Modul PresentasiYZA

Multi
4 Bogor
Media

MODUL APLIKASI PRESENTASI

PENGERTIAN PRESENTASI

Presentasi adalah kegiatan menyampaikan/menampilkan sebuah gagasan, pendapat
atau ide melalui alat bantu baik berupa slide untuk menampikan gambar, grafik
ukuran, dan warna yang berhubungan dengan promosi produk, propaganda bisnis,
hasil kinerja karyawan , makalah pendidikan atau lainya yang disajikan dalam bentuk
tulisan maupun lisan.
Presentasi adalah merupakan seni untuk menginformasikan, meyakinkan, membujuk,
menginsfirasi, sekaligus menghibur audiensi. Presentasi adalah sebagai salah satu
dari bentuk komunikasi kepada publik dan Seorang presenter harus memiliki
keterampilan yang cukulp untuk melakukan presentasi sehingga maksud dan tujuan
dapat tercapai.

LATAR BELAKANG PRESENTASI
Dalam presentasi khususnya yang berorientasi profit atau laba, maka kegiatan
presentasi banyak dilakukan. Hal ini dimaksudkan agar pencpaian tujuan perusahaan
dapat berjalan lancar dan efektif. Terutama pada divisi marketing, presentasi kerap
dilakukan untuk tujuan menjual produk. Ada beberapa pertimbangan yang dapat
dijadikan landasan perlu atau tidaknya sebuah presentasi, yakni :
1. Tujuan
Kegiatan presentasi haruslah memiliki tujuan agar proses pelaksanaannya dapat
terarah sesuai dengan maksud dan tujuan yang ingin dicapai. Tanpa adanya tujuan
maka dapat dipastikan segala sesuatau yang dihasilkan dari jerih payah proses
pelaksanaan tidak akan optimal dan tidak jelas sasaran.
2. Waktu
Sebuah presentasi dilakukan ketika sebuah organisasi sedang memasarkan produk
terbarunya, jika presentasi produk dilakukan untuk langsung bernegosiasi dengan
kolega, maka biasanya waktu presentasi dilakukan pada hari kerja, bukan hari libur,
pemilihan waktu yang paling tepat adalah pagi hari karena orang masih semangat
untuk mendengarkan dan memiliki konsentrasi kyang tinggi utuk dapat menyimak
paparan yang sisajikan, sehingga dapat dianalisa dengan baik guna mengambil
sebuah keputusan dari hasil presentsi tersebut.

JAMIL HUSAIN 1

Apakah presentasi penting dilakukan ? b. Apakah waktu presentasi sudah tepat ? i. ide atau pendapat dari seseorang yang berkepentingan atas sebuh maksud dan tujuan berbicara di depan publik. Untuk mengetahuinya maka seorang presenter hendaknya dapat menjawab beberapa pertanyaan berikut ini yang berhubungan dengan kemungkinan resiko yang akan dialami jika presentasi tidak dilakukan. b. citra yang baik ataupun penghargaan seseorang. Jika tidak mengadakan presentasi apakah produk kita akan ditinggalkan konsumen ? h. jika presentasi itu berkaitan dengan dunia pendidikan. Untuk memperkenalkan kepada khalayak atas ide cemerlang yang dimiliki oleh sebuah organisasi agar tercapai profit. pelaksanaanya tidak terikat oleh waktu. Untuk memperjelas penyampaian gagasan. Menghindari kesalah pahaman atas sebuah maksud dan tujuan melalui penegasan gambar dan tulisan yang ditampilkan d. Baik yang berbentuk materil. Apakah presentasi dapat mempengaruhi profit dan cashflow organisasi ? c. Dimana presentasi harus dilakukan ? j. Maka kita harus lebih cermat untuk menganalisis apa saja yang akan terjadi. maka waktu yang tepat untuk melaksanakan presentasi adalah pada jam/hari sekolah atau kulia 3. Modul PresentasiYZA Multi 4 Bogor Media Sedangkan untuk promosi yang dselenggarakan langsung ke pusat pemeran di sudut kota. Bagaimana hasil perkembangan penjualan tahun lalu dan tahun ini ? d. Apakah ada pesaing baru di bidang yang sama ? e. Apakah dana mencukupi untuk melakukan beberapa presentasi di waktu dan JAMIL HUSAIN 2 . Manfaat a. Apakah konsumen memang menanti presentasi dari kita ? k. jika presentasi tidak dilakukan. c. Artinya dapat dilaksanakan pada hari kerja maupun hari libur baik pagi maupun malam. a. Resiko dari sebuah presentasi Tidak semua bidang bisnis yang harus dipresentasikan guna mencapai efisiensi dan efektifitas kerja yang optimal. Apakah pesaing tersebut sangat hebat mendominasi pasar ? f. Bagaimana respon pasar terhadap produk pesaing ? g. Melengkapi kesempurnaan panyampaian gagasan sekaligus memberi kepuasan kepada pelanggan sehingga minat atas pembelian produk tersebut meningkat 4.

