MENGENAL CORELDRAW

GROSSARIUM :
 Tool: peralatan yang disediakan dalam CorelDraw untuk berkarya yang diwujudkan
dalam bentuk icon atau simbol-simbol.

TUJUAN
Memberikan pengetahuan dasar dalam mengoperasikan komputer grafis program
Coreldraw beserta aplikasinya.

MEDIA PEMBELAJARAN
 Komputer
 Powerpoint

SISTEMATIKA MATERI
 Mengenal Corel Draw
 Membuat gambar, dengan mengaplikasikan:
- Freehand
- Elips tool, rectangle tool, dan polygon tool
- Tool-tool yang menyediakan bentuk-bentuk instan
 Mewarnai gambar, dengan mengaplikasikan:
- Color pallete
- Fill tool
- Interractive fill tool
 Merubah bentuk objek, dengan mengaplikasikan:
- Shapetool
- Shapping: weld, trim, intersect
 Mengatur posisi objek
- Memindahkan objek
- Meng-copy objek secara bebas
- Meng-copy objek tepat disamping objek pertama secara presisi
- Meng-copy objek secara terstruktur
- Menata objek yang bertumpuk: memindahkan objek ke depan, belakang, atau
beberapa langkah ke depan/ belakang
-

 Teks dan Gambar dalam program Corel Draw
 Mentransfer gambar (scan, import, dan export)

STRUKTUR PEMBELAJARAN
 Motivasi
Memberikan gambaran tentang materi yang dapat membuka wawasan peserta diklat
untuk meningkatkan kompetensinya
 Elaborasi
Materi ini disampaikan dalam waktu 20 jam diklat (@ 45 menit)
 Konsolidasi
Memberikan rangkuman dari keseluruhan materi dan melakukan tanya jawab untuk
melihat sejauh mana peserta diklat memahaminya
 Evaluasi
Mengukur dan menilai kemampuan peserta dalam menyerap materi yang telah diajarkan

URAIAN MATERI

Coreldraw Adalah:
Secara sederhana, CorelDraw dapat diartikan sebagai sebuah program dalam komputer
yang menyediakan fasilitas untuk membuat dan mengolah gambar dan teks.

Tampilan Awal Coreldraw
Tampilan CorelDraw terdiri dari 3 bagian utama, yaitu :
1. Menu bar
Sederetan menu yang memuat berbagai aturan dalam CorelDraw
2. Command bar
Sederetan perintah yang dapat kita pergunakan saat kita bekerja pada CorelDraw
3. Tool bar
Sederetan perangkat/alat yang dapat kita pergunakan saat kita bekerja pada
CorelDraw
4. Color pallete
Sederetan warna yang dapat kita pilih saat berkarya dalam CorelDraw.

Gambar 1. Tampilan lembar kerja coreldraw
MENU BAR

Gambar 2. Tampilan menubar coreldraw

Terletak di sisi paling atas tampilan. Berisi sederetan menu yang bisa kita manfaatkan
pada saat berkarya pada program CorelDraw, yang terdiri dari beberapa poin, yaitu: File,
Edit, View, Layout, Arrange, Effect, Bitmaps, Text, Tools, Window, dan Help.

Jika kita ingin menampilkan warna lain selain yang nampak. Bila di samping tool terdapat segitiga kecil. . maka akan ditampilkan sejumlah warna yang lain. seperti gambar di bawah ini: TOOL BAR Tool bar adalah sederetan tool (peralatan) yang kita pergunakan selama kita membuat karya dalam CorelDraw. Contoh: Pada saat kita sedang mengolah teks.COMMAND BAR (Perintah) / Properti Bar Tampilan Command Bar tidak selalu sama karena akan berubah sesuai dengan kebutuhan. itu berarti bahwa tool tersebut masih memiliki sederetan tool lain yang tersembunyi. maka secara otomatis perintah yang muncul adalah yang berkaitan dengan teks. sehingga akan muncul tampilan seperti contoh berikut: COLOR PALLETE Color Pallete adalah sederetan warna yang bisa kita pilih untuk memberi warna setiap objek yang kita hasilkan. Kita dapat menampilkan tool-tool yang tersembunyi tersebut dengan meng-klik pada segitiga kecil di samping tool yang dimaksud. maka kita cukup klik pada tanda panah kecil di bagian bawah.

