SUSUNAN ORGANISASI TATA KERJA (SOTK) PUSKESMAS PRAGAAN

Berlandaskan kaidah ataupun asas-asas hukum salah satunya Asas Lex Posterior Derogat Legi
Priori yaitu asas UU atau peraturan yg berlaku kemudian membatalkan UU atau Peraturan
terdahulu, sejauh UU atau Peraturan itu mengatur objek yg sama. Kementerian kesehatan telah
mengeluarkan peraturan yang baru yang mengatur tentang tata organisasi PUSKESMAS yaitu
PMK no.75 tahun 2014; peraturan menteri kesehatan tersebut membatalkan peraturan
sebelumnya yaitu KMK no.128 tahun 2004 tentang puskesmas.

Untuk itu kami membentuk SOTK Puskesmas PRAGAANak berpedoman pada PMK no.75
tahun 2014,sebagai berikut :

STRUKTUR ORGANISASI PUSKESMAS PRAGAAN
I. Kepala puskesmas
Pejabat : dr.Suhartono
TUPOKSI :
Bertugas sebagai manager Puskesmas, pelaksana Medis tekhnis, Dan konsultan medis.
Uraian Tugas :
1. Melaksanakan fungsi-fungsi manajemen, bimbingan dan supervisi.
2. Mengadakan koordinasi di tingkat kecamatan.
3. Sebagai penggerak pembangunan kesehatan di tingkat kecamatan diwilayah kerja puskesmas PRAGAAN.
4. Sebagai tenaga ahli pendamping Camat.
5. Mengkoordinir dan bertanggung jawab terhadap semua kegiatan di puskesmas.

II. Tata Usaha
Kepala TU : Kamim
Asistensi : H.Sodik, wahyo.
TUPOKSI :

. bezzeting (Persediaan pegawai). c) Sub Bagian Pencatatan dan Pelaporan Terpadu (SP2TP) Kepala Sub bagian : Marsini.  Melakukan kegiatan yang bersifat umum. DUK.Kep  Harnasih. Sepatu dan lain-lain)  Membuat Model C/KP4/SKUM  Merekap Absensi ( Ijin.Tawab. AmKeb  Tarliah.AmKeb  Sodik L TUPOKSI : Tugas : Unit Penelitian dan pengembangan mempunyai tugas melaksanakan analisa data puskesmas dan kemudian melakukan pengembangan di bidang kesehatan tingkat Puskesmas. pengelolaan Barang dan inventaris Kantor.monitoring dan penilaian pelaksanaan program-program puskesmas. Merencanakan dan mengevaluasi kegiatan di setiap seksi dan unit Tata Usaha 2.Administrasi dan pelaporan LOKET. Mengkoordinir dan berperan aktif terhadap kegiatan di setiap Sub bagian dan unit Tata Usaha 3.  Mengusulkan cuti dan kenaikan pangkat  Mengusulkan tunjangan pegawai ( Penyesuaian Fungsional. tahunan . Bendahara. Unit – Unit Kerja Seksi SP2TP : 1) UNIT LITBANG (PTP/RBA Dan RENSTRA) Kepala Unit : Marsini.triwulan. URAIAN TUGAS : 1.)  Koordinator SKP dan DP3 yang sudah di isi nilai oleh Atasan Langsung  Mendata dan mengarsipkan file pegawai. Sakit )  Membuat Absensi Mahasiswa/siswa yang praktek/magang di Puskesmas  Membuat perencanaan untuk pengembangan kualitas SDM staf puskesmas  Menyusun daftar pembagian tugas untuk staf puskesmas dengan persetujuan kepala puskesmas.Baju.  Koordinator kegiatan apel di puskesmas PRAGAAN. Bertugas membawahi dan mengkoordinasi kegiatan : SP2TP.SKM Anggota Ahli :  Kamim  Hj.AmKeb  H.Nurfasihah.  Koordinator Team Informasi dan Komunikasi kesehatan di Puskesmas PRAGAAN.dsb.SODIK TUPOKSI :  Membuat laporan kepegawaian (Absensi. rencana dan program pelaksanaan kegiatan kesehatan tingkat puskesmas. Menggantikan tugas Kepala Puskesmas bila Kepala Puskesmas berhalangan hadir Sub Bagian Tata Usaha.S.  Mengkoordinir dan bertanggung jawab terhadap Unit dibawahnya yaitu Unit LITBANG dan Unit SP2TP.S.Kepegawaian.Meliputi : a) Sub Bagian UMUM Kepala Sub bagian : Kamim TUPOKSI :  Registrasi Surat Masuk dan Keluar  Melanjutkan disposisi Kepala Puskesmas  Membuat konsep surat  Mengkoordinir kegiatan petugas bagian perbaikan sarana puskesmas  Mengarsipkan surat.  Mengkoordinir pembuatan spanduk yang bersifat umum b) Sub Bagian Kepegawaian Kepala Sub bagian : H. Fungsi :  Penyusunan kebijakan teknis.lap. Cuti. yang membantu kepala puskesmas dalam perencanaan.KM TUPOKSI :  Bertugas/bertanggung jawab dalam pengelolaan data dan informasi Puskesmas serta perencanaan dan penilaian kegiatan program.

