KETENTUAN UMUM DAN PERATURAN ORGANISASI

MASYARAKAT MAHASISWA

FAKULTAS TEKNOLOGI KEBUMIAN DAN ENERGI

UNIVERSITAS TRISAKTI

PEMBUKAAN
Sesungguhnya mahasiswa merupakan bagian dari masyarakat yang

berfikir dan bertindak secara intelektual serta bartaqwa terhadap Tuhan Yang

Maha Esa. Oleh karena itu, mahasiswa harus mampu menghadapi setiap

perubahan dan ketidakpastian yang muncul dalam dinamika masyarakat.

BAB I

NAMA, WAKTU DAN KEDUDUKAN

Pasal 1

NAMA

Nama organisasi adalah Masyarakat Mahasiswa Fakultas Teknologi

Kebumian dan Energi Universitas Trisakti yang selanjutnya disingkat MM-

FTKE USAKTI.

Pasal 2

WAKTU

Masyarakat Mahasiswa Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi

Universitas Trisakti yang terbentuk beriringan dengan terbentuknya MM-

USAKTI pada tanggal 5 Juni 1999.

Pasal 3

KEDUDUKAN

Masyarakat Mahasiswa Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi

Universitas Trisakti merupakan bagian integral dari MM USAKTI yang

berkedudukan di Universitas Trisakti.

BAB II

KEDAULATAN, AZAS DAN STATUS

Pasal 4

KEDAULATAN

Kedaulatan tertinggi berada pada Masyarakat Mahasiswa Fakultas

Teknologi Kebumian dan Energi yang diwujudkan dalam Parlemen Mahasiswa

Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi Universitas Trisakti sebagai lembaga

tertinggi.

Pasal 5

AZAS

Masyarakat Mahasiswa Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi Universitas

Trisakti berazaskan Pancasila.

Pasal 6

STATUS

Masyarakat Mahasiswa Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi Universitas

Trisakti ini bersifat Otonom yang seluas-luasnya.

BAB III

SIFAT, PRINSIP DAN TUJUAN

Pasal 7

SIFAT

Masyarakat Mahasiswa Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi

Universitas Trisakti bersifat takwa, demokratis, dinamis, independent, intelektual,

kekeluargaan, kesetiakawanan sosial dan professional.

Pasal 8

PRINSIP

Prinsip Masyarakat Mahasiswa Fakultas Teknologi Kebumian dan

Energi Universitas Trisakti adalah berke-Tuhanan Yang Maha Esa, kebenaran dan

keadilan, kebersamaan, kemanusiaan, kerakyatan dan memiliki nilai-nilai etika

moral dan tanggung jawab.

Pasal 9

TUJUAN

Masyarakat Mahasiswa Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi

Universitas Trisakti bertujuan untuk ikut serta mencapai tujuan pendidikan

nasional dengan semangat nasionalisme, patriotism, dan intelektualitas dalam

mencapai kebersamaan dalam Fakultas Arsitektur Lansekap dan Teknologi

Lingkungan.

barang dan uang. BABV PERBENDAHARAAN Pasal 12 JENIS PERBENDAHARAAN Masyarakat Mahasiswa Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi Universitas Trisakti memiliki asset berupa sumber daya manusia. BABIV KEANGGOTAAN Pasal 10 STATUS KEANGGOTAAN Anggota Masyarakat Mahasiswa Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi Universitas Trisakti adalah seluruh mahasiswa Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi yang terdaftar sah di Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi Universitas Trisakti dan menyelesaikan proses pengkaderan di jurusan. . Pasal 11 BATAS WAKTU KEANGGOTAAN Batas waktu keanggotaan Masyarakat Mahasiswa Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi Universitas Trisakti berakhir apabila sudah tidak terdaftar di Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi Universitas Trisakti.

2. Parlemen Mahasiswa Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi adalah lembaga legislativ yang memiliki kedaulatan tertinggi di Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi. Kas. 3. . Badan Pengurus Himpunan Mahasiswa Jurusan adalah lembaga yang menghimpun mahasiswa Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi sesuai dengan jurusannya. Pasal 13 SUMBER KEUANGAN Sumber keuangan Masyarakat Mahasiswa Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi Universitas Trisakti dapat diperoleh dari: 1. Dana Kegiatan Mahasiswa. 2. Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi adalah lembaga eksekutif di tingkat Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi. Dana Kondisional lainnya). Dana Insidental (DPM. 3. Dana hasil kegiatan Masyarakat Mahasiswa Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi Universitas Trisakti. BABVI KELENGKAPAN ORGANISASI Pasal 14 Kelengkapan organisasi Masyarakat Mahasiswa Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi Universitas Trisakti terdiri atas: 1.