Memberi paduan untuk menyeleksi karyawan baru dengan spesifikasi pekerjaan yang berbasis presentasi. b. Memberitakan adanya program promo seperti memberikan diskon ataupun cuci gudang dengan waktu yang terbatas. seperti halal/ haram. Siskamling. PKK. Alternatif lain dari presentasi Jika keputusn kita adalah tidak melakukan presentasi. c. b. BIDANG KEPEGAWAIAN a. BIDANG PEMASARAN a. dan lain sebagainya.? TUJUAN PRESENTASI Bahwa presentasi haru memiliki tujuan. d. Memberikan informasi produk baru yang meliputi fungsi dan keunggulan produk. 3. berikut ini adalah gambaran umum seputar tujuan diadakannya sebuah presentasi. maka adakah cara lain yang dapat dilakukan untuk memenuhi tujuan organisasi/perusahaan sebagai pengganti presentasi dengan biaya yang lebih menimal namun dapat memberikan efisiensi waktu. Meluruskan informasi/ pemberitaan yang miring atas kehadiran sebuah produk. JAMIL HUSAIN 3 . d. 1. Menyebarkan informasi penting yang harus diketahui oleh khalayak tentang suatu manfaat dari adanya program kerja pemerintah baik yang berbentuk program Posyandu. zat pewarna berbahaya. Modul PresentasiYZA Multi 4 Bogor Media tempat berbeda? 5. b. mengandung boraks. Menjadi pedoman bagi prasyarat promosi jabatan. Meluruskan berita/gosip miring seputar produk yang ada. BIDANG SOSIAL a. tenaga. materi dan efektivitas yang sama baiknya. Menjadi wadah bagi peningkatan karier karyawan melalui pelatihan berkomunikasi massa. 2. dan sebagainya. mengadung formalin. Memberikan informasi perluasan produk (diversifikasi) c. Memberi gambaran untuk menyeleksi karyawan yang mendapatkan tugas tertentu. Keluarga Berencana.

2. maka presentasi dapat diklasifikasikan 1. Presentasi Perkenalan Yaitu presentasi yang bermaksud memperkenalkan diri sang pembicara dengan daftar riwayat hidupnya dan yang berkaitan dengan kariernya selama ini. Pidato Penyambutan Yaitu kegiatan berbicara yang singkat namun lebih bertujuan untuk menjadi perantara bagi acara inti. Presentasi Makalah Yaitu kegiatan berbicara di depan kelas bagi perserta didik khususnya dan pendidik pada umumnya seperti seminar guru. Presentasi Ringkas Yaitu penjelasan lisan yang tidak membutuhkan waktu yang panjang tanpa harus menghilangkan maksud dan tujuan dari apa yang akan dicapai. • Isi : Uraikanlah semua unsur itu dengan ringkas dan jelas. Presentasi Ucapan Terimakasih Yaitu kegiatan berbicara seperti pidato namun hanya bermaksud untuk menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak tertentu karena telah berjasa dalam kurun waktu tertentu. 5. dimana. Modul PresentasiYZA Multi 4 Bogor Media KLASIFIKASI PRESENTASI Jika dicermati dari sifat dan durasinya. teknik pelaksanaan hingga kepada pengawasan serta evaluasinya. 4. dsb. Khusus pada presentasi makalah ini biasanya audiens diperkenankan untuk membuka pertanyaan dan dijawab langsung oleh sang presenter. aktivitas. prosedur. Isi presentasi ini terdiri dari 3 paragraf yang menerangkan: • Pembuka : kata pengantar: apa. JAMIL HUSAIN 4 . Pembicara biasanya hanya memberikan sepatah-dua patah kata yang melatarbelakangi diselenggarakannya sebua acara yang sedang berlangsun tersebut. 6. dan kapan sesuatu hal terjadi. ulaslah kembali inti pokok dari materi yang dibahas 3. Presentasi ini umumnya berisikan materi yang mirip sekali dengan isi sebuah surat. seminar pendidikkan. Briefing Yaitu kegiatan berbicara untuk tujuan menerangkan sebuah program. metode. mengapa. siapa. bagaimana. Misalnya pada acara perpisahan dengan atasan atau rekan sejawat. • Penutup : Sedangkan pada akhir pembicaraan.