RENVAL) Kepala Unit : Dawud. d) Sub bagian Keuangan 1) Bendahara Umum : Petugas : H.  Pemantauan.Profil.dimana dana yang dikelola bersumber dari APBN.  Membuat PTP/RBA (Perencanaan Tingkat Puskesmas ataupun Rencana Bisnis anggaran ) dan RENSTRA.Tawab.S.Kp . Bidang UKM (Usaha kesehatan masyarakat) Kepala Bidang : H. f) Sub bagian Pengelolaan Barang dan inventaris Kantor Kepala Sub Bagian : Kamim Asistensi : Wahyo TUPOKSI : Bertanggungjawab terhadap pengelolaan dan inventaris barang-barang di puskesmas. g) Sub Bagian Keamanan Dan Transportasi Kepala Sub Bagian : H. 2) Bendahara Intern : Petugas : Euis Widaningsih TUPOKSI : bendahara intern puskesmas yang bertugas dan bertanggung jawab akan manajemen keuangan intern puskesmas yang merupakan pendapatan sah puskesmas. 3) Bendahara BOK Petugas : Sodik TUPOKSI: Bendahara yang bertugas dalam hal pengelolaan dan pertanggungjawaban pendanaan dana BOK (Bantuan operasional kesehatan) 4) Bendahara pengumpul Petugas : Kamim TUPOKSI: Bendahara yang bertugas dalam hal pengumpulan dana dari hasil usaha mandiri pelayanan puskesmas untuk disetorkan kepada bendahara UPTD-BLUD puskesmas banjarharjo.Kep TUPOKSI:  Bertanggungjawab dalam pengelolaan data Laporan Bulanan kegiatan puskesmas  Membuat Profil Puskesmas  Membuat RENVAL Puskesmas. Asistensi :  Penjaga malam: Wartoni  Sopir : Wahyo TUPOKSI Asistensi : Menjaga keamanan puskesmas dan menjalankan tugasnya sebagai sopir III.APBD. evaluasi dan pelaporan pelaksanaan program dan atau kegiatan kesehatan tingkat puskesmas PRAGAAN.  Mengkoordinir dan bertanggung jawab terhadap Unit dibawahnya yaitu Penjaga malam dan Sopir. Wartoni TUPOKSI : Petugas yang bertanggung jawab dalam administrasi dan laporan kegiatan di loket puskesmas.S. e) Sub Bagian Administrasi dan pelaporan LOKET Kepala Sub Bagian : Casipan Asistensi : Wahyo.Toto TUPOKSI: bendahara dengan SK pengangkatan Bupati yang Bertugas dan bertanggung jawab akan manajemen keuangan puskesmas.Sodik TUPOKSI :  Bertugas/bertanggung jawab dalam pengelolaan keamanan dan sarana transpotasi Puskesmas . 2) UNIT SP3 (Laporan Bulanan.