ATRIBUT. Pasal 16 LAMBANG PARLEMEN Parlemen Mahasiswa Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi Universitas Trisakti memiliki lambang lingkaran berwarna dasar putih yang didalamnya terdapat gambar rig berwarna biru melambangkan jurusan teknik perminyakan. gambar chisel point berwarna kuning melambangkan jurusan teknik geologi. DAN SEMBOYAN Pasal 15 LAMBANG MM-FTKE Masyarakat Mahasiswa Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi Universitas Trisakti memiliki lambang segilima berwarna dasar biru tua dan bertuliskan Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi serta lambang Trisakti berwarna hitam. dan gambar bumi melambangkan Fakultas Teknologi Kebumian dan Eenergi serta bertuliskan Parlemen Mahasiswa dan Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi yang dipisahkan oleh lambang Trisakti. Pasal 17 SEMBOYAN . BAB VII LAMBANG. gambar palu geologi berwarna merah melambangkan jurusan teknik pertambangan.

BAB VIII PERUBAHAN PERATURAN ORGANISASI MASYARARAT MAHASISWA FAKULTAS TEKNOLOGI KEBUMIAN DAN ENERGI UNIVERSITAS TRISAKTI Perubahan peraturan organisasi dapat dilakukan sesuai dengan kebutuhan dan aspirasi MM FTKE USAKTI melalui Sidang Majelis Parlemen dengan mekanisme sidang yang telah ditetapkan. .. .. WIB. BAB IX PENGESAHAN DAN MASA BERLAKU Pasal 18 PENGESAHAN PERATURAN ORGANISASI MASYARAKAT MAHASISWA FAKULTAS TEKNOLOGI KEBUMIAN DAN ENERGI UNIVERSITAS TRISAKTI Pengesahan Peraturan Organisasi Masyarakat Mahasiswa Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi Universitas Trisakti dilakukan oleh Parlemen Mahasiswa Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi Universitas Trisakti pada tanggal .... Semboyan Masyarakat Mahasiswa Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi Universitas Trisakti adalah: Bertakwa. Intelektual dan Kebersamaan.. pada pukul .

Pasal 18 MASA BERLAKU PERATURAN ORGANISASI MASYARAKAT MAHASISWA FAKULTAS TEKNOLOGI KEBUMIAN DAN ENERGI UNIVERSITAS TRISAKTI Pedoman ini berlaku sampai ditetapkannya Peraturan Organisasi Masyarakat Mahasiswa Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi Universitas Trisakti yang baru. .

Kesekretariatan yang diangkat oleh Sekertaris Jendral Parlemen dari anggota himpunan mahasiswa jurusan yang ada di FTKE 4. c. Komisi Akademik b. e. Komisi Administrasi dan Keuangan. Komisi Kesejahteraan Mahasiswa. Komisi Kedisiplinan. Komisi Pengembangan dan Pembinaan Organisasi. f. d. Koordinator – koordinator komisi yang terbagi dalam komisi: a. Ketua Parlemen yang berfungsi sebagai koordinator 2. Sekertaris Jendral yang berfungsi sebagai koordinator Sekertaris dan Bendahara serta merangkap sebagai wakil Ketua Parlemen 3. KETENTUAN PELAKSANAAN PERATURAN ORGANISASI MASYARAKAT MAHASISWA FAKULTAS TEKNOLOGI KEBUMIAN DAN ENERGI UNIVERSITAS TRISAKTI PEDOMAN PELAKSANA BAB I KEPENGURUSAN PARLEMEN MAHASISWA FTKE Pasal 1 Kepengurusan Parlemen FTKE: 1. Komisi Hubungan Luar. Komisi Pengembangan Sumber Daya Manusia . g.

