). tapi dimiliki secara bersama-sama dengan kedudukan setara. Jadi. Satu hal yang teramat penting yang jadi pembeda dan kekuatan luar biasa jika kita dalam bentuk Koperasi adalah tersedianya pendanaan usaha berkelanjutan dari anggota. misal 10 ribu orang saja mau menjadi anggota koperasi… Berlipatlah kekuatan kapitalisasinya… Jika anggota meningkat menjadi 100 ribu orang. Jika di koperasi. yang menggunakan sistem simpanan maka akan terjadi kapitalisasi yang luar biasa secara gotong royong. Monggo disosialisasikan di grup provinsi yang rekan-rekan pimpin. Dengan ketentuan Simpanan Pokok dan Simpanan Wajib bagi koperasi primer harus sama. usaha pers nya ada di Koperasi Sekunder. jika konsep kita adalah kantor berita nasional. Hanya boleh melalu right issue. koperasi tidak dikuasai orang perorang. jika targetnya Nasional maka kita cukup membuat Koperasi Primer Nasional. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar! 1. Jelaskan tugas team work ( perangkat kerja ) dalam suatu organisasi koperasi ! 3. Dan yang plus sangat membantu adalah soal kapitalisasi yang saya sebut di atas. misal anggota Koperasi kita saat didirikan berjumlah 1. dengan kewajiban Simpanan Pokok Rp 200 ribu (sekali selama menjadi anggota). sehingga cocok dengan ruh pers. Dengan catatan. Dan itu tiap bulan diterima Koperasi dan bisa menutupi operasional sampai perusahaan bisa mendapatkan income.000 orang. Karena kelemahan yang kita list. Jadi hemat saya. Selain itu setiap bulan perusahaan akan menerima Simpanan Wajib. anggota koperasi adalah juga konsumen media kita yang akan menaikan oplah (istilah cetak) atau Hit/visit (istilah online). Kemudian dari konsep mendapatkan konsumen media yang besar. Tuliskan perbedaan antara gotong royong dengan koperasi ! . rating (istilah penyiaran). Koperasi identik dengan gotong royong. baik dari anggota maupun dari masyarakat yang menjadi anggota baru. sebuah Koperasi Primer haruslah memiliki kegiatan usaha. Ada resiko jika holdingnya Koperasi Sekunder. Selain itu Koperasi Primer di propinsi akan berdiri sendiri dan bisa berpotensi ego kedaerahan. Jika mengacu UU 25. hanya mengkapitalisi anggota. koperasi sekaligus bisa menjadikan anggotanya konsumen media. Di dalam setiap pengelolaan suatu usaha. Karena jika PT menggalang dana dari masyarakat secara rutin untuk penambaham modalnya itu tidak bisa dilakukan. saya rasa kita sudah mantap bentuknya koperasi. mungkin Republika pun bisa dipikirkan untuk diakuisisi dari Mahaka. Insya Allah. dimana pertumbuhan anggota koperasi masing-masing propinsi tidak sama sehingga kapitalisasi tidak akan terpusat tapi terpecah-pecah di koperasi primer. kita bisa terus menerus menggalang dana. Bayangkan jika kita bisa meyakinkan ummat untuk bergotong royong. Nanti akan didetilkan dalam draft teknis yang akan kita putuskan pada pertemuan konsolidasi nasional. Sebagai contoh. Manajer adalah mereka yang diangkat dan diperkaitkan oleh penurus untuk mengembangkan koperasi secara efisien dan proporsional. terdapat satu team work atau satu kesatuan kerja dan kesatuan bahasa. maka setiap bulan perusahaan mempunyai dana untuk menopang operasional sebesar Rp 25 Juta. Dan secara aturan tingkat propinsi. memang gotong royong dapat merupakan dasar kokoh berdirinya suatu koperasi. Koperasi seperti halnya organisasi yang lain membutuhkan manajemen yang baik agar tujuan koperasi tercapai secara efisien. Kelebihan menggunakan koperasi apa? Seperti yang sudah disampaikan. sesungguhnya Koperasi primer tidak ada usaha. atau penambaham jumlah saham. hal ini tidak bisa dilakukan oleh PT. Jelaskan hal yang membedakan Manajemen Koperasi dengan Manajemen Umum! 2. tapi dengan konsep kita sebagai kantor berita. Maka kita memiliki dana awal dari Simpanan Pokok untuk menstarter perusahaan sebesar Rp 200 Juta.Dari primer-primer koperasi itu kemudian mendirikan Koperasi Sekunder (holding) di tingkat nasional. misal Rp 25 ribu/bulan dari anggota.

