TUGAS ASTRONOMI

GERHANA MATAHARI

Disusun Oleh :
Nama : Fuid Setyadi
Nim : 08007079

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN
YOGYAKARTA

Saat gerhana matahari total ini. Walaupun Bulan lebih kecil. . gerhana matahari dapat dibedakan menjadi: 1.000 kilometer. Gerhana matahari Gerhana matahari terjadi ketika posisi bulan terletak di antara Bumi dan Matahari sehingga menutup sebagian atau seluruh cahaya Matahari.680.400 kilometer dari Bumi lebih dekat dibandingkan Matahari yang mempunyai jarak rata-rata 149. bayangan Bulan mampu melindungi cahaya matahari sepenuhnya karena Bulan yang berjarak rata-rata jarak 384. ukuran piringan bulan sama besar atau lebih besar dari piringan matahari. A. Gerhana matahari tahun 1999 di Perancis Melihat secara langsung ke fotosfer matahari (bagian cincin terang dari matahari) walaupun hanya dalam beberapa detik dapat mengakibatkan kerusakan permanen retina mata karena radiasi tinggi yang tak terlihat yang dipancarkan dari fotosfer. Mengamati gerhana matahari membutuhkan pelindung mata khusus atau dengan menggunakan metode melihat secara tidak langsung. Gerhana Matahari Total Pada gerhana matahari total. Kerusakan yang ditimbulkan dapat mengakibatkan kebutaan.Macam-macam Gerhana Matahari Berdasarkan penampakannya saat puncak gerhana. seluruh piringan matahari tertutup oleh piringan bulan. Kaca mata sunglasses tidak aman untuk digunakan karena tidak menyaring radiasi inframerah yang dapat merusak retina mata.

Gerhana Matahari Sebagian Pada gerhana matahari sebagian. ada yang sentral ada yang tidak. Gerhana matahari total. tetapi ukurannya lebih kecil dari piringan matahari. sehingga untuk fase total pada lokasi ini yang teramati adalah gerhana matahari cincin. sementara bagian tengahnya gelap tertutup piringan bulan. bayangan gelap yang jatuh di permukaan Bumi bukanlah umbra. 4. Waktu-waktu Kontak dan Fase-fase Gerhana Matahari Momen terjadinya gerhana matahari berdasarkan urutan terjadinya: a) Kontak I Kontak I adalah saat piringan bulan dan piringan matahari mulai bersinggungan.2. masih bercahaya. gerhana matahari cincin. puncak kerucut umbra Bulan berada (hampir) tepat di permukaan Bumi. Bagian pinggiran piringan matahari yang tidak tertutupi piringan bulan tersebut. saat puncak gerhana terjadi. Gerhana Matahari Cincin-Total (Gerhana Matahari Hibrid) Gerhana matahari cincin . di sebagian tempat di muka Bumi. dan gerhana cincin-total termasuk gerhana sentral. dan pada lokasi ini akan teramati gerhana matahari total. Meski seluruh piringan bulan berada di depan piringan matahari. ujung umbra tidak mencapai permukaan Bumi. akibatnya tidak seluruh piringan matahari tertutupi. Jika garis hubung tersebut tidak memotong permukaan Bumi. Hal ini bisa terjadi karena pada saat puncak gerhana. Dikenal juga istilah gerhana sentral dan gerhana non-sentral. gerhana tersebut dinamakan gerhana non-sentral. sedangkan di tempat lain gerhana matahari total. Sedangkan pada lokasi di timur dan barat lokasi tadi. Kontak I ini . Gerhana Matahari Cincin Pada gerhana matahari cincin. Karena itu gerhana ini dinamakan gerhana matahari cincin 3. B. yang teramati adalah gerhana matahari cincin. Pada gerhana matahari jenis ini. Hanya perpanjangan umbra saja (yang disebut antumbra atau anti umbra) yang mencapai permukaan Bumi.total adalah gerhana matahari yang jarang terjadi. tetapi perpanjangan umbra (antumbra). Sedangkan gerhana matahari sebagian. Gerhana sentral adalah gerhana yang terjadi dengan garis penghubung Matahari-Bulan berpotongan dengan permukaan Bumi. tidak seluruh piringan bulan menutupi piringan matahari dan tidak seluruh piringan bulan berada di depan piringan matahari.

menandai dimulainya peristiwa gerhana. Berdasarkan waktu-waktu kontak ini. Pada gerhana matahari sebagian. dan menandai berakhirnya peristiwa gerhana secara keseluruhan. b) Kontak II Kontak II adalah saat pertama seluruh piringan matahari tertutup oleh piringan bulan (untuk peristiwa gerhana matahari total). dan antara kontak III dan kontak IV b) fase gerhana total atau fase gerhana cincin (tergantung gerhana matahari total atau cincin): selang antara kontak II dan kontak III Fase gerhana matahari mana saja yang diamati saat terjadinya sebuah gerhana matahari. d) Kontak III Kontak III adalah kebalikan Kontak II. Kontak IV ini adalah kebalikan dari Kontak I. Kontak II ini menandai dimulainya fase total (untuk gerhana matahari total). e) Kontak IV Kontak IV adalah saat piringan matahari dan piringan bulan bersinggungan ketika piringan bulan meninggalkan piringan matahari. atau saat piringan bulan mulai meninggalkan piringan matahari (untuk peristiwa gerhana matahari cincin). atau saat seluruh piringan bulan seluruhnya berada 'di dalam' piringan matahari (untuk peristiwa gerhana matahari cincin). bergantung pada jenis gerhana matahari dan darimana kita mengamati. Kontak III ini adalah saat piringan matahari mulai keluar dari belakang piringan bulan (untuk peristiwa gerhana matahari total). atau fase cincin (untuk gerhana matahari cincin) c) Puncak gerhana Puncak gerhana adalah saat jarak antara pusat piringan Bulan dan pusat piringan Matahari mencapai minimum. Interval antara Kontak I dan Kontak IV adalah panjangnya peristiwa gerhana matahari. peristiwa gerhana matahari melalui fase-fase: a) fase gerhana sebagian: selang antara kontak I dan kontak II. fase Kontak II dan Kontak III ini tidak kita amati. Secara prinsip: a) pada gerhana matahari total: terjadi fase gerhana sebagian dan fase gerhana total b) pada gerhana matahari cincin: terjadi fase gerhana sebagian dan fase gerhana cincin . Interval antara Kontak II dan kontak III adalah panjangnya fase gerhana total.

