Pembuka

Guru : asalamuallaikum wr.wb

Murid : waalaikumsalam wr.wb

Guru : Selamat sore anak-anak, bagaimana kabarnya hari ini?

Murid : Selamat sore bu, alhamdulillah baik bu.

Guru : Sebelum kita mulai pelajaran pada hari ini mari kita berdoa terlebih dahulu, ketua
kelas

silahkan memimpin doa!

Siswa : Teman-teman sebelum kita memulai pelajaran mari kita berdoa terlebih dahulu,
berdoa

Dimulai

Siswa berdoa menurut agama dan kepercayaan masing-masing

Siswa : Berdoa selesai.

Guru : Ok, kalau begitu kalian sudah siap untuk menerima materi pelajaran pada hari ini ya.

Hari ini kita akan belajar tentang Tata Rias Panggung. Nanti kami berikan teori-teori
tata rias panggung, dan juga akan ada demonstrasi bagaimana cara melakukan tata
rias panggung yang sesuai.

Spertinya kalian kok pada ngantuk begini ya?

Siswa : Iya bu ngantuk, seharian tadi ada kelas full dari pagi 

Guru : Ok kalau begitu sekarang semuanya berdiri!

Semua siswa berdiri mengikuti guruI

Guru : goyangkan tangan kalian...

Semakin cepattt......

Semakin cepatt lagi... ikuti dengan gerakan lari ditempat... semakinn cepattt...

Semua teriak AAAAAA sambil melompat... AAAAAAAAA

Ok cukup.. Masih ngantuk?

Siswa : Tidak bu.

Guru : Baiklah, ini ibu bagikan hand out tentang tata rias panggung. Tolong untuk ketua
kelas

dan mampu membuat desain rias wajah panggung sesuai dengan prosedur. tujuan belajar kita pada hari ini adalah anak-anak sekalian mampu menguraikan apa itu tata rias wajah panggung. kosmetika diaplikasikan cuup tebl dengan menunjukan garis wajah yang tegas dan nyata sehingga wajah akan tetap terlihat meski disorot lampu panggung dan dilihat dari jarak jauh. kalian bisa mencatatnya pada hand out yang sudah ibu bagi agar bisa kalian pelajari dirumah. bantu ibu. MC dan penari. Tata Rias ini menekankan efek-efek tertentu pada wajah. kemudian mampu mengkategorikan rias wajah panggung. karena make up ini akan dilihat oleh ratusan bahkan ribuan pasang mata dari jarak bangku penonton ke panggung yang jauh. Siswa menerima hand out. salah satu contoh tata rias panggung yang sering kita lihat adalah make up para penyanyi. Guru menunjukkan gambar 1 Guru : Pada gambar ini apa yang kalian pikirkan tentang tata rias panggung? Siswa : Tata Rias yang dipakai penyanyi-penyanyi bu. seperti pada gambar ini Guru menunjukkan gambar 2 Guru : Nah dari 2 gambar yang ibu tunjukka tadi dapat kita simpulkan apa itu tata rias panggung. Guru : setelah ini ibu akan sampaikan materi. Sehingga dengan tata rias yang tebal dan tegas dapat terlihat dari kejauhan. Makemereka buat tebal dan tegas hal ini adalah pinsiputama tata rias panggung. Guru : Nah. Materi: Guru : Anak-anak mari kita mulai materi kita hari ini dengan menganalisa gambar berikut ini. Itu konsep dasar dari tata rias wajah panggung. . Guru : selain itu biasanya para pemain teater dan pemain sirkus juga menggunakan tata rias panggung. Hal ini yang membuat para selebritis di tv itu menggunakan tata rais wajah yang tebal sehingga tata rias wajah mereka akan tetap terlihat meski disorot lampu terang panggung dan dilihat dari kejauhan. Guru : Yap betul sekali. Tata Rias panggung adalah tata rias yang dibutak untuk sebuah pertunjukan atau pementasan disesuaikan dengan tujuan dari pementasan.

