SATUAN ACARA PENYULUHAN POSISI YANG BAIK

DAN BENAR SAAT BEKERJA (ERGONOMI)

DI PABRIK BAKPIA ALMAIR

Oleh kelompok

ASMIDI AMBA LEMBANG (16640631)
MOHAMMAD AZIS (16640648)
RAPITA SARI (16640660)
RIZKY LISTIARI (16640662)
SUMARNI (16640668)

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN PROFESI NERS
FAKULTAS ILMU KESEHATAN
UNIVERSITAS KADIRI
KEDIRI 2017

SATUAN ACARA PENYULUHAN

Topik : Posisi yang baik dan benar saat bekerja
Sasaran : Seluruh karyawan dan pemilik pabrik Bakpia
aLmair

00 A. Menjelaskan Tujuan Ergonomi 3. Tempat : Di pabrik Bakpia aLmair Hari/tanggal : Kamis. Menjelaskan Pengertian Ergonomi 2. KEGIATAN PENYULUHAN No Waktu Kegiatan penyuluh Kegiatan peserta 1 3 menit Pembukaan: a) Menjawab a) Membuka kegiatan salam dengan b) Mendengarkan mengucapkan salam c) Memperhatikan b) Memperkenalkan d) Memperhatikan diri c) Menjelaskan tujuan dari penyuluhan d) Menyebutkan materi yang akan diberikan . MATERI (terlampir) D. peserta mampu menjelaskan kembali posisi yang baik dan benar saat bekerja. 08 Juni 2017 Waktu : Pukul 09. Menjelaskan posisi yang baik dan benar saat bekerja C. METODE Ceramah Tanya jawab / diskusi E. peserta mampu : 1. tujuannya. mengangkut barang yang benar. B. MEDIA Leflet F. Menjelaskan cara mengangkat dan mengangkut barang 4. TUJUAN ISTRUKSIONAL KHUSUS Setelah mendapatkan penyuluhan. serta posisi dalam bekerja. TUJUAN INSTRUKSIONAL UMUM Setelah penyuluhan selama 1X20 menit.

Evaluasi Proses a) Seluruh peserta mengikuti kegiatan penyuluhan b) Peserta penyuluhan tidak ada yang meninggalkan tempat penyuluhan sebelum kegiatan selesai c) Seluruh peserta terlihat aktif dalam kegiatan penyuluhan 3. PENGORGANISASIAN Moderator : Pembicara : .2 10 menit a) Menjelaskan materi Mendengarkan penyuluhan dan mengenai cara memperhatikan mengangkat dan mengangkut barang yang benar b) Menjelaskan materi penyuluhan tentang posisi bekerja yang benar c) Menjelaskan Pengertian Dan Tujuan Ergonomi 3 3 menit Memberikan Bertanya kesempatan kepada peserta untuk bertanya 4 4 menit Mengucapakan Menjawab salam penutup salam G. Evaluasi Hasil 1. KRITERIA EVALUASI 1. Evaluasi Struktur a) Semua peserta mengikuti kegiatan penyuluhan b) Penyelenggaraan kegiatan penyuluhan di Bakpia aLmair 2. Menjelaskan posisi bekerja yang benar H. Menjelaskan cara mengangkat benda 4. Menyebutkan tujuan dari ergonomi 3. Menjelaskan pengertian ergonomi 2.

Pencegahan sakit dan kecelakaan kerja . fisiologi dan psikologis manusia dalam lingkungan kerjanya dengan tujuan mengoptimalkan keamanan. TUJUAN 1. Observer : Fasilitator : A. Pembebanan rendah-hasil besar 5. kesehatan. Untuk kepentingan kesejahteraan 4. Dalam rangka efisiensi kerja 3. Menghindari terjadinya kecelakaan kerja 2. Penyesuaian alat dan lingkungan kerja 6. B. PENGERTIAN Posisi yang baik dan benar saat bekerja (ergonomi) adalah aspek anatomis. kenyamanan dan efisiensi yang menekankan pada kemudahan yang dilakukan oleh manusia.

