PEMERINTAH KABUPATEN TUBAN

DINAS PERHUBUNGAN
Jalan Teuku Umar No. 23 Tuban Telp.(0356) 327511
TUBAN - 62314

KERANGKA ACUAN KERJA
( KAK )

PEKERJAAN :
IDENTIFIKASI RUANG PARKIR OFF STREET PADA KAWASA KOTA
DI KABUPATEN TUBAN

SUMBER DANA :
APBD KABUPATEN TUBAN
TAHUN ANGGARAN 2017

MAKSUD DAN TUJUAN 1. Parkir di luar badan jalan (Off street Parking) merupakan suatu parker dalam kawasan yang tidak mengganggu badan jalan namun memiliki kelemahan pada akses keluar masuk suatu kawasan tertentu. 43 Tahun 2005).2 Juta jiwa. B. termasuk dalam pengertian parkIr adalah setiap kendaraan yang berhenti pada tempat-tempat tertentu baik yang dinyatakan dengan rambu ataupun serta tidak dengan semata-mata untuk menaikan dan menurunkan orang atau barang.905 m2 dan jumlah penduduk kurang lebih 1. LATAR BELAKANG Parkir didefinisikan sebagai keadaan tidak bergerak suatu kendaraan yang bersifat sementara (PP No. Tuban – JawaTimur Pekerjaan : Identifikasi Ruang Parker Off Street pada Kawasan Kota di Kab. KERANGKA ACUAN KERJA ( KAK ) Tahun anggaran : 2017 Lokasi : Kab. Kabupaten Tuban memiliki 1. Dari hal tersebut Kabupaten Tuban memliki potensi tarikan perjalanan khususnya pada kawasan kota di KabupatenTuban yang menyebabkan akan tingginya kebutuhan Parkir. . Didukung dengan semakin tingginya pembangunan membuat pentingnya suatu kajian mengenai parkir off street. Maksud Maksud dari pekerjaan ini yaitu melakukan kajian tentang potensi parkir off street pada ruas jalan kota di KabupatenTuban. Terutama dengan semakin tingginya daya beli masyarakat yang menyebabkan suatu pusat keramaian memiliki tarikan perjalanan yang cukup tinggi. dengan lokasi yang memiliki jalan lintas antar provinsi. Selain dari keuntungan dimana letak parker kendaraan tidak membebani badan jalan off street parking juga merupakan salah satu pemasukan daerah.Tuban A.

( Lima Puluh Juta Rupiah) Termasuk PPN 10%. ALOKASI SUMBER DANA Sumber dana untuk melaksanakan kegiatan ini dari APBD tahun anggaran 2017 Kabupaten Tuban. 50. Tuban Satuan Kerja : Dinas Perhubungan Kab. b. ORGANISASI DAN PEJABAT PEMBUAT KOMITMEN Nama PPkom : Drs. C. Mengetahui Lokasi kebutuhan Park and Ride. Tuban Bidang : Parkir – Sub-bidang Parkir Khusus E.. LOKASI KEGIATAN . SASARAN Sasaran dari kegiatan ini adalah menghasilkan suatu kajian sesuai dengan kebutuhan data pemerintah kabupaten Tuban dalam menentukan kebijakan mengenai kebutuhan dan ketersediaan parker pada kawasan kota Kabupaten Tuban. Dengan Perkiraan Biaya Rp. Tujuan umum dari pekerjaan ini adalah untuk mengetahui potensi parkir off street pada kawasan kota di Kabupaten Tuban. Tujuan Adapun tujuan dari pekerjaan ini. MBA Pekerjaan : Identifikasi Ruang Parkir Off Street pada Kawasan Kota di Kab. MUJI SLAMET. F. 2. antara lain : a. Mengetahui kebutuhan parkir off street pada ruas jalankota di Kabupaten Tuban.000. D. c.000.

