BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah

Pesatnya kemajuan dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi

serta seiring dengan perkembangan jaman membuat peran informasi

menjadi sangat penting. Perkembangan informasi saat ini sangat erat

kaitannya dengan perkembangan komputer sebagai sarana pendukung suatu

pekerjaan. Sebagai penyimpan informasi, komputer merupakan penyampai

informasi yang lengkap, tepat, cepat, dan akurat. Komputer sebagai

pendukung informasi telah menjangkau seluruh bidang, salah satunya

adalah pada bidang persediaan barang.

PT. Cimekar Raya Perkasa merupakan salah satu perusahaan yang

bergerak dalam bidang distributor obat dan alat kesehatan. Dalam hal ini

peranan komputer sangat berarti bagi pengolahan hasil kegiatan produksi

tersebut. Pemasaran bertanggung jawab menentukan apa yang diinginkan

dan dibutuhkan pelanggan. Sistem komputer sebagai suatu sistem paling

mudah dilihat dalam bidang persediaan.

Untuk menunjang kelancaran aktifitas pada perusahaan tersebut,

maka perlu adanya suatu sistem yang tepat untuk mengolah data-data agar

memperoleh informasi yang dibutuhkan dengan cepat dan efisien.

Pengolahan data yang dilakukan secara manual sering menimbulkan

keterlambatan dan masalah lainnya yang menyangkut pembuatan laporan.

1

Bagaiman prosedur pengolahan data persediaan alat kesehatan pada PT. 1. CIMEKAR RAYA PERKASA BANDUNG”. maka penulis melakukan observasi yang juga sebagai dasar pembuatan Laporan Semester dengan memilih judul “ANALSA SISTEM PENGOLAHAN DATA PERSEDIAAN ALAT KESEHATAN PADA PT .2 Pokok Permasalahan Berdasarkan latar belakang tersebut penulis berusaha melakukan observasi yang efektif dan efisien dengan maksud menjaga kelangsungan kegiatan di perusahaan tersebut. Sehubungan dengan adanya permasalahan diatas. Hal ini sering menimbulkan keterlambatan dalam memberikan informasi terutama pembuatan laporan yang dibutuhkan perusahaan. Cimekar Raya Perkasa Bandung ? 2. Cimekar Raya Perkasa Bandung ? 2 . akan memudahkan pihak manajemen dalam pembuatan laporan kegiatan produksi untuk setiap bulannya. Pentingnya pengembangan sistem dapat berarti menyusun suatu sistem yang baru untuk mengganti sistem lama secara keseluruhan atau memperbaiki dan mengembangkan sistem yang telah ada. Cimekar Raya Perkasa Bandung. Bagaimana sistem pengolahan data persediaan alat kesehatan pada PT. Pada PT. Dengan sistem informasi yang lebih baik. 1. dalam hal pengelolaan data persediaan alat kesehatan masih dilakukan secara manual.

Bagaimana sistem pengolahan data persediaan alat kesehatan di PT. 3.1 Tujuan penelitian 3 . Cimekar Raya Perkasa Bandung ? 4.4 Tujuan dan Manfaat Penelitian 1. Cimekar Raya Perkasa Bandung ? 2. maka akan ditemukan identifikasi beberapa masalah sebagai berikut : 1. Apakah sistem pengolahan data persediaan alat kesehatan yang sedang berjalan saat ini sesuai dengan yang diharapkan pihak PT. Cimekar Raya Perkasa Bandung ? 1. Permasalahan apa yang sering terjadi pada sistem pengolahan data alat kesehatan yang sedang berjalan di perusahaan tersebut ? 5. 1.4. Dokumen apa saja yang dibutuhkan untuk menunjang proses pengolahan data persediaan alat kesehatan di PT.3 Pertanyaan Penelitian Dari latar belakang yang sudah dikemukakan diatas. Keterlambatan informasi mengenai persediaan alat kesehatan yang berakibat terhadap terhambatnya kegiatan operasional perusahaan. Cimekar Raya Perkasa Bandung ? 3. Upaya-upaya apa saja yang harus dilakukan untuk mengatasi permasalahan dalam pengolahan data persediaan alat kesehatan di PT.

2 Manfaat penelitian 1. Dengan adanya suatu sistem informasi baru dimaksudkan agar lebih terintegrasi dan meningkatkan proses kinerja perusahaan dan lebih mengefektifkan kegiatan usaha tersebut. Mengetahui sistem informasi persediaan alat kesehatan yang sedang berjalan di perusahaan tersebut. Penulis Menambah wawasan ilmu pengetahuan di bidang teknologi informasi secara umum. 2. Dengan merancang sebuah sistem informasi persediaan yang baru. Cimekar Raya Perkasa 4 . Serta bagi penulis sendiri sebagai salah satu syarat kelulusan untuk memperoleh gelar Sarjana Terapan Komputer (S. Manajemen PT. 2. 1. maka perusahaan akan lebih dimudahkan dalam pengolahan datanya. dan khususnya tentang sistem informasi pengolahan data persediaan alat kesehatan serta untuk mengimplementasikan pengetahuan yang diperoleh selama perkuliahan berjalan. 3.4. 1.Tr. Komp). Penyusunan laporan ini juga diharapkan dapat memberikan manfaat bagi perusahaan agar dapat meningkatkan mutu dan kualitas kerja pada perusahaan tersebut.