perilaku makan bagi bumil KEK/Kurus  Konseling Dietetik  Kegiatan Edukasi dan Konseling tentang Swamedikasi dan Penggunaan Obat b) Pemberdayaan masyarakat  Memotivasi tokoh masyarakat dalam pembentukan kader kesehatan atau pembentukan kelompok yang peduli terhadap kesehatan  Membentuk jejaring dalam pembentukan PHBS di masyarakat  Penggerakan kelompok masyarakat dalam pemanfaatan Posyandu  Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat untuk Peningkatan Penggunaan Obat Rasional melalui Metode Cara Belajar Insan Aktif (CBIA)  Melatih kader kesehatan tentang perawatan diri dan mempraktikkan PHBS  Melatih kader kesehatan dalam menyampaikan informasi pada kelompok atau masyarakat tentang perawatan diri dan mempraktikkan PHBS di daerah binaan  Melatih Kader tentang Swamedikasi dan Penggunaan Obat melalui Metode Cara Belajar Insan Aktif (CBIA) c) Advokasi  Mengadvokasi masyarakat dan lintas sektoral terkait dalam praktik PHBS dan penanggulangan masalah kesehatan tertentu.balita kurang gizi. dan sumber air bersih . lansia (pendekatan siklus kehidupan)  Penyuluhan peningkatan kesadaran masyarakat tentang Imunisasi  Konseling kesehatan reproduksi pada kelompok anak remaja  Peningkatan pengetahuan komprehensif masyarakat tentang pencegahan penularan HIV-AIDS dan IMS  Peningkatan pengetahuan dan kepedulian masyarakat tentang penyakit diare.P2P URAIAN TUGAS : 1. 2. remaja.Kep TUPOKSI : Pemantauan tempat tempat umum. Merencanakan dan mengevaluasi kegiatan di setiap seksi dan unit di bidang UKM (Usaha Kesehatan Masyarakat) 2. perilaku makan dan aktifitas fisik bagi anak usia sekolah  Edukasi dan konseling mengenai pola makan.S. tifoid dan hepatitis  Edukasi dan konseling Pemberian Makanan Bayi dan Anak (PMBA) meliputi ASI dan MP-ASI untuk balita sehat.Meliputi : 1. anak. KESLING. dewasa. Mengkoordinir dan berperan aktif terhadap kegiatan di setiap seksi dan unit di Bidang UKM. pengelolaan makanan. dan balita gizi buruk rawat jalan  Edukasi dan konseling mengenai pola makan.S. URAIAN TUGAS :  Menyusun perencanaan dan evaluasi di unit kesling . TUPOKSI : Bertugas membawahi dan mengkoordinasi kegiatan : PROMKES. anak balita.Kp TUPOKSI : a) Penyuluhan  Promosi kesehatan di sekolah pendidikan dasar  Promosi pemberdayaan masyarakat dibidang kesehatan  Penyuluhan kesehatan jiwa masyarakat & napza  Penyuluhan kesehatan jiwa bagi ibu hamil dan menyusui  Penyuluhan pada kelompok atau masyarakat tentang perilaku menjaga kebersihan diri  Penyuluhan Kesehatan Gigi dan Mulut pada ibu hamil. Seksi Pelayanan kesehatan lingkungan (KESLING) Kepala seksi : Dawud. Seksi-Seksi Dibagian UKM.  Advokasi tokoh masyarakat dalam membentuk kelompok swabantu terkait perawatan masalah gizi . Seksi Pelayanan Promosi kesehatan (PROMKES) Kepala seksi : H.Tawab.