Jangan ragu untuk mengaplikasikan warna. Ini adalah jenis make up panggung berikutnya. peragawati. Terkadang juga ditambahkan gelatin atau lateks untuk membuat wajah semakin mirip dengan karakter yang diinginkan. Sampai sini paham anak-anak? Ok ibu lanjutkan. sedikit berkilau sangat dianjurkan. Kecuali untuk kepentingan tv atau film diperbolehkan warna-warna nude. melainkan hanya menegaskan garis-garis cantik wajah si client. Kategori ini biasa digunakan oleh penyanyi. tata rias straight tidak meniru karakter. Dari gambar ini ada beberapa hal yang bisa kita pelajari. pemain sirkus. Untuk stright make up paham anak2? Ibu lanjutkan dengan ciri-ciri tata rias panggung ya . dancer. Berikut contoh gambarnya.Hal yang paling perlu digaris bawahi adalah terlihat dari kejauhan ini adalah aspek tolak ukur tata rias panggung tersebut berhasil Ada beberapa jenis tata rais panggung yang perlu kalian pelajari. dan selebritis di televisi. Berikut ini contoh tata rias prosthetic Guru menunjukkan gambar ria prosthetic Lihat pada gambar ini garis-garis yang dibuat sangat tegas. menojolkan kelebihan wajah. hal ini dibedakan berdasarkan tujuan pementasannya. dan area mata dibuat kuat. Guru menunjukkan gambar rias wajah stright Jadi tata rias ini berbeda ya dengan ketegori prosthetic tadi. Hindari warna-warna nude karena akan mebuat client/model terlihat pucat dipanggung. Konsep dasar tata rias ini hampir sama dengan tata rias wajah malam hari. karena jarak penontonnya tidak terlalu jauh. dan menyamarkan kekurangannya. MC. yaitu straight make up Straight make up adalah tata rias wajah panggung yang mengkoreksi bentuk wajah. warna-warna yang dipilih sangat menyala. sperti lipstick pink ini. Kalian amati. Yang pertama yaitu rias prosthetic Tata rias panggung prosthethic ini adalah tata rias yang meniru karakter lain. Biasanya digunakan oleh pemain teater. tebal dan tegas memang konsep dasar dari tata rias ini. Kemudian juga jangan takut ketebelan. Countouring pada bagia pipi tajam. gunakan warna apa saja asalkan tegas dan sesuai dengan karakter. tetapi pengaplikasian kosmetik sedikit lebih tebal dan tegas. dan juga warna-warna yang dipilih adalah warna-warna yang menyala. penari dan wayang orang. kita sesuaikan dengan tjuan pementasannya. tapi jangan melulu semua dibuat tebal.

Ini saya aplikasikan tebal agar terlihat dari kejuhan. dan membuat model jadi tampak semakin tirus. Demonstrasi Guru : Anak-anak demonstrasi make up akan saya mulai. . Sebagai finishing touch. Selain itu tata rias wajah panggung harus mampu menarik perhatian. bedak. Saya menggunakan foundation yang memiliki tingkat menutup tinggi atau biasa disebut high coverage dalam bentuk cream. yaitu semi matt. Saya gunakan eye base berwarna putih untuk membantu memunculkan warna eye shadow. agar eye sadow powder yang kita aplikasikan dapat dengan mudah menempel dan tahan lama. Guru Menunjukkan beberapa bahan. kita beri bedak tabur terlebih ahulu sebagai pelindung. Berikut adalah alat bahan yang dapat digunakan untuk membuat tata rias wajah panggung. yaitu tegas. perlu beberapa alat dan bahan yang disiapkan. untuk kategori prosthetic akan didemokan 2 minggu lagi setelah kalian praktek tata rias wajah straight. tata rias wajah panggung harus tegas dan tebal agar terlihat dari kejauhan.selanjutnya tadi saya aplikasikan bedak tabur untuk mengesett foundation dan saya memilih bedak bening atau transculcent. Sebelumnnya saya sudah buat make up dari separuh muka model. jadi harus mampu menarik pulhan pasang mata itu agar fokus pada client atau model yang kita rias. pertama kita aplikasikan eye shadow base. countouring dan alis. Dan saya pilih foundation yang satin. karena pasti ada banyak orang yang melihat. catat hal-hal penting yang saya sampaikan ya. dan pesil hitam pada bagian ujung luar alis. dan model sudah saya aplikasikan foundation. dengan warna biege. kalian perhatikan. Guru medemonstrasikan pengaplikasian eye shadow base Selanjutkan kita aplikasikan eye shadow powder. saya aplikasikan bedak padat yang berwarna natural. Untuk melakukan tata rias wajah panggung. namun untuk hari ni kita demostrasikan tata rias wajah panggung kategori straight make up dulu ya. ini adalah hal sangat penting dalam tata rias wajah panggung. tebal dan menarik perhatian. Terakhir tadi saya sudah buat alis dengan menggunakan pensil alis coklat pada bagian depan. Setelah ini akan ada demonstrasi bagaimana cara membuat tata rias wajah panggung. Ibu ulangi berkali-kali ya. Setelah langkah ini kita lanjutkan untuk pengaplikasian eye shadow. Sedikit saya jelaskan untuk foundation. Hanya ada 3 kata yang perlu kalian ingat. Saya aplikasikan di area bawah mata. Untuk countouring saya gunakan countour kit dengan warna coklat gelap. Namun sebelum itu untukmelindungi bedak agar tidak kotor oelh serbuk eye dhadow yang jatuh-jatuh.