3. sekertariat serta ketua Parlemen. Pemberhentian anggota Parlemen. Masa keanggotaan Parlemen berakhir setelah keanggotaan Parlemen baru terbentuk dan disahkan. Meninggal dunia . dilakukan karena: a. Anggota Parlemen harus melalui tahap pengkaderan legislatif yang diadakan oleh Parlemen periode sebelumnya. Ditarik oleh Himpunan Mahasiswa masing-masing Fakultas d. 2. Jumlah perwakilan setiap Himpunan Mahasiswa Jurusan sebanyak jumlah komisi pada Parlemen. Sudah tidak terdaftar sebagai anggota FTKE c. Permintaan sendiri b. Pasal 3 Penggantian dan Pemberhentian 1. Anggota Parlemen adalah perwakilan dari anggota Himpunan Mahasiswa Jurusan yang aktif. Pergantian sewaktu-waktu anggota Parlemen hanya dapat dilakukan melalui Sidang Khusus Parlemen 2. Pasal 2 Keanggotaan Parlemen 1. 4.

 Mengawasi kinerja Setiap Bidang yang terkait dalam Jajaran Pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa dan Badan Pengurus Himpunan Mahasiswa Jurusan yang sedang Berlangsung.  Mengawasi kinerja Setiap Bidang yang terkait dalam Jajaran Pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa dan Badan Pengurus Himpunan Mahasiswa Jurusan yang sedang Berlangsung.  Merencanakan Raker Fakultas. .  Mengawasi Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) Badan Eksekutif Mahasiswa dan Badan Pengurus Himpunan Jurusan serta mengaudit LPJ pada akhir periode.  Mengatur keuangan dan merencanakan kegiatan bersama dengan Parlemen. Komisi Administrasi dan Keuangan  Mengkoordinasikan segala jenis administrasi Parlemen untuk internal dan eksternal. Komisi Akademik  Mengkoordinasikan segala jenis info yang berhubungan tentang akademik di Fakultas.  Mengawasi Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) Badan Eksekutif Mahasiswa dan Badan Pengurus Himpunan Jurusan serta mengaudit LPJ 10 hari kerja setelah kegiatan berlangsung dan pada akhir periode.  Mengaspirasikan serta mengakomodir kebutuhan untuk mahasiswa agar dapat menunjang kegiatan perakademikannya. BAB II TATA KERJA Pasal 4 Orientasi Kerja Komisi 1.  Mengawasi sistem perakademikan di Fakultas. 2.

 Menjalin kerjasama dengan pihak luar yang sederajat serta menentukan secara bersama kebijaksanaan terhadap kerjasama tersebut.  Mengkoordinasikan aspirasi dan informasi ke Parlemen kepada pihak terkait 4. Komisi Hubungan Luar  Mengkoordinasikan informasi baik yang masuk maupun keluar dari Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi terkait Parlemen FTKE  Mengawasi kinerja Setiap Bidang yang terkait dalam Kepengurusan Badan Eksekutif Mahasiswa dan Badan Pengurus Himpunan Mahasiswa Jurusan yang sedang Berlangsung. metode studi perbandingan  Mempublikasikan segala macam hal yang berkaitan dengan FTKE melalui cara tertulis.  Mengakomodir kesejahteraan mahasiswa kurang mampu secara finansial dan unggul dalam prestasi untuk diajukan beasiswa. 3.  Memberikan apresiasi bagi ormawa maupun fungsionaris yang berprestasi. 5. lisan maupun jaringan maya. o Mengaspirasikan serta mengakomodir kebutuhan untuk mahasiswa agar dapat menunjang kegiatan kemahasiswaan.  Menyusun Anggaran dan Pendapatan Belanja (APB) Masyarakat Mahasiswa Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi Universitas Trisakti. Komisi Kesejahteraan Mahasiswa  Mengawasi kinerja Setiap yang terkait dalam Kepengurusan Badan Eksekutif Mahasiswa dan Badan Pengurus Himpunan Mahasiswa Jurusan yang sedang Berlangsung. Komisi Pembinaan dan Pengembangan Organisasi .  Bertanggung jawab untuk mengiventaris segala macam fasilitas pendukung kegiatan kemahasiswaan. mengobservasi dan memberikan evaluasi serta solusi terhadap ormawa FTKE dengan metode ilmiah yaitu.  Mengkaji.