Mengkoordinir dan berperan aktif terhadap kegiatan di setiap seksi dan unit di Bidang UKM-P.  Penyehatan pembuangan sampah. Unit – Unit Kerja Seksi P2P : 1) Unit PTM (penyakit Tidak menular) Kepala Unit : Dedeh Kartina  Tugas Posbindu PTM  Pencatatan dan pelaporan Unit PTM 2) Unit PM (penyakit Menular) Kepala Unit : Yeti Pujiarti. Merencanakan dan mengevaluasi kegiatan di setiap seksi dan unit di bidang UKM-P (Usaha Kesehatan Masyarakat Pengembangan) 2. Seksi Pelayanan kesehatan jiwa Kepala Seksi : Ahmad TUPOKSI : 1.Kesehatan Lansia URAIAN TUGAS : 1. Seksi-Seksi Dibagian UKM-P.  Pelaksana peraturan perundangan di bidang kesehatan lingkungan.Meliputi : 1.Keb TUPOKSI : Pencegahan dan Pengendalian penyakit menular dan tidak menular. 4.Amd. Mengurangi bahkan menghilangkan semua unsur fisik dan lingkungan yang memberi pengaruh buruk terhadap kesehatan masyarakat melalui penyuluhan kesling  Penyehatan air bersih.keb TUPOKSI : Bertugas membawahi dan mengkoordinasi kegiatan : Pelayanan kesehatan Jiwa. 3. 5. memberi pengobatan atau merujuk pasien atas persetujuan dokter puskesmas ke RS jiwa.UKS. Mengenali penderita yang memerlukan pelayanan kesehatan psikiatri.pelayanan NAPZA dan Rokok.  Penyehatan lingkungan dan pemukiman.Pelayanan kesehatan Tradisional komplementer.  Penyehatan makanan dan minuman.  Pengawasan sanitasi tempat-tempat umum. Kunjungan ke rumah penderita.Keb  Pengendalian infeksi Dengue /DBD  Pengendalian Infeksi Menular Seksual  Pengendalian HIV/AIDS  Pengendalian Penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi  Pengendalian penyakit TBC  Pengendalian KUSTA  Pengendalian penyakit menular lainnya. Memberi penyuluhan kepada masyarakat tentang Kesehatan jiwa 2. Pencatatan dan pelaporan . Seksi Pelayanan pencegahan dan pengendalian penyakit (P2P) Kepala Seksi : Yeti Pujiarti . Bidang UKM pengembangan (UKM-P) Kepala Bidang : Tarliah.Amd.  Penyehatan pembuangan air limbah.  Pencatatan dan pelaporan Unit PM IV.  Pembakaran sampah medis  Pencatatan dan pelaporan 3.Amd. 6. Memberi pertolongan pertama psikiatri.  Pengawasan tempat pengelolaan pestisida.

5) Kegiatan preventif dengan pemeriksaan berkala 6) Kegiatan pengobatan melalui pelayanan kesehatan dasar dan rujukan 7) Kegiatan pemulihan untuk mengembalikan fungsi organ yang telah menurun 8) Pencatatan dan pelaporan 6. jumlah murid dan sarana UKS. Seksi Kesehatan LANSIA Kepala seksi : Tarliah. Seksi Pelayanan kesehatan tradisional komplementer Kepala Seksi : Aan Daryanti TUPOKSI :  Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (TOGA)  Pembinaan pengobat tradisional  Kerjasama dengan pengobat tradisional. f) Pelatihan dokter kecil g) Kegiatan lintas program bersama Seksi Imunisasi melakukan Pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) .Amd.posyandu lansia URAIAN TUGAS : 1) Pendataan usila 2) Kegiatan promotif dengan penyuluhan gizi. Seksi Pelayanan Napza dan ROKOK Kepala seksi : Dedeh Kartina TUPOKSI:  Konseling narkoba dan ROKOK  Program wajib lapor pecandu narkotika 3.Keb TUPOKSI : Pelayanan kesehatan Lansia .Keb TUPOKSI : 1) Penyuluhan ke sekolah (SMP.dll ke masyarakat dan kelompok usila 3) Senam kesegaran jasmani 4) Meningkatkan PSM (peran serta masyarakat ) dengan cara mengikut sertakan masyarakat dalam perencanaan dan pelaksanaan program kesehatan. d) Penjaringan kesehatan peserta didik baru kelas 1 e) Pengobatan ringan. agar merujuk pasiennya ke puskesmas/RS bila menderita sakit yang berbahaya  Penyuluhan pada masyarakat dan pengobat tradisional  Sosialisasi obat-obat tradisional dan manfaatnya.Amd. 4. pertolongan dan rujukan.Penyuluhan agama. 2. SMA) 2) Pembinaan dan konseling remaja 3) Pendataan jumlah remaja usia 10-14 tahun 4) Pencatatan dan pelaporan . Seksi UKS (Usaha Kesehatan Sekolah) Kepala Seksi : Aan daryanti TUPOKSI : a) Inventaris jumlah sekolah. Kesehatan dimasa tua. Seksi Pelayanan Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR) Kepala seksi : Tarliah. b) Melaksanakan program UKS melalui pendidikan dan pelayanan kesehatan di sekolah c) Aktif dalam menciptakan lingkungan sekolah yang sehat. h) Kegiatan Lintas Program bersama Seksi BP Gigi melakukan Usaha Kesehatan Gigi Sekolah SD-SMA : UKGS Tahap 2 SD-SMA 5.