maka secara otomatis objek akan berwarna seperti yang telah dipilih pada color pallete. sambil menekan shift+ctrl. drag ke arah yang diinginkan. maka muncul kotak dialog: . maka akan tercipta bentuk polygon (segilima) seperti . MEMBUAT SEGITIGA Klik pada tanda . maka lakukan langkah di atas. sambil menekan shift+ctrl. klik pada bidang gambar. Jika ingin kotak yang dihasilkan bujursangkar. tahan. klik pada bidang gambar. tahan.APA YANG BISA KITA LAKUKAN DALAM CORELDRAW?  Membuat objek  Memberi warna objek  Merubah bentuk objek  Membuat teks  Mengolah Teks  Mengolah image/foto MEMBUAT KOTAK Klik pada tanda . Cara 2:  Aktifkan objek  Klik tanda segitiga kecil di pojok kanan bawah pada tanda  Klik tanda . pilih 3. MEMBUAT LINGKARAN Klik pada tanda . Kemudian atur jumlah sudut melalui pengaturan yang ada pada Commandbar. klik pada bidang gambar. drag ke arah yang diinginkan. drag ke arah yang diinginkan. tahan. maka lakukan langkah di atas. MEWARNAI OBJEK Cara 1:  Aktifkan objek  Klik warna yang dipilih pada color pallete. Jika ingin lingkaran yang dihasilkan bulat sempurna.

Perhatikan tampilan di pojok kanan atas. maka akan muncul kotak dialog: Pilih Linear. klik OK.  Pilih warna dengan klik pada pengaturan warna yang ada  Jika sudah. Conical. Square MEWARNAI OBJEK DENGAN POLA (PATTERN FILL) Cara:  Aktifkan objek  Klik tanda segitiga kecil di pojok kanan bawah pada tanda . tampilan tersebut adalah gambaran hasil yang akan diperoleh. Pada cara ini juga tersedia pilihan: Radial. klik OK MEWARNAI OBJEK SECARA LINEAR Cara:  Aktifkan objek  Klik tanda segitiga kecil di pojok kanan bawah pada tanda  Klik tanda .

dan bitmap TEXTURE FILL Cara:  Aktifkan objek  Klik tanda segitiga kecil di pojok kanan bawah pada tanda  Klik tanda . Pada cara ini juga terdapat berbagai pilihan: 2 color. klik OK. POSTSCRIPT TEXTURE Cara:  Aktifkan objek  Klik tanda segitiga kecil di pojok kanan bawah pada tanda  Klik tanda . maka akan muncul kotak dialog: Pilih/ salah satu sample. Jika pilihan gambar belum tampak. klik Preview fill. Perhatikan tampilan gambar di tengah atas. klik OK. maka akan muncul kotak dialog: Pilih/ salah satu pilihan. tampilan tersebut adalah gambaran hasil yang akan diperoleh. INTERRACTIVE FILL TOOL Buat objek. full color. maka akan muncul kotak dialog: Pilih/ klik 2 color. klik OK. Klik-tahan- drag di dalam objek. Klik tanda (interactive fill tool). Untuk mencari pilihan gambar yang lain. Kita dapat meng-edit sampel yang kita pilih. dengan pengaturan yang ada di samping.  Klik tanda . maka muncul tanda panah dengan 2 titik aktif di ujungnya. klik OK. klik tanda segitiga disamping gambar. . Jika sudah.