countouring dan riasan mata yang tegas akan terlihat dari kejauhan. Guru mendemonstrasikan pengaplikasian eye linear puth. lalu baurkan keluar dengan warna cokla tua Guru mendemonstrasikan pengaplikasian eye linear hitam. Ketika kalian pilih warna eye shadow. Kali ini saya ingin menggunakan eye shadow warna putih untuk kelopak dan warna coklat untuk sudut outer corner. tetapi ada beberapa warna yang netral seperti doklat. saya pilih lipstick berwarna merah matt lalu saya beru shimmer di bagian dalamnya. Beri eye linear putih pada ujung mata untuk lebih memunculkan dimensi mata. Ini lah hasil akhir straight make up.Sekarang pilih warna eye shadow sesuka kamu. sesuaikan dengan warna baju. . pada kelopak mata dan juga pada pagkal bulu mata palsu. Bagian mata sudah selesai. Guru mendemonstrasikan pengaplikasian bulu mata dan eye linear. lanjutkan dengan membuat eye linear lalu dilanjutkan pemasangan bulu mata. sesuaikan deng bentuk mat adan dsain yang kalian inginkan. sehingga bulu mata palsu akan kuat menempel. Guru mendemonstrasikan pengaplikasian lipstick. putih itu bebas kalian gunakan untuk baju warna apa saja karena netral. hitam. Guru mendemonstrasikan pengaplikasian eye shadow. sekarang tinggal engaplikasian lipstick. Setelah aplikasi eye shadow. Setelah ini sis bagain dalam mata dengan eye linear pensil hitam. Pada saat memasang bulu mata aplikasikan lem pada kedua sisi.

bibir. merah. Ibu akan membuka sesi tanya jawab. Dari segi cara membentuknya juga perlu dipertajam. itu tadi sudah dijelaskan dan di demokan mengenai tatat rias wajah panggung. Misalnya pembuatan alisnya harus lebih tegas dibandingkan dengan rias wajah pagi hari. saya ingin menanyakan apakah ada warna khusus dalam mengaplikasikan aye shdow pada tata rias wajah panggung ini? Guru : Baik. Hal ini berkaitan dengan media yang digunakan untuk pertunjukkan. hitam dll\. hidung. pertanyaan yang bagus. silahkan bertanya. jadi. Apabila ada yang belum memahami atau kurang jelas. yang dimaksud disini penekanan efek tertentu pada mata. hidung. Siswa A: Bu. Sedangkan pementasan pada outdoor tidak terlalu memerlukan pencahayaan sehingga rias wajah tidak terlalu tebal. Baik ada yang ingin bertanya lagi ? Siswa B: Bu tanya. tadi ibu telah menjelaskan bahwa Rias wajah panggung merupakan rias wajah dengan penekanan efek-efek tertentu seperti pada mata. Nah yang dimaksud dengan penekanan efek tertentu ini bagaimana bu ? Guru : Wah ini pertanyaan yang bagus. jadi warna yang di aplikasikan adalah warna-warna kontras yang dapat menajamkan mata seperti warna biru. dan alis supaya perhatian secara khusus tertuju pada wajah. bibir. ibu akan menjawab pertanyaan dari (siswa A). dan alis adalah warna yang diaplikasikan warna-warna kontras yang mencolok yang dapat memusatkan perhatian dari pementasan tersebut. Riasan wajah panggung untuk indoor dituntut untuk lebih tebal dan tajam karena pencahayaan lampu yang cukup. Apakah ada perbedaan antara make up panggung di indoor dengan make up panggung untuk out door siang hari ? Guru : Baik. Baik silahkan pertanyaan selanjutnya ? Siswa C : Bu.Skenario Tanya Jawab murid ke guru Guru : baiklah. Media pertunjukkan dapat berupa pentas terbuka atau out door dan pentas tertutup atau indoor. saya. Seperti yang sudah dijelaskan tadi bahwa tata rias wajah panggung ini di tutjukan untuk kesempatan pementasan khusus diatas panggung. .