melayani tindakan sesuai kompetensi. f.MTBS.Meliputi : a.tindakan gawat darurat.mengevaluasi hasil kegiatan pelayanan obat.Amd.ST TUPOKSI : Melayani kunjungan rawat jalan gigi.menganggarkan penyediaan logistic keperluan laborat dan laporan hasil kegiatan laboratorium.laporan kematian ibu-bayi dan balita. Kadarsi. laporan bulanan dan tahunan.Pelayanan kefarmasian. Seksi Pelayanan kefarmasian Kepala Seksi : Taufik Himawan TUPOKSI : Menyusun rencana kegiatan pelayanan obat di apotik berdasarkan data program puskesmas. melatih kader posyandu.Amd.mengevaluasi hasil kegiatan dan membuat laporan bulanan. Seksi Pelayanan gizi Kepala Seksi : Marsini. Seksi-Seksi Dibagian UKP. Seksi Imunisasi Kepala Seksi : Hj. protein urin.Nurfasihah. d.S.Laboratorium. IMT ratri dan WUS. membuat laporan bulanan.Pelayanan Persalinan. distribusi sarana obat gizi.KB. Seksi Pelayanan kesehatan gigi dan mulut (BP GIGI dan Mulut) Kepala Seksi : Erwan Munandar. glukosa. Seksi Pelayanan persalinan (PUSKESMAS Layak Bersalin) Kepala Seksi : Hj. ANC. menerima konsultasi di bidang gizi. g.Nurfasihah. V. UKGS. Seksi Pelayanan KIA-KB Kepala Seksi : Hj. c. laporan PWS KIA.Keb . PKG). Seksi Laboratorium Kepala seksi : Tarliah.Pelayanan KIA- KB.BP GIGI dan Mulut.mengkoordinir kegiatan PONED.Rukiyati.Nurfasihah. melakukan kunjungan masyarakat desa. melakukan kegiatan pendataan ( status gizi balita.Pelayanan GIZI.melayani rujukan BP gigi.koordinasi lintas program.membuat jadwal piket PONED.Keb TUPOKSI : Bertugas membawahi dan mengkoordinasi kegiatan : BP UMUM.Keb TUPOKSI : Membuat jadwal PONED.Amd.keb TUPOKSI: Melaksanakan pelayanan laboratorium sederhana: HB. menjelaskan tata cara pengisian dan penggunaan KMS.Imunisasi.pemeriksaan kesehatan dan laporan bulanan. Mengkoordinir dan berperan aktif terhadap kegiatan di setiap seksi dan unit di Bidang UKP.rujukan.Keb TUPOKSI : melakukan pelayanan MTBS.golda.Amd. Merencanakan dan mengevaluasi kegiatan di setiap seksi dan unit di bidang UKP (Usaha Kesehatan Perorangan) 2. h. b. URAIAN TUGAS : 1.membuat laporan bulanan.Amd. Seksi Pelayanan pemeriksaan umum (BP UMUM) Kepala Seksi : Dedeh Kartina Asisten : Sukilah TUPOKSI : Melayani kunjungan rawat jalan. Bidang UKP (usaha Kesehatan Perorangan) Kepala Bidang : Hj.MTBM. e. gizi anak sekolah.SKM TUPOKSI : Melaksanakan pelayanan gizi.