TRIM Klik kotak. Tambahkan titik-titik baru di sepanjang tanda panah. MEMOTONG OBJEK (SHAPING) Buatlah dua buah objek yang saling tumpang tindih. tekan shift-tahan. Lakukan juga pada titik yang ke dua. Klik lingkaran. Dari hasil yang kita dapatkan dari proses di atas. . seperti di bawah ini: Dari bentuk di atas kita dapat memperoleh beberapa hasil seperti di bawah ini: WELD Aktifkan kedua objek (Klik lingkaran. Lakukan seterusnya pada semua titik. lepas shift. klik lingkaran. Klik pada tanda (interactive mesh fill tool). Klik di luar objek. TRIM Klik lingkaran. klik Trim (pada command bar). maka wilayah warna akan bergeser/ bergerak ke arah yang kita inginkan. Klik di luar objek. tekan shift-tahan. klik kotak. klik kotak). klik weld (pada command bar). klik kotak. kita dapat mengembangkannya lagi dengan cara menarik setiap garis putus-putus ke arah yang kita inginkan. tekan shift-tahan. warnai dengan color pallete. tekan delete pada keyboard. tekan delete pada keyboard. lepas shift. Hasilnya adalah seperti terlihat di samping. Titik dapat ditambah atau dikurangi dengan cara dobel klik.Klik pada salah satu titik. lepas shift. warnai satu per satu. maka objek akan memiliki beberapa wilayang warna yang dibatasi oelh beberapa garis putus-putus. Aktifkan (klik) salah satu titik. klik Trim (pada command bar). INTERRACTIVE MESH FILL TOOL Buat objek. klik warna.

MEMOTONG OBJEK DENGAN SHAPE TOOL DLL Contoh di bawah ini. tahan. . INTERSECTION Klik kotak. klik kotak. klik lingkaran.  Arahkan pointer di atas objek.  Arahkan pointer pada titik aktif. Hapus bagian yang tidak diinginkan. lepas shift. maka pada objek akan muncul 4 titik aktif  Klik shape tool (pada toolbar)  Pointer berubah bentuk menjadi  Aktifkan semua titik aktif (aktifkan titik satu per satu sambil menekan shift). tetapi dapat juga berawal dari bentuk lain. objek dasarnya adalah kotak. dobel klik. klik Intersection (pada command bar). dengan langkah yang sama. Klik lingkaran. tekan shift-tahan.  Arahkan pointer pada titik aktif.  Buat objek berupa kotak  Klik (knife tool)  Klik pada garis tepi objek. klik-tahan-drag sesuai bentuk yang dikehendaki  Buat objek berupa kotak  Klik (smudge brush) pada toolbar. Maka hasilnya: Sekarang objek sudah tepotong menjadi 2. Besarnya lingkaran dapat diatur pada eraser thicknes. drag ke garis tepi di sisi yang lain (klik harus tepat pada garis). klik Convert line to Curve pada commandbar (atas). tekan delete pada keyboard. klik-tahan-drag ke arah yang diinginkan  Titik aktif dapt ditambah atau dikurangi dengan dobel klik. Klik di luar objek. tekan delete.  Buat objek berupa kotak  Tekan Ctrl+Q.  Buat objek berupa kotak  Klik (eraser tool) pada toolbar. maka pada objek akan muncul 4 titik aktif  Klik shape tool (pada toolbar)  Pointer berubah bentuk menjadi  Buat beberapa titik aktif. dengan cara: Arahkan pointer pada garis tepi objek.  Pointer berubah menjadi sebuah lingkaran kecil.  Buat objek berupa kotak  Tekan Ctrl+Q. Klik di luar objek. klik-tahan-drag (tarik) ke arah yang diinginkan  Titik aktif dapt ditambah atau dikurangi dengan dobel klik.