Pertunjukan yang menggunakan pentas terbuka tidak terlalu memerlukan pencahayaan sehingga rias wajah tidak terlalu tebal. Guru : Baik jawaban yang bagus. cahaya. hidung dan bibir agar perhatian penonton dapat tertuju secara khusus pada wajah pelaku panggung. silahkan angkat tangan dan sebutkan nama serta nomor absen. Tolong jelaskan menurut pemahaman anda tentang prothestic dan straight make up ! Siswa : Saya bu (nama dan nomor absen) Prosthetic merupakan make up karakter yang menghendaki koreksi. 5. Guru : Baik. Ibu akan membuka kuis soal tentang tata rias wajah panggug. Sedangkan straight make up merupakan tata rias wajah yang bertujuan menonjolkan bagian- bagian wajah yang kurang sempurna untuk menunjang penampilannya diatas panggung. Karena jarak panggung ini akan mempengaruhi ketebalan riasan. alis. Misalnya pemain teater. modern dance.Skenario guru bertanya kepada murid Guru : Baik. bentuk mata dan lain-lain sesuai dengan karakter yang diinginkan. apa yang membedakan rias wajah panggung dengan rias wajah pagi hari? Siswa : Saya bu (nama dan nomor absen). . penari tradisional dan wayang orang. Pertanyaan selanjutnya. dan sebaliknya. Lampu atau lighting yang digunakan untuk penerangan panggung 3. Tolong semua buku ditutup. Bagi yang bisa menjawab pertanyaan dari itu. 2. Misal : tata rias untuk model. Pertanyaan pertama. jenggot. tidak boleh ada yang membuka buku catatan atau buku pelajaran. Jarak panggung. Apasaja prinsip dasar yang harus diperhatikan dalam merias wajah panggung ? Siswa : Saya bu (nama dan nomor absen) 1. Memberi bayangan yang tepat khususnya bagian yang merupakan sudut keras harus diberi cahaya dan sudut lemah memerlukan baying-bayang. pemain sandiwara. Pertanyaan selanjutnya. Karena kalian sudah bertanya. destruksi dan penambahan seperti kumis. Media pertunjukkan perupa pentas terbuka atau tertutup. penyanyi. Media yang digunakan dalam pertunjukan. Kategori rias wajah panggung dibagi menjadi dua yaitu prothestic dan straight make-up. 4. Menurut saya. rias wajah panggung termasuk rias wajah malam yang menuntut tata rias wajah lebih ekstrim dengan pemilihan warna kosmetika yang kontras agar menarik perhatian. Warna kosmetik. Bagi yang bisa menjawab pertanyaan dari ibu akan mendapatkan reward. Sedsngkan tata rias wajah pagi hari dikenakan secara tipis dan pemilihan warna kosmetika yakni warna soft. sekarang giliran ibu ingin beertanya pada kalian. Yang digunakan tergolong pada warna kontras yang menarik perhatian Penekanan pada efek tertentu seperti : Mata.