untuk meningkatkan jangkauan dan kualitas pelayanan bagi masyarakat di wilayah kerja Puskesmas yang belum terjangkau oleh pelayanan dalam gedung Puskesmas.Puskesmas Keliling.mengevaluasi hasil kegiatan dari setiap desa. Merencanakan dan mengevaluasi kegiatan di setiap seksi dan unit di bidang JPP-FK (Jejaring Pelayanan Puskesmas dan Fasilitas Kesehatan) 2. Seksi-Seksi Dibagian JPP-FK.mengolah data sasaran.menindaklanjuti hasil evaluasi.  Mendukung pelayanan rujukan. Puskesmas Pembantu merupakan bagian integral Puskesmas.AmKeb. Rabu tohirin TUPOKSI : Puskesmas Pembantu merupakan jaringan pelayanan Puskesmas yang memberikan pelayanan kesehatan secara permanen di suatu lokasi dalam wilayah kerja Puskesmas. penyuluhan kesehatan. Puskesmas Keliling dilaksanakan secara berkala sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan dengan memperhatikan siklus kebutuhan pelayanan. merencanakan kebutuhan vaksin dan logistic serta membuat laporan bulanan. surveilans. KIA.  Mendukung pelaksanaan kegiatan Posyandu. TUGAS : . Tugas : untuk meningkatkan jangkauan dan mutu pelayanan kesehatan bagi masyarakat di wilayah kerjanya. yang harus dibina secara berkala oleh Puskesmas.  Mendukung pelayanan promotif dan preventif b. Imunisasi. VI.Jejaring Fasilitas pelayanan kesehatan (JFPK) URAIAN TUGAS : 1. Seksi Puskesmas Keliling Kepala Seksi: Aan daryanti Asistensi : Ahmad TUPOKSI : Puskesmas Keliling merupakan jaringan pelayanan Puskesmas yang sifatnya bergerak (mobile). Bidang Jejaring Pelayanan Puskesmas dan fasilitas kesehatan (JPP-FK) Kepala Bidang : Harnasih. pemberdayaan masyarakat. TUPOKSI : Bertugas membawahi dan mengkoordinasi kegiatan : PUSTU. Seksi Puskesmas Pembantu (PUSTU) Kepala PUSTU : H.TUPOKSI : Mengkoordinir laporan imunisasi dari bidan desa. di wilayah kerjanya.Meliputi : a.Bidan Desa.  Mendukung pelaksanaan pelayanan kesehatan terutama UKM. dan lain-lain. Fungsi : untuk menunjang dan membantu melaksanakan kegiatan yang dilakukan Puskesmas. Mengkoordinir dan berperan aktif terhadap kegiatan di setiap seksi dan unit di Bidang JPP-FK. yaitu :  Meningkatkan akses dan jangkauan pelayanan dasar di wilayah kerja Puskesmas.

