1.

Perhatikan beberapa ciri-ciri makhluk hidup berikut
a) Memerlukan nutrisi
b) Melakukan metabolisme
c) Bergerak
d) Reproduksi
Dari cirri-ciri di atas, manakah cirri-ciri makhluk hidup yang benar?
a. 1 dan 2 saja
b. 3 dan 4 saja
c. 1, 2, dan 3
d. 2, 3, dan 4
e. Semua benar

2. Seorang anak menemukan 3 jenis hewan berbeda, yaitu lipan, kelabang, dan keluwing.
Ketiga hewan tersebut dimasukkan dalam kelompok...
a. Insecta
b. Crustasea
c. Myriapoda
d. Arachnida
e. Choelenterata

3. Dalam klasifikasi, jeruk bali (Citrus maxima), jeruk nipis (Citrus aurantifolia), dan jeruk
keprok (Citrus nobilis) termasuk dalam satu kelompok yaitu pada tingkat :

A. Kelas

B. Ordo

C. Famili

D. Genus

E. Spesies

Berikut ini merupakan pengelompokan makhluki hidup 1) Ginkgophyta 2) Cycadophyta 3) Coniferophyta Divisi tersebut merupakan klasifikasi dari a. Angiospermae b. Penggunaan pupuk NPK yang berlebih pada sektor pertanian berdampak. Eutrofikasi d... Pengurai 6. Nitrifikasi 7. konsumen V ... a. Fenomena itu disebut. Konsumen I dan konsumen II B.konsumen VI E. namun penggunaannya yang berlebihan mengakibatkan sisa pupuk tercuci oleh air hujan. . Gymnospermae c. . a. Perhatikan jaring-jaring makanan berikut. Biomagnifikasi b. Peningkatan suhu perairan . Dicotyledoneae e. konsumen V D. Padi  tikus  ular  elang Ulat  burung jalak  harimau Harimau berperan sebagai . . Denitrifikasi c. Pupuk diperlukan untuk menyuburkan tanaman. A. Fungi 5. Akumulasi e. masuk ke saluran irigasi kemudian terkumpul di sungai. konsumen IV. Konsumen IV.4.. Monocotyledoneae d. Konsumen IV. Konsumen III. konsumen V dan pengurai C.

Berikut adalah ciri-ciri jaringan pada hewan. jala. I II III Merupakan jaringan Bentuk selnya bermacam. I merupakan jaringan otot E. pernyataan yang tepat adalah …. Duri 10. Populasi Algae meningkat pesat c. II merupakan jaringan epitel D. Tidak berpengaruh terhadap persediaan air di hutan c. Rambut akar e. Bertambah besarnya aliran air dari gunung d. Lentisel c. Bertambah besar daya serap humus 9. Adanya bahan dasar penutup permukaan organ macam (gelendong. Aliran air berkurang b. dampak yang terjadi adalah… a. Kutikula d. I merupakan jaringan ikat .. A. Penurunan kadar CO2 pada perairan d. Bertambah besar proses evapotranspirasi e. III merupakan jaringan ikat C. Stomata b.. Populasi ikan menurun karena kurangnya makanan 8. Peningkatan keanekaragaman hayati e. Sel-sel epidermis pada daun dapat mengalami perubahan bentuk menjadi. Bila hutan terbakar habis. b. III merupakan jaringan epitel B. a. dan lainlain) Berfungsi melindungi Berfungsi sebagai penggerak Berfungsi jaringan yang terdapat di alat-alat Tubuh menghubungkan sel- bawahnya sel atau organ-organ Berdasarkan tabel tersebut.