Pasal 5 Tata Kerja Administrasi .  Membahas dan mengkaji segala jenis Undang-undang atau peraturan yang terdapat dalam FTKE. Pengembangan Sumber Daya Manusia 8. dengan mempertimbangkan korelasi tugas Bidang dengan masing – masing komisi.  Mengkaji dan memberikan respon terhadap kebijakan Dekanat. Komisi Kedisiplinan  Mengawasi kinerja dari Badan Eksekutif Mahasiswa dan Badan Pengurus Himpunan Mahasiswa Jurusan dan FTKE dengan koordinasi Parlemen.  Merekomendasikan aman demen UU Disipliner bila diperlukan. 7.  Merekomendasikan sanksi ke Komisi Disiplin Kongres MM-UT terhadap pelanggaran yang terjadi dengan asas kekeluargaan dan melalui mekanisme yang telah ditetapkan. Undang-undang dan peraturan lainnya. atau Fakultas yang berkaitan dengan kemahasiswaan dan organisasi.  Menyelidiki dan menyidik pelanggaran yang terjadi. Rektorat. 6. Hubungan Komisi dengan Bidang Badan Eksekutif Mahasiswa dan Badan Pengurus Himpunan Mahasiswa Jurusan disesuaikan dengan PUPP Badan Eksekutif Mahasiswa dan Badan Pengurus Himpunan Mahasiswa Jurusan mengenai daftar Bidang dalam Kabinet.  Menyelenggarakan dan mengawasi Pemilu Raya Tingkat Fakultas. dengan megutamakan asas keadilan dan kebenaran.  Mengawasi kinerja Setiap Bidang yang terkait dalam Kepengurusan Badan Eksekutif Mahasiswa dan Badan Pengurus Himpunan Mahasiswa Jurusan yang sedang Berlangsung.  Mengkaji ketetapan yang dikeluarkan oleh Parlemen. antara lain AD/ART.

Nama NIM Jabatan Tanda Urut (Institusi) Tangan  Buku Surat Keluar: No. 1. berbentuk lambang Parlemen Mahasiswa FTKE yang bertuliskan Parlemen Mahasiswa FTKE  Buku absensi rapat: No. Nomor Surat Keluar Perihal Surat Tujuan Surat Urut . dan dibagian tengah bawah terdapat alamat keskretariatan  Amplop surat Parlemen Mahasiswa FTKE adalah amplop biasa yang dilengkapi dengan kop surat  Stempel Parlemen Mahasiswa FTKE. Perangkat Kerja Kesekretariatan adalah:  Kop Surat  Amplop  Stempel  Kop Surat Parlemen Mahasiswa FTKE terdapat lambang FTKE disebelah kanan atas dan logo Trisakti disebelah kiri atas dengan tulisan Parlemen Mahasiswa Masyarakat Universitas Trisakti dibagian tengah atas.

2. : 001/A/V/PARLEMA-FTKE/XIV/04/2014 Keterangan:  001 = Nomor Urut Surat  A = Jenis surat internal  B = Jenis surat eksternal  I/II/III/IV/V = Komisi pembuat surat  PARLEMA-FTKE = Institusi pembuat surat . Mekanisme Penulisan Surat a. : 001/B/III/PARLEMA-FTKE/XIV/04/2014 No. Penulisan Nomor Surat Contoh: No. : 001/A/I/PARLEMA-FTKE/XIV/04/2014 No.

..... 28 April 2014 No.. : .. ... Jenis-jenis surat  SU = Surat Undangan  SR = Surat Rekomendasi  SH = Surat Himbauan  SP = Surat Peringatan  SPa = Surat Pengantar  SPb = Surat Pemberitahuan  SPm = Surat Permohonan c. Penulisan Kepala Surat Jakarta............... Hal..  SU = Jenis Surat  XIV = Periode kepengurusan  04 = Bulan  2014 = Tahun b.. : ....

= Nomor Surat  Hal. tetap dalam lindungan-Nya dan semoga sukses dalam menjalankan aktivitas sehari- hari” f...... “Teriring salam dan doa semoga Bapak /Ibu. Isi Surat . = Lampiran Surat d.... Kalimat Pembuka Dengan Hormat.. Alamat Tujuan Yth. Lamp...... Keterangan:  No.. Di Tempat e... = Perihal Surat  Lamp... Saudara/i.. Bapak/Ibu ... : ..

g. Penulisan Nomor Surat Ketetapan Contoh: No. : 001/TAP/Parlema-FTKE /XIV/04/2014 Keterangan:  001 = Nomor Urut Ketetapan  TAP = Ketetapan  Parlema-FTKE = Institusi pembuat surat  XIV = Periode kepengurusan . Kalimat Penutup “Demikianlah surat ini kami sampaikan atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih” h. Mekanisme Penulisan Surat Ketetapan a. Tanda Tangan Hormat Kami .Nama Jabatan 3.