(2). Penempatan bidan di desa utamanya adalah dalam upaya percepatan peningkatan kesehatan ibu dan anak. sarana transportasi logistik. 2) Melakukan pembinaan. termasuk gizi.  Mendukung pelayanan rujukan. sarana transportasi petugas. Kelompok Jabatan Fungsional 1. Fungsi : (1). Pelayanan promotif.Praktek Dokter swasta. dll. Koordinator Bidan Puskesmas PRAGAAN Penanggungjawab : Harnasih. c. untuk meningkatkan jangkauan dan mutu pelayanan kesehatan bagi masyarakat terutama masyarakat yang lokasi rumahnya jauh dari Puskesmas PRAGAAN serta untuk menyediakan sarana transportasi dalam pelaksanaan pelayanan kesehatan. 2.  Mendukung pelayanan promotif dan preventif.Praktek kebidanan swasta (BPS) dalam rangka memajukan program kesehatan. yaitu: a. c. dan (4). . sarana pelayanan kesehatan. sarana pendukung promosi kesehatan. Klinik swasta.Praktek kebidanan swasta (BPS) dilingkungan PUSKESMAS PRAGAAN.  Mendukung pelaksanaan pelayanan kesehatan di daerah yang jauh dan sulit. Pelayanan KIA-KB.Amd.Praktek keperawatan swasta. pemberdayaan masyarakat. Peran :  Meningkatkan akses dan jangkauan pelayanan dasar di wilayah kerja Puskesmas. penyuluhan kesehatan.pengawasan fasilitas penyedia layanan kesehatan seperti Klinik swasta. preventif dan pemberdayaan masyarakat. KIA.Praktek keperawatan swasta. Deteksi dini dan pengobatan awal terkait kesehatan ibu dan anak.pemantauan dan evaluasi kinerja bidan di wilayah kerjanya terhadap aspek klinis profesi dan manajemen program KIA. Seksi Bidan Desa Koordinator Bidan desa : Nur Rohmah. Tugas bidan desa. disamping itu juga untuk peningkatan status kesehatan masyarakat. b. sesuai kewenangannya. VII. Melaksanakan penyeliaan. d.  Mendukung pelaksanaan kegiatan luar gedung seperti Posyandu.Keb TUPOKSI : Bidan desa adalah bidan yang ditempatkan dan bertempat tinggal pada satu desa dalam wilayah kerja Puskesmas sebagai jaringan pelayanan Puskesmas. Melakukan koordinasi lintas program dan lintas sektoral baik secara horizontal dan vertical ke dinas kesehatan maupun pihak lain yang terkait. surveilans.Praktek Dokter swasta. Imunisasi.Amd.Keb TUPOKSI : 1) Menjalin kerjasama dengan fasilitas kesehatan diluar PUSKESMAS seperti RS Negeri/swasta. (3). Seksi Jejaring fasilitas pelayanan kesehatan (JFPK) Kepala Seksi : Harnasih.AmKeb TUPOKSI : Tugas Pokok: 1.

mencari dan menetapkan solusi serta melaksanakan tindakan yang mengarah ke peningkatan mutu pelayanan KIA. Team Kerja Kegiatan Apel Puskesmas Diposkan oleh puskesmas PRAGAAN di 00. 4. Fungsi : 1. Team Kerja Pengendalian dan pencegahan Wabah 6. 3. Team Kerja Komunikasi dan Informasi kesehatan Puskesmas 4. Melakukan pemantauan. Team kerja SKP Puskesmas PRAGAAN 7. Membina hubungan kerja bidan dalam tatanan organisasi puskesmas maupun hubungannya dengan dinas kesehatan kabupaten serta organisasi profesi yang berkaitan dengan tugas pokok dan fungsi bidan. Memberi dorongan motivasi dan membangun kerjasama tim serta memberikan bimbingan teknis ditempat kerja kepada bidan di wilayah kerjanya.penyeliaan dan evaluasi program KIA termasuk penilaian klinis dan kinerja manajerial bidan di wilayah kerjanya. Membimbing pengetahuan. Team Kerja BOK (Biaya Operasional Kesehatan) Puskesmas 2. Melakukan kerjasama lintas program dan lintas sektoral secara horizontal dan vertikal. 2. 5.seksi. Team Kerja Pembinaan Dan pemeriksaan Jama’ah haji 5. Team Kerja Puskesmas terdiri atas : 1. VIII.ketrampilan klinis profesi dan sikap bidan. Membina bidan dalam pengelolaan program KIA. 6.3.  Team Kerja dibentuk berdasarkan logika TUPOKSI yang melekat pada Pegawai Puskesmas. Team Kerja Puskesmas : Tujuan Pembentuan :  Team Kerja Puskesmas dibentuk untuk memudahkan koordinasi lintas bidang. Membantu mengidentifikasi masalah. unit. Team Kerja RBA (Rencana Bisnis Anggaran) Puskesmas 3.  Team kerja dibentuk untuk mempercepat respon kebutuhan pegawai puskesmas PRAGAAN  Team Kerjadibentuk dalam rangka mempercepat respon kebutuhan masyarakat akan layanan kesehatan tingkat puskesmas yang paripurna.59 1 komentar: Kirimkan Ini lewat EmailBlogThis!Berbagi ke TwitterBerbagi ke FacebookBagikan ke Pinterest .

Related Interests