Tes Urine-Tes Darah-FPG-OGTT-Uji glukosa plasma secara teratur E... Tes Urine-Tes glukosa -FPG-OGTT-Uji glukosa plasma secara acak . Mengekskresi urine b. menutup tenggorokan pada saat bernapas b. Hati merupakan salah satu organ ekskresi manusia. cepat rusak. Fungsi hati sebagai alat ekskresi adalah. Fungsi katup pangkal tenggorok adalah …. Tes Urine-Tes Darah-OGTT-FPG -Uji glukosa plasma secara acak C.... Gangguan in disebut dengan.Tes Urine-Tes Darah-FPG-OGTT-Uji glukosa plasma secara acak B. Kelainan darah dimana sel darah merah berbentuk tidak normal. A. MengekskresiH2O 13. menutup kerongkongan saat menelan makanan d. Mengekskresi CO2 e. a... Berikut ini lima langkah dalam mendiagnosis Diabetes Mellitus adalah. dan berumur lebih pendek dari sel darah normal. Mengekskresi bilirubin dan biliverdin c. Mengekskresi keringat d... Penyakit Sel Sabit c. Tes Darah-Tes Darah-FPG-OGTT-Uji glukosa plasma secara acak D.11.. a. a.. membantu menelan makanan e... Leukopeni 14. Siklemia b... Membantu mengelmusi makanan 12. Talasemia d. kekurangan oksigen. menutup saluran napas pada saat menelan makanan c. Hemofilia e..

Tempat terjadinya respirasi seluler yang menghasilkan ATP b. Masuknya garam-garam mineral dan air dari tanah ke dalam sel-sel akar merupakan suatu contoh proses… a. Penyakit Parkison ialah penyakit yang disebabkan oleh kekurangan neurotransmiter dan dopamine yang berpengaruh pada. Tempat sintestis protein c.. a. Setelah seminggu ternyata biji cabai pada wadah A lebih banyak dari pada wadah B.. imbisisi b. Hilangnya kadar oksigen pada tubuh b. a.. sedangkan wadah B diletakkan di inkubator pada suhu 45 ̊C.15. Kerapuhan otot secara progresif c. Dia menyiapkan dua wadah yang diberi label A dan B yang sama sama diisi dengan kapas basah. Menurunnya kerja otak 16. Wadah A diletakkan di dalam ruangan. fungsi matriks adalah … a. Simpulan dari percobaan Ratna ini adalah. Penyaringan urine e. Selanjutnya ia meletakkan beberapa biji cabai ke dalam kedua wadah tersebut.. Sintesis lipid d. . Ratna melakukan pengamatan pertumbuhan biji cabai. Biji cabai pada wadah A mendapatkan oksigen yang cukup untuk tumbuh 17. Kekurangan sel darah d. osmosis . Metabolism karbohidrat e. Pertumbuhan dipengaruhi oleh suhu optimum d. krista dan matriks. Mitokondria merupakan organel yang memiliki membrane rangkap. Pertumbuhan dipengaruhi oleh intensitas cahaya c. Cahaya menghambat pertumbuhan cabai b. Air pada wadah Bsudah habis sebelum biji berkecambah e. Oksidasi asam lemak dan katabolisme asetik koenzim 18.

Osmosis air ke dalam sel menyebabkan sel membengkak dan memecahkannya c. sebab adanya difusi air ke dalam sel menyebabkan sel membengkak dan memecahkannya b. Fiksasi karbon. Aliran elektron siklik dan aliran elektron non siklik D. Molekul-molekul air masuk ke dalam darah dan mengalami pemecahan molekul menjadi molekul yang lebih kecil d. sebab sel darah merah berkosentrasi lebih tinggi dari air suling sehingga air terus menerus masuk dalam memecahkan sel 20. Fiksasi karbon. c. reduksi C. adsorpsi e... Peristiwa yang dialami oleh sel darah pada air suling diatas adalah… a. regenerasi RuBP B. reduksi. A. Air yang masuk ke dalam sel darah menyebabkan persitiwa krenasi sel e. regenerasi NADH . Plasmolisis. reduksi. Siklus Calvin yang berlangsung di stroma terdiri dari 3 tahap utama yaitu . aliran elektron siklik. Hemolisis. plasmolisis 19.. difusi d. Fotofosforilasi dan aliran elektron non siklik E. Fiksasi karbon. Perhatikan peristiwa pada gambar di bawah ini.

