PT.

PLN (Persero)
Distribusi Jawa Timur
Area Surabaya Barat
Jalan Raya Taman no. 48D

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Program kegiatan akademik luar kampus seperti kegiatan Praktek Kerja Lapangan
(PKL) merupakan salah satu bentuk implementasi sistematis dan sinkron antara program
pendidikan di kampus dan program penguasaan keahlian yang diperoleh melalui kegiatan
kerja secara langsung di dunia kerja untuk mencapai tingkat keahlian tertentu.
Berdasarkan kurikulum Jurusan Fisika, bahwa salah satu persyaratan untuk menjadi
sarjana di Jurusan Fisika diharuskan mengikuti PKL pada bidang yang sesuai dengan
jurusan yang diambil pada semester VII namun dilaksanakan pada liburan semester VI,
yang mana di dalamnya tercakup ketiga Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan
dan Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat. Pelaksanaan PKL ini dibimbing
langsung oleh pembimbing dari PT. PLN (Persero) Area Surabaya Barat serta dosen
pembimbing dari Jurusan Fisika. Kegiatan ini dilakukan selama satu bulan dalam rentang
waktu 20 Juni – 20 Juli 2016 yang bertempat di PT. PLN (Persero) Area Surabaya Barat.
Dalam pelaksanaan kegiatan PKL tersebut, kami mengamati interaksi sosial di
lingkungan instansi dan proses kerja yang berhubungan dengan kegiatan PLN pada instansi
tempat kami melaksanakan PKL. Dengan kegiatan observasi dan orientasi ini, kami dapat
lebih mengenal seluk-beluk instansi dengan baik dan menjalin keakraban dengan pimpinan
dan pegawai PT. PLN (Persero) Area Surabaya Barat dalam membantu kami melaksanakan
kewajiban selama PKL.
Salah satu yang kami pelajari yaitu mengenai alat ukur Automatic Meter Reading
(AMR). Perangkat AMR berfungsi sebagai mengawasi, mengontrol, dan melakukan
pengambilan data penggunaan energi listrik pelanggan secara jarak jauh menggunakan
media komunikasi misalkan PSTN, modem, PLC atau radio packet.
1.2 Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Praktek Kerja Lapangan (PKL) dilaksanakan pada,
tempat : PT. PLN (Persero) Area Surabaya Barat
alamat : Jalan Raya Taman No. 48D, Sepanjang
waktu : 20 Juni – 20 Juli 2016

Laporan PKL | Universitas Negeri Surabaya 1

2. 1. 1. Untuk mengetahui cara pengambilan data dari Automatic Meter Reading sesuai dengan peritungan pada perusahaan PLN.3 Tujuan Tujuan pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan (PKL) ini adalah sebagai berikut: 1. 3. PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Area Surabaya Barat Jalan Raya Taman no. Meningkatkan kepedulian dan partisipasi dunia usaha dalam memberikan kontribusinya pada sistem pendidikan nasional. Laporan PKL | Universitas Negeri Surabaya 2 . Untuk mengetahui cara aplikasi Automatic Meter Reading yang sesuai dengan pedoman dari PLN. jelas dan terarah antara dunia perguruan tinggi dan dunia kerja sebagai pengguna output. 3. 5. 4. PLN (Persero) Area Surabaya Barat dan cara kerja dari alat ukur Automatic Meter Reading. Menumbuhkan dan menciptakan pola berpikir konstruktif yang lebih berwawasan bagi mahasiswa. Untuk memenuhi beban Satuan Kredit Semester (SKS) yang harus ditempuh sebagai persyaratan akademis di jurusan Fisika.3. Mahasiswa dapat mengetahui dan memahami sistem kerja di dunia industri sekaligus mampu mengadakan pendekatan masalah secara utuh. 2. 48D 1.4 Batasan Masalah Dalam penyusunan laporan PKL ini akan dibahas tentang bidang Transaksi Energi di PT. PT. Terciptanya suatu hubungan yang sinergis. Membuka wawasan mahasiswa agar dapat mengetahui dan memahami aplikasi ilmunya di lingkungan industri pada umumnya serta mampu menyerap dan bersosialisasi dengan dunia kerja secara utuh dan komprehensif.2 Tujuan Khusus Tujuan khusus dari pelaksanaan PKL kami adalah sebagai berikut : 1.3.1 Tujuan Umum 1.

PLN (Persero) Area Surabaya Barat Membahas tentang filosofi. 1. fungsi dan proses kerja dari bidang Transaksi Energi di PT. PLN (Persero) Area Surabaya Barat. 2. Informasi ini diperoleh dari buku-buku ilmiah. batasan masalah. dan sumber-sumber tertulis yang berkaitan langsung dengan objek atau judul yang diambil dalam laporan ini mengenai definisi. kendala yang terjadi pada sistem AMR. serta penjelasan tentang bagian Penertiban Pemakaian Tenaga Listrik (P2TL) 4. PLN (Persero) Area Surabaya Barat Membahas tentang sistem Automatic Meter Reading (AMR) yang digunakan oleh Area Surabaya Barat. karangan-karangan ilmiah. Bab IV : Penutup Berisi kesimpulan dan saran pada sistem komunikasi AMR PT. sejarah singkat. visi. laporan penelitian. Bab III : Bidang Transaksi Energi PT. PT.5 Sistematika Penulisan Dalam penyusunan laporan PKL ini menggunakan sistematika penyusunan sebagai berikut: 1. dan spesifikasi teknis pembangkit tenaga listrik PT. tujuan PKL. struktur organisasi. letak geografis.6 Metode Pengumpulan Data Dalam penyusunan laporan PKL ini metode yang digunakan dalam memperoleh data meliputi: 1. metode pengumpulan data. PLN (Persero) Area Surabaya Barat Laporan PKL | Universitas Negeri Surabaya 3 . 3. PLN (Persero) Area Surabaya Barat. 48D 1. komponen hardware dan software yang digunakan. Bab I : Pendahuluan Membahas tentang latar belakang. misi. Studi literatur merupakan pengumpulan sumber informasi yang relevan dengan topik atau masalah yang akan atau sedang diteliti. PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Area Surabaya Barat Jalan Raya Taman no. Bab II : Profil PT.

PLN (Persero) Area Surabaya Barat melalui: a. c. Teknik pengumpulan data dengan mengadakan pengamatan langsung pada objek yang akan diteliti yaitu tinjauan pelaksanaan pelayanan yang dilakukan PT. Teknik wawancara Suatu cara pengumpulan data dengan melakukan tanya jawab dengan karyawan perusahaan PT. PLN (Persero) Area Surabaya Barat. PLN (Persero) Area Surabaya Barat mengenai objek yang akan diteliti dan menganalisa hasil praktek. PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Area Surabaya Barat Jalan Raya Taman no. PT. Pengumpulan data langsung di PT. b. Laporan PKL | Universitas Negeri Surabaya 4 . 48D 2. Teknik observasi Suatu cara pengumpulan data dengan secara langsung melakukan pengamatan terhadap objek yang dianalisa.

Related Interests