setiap kelompok 2 orang. apakah anak- anak sudah menjadi lebih paham bagaimana karaketistik make up panggung? Siswa: Sudah bu. sesuai dengan nomer yang tertera di lembar tersebut. (secara serentak) Guru: agar pemahaman anak-anak lebih luas lagi. (secara serentak) Guru : baik. silahkan kerjakan ya Siswa mengerjakan bahan dikusi... Guru : apabila sudah selesai lanngsung kumpulkan pada ibu ya. dan yang paling penting kita tidak boleh menghilangkan karakter diri dari seorang artis tersebut. melakukan make up adalah seni. ketua kelas mohon maju kedepan untuk membagikan lembar masalah yang ibu berikan kepada setiap kelompok Siswa: baik bu.Sekenario Diskusi Guru : Baik anak-anak. setelah tanya jawab tadi tentang make up panggung. Kita sebagai calon make-up artis harus dapat menyesuaikan make up apa yang baiknya di gunakan untuk seorang artis itu sesuai dengan kesempatannya... juga menyertakan alasannya. (secara serentak) Siswa membagi kelompok. Siswa : baik bu... ibu ingin kalian membagi kelompok.. sehingga kita tidak dapat menyamakanbentuk make-up setiap orang dan setiap kesempatannya.. Kemudian setiap kelompok membuat 1 desain make up yang sesuai dengan masalah yang ada.. seperti yang kita ketahui. (secara serentak) Guru : anak-anak. syahrini memiliki karakter yang selalu ingin tampil dengan make up yg mewah dan beda dari artis lain sampai ada bulu mata anti badai ala syahrini. Guru : jika sudah terbentuk. Paham anak-anak? Siswa: paham bu.. Siswa : baik bu... Setiap kelompok memilih satu masalah... (secara serentak) . Siswa: (mengangkat tangan) contohnya seperti apa bu? Guru : contohnya seperti saat syahrini melakukan penampilannya di TV. untuk saling mendiskusikan masalah yang akan ibu berikan. Paham? Siswa : paham bu.. Guru : dalam lembar tersebut ada masalah-masalah yang harus kalian pecahkan. Jadi kita sebegai make-up artist harus dapat memahami itu..

Guru : jadi apa yang telah di simpulkan oleh teman kalian itu sudah benar tetapi ibu ingin menambahkan sedikit.Sekenario Penutup Guru : baik anak-anak hari ini kita sudah mempelajari bagaimana make-up panggung. Rias wajah ini untuk dilihat dari jarak jauh di bawah sinar lampu yang terang (spot light). Guru : baik anak-anak karena waktu kita sudah habis ibu ingin berpesan pada kalian untuk dapat mngaplikasikan materi yang sudah kalian dapatkan pada hari ini dengan baik. Siswa : baik bu. ibu akan memberikan nilai tambahan ya buat kamu. silahkan kembali ke tempat duduk. hidung. Rias wajah panggung merupakan rias wajah dengan penekanan efek-efek tertentu seperti pada mata. dan penari. Dan dapat selalu berlatih agar semakin berkembang.. jadi Rias wajah panggung termasuk riasan wajah malam yang dikembangkan dari tata rias yang dikenakan pemain pada pertunjukan opera atau pagelaran lain sejak jaman keemasan Romawi.. lalu maju kedepan) Tata rias wajah panggung adalah riasan wajah yang dipakai untuk kesempatan pementasan atau pertunjukan di atas panggung sesuai tujuan pertunjukan tersebut. amiin Siswa : amiiin. jadi di harapkan kalian membawa peralatan lengkap untuk praktek... . Sehingga kalian akan sukses di kemudian hari.. misalnya untuk peragawati pada acara fashion show. bibir. Siswa: trimakasih bu. ibu ingin salah satu dari kalian maju kedepan untuk memberikan kesimpulan pada pelajaran hari ini Siswa : (mengangkat tangan. dan alis supaya perhatian secara khusus tertuju pada wajah. (secara serentak) Guru : minggu depan kita akan praktek tata rias panggung ya. maka kosmetika yang diaplikasikan cukup tebal dan mengkilat.. dengan garis-garis wajah yang nyata.. Bisa di pahami? Siswa: bisaa bu. penyanyi pada acara musical show. dan menimbulkan kontras yang menarik perhatian. Guru : tapat sekali. Perkembangan teknologi yang pesat terutama pada penggunaan lampu dengan efek cahaya yang sangat kuat untuk penerangan panggung menuntut tata rias wajah yang lebih ekstrim.. Tata rias panggung diaplikasikan untuk penampilan di atas panggung. pemain teater.

Wassalamualaikumwarahmatullahiwabarakatuh Siswa: waalaikumsalamwarahmatullahiwabarakatuh Guru : (meninggalkan kelas) . semoga ilmu yang ibu sampaikan dapat bermaanfaat.Guru : saya akhiri perjumpaan kita pada hari ini.