a. dan hasil akhir dari proses siklus krebs adalah…. Matriks mitokondria Asetil Ko-A dan 2 ATP D.. 2 FADH2. NADH dan Membran dalam mitokondria 6 H2O dan 32 ATP FADH2 .. dan 2 Matriks mitokondria Asam piruvat NADH C. Perhatikan data hasil percobaan cara kerja enzim! Ekstrak hati H2O2 Tabung pH Gelembung Udara Nyala Api (ml) (ml) 1 0 2 7 . 2 NADH. 2 asam piruvat. 2 CO2. Derajat keasaman (pH) b. Konsentrasi ekstrak hati d.21. - 2 3 2 7 + Kecil 3 7 2 7 ++ Besar 4 10 2 7 +++ Besar Berdasarkan data tersebut. dapat disimpulkan bahwa cara kerja enzim dipengaruhi oleh. Nyala api 22.. Volume gelembung udara e. 6 NADH. dan Membran dalam mitokondria Asetil Ko-A 2 ATP B. Kecepatan reaksi c. 2 NADH. 4 CO2. bahan. 2 Asetil Ko-A. 2 asam piruvat. Tempat Reaksi Bahan Hasil Akhir A. Pasangan antara tempat reaksi. 2 Sitosol Glukosa ATP E.

Treonin-lisin .23..Isoleuosin.tirosin. A. Perhatikan data percobaan ingenhousz dibawah ini! No. tirosin. Tempat terang + NaHCO3 ++++ Dari data diatas dapat dilihat bahwa penambahan NaHCO3 dapat meningkatkan kadar O2 yang dihasilkan. NaHCO3 berfungsi sebagai katalis dengan menghasilkan CO b. Struktur DNA dengan RNA dapat dibedakan berdasarkan… A. Susunan basa purinnya C. tirosin.tryptophan-fenilalanin c. Perlakuan Jumlah Gelembung (O2) 1.Isoleuosin. hal ini dikarenakan ….Treonin. Gugus fosfatnya E. Bentuk rantainya D. B. Tempat terang ++ 2.Treonin. Jika suatu DNA memiliki untai antisense ATG-TGC-TAT-ACC-AAG KODON ASAM AMINO KODON ASAM AMINO AUG metionin AUA Isoleuosin UAC tirosin UGG triptophan UGC Sistein ACC Treonin ACG Treonin AAG lisin UAU tirosin UUC fenilalanin Apabila terjadi sintesis protein. a. dan C benar 25. NaHCO3 berfungsi sebagai katalis dengan menghasilkan O2 d. NaHCO3 berfungsi sebagai katalis dengan menghasilkan H2 24. metionin.Sistein. maka asam amino yang dihasilkan adalah… a. NaHCO3 berfungsi sebagai katalis dengan menghasilkan CO2 c. Komponen gulanya B.Treonin-lisin b. NaHCO3 berfungsi sebagai katalis dengan menghasilkan H2O e.

d. metafase II Meiosis c. gambar tersebut menunjukkan fase … a.25% 29. Telofase 1 b. metionin.50% c. telofase II Meiosis e. pindah silang terjadi pada fase… a. 6.Treonin-lisin 26. 12. Pada gametogenesis.Sistein. Profase 2 e.25% b. Persilangan antara bunga Linnaria maroccana merah (Aabb) dan putih (aaBb) menunjukkan peristiwa kriptomeri. profase I Meiosis b. Apabila F1 yang memiliki fenotipe ungu dan F1 yang memiliki fenotipe merah disilangkan dan menghasilkan 360 tanaman. 45 . tanaman. Jika sesama F1 disilangkan maka presentase keturunan yang memiliki sifat buah kecil rasa tidak manis sebesar a. Interkinesis 28. anafase mitosis d. Perhatikan gambar pembelahan sel yang memiliki 4 kromosom berikut! Berdasarkan susunan kromatid dan jumlah calon sel anak. Isoleuosin. a.tirosin. 18.75% d. jumlah keturunan yang berfenotipe putih sebanyak …. Profase 1 d. telofase mitosis 27. 56. 25% e. Telofase 2 c.tryptophan-fenilalanin e.tryptophan-fenilalanin. Seorang petani menyilangkan tanaman semangka buah besar rasa tidak manis(BBmm) dengan buah kecil rasa manis (bbMM).

Ibu homozigot resesif C. maka kemungkinan golongan darah anak – anaknya adalah . b. 270 30. Penikahan suami istri normal untuk sifat anadontia mempunyai 2 anak perempuan normal dan 1 anak laki-laki anadontia. 180 e. A. Ayah homozigot dominan D. Berdasarkan percobaan tersebut. Pada wadah I berasal dari daging yang membusuk .. 90 c. A dan O b. Berasal dari telur-telur lalat dan daging yang membusuk c. AB c. 135 d. Ibu homozigot dominan B. Apabila suami istri memiliki golongan darah A. a. B DAN O 31. Berasal dari udara yang masuk ke wadah b.. Ibu carier E. Dari kasus ini bisa disimpulkan. Ayah carier 32.. A e. O d. Anadontia ditentukan oleh gen resesif yang terpaut kromosom x. dapat ditarik kesimpulan bahwa belatung… a.