klik panah ke atas/ ke bawah untuk mengatur jaraknya.  Klik tanda pada Command Bar . Untuk mencari letak Distance From Path. klik Fit Text to Path  Atur jarak teks dari lingkaran melalui Distance From Path (pada command bar). tekan shift + klik lingkaran. tekan shift+klik lingkaran  Klik (pada Command Bar) Text. MENGOLAH TEKS Membuat Teks Melingkar Cara:  Tulis teks: SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 5  Buat lingkaran  Aktifkan Teks dan lingkaran (klik teks. klik panah ke atas/ ke bawah. maka hasilnya adalah seperti contoh yang ditampilkan di atas. Misalkan dipilih sejumlah 11. atur posisi melalui Horizontal Distance. klik Fit Text to Path  Atur jarak teks dari lingkaran melalui Distance From Path (pada command bar). atur jarak teks dengan lingkaran melalui Distance From Path. sejumlah yang diinginkan.  Klik-tahan-drag pada garis tepi objek. Drag ke arah dalam. sampai membentuk: Kemudian atur lagi jumlah sudut dengan pengaturan yang ada pada command bar. letakkan pointer pada command bar. sampai muncul tulisan Distance From Path.  Tulis teks: YOGYAKARTA  Aktifkan kata YOGYAKARTA.  Klik shape tool pada toolbar. MEMBUAT TEKS MELENGKUNG .  Klik-tahan-drag pada salah satu titik.  Buatlah polygon  Pilih jumlah sudut pada commandbar.  Klik (pada command bar) Text. sambil membentuk tarikan yang diinginkan  Buat objek berupa kotak  Klik  Klik-tahan-drag pada garis tepi objek sambil menggerakkan mouse naik turun.

klik pada bidang gambar. klik.Cara:  Tulis teks: SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 5 YOGYAKARTA  Buat garis dengan freehand tool dengan cara: Klik tanda (freehand tool) . MEMISAHKAN HURUF DARI KATA Awal: Hasil: Dapat diberi warna berbeda pada tiap huruf Cara: Aktifkan kata. pointer akan berubah menjadi  Klik-tahan-drag.  Klik tanda  Klik salah satu titik. Titik yang digunakan untuk mengatur kelengkungan garis ini dapat ditambah dan dikurangi dengan cara dobel klik pada garis. pilih warna pada color pallete. Klik pada kotak kecil yang berada di setiap huruf.  Arahkan pointer ke bidang gambar. lepas klik. maka muncullah gambar yang diinginkan  Aktifkan gambar (klik) . klik Arrange. Lakukan satu per satu. Fit Text to Path  Klik di luar objek  Klik tepat pada garis  Tekan Delete pada keyboard. MEMBERI WARNA BERBEDA TIAP HURUF Memberi warna yang berbeda pada tiap huruf juga dapat dilakukan tanpa memisahkan huruf dari kata. satu demi satu. Maka akan tercipta sebuah garis. MEMASUKKAN GAMBAR KE DALAM HURUF/ KATA/ BIDANG Cara:  Tulis kata SMKN  Import/ ambil gambar dari file dengan cara: Klik File. dan bisa diberi warna berbeda-beda.  Setelah bentuk garis sesuai dengan bentuk yang diingingkan. import.  Klik (shape tool). gerakkan mouse ke arah yang diinginkan. tekan ctrl-tahan. atur dengan cara klik-tahan-drag. pilih file gambar yang diinginkan. maka langkah selanjutnya adalah aktifkan garis dan teks.  Klik Text. muncul sub dot . yaitu dengan cara:  Tulis teks:  Klik shape tool  Gunakan shape tool untuk mengaktifkan tiap huruf satu per satu. klik Break Artistic Text maka huruf akan terpisah satu- satu. aktifkan kedua titik tersebut (klik).