4. maka perlu dilakukannya pembatasan masalah. agar lebih terarah dan dapat dipahami dengan mudah. Cimekar Raya Perkasa tersebut antara lain : 5 . Akademik Sebagai kontribusi positif dalam memberikan citra baik karena terbukti alumninya berkualaitas dan mandiri. Cimekar Raya Perkasa Dapat membantu dalam proses pengolahan data persediaan alat kesehatan sehingga dapat menghasilkan data yang akurat dan berkualitas. Dapat dijadikan sebagai bahan masukan dan rekomendasi dalam upaya meningkatkan kinerja perusahaan dalam hal efisiensi waktu. Karyawan PT. 3. Masyarakat Dapat menambah sumbangan informasi bagi pengembangan ilmu Manajemen Informatika. Laporan Semester ini juga dapat digunakan sebagai salah satu referensi yang bermanfaat guna kemajuan ilmu pengetahuan serta dapat menambah arsip perpustakaan dalam ruang lingkup POLITEKNIK PIKSI GANESHA.5 Ruang Lingkup / Batasan Permasalahan Dengan mengidentifikasikan terhadap masalah-masalah yang ada. 5. 1. terutama mengenai pengolahan data persediaan alat kesehatan dan dapat menjadi bahan referensi untuk perbaikan atau pengembangan bagi peneliti lainnya yang akan meneliti bidang atau masalah yang sama. Pembatasan terhadap masalah persediaan alat kesehatan pada PT.

antara lain : 1. nama alat kesehatan. 1. 2. 1. Data yang dikelola adalah data jenis alat kesehatan. penjualan alat kesehatan. Cimekar Raya Perkasa Bandung. 5. Observasi 6 . Analisa dan penelitian yang dilakukan hanya sebatas menangani masalah pengolahan data persediaan alat kesehatan di PT. Cimekar Raya Perkasa Bandung. Cimekar Raya Perkasa Bandung. serta persediaan jumlah alat kesehatan. harga. pemesanan alat kesehatan.6 Metode Penelitian Dalam penelitian ini penulis menggunakan dua metode untuk mengumpulkan data agar mendapatkan data yang akurat. Data yang dihasilkan dari wawancara dapat dikategorikan sebagai sumber primer karena didapatkan langsung dari sumber. Wawancara Metode wawancara merupakan salah satu metode pengumpulan data yang umum digunakan untuk mendapatkan data berupa keterangan lisan dari suatu narasumber tertentu. 3. Merekomendasi serta merancang suatu sistem baru tentang pengolahan data alat kesehatan di PT. Menganalisa permasalahan yang timbul pada sistem pengolahan data alat kesehatan di PT. Cimekar Raya Perkasa Bandung. 4. 2. Sumber data yang diperoleh hanya dari PT.

dan sistematika penulisan penelitian. pertanyaan penelitian. buku-buku. dokumen. metode penelitian. 1. Observasi dilakukan penulis adalah untuk mengamati secara langsung jalannya sistem yang berlaku pada saat ini dan proses kerja dari tugas masing-masing bagian serta melihat format-format laporan yang digunakan pada saat ini. Cibeunying Kidul. Cimekar Raya Perkasa Bandung yang beralamat di Jalan Pasirlayung Selatan I No. ruang lingkup / batasan analisis permasalahan. tujuan dan manfaat laporan.7 Waktu dan tempat penelitian Penelitian dilaksanakan mulai tanggal 30 Oktober 2015 sampai dengan 23 Desember 2015. peraturan- peraturan tertulis. Kota Bandung.8 Sistematika Penulisan Penelitian Untuk mempermudah pemahaman isi dari tugas akhir ini penulis menggunakan sistematika penulisan sebagai berikut : BAB 1 PENDAHULUAN Mencakup latar belakang permasalah.4. 3. 7 . maupun Surat Keputusan yang terkait dengan objek penelitian. 1. penelitian berlangsung di bagian gudang persediaan alat kesehatan pada PT. Studi Pustaka Memperoleh informasi melalui literatur. pokok permasalahan. waktu dan tempat penelitian.

saran mengenai masalah yang dihadapi untuk pengembangan laporan selanjutnya. perancangan. masalah yang dihadapi. analisis proses. dekomposisi fungsi.BAB II LANDASAN TEORI Pembahasan yang meliputi konsep dasar sistem. dan kesimpulan hasil analisis. BAB IV PENUTUP Berisi tentang kesimpulan. uraian prosedur. 8 . analisis masukan. analisis keluaran. analisis. BAB III ANALISA SISTEM BERJALAN Menjelaskan tinjauan organisasi. dan teori tentang aplikasi / masalah yang dibahas.