4. Mengangkat dan mengangkut papan 1. Beban didorong ke belakang pada kaki yang terkuat. kemudian tangan kiri turun ke bawah memegang ujung kiri bawah. 4. Kemudian berjalan dengan posisi miring agar dapat melihat jalan yang akan dilalui. Saat akan meletakkan beban kembali seperti cara mengangkat beban dengan urutan terbalik. b). atau boleh langsung diangkat jika mampu. Kemudian letakkan beban pada paha kaki yang terkuat dan tangan kiri masih memegang beban yang atas dengan sikap punggung masih tetap tegak. Beban kemudian diletakkan pada paha yang terkuat. Kedua tangan mengangkat beban.posisikan tangan senyaman mungkin. gunanya sebagai persiapan untuk berdiri. 5. lalu beban dimiringkan ke kiri dan tangan kanan turun ke bawah memegang ujung kanan bawah beban. usahakan beban tidak melebihi atau menghalangi pandangan mata. Tubuh posisi jongkok dengan kaki yang terkuat di depan dan sikap punggung diusahakan tegak. 2. Berdiri dengan hati-hati dengan posisi tangan yang nyaman untuk berjalan. Kedua tangan kedua ujung beban bagian atas. Kemudian berdiri dengan hati-hati kemudian berjalan. MENGANGKAT DAN MENGANGKUT BARANG YANG BAIK DAN BENAR a). Tubuh posisi jongkok dengan kaki yang terkuat di depan dan sikap punggung diusahakan tegak.C. 6. 3. . lalu beban dimiringkan ke kiri dan tangan kanan turun ke bawah memegang ujung kanan bawah beban 3. Mengangkat dan mengangkut beban tanpa pegangan 1. 2.

dan cara memegang kedua sudut karung. Mengangkat beban karung 1. kemudian berdiri dengan hati-hati dan berjalan. Tubuh dengan posisi jongkok dengan salah satu kaki yang terkuat di depan sebagai tumpuan dan usahakan punggung dalam posisi tegak. Mengatur posisi beban yang akan diangkat pada meja sehingga memudahkan ketika akan mengangkat. Pengangkat membelakangi tempat meletakkan beban. 4. Saat akan meletakkan beban kembali seperti cara mengangkat beban dengan urutan terbalik. Saat akan meletakkan beban kembali seperti cara mengangkat beban dengan urutan terbalik. Kaki kiri melangkah ke arah tujuan. . 5. Tangan kanan memegang bagian bawah beban dan tangan kiri memeganga bagian atas beban. hindarkan bagian sudut yang lancip agar tidak terkena kepala. c). 3. Kemudian tangan kiri digerakkan ke “pinggang” karung. Perhatikan posisi dasar badan sebelum mengangkat. Mengangkat dan mengangkut beban di meja. Badan dan karung dirapatkan agar tangan kanan dapat mendekap karung dari bawah. 2. Letakkan beban pada bahu yang terkuat dan menyandarkannya pada kepala. 2. 1. 4. 5. Lutut diluruskan untuk mengangkat beban. d). 6. 3. 5.

POSISI DUDUK ERGONOMIS  Posisi paha horizontal. Tempat duduk : 1. Sandaran tangan 6. sehingga punggung tetap tegak  Ubah posisi anda secara berkala selama bekerja. D. Sandaran pinggang 5. berarti posisi duduk anda terlalu tinggi  Bantalan kursi menopang punggung bagian bawah. karena duduk dalam posisi yang tetap dalam jangka waktu lama bisa menyebabkan ketidaknyaman  Punggung santai tapi tidak membungkuk  Kepala tak membungkuk atau terlalu condong ke depan Semua pekerjaan yang dilakukan dengan posisi berdiri harus memperhatikan . Sudut alas duduk b). Tebal daun meja 3. Panjang alas duduk 3. Tinggi meja kerja 54-58 dari lantai lebar 80 cm 2. 8. Lebar tempat duduk 4. kemudian badan dimiringkan ke kanan. Bahu kanan direndahkan agar beban terlepas dengan selamat. Tinggi tempat duduk 2. sejajar dengan lantai  Posisi telapak kaki menapak ke tanah. Meja kerja : 1. tidak silau E. Bila tidak. Permukaan rata. SIKAP TUBUH YANG BAIK DAN BENAR SAAT BEKERJA DENGAN MEJA Semua pekerjaan yang dilakukan dengan posisi duduk harus memperhatikan a). 7. Saat akan meletakkan beban kembali. kaki kiri ditekuk perlahan-lahan.

Penerbit Buku Kedokteran EGC Leveno.Penerbit Buku Kedokteran EGC .Lecture Notes Neurologi edisi 8.Buku Saku Dokter Keluarga University of IOWA.Keperawatan Renopatif Volume 2.Edisi 3.Jakarta.Kenneth J. Permukaan lantai untuk berdiri rata dan tidak licin b).Penerbit Erlangga Grabe A.2004.Jakarta.EGC J Barbara.dkk.Jakarta.Billie.Jakarta.Obsetri William edisi 21.2006.2006. Tinggi meja 10-20cm dari siku tangan DAFTAR PUSTAKA Ginsber.Lionel.Penerbit Buku Kedokteran.dkk. a).2007.