maka seorang presenter dapat melakukan sebuah presenter dengan mengambil sebuah judul yang berpodoman pada akronim MICE M Mystery. Tuntutan itu biasanya selalu diarahkan kepada sang presenter sebagai tokoh utama dalam acara tsb. Begitu jug dalam melakukan presentasi. bawah. Tidak bisa memberikan pancingan judul bagi materi yang akan di presentasikan. Kurang memenuhi standar protokoler seperti susunan pembicara dari awal hingga akhir. strata ekonomi dan sosial dari tingkatan. 1. Agar dapat menjadi sosok presenter yang bijak.kita selalu saja menjumpai orang-orang dengan karakter unik yang beragam. gugup. Agar dapat berbicara tepat sasaran dan berhasil guna. Groming (dandanan diri) Penampilan yang kurang menarik 2. Hal yang perlu ditanyakan apakah audiens berkomposisi dari golongan terdidik/ tidak terdidik. kaku dan membosankan 5. Semua ini dapat menjadi pedoman bagi seorang presenter untuk melakukan sebuah presentasi yang baik sesuai dengan kondisi para audiensnya. yaitu diantarnya adalah. menengah atau atas. Khusus untuk untuk dapat mengatasi point yang terakhir. Tidak bisa berbasa basi intermezzo sehingga monoton. ningrat. Bahasa yang tidak efektif dan kurang terstruktur dengan baik. atau keadaan sakit 3. 4. artinya judul sebaiknya dicari dengan menggunakan kalimat sederhana yang dapat menimbulkan tanda tanya dan menggelitik rasa penasaran para audiens JAMIL HUSAIN 5 . akibat dari malu. Modul PresentasiYZA Multi 4 Bogor Media ANALISIS AUDIENS Dalam kehidupan nyata. ada tekanan. maka kita harus menganalisis audiens dengan baik. PERENCANAAN PRESENTASI Banyak orang gagal dalam melakukan presentasi atau tidak mendapatkan hasil/ sasaran yang diinginkan. terlebih dahulu seorang presenter harus bertanya kepada pihak yang terkait seperti panitia penyelenggara. atau masyarakat biasa. Audiens yang turut bergabung selama acara presentasi tersebut memiliki tuntutan sesuai kepribadian masing-masing. dari kalangan borjuis. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor penybab.

artinya judul harus memikat hati dan atensi publik. C Chatchy. Modul PresentasiYZA Multi 4 Bogor Media sehingga mereka mau mendengarkan dari awal sampai akhir. Banyak orang mengatakan bahwa berbicara di muka umum itu lebih sulit dari pada bercengkrama dengan kawan-kawan . Namun dari sekian banyaknya perlengkapan dan peralatan tersebut. Transparansi k. Maka jangan sekali-kali menggunakan judul dengan struktur kalimat yang rumit dan tidak efektif PERLENGKAPAN DAN PERALATAN PRESENTASI Sesungguhnya banyak sekali perlengkapan dan peralatan yang dapat digunakan untuk kesempurnaan penampilan sebuah presentasi. Misalnya dengan menggunakan bahasa asing atau kombinasi bahasa Indonesia dan bahasa asing/daerah sehingga kepada penggunaan frase yang menarik serta unik E Easy. ATK (alat tulis kantor) f. Kertas HVS. kadangkala bukan saja orang lain yang lupa namun kadangkala bisa jadi kita sebagai presenter pun lupa. Apabila kita menggunakan judul presentasi yang sulit dan panjang. audiens langsung terbayang-bayang atau mengira-gira apa isi dari materi yang akan ditampilkan. dapat diuraikan sebagai berikut diantaranya: a. Slide b. Flip Charts j. Hal ini dikarenakan banyak faktor yang membuat seolah-olah berbicara dimuka umum JAMIL HUSAIN 6 . Papan tulis i. Proyektor d. OHP c. artinya judul harus mudah diingat. Buku g. I Imagination. artinya judul dibentuk dengan semenarik mungkin bahkan hendaknya mengandung unsur imajinasi sehingga ketika judul itu disebut. dan lain-lain TIPS PRESENTASI YANG BAIK Praktik tidak semudah teorinya. Handout h. Laptop atau Personal Computer (PC) e.