Place Inside Container  Maka akan muncul tanda panah  Arahkan tanda panah tersebut tepat di atas teks. PERSPEKTIF PADA TEKS .  Jika posisi gambar dalam teks kurang sesuai. pilih Edit Contents.Apply KONTUR BEBERAPA WARNA PADA TEKS Tulis teks – Effect – Contour – Atur pada Interactive Contout Tool – Atur arah Contour (to center/inside/outside) – pilih warna GRADASI 2 WARNA PADA TEKS Tulis teks – Interactive Fill Tool – Klik objek – Klik kotak pada tanda panah – pilih warna. klik kanan. kita dapat mengaturnya dengan klik kanan di atas teks. lalu setiap kotak diberi warna yang berdeba-beda. klik Finish Editing This Level. Tambahkan kotak baru dengan dobel klik pada area tanda panah. Klik Effect. Setelah selesai. klik. Power Clip. GRADASI MULTI WARNA PADA TEKS Tulis teks – Interactive Fill Tool – Klik objek – Klik kotak pada tanda panah – pilih warna. MEMBENTUK TEKS Tulis teks – Effect – Envelope – Add Preset – Pilih bentuk .

Klik Effect. dan beberapa bagian teks tidak terlihat. muncul kotak dialog: Kemudian. Tetapi kita dapat memunculkan teks tersebut dengan menarik anak panah yang ada di tepi storybox. kita dapat menulis teks secara terarah dalam area yang kita inginkan. Setelah itu kita dapat mengetik teks di dalam story box tersebut. bawa ke bidang gambar. sampai muncul Atur arah rotasi dengan cara klik-tahan pada tampilan di dalam lingkaran (serupa angka 3 berwarna merah). MEMBUAT TEKS DALAM BENTUK TERTENTU Klik Text tool. putar sampai mencapai bentuk yang diinginkan. yang disebut story box . lalu mulailah . bentuk. klik-tahan-drag sampai membentuk kotak dengan garis putus-putus. warna. dsb) TEKSTUR PADA TEKS Tulis teks – Klik Fill Tool (pada toolbar) – Texture Fill Dialog MEMBUAT TEKS PADA AREA Klik pada Text tool . klik Add preset. klik bentuk yang dikehendaki. Perlu diketahui bahwa terkadang kita membuat teks yang sangat panjang.Tulis teks – Effect – Add Perspektif – Atur perspektif dengan menarik setiap sudutnya. klik-tahan-drag pada bidang gambar sampai membentuk storybox. Dengan story box. 3 DIMENSI PADA TEKS Tulis teks – Interactive Extrude Tool – Atur arah dimensi dengan menarik panah – atur ketebalan dimensi dengan melalui Depth (pada command bar) Klik Extrude Rotation pada command bar. Klik Text tool. Envelope . KONTUR PADA TEKS Tulis teks – Klik Outline Tool (pada toolbar) – Outline Pen Dialog (atur besar kontur. Klik Apply.

MEMBUAT TEKS DENGAN PENONJOLAN HURUF PERTAMA Ketik teks dalam storybox. MEMASUKKAN GAMBAR KE DALAM TEKS Ketik teks dalam storybox. Jika teks adfa yang tersembunyi. atau di belakang teks) . Klik foto. kiri. atau memberbesar storybox. klik Wrap Paragraph Text (pada Command bar). atas. sampai muncul kotak dialog: Pilih tampilan yang diinginkan (gambar di kanan. mengetik. Import foto. maka kita dapat memperkecil ukuran huruf. klik Show/ Hide Drop Cap pada deretan command bar. Jangan lupa bahwa teks yang terlihat hanya dibatasi oleh area tersebut. bawah.

Peserta dapat mengetahui pengertian Logo 2. Peserta dapat mengetahui fungsi Logo 4. Peserta dapat mengetahui jenis-jenis Logo 3. Contoh Logo 2. yaitu logo menggunakan ikon: ilustratif atau inisial. Peserta dapat mengetahui Logo yang Baik dan Efektif 5. wajah keseluruhan dari suatu perusahaan atau produk. Peserta dapat membuat logo dari tahap awal sampai akhir 1. • Serta gabungan Logotype dan Logomark: menjadi logo tampil komplit. .MENGENAL DAN MEMBUAT LOGO Tujuan : 1. Peserta dapat mengetahui rambu-rambu dasar dalam membuat Logo 6. lembaga atau produk • Logo merupakan tanda yang dipergunakan untuk citra dan karakter suatu perusahaan atau produk • Logo adalah suatu simbol yang mewakili sosok. • Logomark. yaitu logo yang menggunakan word mark: kata/nama dengan unsur tipografi. Pengertian Logo • Logo merupakan identitas dari sebuah perusahaan. Jenis-jenis Logo • Logotype.

