LK-4a

KISI-KISI PENYUSUNAN SOAL SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL

No KD IPK Materi Indikator Bentuk
Butir soal
soal Tes
1 3.1 a. 1. pengertian 1. siswa dapat
menjelas komunikasi menjelaskan
Memahami Urai 1
kan pengertian
komunikasi 2. fungsi
pengerti komunikasi PG 1
an komunikasi pada jaringan
pada
komunik 3. jenis-jenis (daring online)
jaringan asi pada komunikasi 2. siswa dapat
(darimg jaringan 4. fungsi memahami
(daring komunikasi PG 1,2,3
online) online) jenis-jenis pada jaringan
asinkron dan b. komunikasi (daring online)
memaha 3. siswa dapat
sinkron mi mengidentifikas
komunik i keunggulan
PG 4
asi pada dan kelemahan Urai 2,3
jaringan komunikasi
(daring pada jaringan
online) 4. siswa Urai 4,5
c.
mengide dapat PG 5
ntifikasi mengidentifik
keunggul
an dan asikan fungsi
kelemah
an jenis-jenis
komunik komunikasi
asi pada
jaringan pada jaringan
d.
mengid
entifika
sikan
jenis-
jenis
komuni
kasi
pada
jaringa
n
4.1 a. 1. pengertian 1. siswa dapat menyiapkan Unjuk diri
melakuk melakukan
Menyajikan komunikasi instrument
an komunikasi
komunik 2. fungsi daring yang

komunikasi (daring. siswa dapat PG 1.Manfaat pengertian kasi masalah pengerti Mind Map mind map dan mencari an mind 3.2 a. Indikator 2. mende monstra daring sinkron online) sikan asinkron komunik berdasarkan asi daring tugas sinkron asinkron berdasa rkan tugas 2 3. Pengertian 1.Kelebihan manfaat mind Urai 2 alternatif. masala h dan solusi alternat ive mengg unakan . siswa dpat ntifikasi kelebiha mengidentifik n dan asikan kekurang PG 5 an mind masalah dan map Urai 5 d. jenis-jenis dengan tugas asinkron berdasarkan komunikasi tentang dan contoh Unjuk diri sinkron 4. hasil asi komunikasi asinkron dan berhubungan daring sinkron pemahaman 3. solusi mengid alternative entifika menggunaka sikan n mind map.2 menjelas Mind Map menjelaskan Mengidentifi Urai 1 kan 2.4 c. mind map mengide 4. 1. memaha dan map mi 3. siswa dapat map Mind Ma memahami solusi b. siswa dapat manfaat kekurangan mengidentifikas mind i kelebihan dan PG 3.4 Mind Map map kekurangan Urai 3. siswa dapat komunikasi berdasa jenis-jenis mendemonstra dalam rkan makalah contoh komunikasi sikan jaringan b.fungsi 2. 4.

1. 3. Manfaat kreatif identifikasi kreatif Mind Map 2. siswa dapat Unjuk diri b. mind map.2 Menyaji a. Indikator masalah dan menyelesaikan Menyiapkan menyele Mind Ma solusi saikan 4. dan dengan tugas Mind Map efisisen . Kelebihan masalah instrument alternatif masalah dan secara cepat yang secara dan efisisen berhubungan menggunaka kekurangan cepat n Mind Map. 4. Pengertian 1. siswa dapat Makalah Unjuk diri menjadi Mind Map menjadi lebih hasil lebih 2.

………………….1 memenuhi kriteria 2 IPK KD 3.1 sesuai silabus/kurikulum KD 4.1 memenuhi kriteria IPK KD 4. LK-4b INSTRUMEN TELAAH KISI-KISI SOAL Hasil No Aspek yang Diamati Telaah Catatan Ya Tidak 1 KD 3. Observer ( ……………………………… ) .1 memenuhi kriteria 3 Materi memenuhi kriteria 4 Indikator soal memenuhi kriteria 5 Bentuk Tes memenuhi kriteria 6 Butir soal memenuhi kriteria Catatan : …………….

asinkron dan sinkron adalah… b. menulis. menerangkan e. menulis. aplikasi dan verifikasi . efisiensi waktu D d. membaca c. cara berkomunikasi yang disampaikan C melalui jaringan internet d. tidak mewakili emosi pengguna e. cyber e. menulis. cara berkomunkasi yang disampaikan melalui jasa antar e. menonton. menerangkan B d. menerangkan 3 Komunikasi yang terjadi di dunia semu lazim a. cyberspace 4 Berikut yang bukan merupakan kelemahan a. dapat dilakukan komunikasi daring adalah… kapan saja dan di mana saja b. terintegrasi dengan layanan TIK 5 Berikut merupakan jenis komunikasi daring a. cara berkomunikasi yang disampaikan melalui surat 2 Istilah komunikasi daring mengacu pada… a. sandi dan kode c. chit dan chat e. cara berkomunikasi yang disampaikan melalui udara b. menerangkan b. membaca. membaca. LK-4c Soal Pilihan Ganda Soal & Kunci Jawaban 1. cybercop c. windows dan A Microsoft d. menonton. cyberborg disebut… b. cybercrime E d. Soal Pilihan Ganda Kunci No Soal Pilihan Soal Jawaban 1 Komunikasi daring adalah… a. efisisensi biaya c. cara berkomunikasi yang disampaikan melalui kantor pos c.