banyak sekali yang dapat memberikan sumbangan nyata bagi kemajuan intelektual seseorang. ikutilah beberapa tips di bawah ini. Tips di atas dapat membantu mengurangi kegugupan dan demam panggung Anda Bila Kita sudah sering didaulat untuk menjadi pembawa acara. akan menjadi suatu keberuntungan kita. Apabila kita dapat menghindari kesalahan yang pernah dilakukan orang lain atau setidaknya kita berusaha meniru kesuksesan dari orang yang melakukan presentasi 2. maka akan jauh lebih baik jika kita sedikit demi sedikit memperbaiki kekurangan diri demi penyempurnaan sebuah penampilan presentasi yang professional dan handal. Apabila Kita sudah berada pada tahapan ini maka sebaiknya kita memperhatikan beberapa faktor yang dapat memperkaya wawasan.  Hilangkan rasa malu  Percaya diri dengan gaya dan sura khas Anda  Tidak perlu memaksakan diri untuk memiliki banyak perbendaharaan kata  Tidak usah mempedulikan tingkat pendidikan dan wawasan Anda  Tidak usah terlalu mengkhawatirkan opini dan ekspresi audiens yang merendahkan Anda  Antusias agar presentasi dapat berjalan dengan gaya dan bahasa yang sederhana. MEDIA SEBAGAI LITERATUR Di jaman modern dan globalisasi seperti sekarang ini. BERIKUT INI ADALH SEPULUH LANGKAH TEKNIK DALAM MELAKUKAN PRESENTASI 1. selain dari pengalaman diri sendiri. Apapun bentuk kejadian yang ditimbulkan akibat kelebihan dan kekurangan pada orang lain.  Dan terus berlatih. PENGALAMAN HIDUP Pengalaman hidup orang lain kadangkala perlu untuk dipelajari. Salah satunya JAMIL HUSAIN 7 . Bagi para pemula yang akan melakukan sebuah presentasi diharapkan kesulitan berbicara dalam presentasi menjadi lebih ringan. Modul PresentasiYZA Multi 4 Bogor Media sangatlah sulit. atau presenter. dan kerap kali keberuntungan kita hadir dari hasil pengalaman orang lain. sehingga semakin mudah kita berbicara di depan audiens/ publik. Untuk mempermudahnya.

4. maka dengan sendirinya kita dapat meningkatkan wawasan dalam hal apapun yang kita inginkan sehingga kita dapat lebih cerdas dan mampu mengembangkan materi pembicaraan lebih banyak dari membaca situs dan mengunduh E-book. maka semakin mahir keterampilan berbicara kita. masih banyak lagi media yang dapat memberikan kita pengayaan khasanah keilmuan melalui radio. maka usahakan ada rekan yang dapat mengevaluasi latihan kita. Namun perlu diingat. Modul PresentasiYZA Multi 4 Bogor Media adanya Electronic book (E-ook). Jika kita dapat melakukan akses ke dalam media tersebut. 3. media cetak serta lainya. jangan sekali-kali menggunakan ego kita untuk tidak mendengarkanya. Karena bisa jadi. Presentasi elektronik Merupakan presentasi yang sebagian besar disimulasikan dengan menggunakan alat bantu elektronik. Selain dari kedua media diatas (Internet dan E-book) . jika ada saran atau kritik. Sedangkan presenternya hanya memberikan kata pengantar sambutan dan penutup. Untuk itu pilihlah beberapa media yang paling tepat dan murah sesuai dengan selera kita. Setidaknya kita sudah mendapatkan opini dan sudut pandang dari apa yang kira-kira orang lain butuhkan dari penampilan kita. Cara ini juga dapat menambah wawasan kita dalam melakukan presentasi yang baik. orang lain memberikan masukan yang berharga dan bernilai. b. dengan segenap saran dan kritik yang membangun. Jika kita mau lebih bagus lagi sebelum tampil . Misalnya acara press conference di sebuah TV kabel atau JAMIL HUSAIN 8 . Biasanya presentasi ini dilakukan untuk acara tertetu yang tidak memungkinkan beberapa pihak yang berkepentingan untuk bertemu langsung dalam waktu yang lama. TV. METODE PRESENTASI Ada beberapa metode presentasi yang dapat dugunakan a. Presentasi deskriptif Adalah presentasi yang dari awal hingga akhir hanya menggunakan bahasa lisan dan mengandalkan gerakan tubuh semata sebagai body language sang presenter sebagai penambah daya tarik dan penguat maksud dari materi yang sedang dibahas. internet. MELAKUKAN LATIHAN Semakin kita banyak melatih diri untuk berbicara di depan publik. dan lainya yang memungkinkan semua orang dapat memenuhi kegiatanya yang tampa batas pada media yang seba canggih tersebut.