. Penulisan Kepala Surat Ketetapan Contoh: KETETAPAN PARLEMEN MAHASISWA MASYARAKAT MAHASISWA UNIVERSITAS TRISAKTI NO......  04 = Bulan  2014 = Tahun b..006/TAP/Parlema-FTKE/XIV/04/2014 TENTANG .... Kalimat Pembuka Contoh: DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA PARLEMEN MAHASISWA FTKE ....... c...............

Gedung D lantai dasar Kampus A.d. 1 Grogol. Kalimat Penutup Contoh: Ditetapkan di : Jakarta Tanggal : 12 Mei 2014 Tempat : Ruang Parlemen. bulan. Jakarta Barat 114400 Keterangan: Jakarta = Kota tempat ditetapkannya Surat Ketetapan 12 Mei 2014 = Tanggal. Kyai Tapa No. Isi Surat Ketetapan Menimbang : (Pandangan Umum) Mengingat : (Peraturan-peraturan yang berkaitan dengan isi Surat Ketetapan) Memutuskan : (Isi pokok/inti dari Surat Ketetapan) e. Universitas Trisakti Jl. Tahun ditetapkannya Surat Ketetapan .

Waktu Kegiatan. Mekanisme Penyusunan Proposal a. Ruang Parlemen. .. = Tempat ditetapkannya Surat Ketetapan f.. Cover Judul PROPOSAL KEGIATAN (Nama Kegiatan. Lokasi Kegiatan) Lambang Institusi . Tanda Tangan Contoh: KetuaParlemen FTKE 2014 Ghazi Fasial Thalib 4...

DAN SASARAN  Nama Kegiatan  Bentuk Kegiatan  Sasaran IV. NAMA. PENUTUP VIII. (Nama Institusi beserta tahun kepengurusan) b. PENDAHULUAN  Latar Belakang  Dasar Pemikiran II. SUSUNAN PANITIA PELAKSANA VI. WAKTU DAN TEMPAT V. Isi Proposal I. LEMBAR PENGESAHAN . MAKSUD DAN TUJUAN  Maksud  Tujuan III. KEGIATAN. ANGGARAN BIAYA  Penerimaan  Pengeluaran VII.

Hormat Kami Ketua Pelaksana Kegiatan Ketua Intitusi Nama Nama Nim Nim Menyetujui Ketua Parlemen Mahasiswa FTKE NIM Mengetahui Wakil Dekan III FTKE NIK Untuk SKI dan POETRI I. LEMBAR PENGESAHAN Hormat Kami Ketua Pelaksana Kegiatan Ketua Intitusi Nama Nama Nim Nim .

Tempat Kegiatan) . Menyetujui Ketua Parlemen Mahasiswa FTKE Ketua BEMFTKE NIM NIM Mengetahui Wakil Dekan III FTKE NIK II. LAMPIRAN 5. Waktu Kegiatan. Mekanisme Penyusunan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) a. Cover Judul LAPORAN PERTANGGUNG JAWABAN (Nama Kegiatan.

PELAKSANAAN  Persiapan  Uraian Pelaksanaan Kegiatan  Waktu dan Tempat  Susunan Acara  Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat Terlaksananya Kegiatan III. PENDAHULUAN  Latar Belakang  Maksud dan Tujuan  Sasaran  Bentuk Kegiatan  Metode Pelaksanaan II. LAPORAN KEUANGAN  Penerimaan  Pengeluaran IV. LAMPIRAN  Foto-foto dokumentasi kegiatan  Surat-surat yang dibuat untuk keperluan kegiatan  Bukti-bukti penggunaan dana berupa bon/nota pembelian V. Lambang Parlemen Mahasiswa FTKE (Nama Institusi beserta tahun kepengurusan) b. PENUTUP . Isi Laporan Pertanggung Jawaban I.