Video conference 5 Sebutkan minal 3 contoh dari 1. Dapat dilakukan di mana komunikasi pada jaringan (daring saja dan kapan saja 10 online)! 2. Memerlukan perangkat 10 khusus 3. Rekaman simulasi visual . Efisiensi biaya 3. Soal Uraian No Soal Kunci Jawaban Nilai 1 Jelaskan pengertian komunikasi pada Cara berkomunikasi di mana jaringan (daring online)! penyampaian dan penerimaan pesan dilakukan 10 dengan atau melalui jaringan internet 2 Sebutkan minimal 3 keunggulan dari 1.2. Text chat komunikasi dalam jaringan (daring 2. Forum 10 online) asinkron! 3. E-mail komunikasi dalam jaringan (daring 2. Tidak mewakili emosi komunikasi pada jaringan (daring pengguna online)! 2. Video chat 10 online) sinkron! 3. Efisiensi waktu 3 Sebutkan minimal 3 kelemahan dari 1. Terlalu banyak iformasi yang tidak penting 4 Sebutkan minal 3 contoh dari 1.

 Siswa membuat akun e-mail dengan cara mempraktekannya  Akun yang sudah jadi memulai komunikasi dengan akun milik guru mata pelajaran. peserta diharapkan akan mampu:  Mengenal komunikasi dalam jaringan  Melakukan komunikasi dalam jaringan dengan percaya diri  Peserta didik dapat menggunakan e-mail dengan cara mengirim pesan. LANGKAH KERJA :  Siapkan komponen pendukung seperti komputer/laptop dan juga jaringan internet. .1 MEMBUAT SALAH SATU JENIS KOMUNIKASI ASINKRON (E-MAIL) A.3.  Menggunakan komponen pendukung (hardware maupun software) yang digunakan komunikasi dalam jaringan secara baik dan benar B. Soal Unjuk Kerja Model belajar 1. Alat dan Bahan  Komputer atau laptop  Jaringan internet (modem atau wifi) C.  Siswa mendiskusikan hasil pengumpulan data dan informasi dari hasil kegiatan. LEMBARAN KERJA :  Membuat akun e-mail D.  Siswa mengumpulkan data dan informasi. Tujuan : Setelah peserta memahami jenis-jenis komunikasi dalam jaringan.

grafik. Aspek yang Diamati TelaahTidak Ya Tidak Isi 1 Soal sesuai indikator 2 Ada batasan pertanyaan atau pernyataan yang mengarah kepada jawaban yang diharapkan 3 Pilihan jawaban homogen dan logis 4 Terdapat satu jawaban yang paling benar Konstruksi 5 Ada petunjuk yang jelas cara mengerjakan soal 6 Ada pedoman penyekoran 7 Tabel gambar.atau sejenisnya disajikan jelas dan terbaca 8 Memuat pernyataan secara tepat dan efisien 9 Pernyataan tidak ada petunjuk ke arah jawaban 10 Tidak memiliki pernyataan negatif ganda 11 Panjang rumusan jawaban relatif sama 12 Pilihan jawaban memuat isi materi bukan mengulang benar semua atau salah semua 13 Penggunaan angka dan waktu berurutan 14 Bukan soal berangkai antar nomor Bahasa 15 Rumusan soal menggunakan bahasa sederhana/ komunikatif . Hasil Catatan No. LK-4d INSTRUMEN TELAAH SOAL PILIHAN GANDA Sekolah : Kompetensi Keahlian : Mata Pelajaran : Kelas/Semester : KD : Berilah tanda cek( V) pada kolom YA dan TIDAK sesuai pengamatan saudara.peta. Berikan catatan atau saran untuk perbaikan sesuai penilaian Anda.

) . …………………..16 Butir soal menggunakan bahasa yang sesuai dengan kaidah bahasa pada mata pelajarannya 17 Rumusan soal menggunakan kata- kata/kalimat yang tidak menimbulkan penafsiran ganda atau salah penafsiran 18 Rumusan soal tidak mengandung kata- kata yang dapat menyinggung perasaan peserta ujian/ulangan 19 Rumusan soal menggunakan Bahasa denotatif/ bukan konotatif Rekomendasi Diterima/Revisi/Ditolak *) Catatan : ……………. Observer ( ………………………….

Related Interests