dan ketersediaan parkir off street pada ruas jalan kota di Kabupaten Tuban. dan tenaga ahli yang dibutuhkan sesuai dengan sumber dana tersedia. Hanya membahas mengenai kebutuhan. Data dasar terbatas Pada : 1) Peta Administrasi Kabupaten Tuban. H. Berikut data penunjang: a. Lokasi pekerjaan ini terletak pada ruas jalan kota di kabupaten Tuban. 3. kedalaman studi antara lain mencakup metode yang digunakan. 2) Data kajian terdahulu. Wilayah kajian kegiatan ini hanya meliputi kawasan kota pada kabupaten Tuban. potensi. RUANG LINGKUP PEKERJAAN Untuk tercapainya kesesuain kegiatan ini Lingkup kegiatan dibatasi dan disesuaikan dengan hal-hal sebagai berikut: 1. Gambar. DATA DAN FASILITAS PENUNJANG Untuk tercapainya kesesuain kegiatan ini Lingkup kegiatan dibatasi dan disesuaikan dengan hal-hal sebagai berikut: 1. 2. Lokasi Studi G. proses pengolahan data. pada Provinsi Jawa Timur. Data Penunjang Adapun data penunjang dalam melakukan pekerjaan ini demi tercapainya hasil yang optimal. .

2. Penyiapan dan Pelakasanaan Survei. StandarTeknis Pengerjaan : 1) Undang Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan 2) Keputusan Menteri Perhubungan No. b. 5) Peraturan Menteri Pekerjaan Umum nomor: 03/PRT/M/2014 tentang Pedoman Perencanaan Prasarana dan Sarana Jaringan Pejalan kaki kawasan kota. J. 3) Data Penunjang lain yang terkait. 61 tahun 1993 tentang rambu-rambu lalu lintas jalan. PERSYARATAN KERJASAMA Jika kerja sama dengan penyedia jasa konsultasi lain deperlukan untuk pelaksanaan kegiatan jasa konsultasi ini maka persyaratan sebagai berikut harus dipatuhi: 1. Analisis data e. Penyusunan AkhirLaporan I. c. 3. Prosedur Pengerjaan. Pengumpulan data Dasar. Sebagai Berikut: a. Ditentukan pola Kerja sama kedua belah pihak dan diketahui oleh pemberi tugas. PEDOMAN PENGUMPULAN DATA DI LAPANGAN . Proses Rekap data. Ditentukan pihak penyedia jasa sebagai lead project yang bertanggung jawab terhadap hasil pekerjaan keseluruhan kepada pemberi tugas. 6) ISBN : 979-95401-1-9 tentang Pedoman Perencanaan dan Pengoprasian Fasilitas Parkir Maret 1998 7) Peraturan Daerah Kabupaten Tuban nomor 12 Tahun 2011 (Tarif Retribusi Pelayanan Parkir – Dishub Kab. 3) Keputusan Direktorat Jenderal Perhubungan darat Nomor 272 tentang Pedoman Teknis Penyelenggaraan Fasilitas Parkir. 4) Panduan penempatan fasilitas Perlengkapan Jalan Direktorat Bina system Transportasi perkotaan – Departemen Perhubungan. Tuban) 2. b. Besaran presentase modal atau pembagian kewenangan dalam pelaksanaan kegiatan diketahui pemberi tugas. d.

KELUARAN / PRODUK YANG DIHASILKAN . ukuran lebar badan jalan. Memiliki Pengalaman Minimal 10 tahun Sekuran-kurangnya S1 Teknik Sipil. K. Mempunyai Sertifikat Keahlian Ahli Teknik 1 Team Leader 1 orang Jalan – Utama. Pengumpulan data primer berupa pengambilan data titik lokasi parkir. Warga Negara 5 Surveyor 2 Orang Indonesia. Kualifikasi Personil Posisi Tenaga Jumlah No. Sehat Jasmani dan Rohani. harus dilakukan dengan cermat dengan data yang benar dari instansi terkait. Minimal Memiliki pengalaman 1 Tahun. Kualifikasi Ahli / Personil Personil Sekuran-kurangnya S1 Teknik Sipil. Sekurang-kurangnya D3 Jurusan Transportasi atau Perencanaan Wilayah 4 Kordinator Survey 1 Orang dan Kota. L. Pengumpulan data sekunder. Mempunyai Sertifikat Keahlian Ahli 2 Tenaga ahli Jalan 1 orang TeknikJalan – Madya. Dapat 6 Petugas Rekap 1 Orang Mengoprasikan Komputer. M. KUALIFIKASI TENAGA Personil dalam pengerjaan ini harus memiliki kemampuan sesuai dengan kebutuhan. Memiliki Pengalaman Minimal 10 tahun Sekurang-kurangnya D3 Jurusan Transportasi atau Perencanaan Wilayah 3 Drafter 1 orang dan Kota. Minimal SMA Sedrajat. Adapun kebutuhan Personil untuk kegiatan ini sebagai berikut: Tabel. data parker tersedia. Minimal SMA Sedrajat. Minimal Memiliki pengalaman 1 Tahun. JANGKA WAKTU PELAKSANAN Waktu pelaksanaan untuk proses pengerjaan pada pekerjaan ini adalah 30 Hari Kalender. segmen lokasi studi.