Amerika bagian utara dan selatan. Beberapa wilayah itu di antaranya. Pasalnya. pada bulan penghujung tahun itu. dan karenanya akan mengamati fase gerhana yang berbeda pula. maka akan terjadi hal yang sama dengan arah yang berlawanan. Eropa bagian utara dan barat. Bagi para pengamat astronomi dan galaksi. C. terjadi peristiwa gerhana bulan dan gerhana matahari yang disinyalir memengaruhi munculnya musim dingin tergelap selama 456 tahun. memakan waktu kurang lebih 13 abad. termasuk Korea dan Jepang. perlu perencanaan dan pemilihan lokasi pengamatan. Seri Saros Gerhana Matahari Seri saros gerhana matahari dapat disarikan sbb: Jika sebuah seri saros dimulai saat Bulan berada ~ 18° dari titik tanjak turun. dengan ~50 diantaranya adalah gerhana sentral Jika sebuah seri saros gerhana matahari dimulai saat Bulan berada di sekitar titik tanjak naik. akan terjadi gerhana matahari terpanjang yang terjadi di equator f) Satu seri saros dari mulai lahir sampai matinya. maka: a) Umbra akan melewati 3500 km dari pusat Bumi. bisa jadi Desember tahun 2010 merupakan waktu yang paling dinanti-nantikan. tepatnya pada 20 hingga 21 Desember 2010. pengamat di daerah yang berbeda akan mengamati waktu kontak yang berbeda. serta sebagian Asia timur laut. maka akan terjadi gerhana matahari sentral yang pertama di kutub selatan d) Sampai sekitar 950 tahun berikutnya. penampakan gerhana tersebut di sejumlah wilayah dunia akan berbeda-beda. terjadi gerhana matahari sebagian di kutub selatan b) Gerhana berikutnya terjadi dengan umbra berada 300 km lebih dekat c) Setelah sekitar 10-11 gerhana matahari (dalam rentang sekitar 200 tahun). terjadi gerhana sentral yang bergeser dari selatan menuju ke utara dengan pergeseran ~ 300 km e) Pada sekitar pertengahan periode ~950 tahun pada poin di atas. Ini tergantung pada posisi pengamat relatif terhadap jalur yang dilalui umbra/penumbra Bulan.c) pada gerhana matahari sebagian: hanya terjadi fase gerhana sebagian. Setiap seri saros ini beranggotakan 70-80 buah gerhana. untuk melakukan pengamatan gerhana matahari. Karena itu. Berdasarkan keterangan badan antariksa milik Amerika Serikat (National Aeronauties and Space Administration/NASA). Namun dalam pengamatannya. Saat itu. Di balik fenomena langit .

33 waktu Universal (UT). Meski demikian. maka letak bulan berada cukup tinggi dari posisi biasanya. Sebut saja kejatuhan meteor atau gerhana matahari total berturut-turut dalam jangka waktu pendek. Kembali ke saat ini. Sebaliknya. disebabkan Indonesia merupakan wilayah strategis persinggahan bintang-bintang angkasa.33 waktu Pantai Timur Amerika (EST).sepanjang 2010. Indonesia terbilang sebagai wilayah yang sering kali “ketiban” fenomena unik dari benda-benda langit. Gerhana matahari selalu terjadi pada saat fase bulan baru atau bulan mati. Kondisi itu.15 waktu Pasifi k (PST) atau pada 21 Desember dini hari pukul 01. tidak setiap bulan baru dan bulan purnama terjadi gerhana. para ilmuwan menganggap kejadian itu hanyalah kebetulan. Memang. sedangkangerhana bulan selalu terjadi pada fase bulan purnama. fenomena gerhana bulan dan gerhana matahari yang terjadi secara bersamaan merupakan peristiwa yang terjadi secara kebetulan. . Bagi sebagian pengamat angkasa. peristiwa langka yang menghadirkan pemandangan indah sekaligus menimbulkan musim dingin tergelap itu dampaknya tidak langsung terasa bagi Indonesia. terungkap bahwa malam terpanjang tahun ini menandakan adanya titik balik matahari pada musim dingin tergelap selama 456 tahun. atau pukul 6. Karena gerhana bertepatan dengan titik balik matahari pada musim dingin. Meski demikian. salah satunya. gerhana matahari yang berbarengan dengan gerhana bulan tersebut bisa diamati pada 20 Desember mulai pukul 22.

Inc. Ilmu Pengetahuan Populer Jilid 1: Astronomi dan Pengetahuan Ruang Angkasa.DAFTAR PUSTAKA White. R. TT. Majalah Insani edisi September 2005 id. Oran.wikipedia. et. Jakarta: Groiler International.org/wiki/Gerhana_matahari .al.

Related Interests