rasa memiliki dan menjaga image perusahaan atau produk. • Dapat menimbulkan sugesti yang kuat. sederhana dengan pengertian mudah ditangkap dan mudah dimengerti dalam waktu yang relatif singkat • Easily associated with the company. mudah dihubungkan atau diasosiasikan dengan jenis usaha dan citra suatu perusahaan atau organisasi . keunikan dan daya pembeda yang jelas. Logo yang Baik dan Efektif • Original and destinctive. • Dapat membangun spirit citra perusahaan atau produk. • Simple. • Legible.Contoh Logotype: Contoh Logomark: Contoh gabungan Logotype dan Logomark 3. • Dapat menjadikan brand image sebuah perusahaan/produk 4. Fungsí Logo • Dapat mencerminkan jenis usaha atau produk agar dapat dikenal oleh publik. memiliki tingkat keterbacaan yang tinggi meskipun diaplikasikan dalam berbagai ukuran dan media yang berbeda. mewakili nilai kekhasan. membangun kepercayaan.

balik logo itu.5. untuk mencari kemungkinan-kemungkinan lain yang bisa membuat logo Anda berkembang. bisa aktif. Logo Nike • Khas • Unik • Fresh • Kuat • Progresif • Fleksibel • Visibilitas Tinggi • Modern • Langgeng • Simpel • Mudah Diadaptasi • Mudah Diingat Logo Macintosh • Khas • Berkepribadian • Fresh • Kuat • Baru . karena setiap bentuk. entah serif/sans serif atau jenis font lainnya. • KESEIMBANGAN Balanced di sini maksudnya adalah mencari atau menentukan. cobalah untuk memutar dan membolak. • BENTUK Perhatikan bentuk logo yang ingin Anda desain. Misal klien Anda menginginkan logo sebuah produk sabun. siku. • WARNA Warna sangat krusial dalam pembuatan logo karena apabila kita gunakan warna salah bisa jadi pesan tidak tersampaikan. seberapa baik logo Anda. Apabila Anda sudah berhasil menciptakan sebuah logo. Rambu-rambu dasar dalam membuat LOGO • TIPOGRAFI Cukup banyak logo yang berhasil hanya dengan menggunakan tipografi. sebaiknya hindari logo dengan bentuk yang keras/siku. Gunakan warna-warna yang mudah diingat buatlah logo yang bisa memberikan ekspresi pada audience. Tipografi dapat memberikan semacam “emosi” kepada mereka yang melihatnya. bundar dan lainnya memiliki arti sendiri: bisa pasif. baik lurus.

TAHAPAN MEMBUAT LOGO  Tahap 1 menentukan jenis perusahaan/produk  Tahap 2 mendata produk pesaing . • Fleksibel • Inovatif • Ramah • Langgeng • Simpel • Mudah Diadaptasi 6.

 Tahap 3 membuat nama baru  Tahap 4 membuat alternatif gambar pendukung  Tahap 5 membuat alternatif tipografi .

 Tahap 6 membuat alternatif penggabungan gambar dan tipografi .

Consept Media Letterhead & Logo Designs 2. PT. (1992) Singapore..  Tahap 7 membuat alternatif pewarnaan logo  Tahap 8 finishing/art work. Inc . Rockport Publiser. volume 03 edisi 17. Daftar Pustaka Consept Majalah Desain Grafis. (2007) Jakarta. pembesaran logo Selamat berkarya.

(2004) Singapore. Page One Publishing Private Limitede .New Logo A Collection Of Corporate Identities.

Related Interests