Hormat Kami Ketua Pelaksana Kegiatan Ketua Institusi ybs. Demikianlah laporan pertanggung jawaban ini kami buat. Nama Nama Nim Nim Menyetujui Ketua Parlemen Mahasiswa FTKE Mengetahui . Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Tujuan Piket Piket adalah salah satu usaha untuk menjaga profesionalitas kerja fungsionaris (senator) untuk melaksanakan tugas. dan tanggung jawabnya. Definisi Piket Proses absensi oleh senator Parlemen pada hari Senin-Jumat yang disesuaikan dengan jadwal akademik senator Parlemen. Pasal 7 . Wakil Dekan III FTKE BAB III PIKET Pasal 6 Definisi dan Tujuan Piket 1. 2. kewajiban.

Penanggung Jawab Piket Harian . Jadwal Piket Jadwal yang dilaksanakan secara bergantian dan disesuaikan oleh jadwal akademik senator Parlemen dimana dikoordinir oleh koordinator komisi dan ketua Parlemen. 2. Jadwal Piket 1. Jadwal piket terbagi atas: Jadwal piket dilaksanakan selama lima ( 5 ) hari kuliah dengan anggota masing – masing perwakilan setiap komisi 3. Waktu piket adalah jam 16.00 WIB Pasal 8 Pelaksana Piket 1. Pelaksana Piket Semua senator Parlemen tanpa terkecuali dengan koordinasi koordinator komisi dan ketua Parlemen yang selanjutnya terbagi atas penanggung jawab piket dan penanggung jawab absensi dan anggota piket.00-20. 2.

4. Koordinator komisi yang bertanggung jawab terhadap kegiatan piket pada hari yang telah ditentukan. Sanksi Pelanggaran Piket Apabila melanggar ketentuan piket dikenakan denda sebesar Rp 5. mengkoreksi kinerja komisi yang belum tuntas dan menjaga keberlangsungan keskretariatan Parlemen. Pelaksanaan Tahap dimana anggota piket absensi dan melaksanakan kegiatan Parlemen harian. Persiapan Tahap dimana Sekretariat Parlemen terbuka atau tidak dikunci. rapat komisi. Pasal 9 Mekanisme Piket 1. antara lain agenda komisi.000.-. . Mekanisme piket terbagi atas: a. dll. b. 3. Anggota Piket Anggota/senator komisi yang bersangkutan yang bertugas untuk melaksanakan kegiatan piket diantara lain. 5. Penanggung Jawab Absensi Koordinator komisi dan/atau senator yang ditunjuk koordinator komisi untuk mengabsensi anggota piket.

c. BAB V PENGESAHAN PEDOMAN PELAKSANA Pasal 11 Pengesahan Pedoman Pelaksana Parlemen Mahasiswa FTKE dilakukan dengan Ketetapan Parlemen Mahasiswa FTKE. Evaluasi Tahap dimana anggota piket merekap kegiatan kesekretariatan Parlemen pada hari yang bersangkutan. BAB IV PERUBAHAN PEDOMAN PELAKSANA Pasal 10 Perubahan pasal-pasal Pedoman Pelaksana Parlemen Mahasiswa FTKE dapat dilakukan melalui Rapat Pimpinan Parlemen Mahasiswa FTKE. untuk selanjutnya diketahui oleh penanggung jawab piket harian. BAB VI KETENTUAN PERALIHAN Pasal 12 .

BAB VII KETENTUAN PENUTUP Pasal 14 Pedoman Pelaksana ini mulai berlaku sejak tanggal disahkan. Jakarta Barat 114400 Ketua Parlemen FTKE Periode 2014 .Universitas Trisakti Jl. Gedung D lantai dasar Kampus A. Kyai Tapa No. Segala peraturan yang ada masih terus berlaku sepanjang tidak bertentangan dengan Pedoman Pelaksana ini. Pasal 13 Bila terjadi perubahan Pedoman Pelaksana Parlemen Mahasiswa FTKE. 1 Grogol. atau belum ada pengaturannya menurut Pedoman Pelaksana ini. maka aturan yang berlaku pada masa peralihan adalah aturan yang ada dalam Pedoman Pelaksana sebelumnya selama belum ada aturan baru yang berlaku. Hari/Tanggal : 2014 Pukul : Pukul WIB Tempat : Ruang Parlemen.

Ghazi Faisal Thalib .