Memelihara babi hutan dan anjing hutan . Memelihara hewan liar dan membudidayakan tanaman liar d. bahwa makhluk hidup pertama terbentuk di udara d. Asal mula kehidupan di bumi c.. Akibat kekurangan makanan. Warna kupu-kupu berwarna gelap lebih adaptif terhadap warna lingkungannya. Sayap burung dan sirip ikan c. kupu-kupu berwarna gelap menurunkan sifat yang lebih variatif. Berasal dari gabungan udara dan daging yang membusuk 33. e. dan air dalam percobaannya di laboraturium.. Dari hasil percobaannya ini Stanlley Miller dapat membuktikan. Homologi organ pada suatu makhluk hidup merupakan bukti adanya evolusi. d. Menjinakkan kucing untuk menangkap tikus e.. Berasal dari telur-telur yang hinggap pada daging e. Sayap kelelawar dan sirip ikan 35.. Sayap serangga dan sayap burung b. Tangan manusia dengan kaki buaya e. Berikut ini yang merupakan contoh dari homologi a. Timbulnya spesies baru terjadi melalui domestikasi yaitu. 36. Memelihara hutan-hutan agar hewan dan tumbuhan yang ada tidak punah c. d. Kupu-kupu berwarna cerah mati. a. c. Kemampuan bertahan hidup kupu-kupu berwarna gelap lebih tinggi. Memelihara jenis hewan atau tumbuhan untuk keperluan hidup b. Kaki buaya dan sayap kupu-kupu d. bahwa energi diperlukan untuk membentuk makhluk hidup 34. bahwa asam amoni merupakan dasar dari semua kehidupan e. a. amonia. kupu-kupu berwarna cerah dimangsa oleh kupu-kupu berwarna gelap. Stanlley Miller menggunakan gas metana. hidrogen. Penyebab meningkatnya jumlah kupu-kupu Biston Bitularia yang berwarna gelap setelah revolusi industry adalah… a. Kebenaran teori abiogenesis b. b.

manakah data dari enzim restriksi yang benar? . diantaranya adalah. NAMA ENZIM SEKUENS Jenis PENGENAL Pemutusan 1 EcoRI G AATTC Sticky end 2 HhaI GCG C Blunt end 3 BsuR GG CC Blunt end 4 BalI TGG CCA Sticky end 5 SmaI CCC GGG Blunt end Pada tabel diatas..37. Aspergillus oryzae B. perbanyakan embrio d. Apa prinsip dasar teknik trasplantasi inti hingga diperoleh domba Dolly yang memiliki sifat unggul dari indukan yang mendonorkan inti sel yang disisipkan oada sel ovum? a.gen unggul 38. fermentasi c. Muatan inti diploid pendonor ke sel haploid mengaktifkan gen. pemanfaatan teknologi pangan 39. Fermenter yang sesuai dalam proses pembuatan nata de coco adalah . Inti dari sel induk dapat meningkatkan kualitas gen. Dalam pembuatan nata de coco dibutuhkan fermenter untuk mengubah air kelapa menjadi nata de coco. kultur jaringan e... Seluruh sifat induk pendonor diwariskan kepada keturunannya c.sifat induk pendonor diwariskan kepada keturunannya d. rekayaa genetika b. Acetobacter xylinum C.. Sebagian besar sifat.. Aplikasi bioteknologi konvenisonal yang melaksanakan fungsi tersebut. Actinomutor elegans D. Interaksi antara inti sel donor dan sitoplasma ovum membentuk sifat unggul e. No.gen unggul b. Erwinia dissolvens 40. Mucor silvaticus E. Bioteknologi konvensional banyak bermanfaat bagi manusia untuk meningkatkan kualitas barang dan jasa. A. a.

dan 5 d. 2.4. dan 3 b.2.4. 3.2. dan 5 c. dan 5 . 1. 1. 1. dan 5 e.a. 3.

Related Interests