dapat dilihat pada formulir akta pendirian koperasi pasal 27 ayat 5. Jawaban : 1. dan pengawas. mengangkat/memberhentikan pengurus dan pengawas. dan mungkin oleh menejer beserta para pegawainya bagi koperasi sekunder. Hal yang membedakan manajemen koperasi dengan manajemen umum adalah terletak pada unsur-unsur manajemen koperasi yaitu rapat anggota. • Pemilihan pengurus dan badan pemeriksa (jika masing-masing sudah berakhir masa jabatannya) • Masalah-masalah yang timbul dalam rapat. Rapat Anggota Rapat anggota didalam suatu organisasi termasuk koperasi adalah merupakan sarana dan cara komunikasi di antara semua pihak yang berkepentingan di dalam tata kehidupan koperasi. a. Pengurus berkewajiban untuk melaksanakan garis-garis besar usaha yang telah ditentukan dalam rapat anggota dan tercantum dalam anggaran dasar maupun anggaran rumah tangga koperasi. Dasar pengawasan adalah keinginan agar koperasi maju. . Jadi dapat dikatakan bahwa pada dasarnya penguruslah yang menentukan garis-garis besar kebijaksanaan yang akan dikerjakan bersama bagi koperasi primer. Tugas Perangkat Kerja dalam organisasi Koperasi. Pengawasan merupakan unsur pokok dalam sistem demokrasi yang dijalankan oleh koperasi. • Penilaian laporan buku pemeriksa.  Pengawas tugasnya mengawasi jalannya koperasi. Rapat anggota tahunan koperasi membicarakan antara lain hal-hal sebagai berikut: • Penilaian dan kebijaksanaan pengurus dalam memimpin koperasi selama tahun buku yang lampau.  Pengurus koperasi bertugas memimpin koperasi dan usaha koperasi termasuk mengankat dan memberhentikan manajer. bukan keinginan untuk menjatuhkan ataupun manajer. 5. Pengurus Pengurus sebagai unsur manajemen kedua dalam urutanya yang bertanggung jawab sebagai badan pemimpin koperasi. Pentingnya rapat-rapat di dalam suatu koperasi. membuat kebijaksanaan umum. • Neraca tahunan dan perhitungan laba rugi. Tuliskan yang menjadi pedoman pengawasan oleh pengurus adn manajer. yang menyatakan bahwa tempat dan tanggal serta acara rapat harus diberitahukan selambat-lambatnya tujuh hari sebelum rapat dia adakan. Adapun tugas masing-masing dapat diperinci sebagai berikut :  Rapat anggota bertugas untuk menetapkan anggaran dasar. • Menetapkan pembagian sisa hasil usaha koperasi. b. 2. pengurus. dimana kekuasaan tertinggi adalah ada pada Rapat Anggota . • Rencana kerja dan rencana anggaran belanja tahun berikutnya.

c. Menghadiri rapat anggota .Merupakan organisasi teratur4.Memerlukan memerlukan modal modal 5. • Keputusan Rapat Anggota. Memberikan laporan berkala. Tugas Manajer Koperasi : a. anggota dan pengurus. Pengurus dimungkinkan untuk dianggat dari kalangan anggota.Tata kerja bersifat statis dan tradisional5. • Keputusan Rapat Pengurus dan Rapat Gabungan. Pedoman Pengawasan oleh Pengurus dan Manajer : • Undang –Undang No. Memberikan analisa dan keluhan-keluhan para anggota e. Perbedaan gotong royong dengan koperasi : Gotong Royong Koperasi 1. Badan pemeriksa dipilih dari kalangan anggota oleh anggota dalam rapat anggota. 25 tahun 1992.Belum tetap. Memberikan laporan berkala tentang pemasukan dan pengeluaran c. Manajer mengatur pelaksanaan kegiatan usaha e. Memberikan laporan kualitas pelayanan f.Tata kerja dilakukan secara yang teratur4.mengenai keg iatan sesuai tujuan koperasi b.Tujuannya terus menerus3. .umumnya dilaksanakan dipedesaan2. Setiap tahun memberikan laporan ART dan menyarankan ada perubahan Tata Kerja Manajer Koperasi : a. Manajer membantu sekretaris dalam menyiapkan bahan-bahan yang dibahas dalam rapat c. Manajemen bertanggung jawab atas seluruh pelaksanaan tugas 4. Manajemen melaporkan seluruh pelaksanaan tugas kepada pengurus f. • Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga. usaha.Usahanya tidak dilakukan telah maju2.Tujuan 1. akan tetapi badan pemeriksa harus dari kalangan anggota.Terdapat di masyarakat yang tertentu.Usahanya terus merupakan organisasi yang menerus3. Menentukan jumlah stok dan menetapkan pengawasan harta kekayaan Koperasi d. dan kebijakan pengurus. Badan Pemeriksa Badan pemeriksa merupakan salah satu di antara alat-alat perlengkapan organisasi koperasi disaping rapat.Tidak dinamis rasional5.rapat pengurus dan rapat gabungan b. 3. Badan pemeriksa mempunyai tugas untuk melakukan pengawasan dan pemeriksaan terhadap kehidupan koperasi termasuk didalamnya organisasi. Manajer membantu mencatat seluruh keputusan atas kebijaksanaan yang diambil dalam rapat dan merahasiakannya d.

Related Interests