Laporan Fakta dan Observasi dari kegiatan pengambilan data berupa data primer dalam persiapan analisa data. berupa laporan hasil survey dan laporan lainya. 2. 2. Laporan Akhir tentang Hasil Analisa Memuat seluruh data jalan dan lalu lintas jalan beserta hasil analisa. Seluruh pelaporan di atas diserahkan kepada pejabat pembuat Komitmen dalam bentuk hard copy. Laporan Fakta danObservasi Laporan ini diperbanyak dengan jumlah 3 (tiga) buku dalam format kertas HVS 70 gsm Ukuran A4. . N. Keluaran yang harus dihasilkan Konsultan pada pekerjaan ini yaitu: 1. Laporan Akhir Laporan ini diperbanyak dengan jumlah 3 (tiga) buku dalam format kertas HVS 70 gsm Ukuran A4. LAPORAN Keluaran yang akan dihasilkan dari pekerjaan ini berupa dokumen kegiatan. Laporan tersebut meliputi: 1. Konsultan perencana harus dapat memaparkan hasil pekerjaan (Laporan) dihadapan pejabat pembuat komitmen atau pihak terkait agar perencanaan yang dihasilkan dapat dipahami dan diterima dengan baik secara teknis ataupun secara non teknis.

MBA Pembina Utama Muda NIP. PENUTUP Hal-hal teknis yang belum tercakup dalam KAK ini akan disampaikan dalam rapat penjelasan dan merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kontrak pekerjaan. Demikian Kerangka Acuan Kerja (KAK) ini dibuat untuk acuan dasar dalam pelaksanaan Pekerjaan oleh konsultan. Tuban. Tuban Drs. MUJI SLAMET. Februari 2017 KUASA PENGGUNA ANGGARAN Dinas Perhubungan Kab.O. 19600705 198303 1 026 .

23. TEUKU UMAR 17 No. LATSARI – TUBAN. (0356) 327511 KERANGKA ACUAN KERJA (KAK) PEKERJAAN : IDENTIFIKASI RUANG PARKIR OFF STREET PADA KAWASAN KOTA DI KABUPATEN TUBAN SUMBER DANA APBD KABUPATEN TUBAN TAHUN ANGGARAN 2017 2017 . TELP. PEMERINTAH KABUPATEN TUBAN DINAS PERHUBUNGAN Jl.

Teknologi Park and Ride Park and Ride memiliki suatu media informasi terkait ketersediaan lahan parker dalam gedung dengan menggunakan sensor yang dapat menampilkan jumlah kendaraan pada area parkir. Gambar. Definisi dan Pengertian Park and Ride Parkir dan menumpang atau dalam bahasa Inggris Park and ride adalah kegiatan parker kendaraan pribadi di tempat parker dan kemudia nmelanjutkan perjalanan dengan menggunakan bus atau kereta api. Berikut gambaran teknologi Park and Ride. Banyak ditemukan di stasiun kereta api di pinggir kota ataupun stasiun/shelter busway di pinggir kota. Gambar. Media Informasi Lahan Parkir . Refrensi Studi Park and Ride Surabaya B. PARK AND RIDE A.

Operasional Park and Ride Pengguna park and ride yaitu kendaraan pribadi yang melakukan pemindahan moda dari kendaraan pribadi kekendaraan umum. Lokasi Lahan Parkir dengan Sensor Terdapat lampu penanda di atas lokasi parker menunjukkan ada tidaknya kendaraan dalam lokasi parker tersebut. Berikut gambar park and ride Mayjen Sungkono. Park and Ride Mayjen Sungkono Surabaya . Didukung dengan alat media informasi penunjuk arah pada dalam kawasan parkir. Gambar. Gambar. Oleh sebab itu Park and Ride juga memiliki karakter seperti shelter atau terminal. C.

Sehingga memudahkan pengendara yang masuk dan tidak menyebabkan antrian kendaraan masuk saat operasional Park and Ride beroperasi. Sedangkan pada tiket masuk menggunakan mesin automatic ticketing.PosKeluarMasukKendaraan Pos keluar kendaraan menggunakan loket pengambilan tiket. . Gambar.