dan sasaran dari materi yang dipresentasikan. Pada metode ketiga inilah yang paling banyak digunakan pada perusahaan/ organisasi menengah ke atas. 5. c. gugup. Spontanitas Yaitu teknik bebicara yang langsung terjadi begitu saja secara refleks atau spontan tanpa persiapan khusus sebelumnya. b. Ada empat teknik penyajian isi materi yang kita kenal a. Modul PresentasiYZA Multi 4 Bogor Media network lainya. Jadi teknik ini merupakan konbinasi dari membaca dan menghafal. demam panggun. Menggunakan catatan kecil Yaitu presenter dalam berbicara menggunakan alat bantu berupa catatan atau teks. d. Menghafal Yaitu presenter bebicara dari awal hingga akhir kegiatan tanpa menggunakan teks karena sebelumnya sudah di hafal dengan baik. Presentasi kombinasi Pada metode ini presentasi dapat digabungkan antara presentasi deskriptif dan elektronik. Membaca Yaitu presenter sejak awal hingga akhir kegiatan menggunakan alat bantu naskah untuk mempresentasikan apa yang menjadi maksud dan tujuan pembicaraannya kepada audiens. c. TEKNIK PRESENTER Teknik yang dimaksud disini adalah teknik penyajian dari isi materi bukan struktur pembicaraan dari awal hingga akhir. tujuan. konbinasi ini juga banyak memberikan keuntungan sehingga audiens dapat lebih jelas memahami maksud. catatan ini hanya merupakan garis besar atau nama khusus untuk menyebut nama orang atau organisasi sehingga kesalahan dalam berbicara dapat dihindarkan. Namun bedanya. Selain lebih menarik. atau salah tingkah JAMIL HUSAIN 9 . Biasanya orang yang didaulat untuk melakukan presentasi jenis ini adalah orang yang sudah terbiasa tampil ke hadapan khalayak dan sudah diperkirakan tidak akan melakukan hal yang mengecewakan seperti.

Teknik ini diperlukan guna menambah keterampilan kita dalam bebahasa secara lisan maupun tulisan. Modul PresentasiYZA Multi 4 Bogor Media 6. Deduksi Maksudnya adalah seorang presenter dapat mulai menginformasikan maksud dan tujuan pembicaraannya di awal presentasi di mulai c. Semakin kita kaya akan pengetahuan sastra. b. semua orang pun dapat melakukannya hanya dengan bermodal kemampuan dan kesungguhan untuk dapat menguasai bidang tersebut. Induksi Maksudnya adalah seorang presenter dapat menginformasikan maksud dan tujuan pembicaraannya pada akhir presentasi. Korea. maka akan membuat kinerja kita semakin tampak sempurna karena tidak ada satu pekerjaan apapun yang tidak dilandasi dengan komunikasi lisan maupun tulisan. Mandarin. a. pendidik. Namun 1 JAMIL HUSAIN 0 . atau keduanya. Namun jika tidak mampu. minimal seorang presenter harus menguasai bahasa Inggris dengan fasih baik tulisan maupun tulisan. atau Master of Ceremony (MC) saja. tapi lebih luas dari itu. Jadi keterampilan berbahasa lisan maupun tulisan bukanlah hanya di klaim milik seorang yang menyandang profesi sebagai pengacara. Jerman atau bahasa Arab. 7. PENGGUNAAN BAHASA Kita tidak bisa mempungkiri bahwa salah satu cara agar seorang presenter dapat menarik perhatian khalayak yaitu dengan mengasah kemampuan dalam berbahasa asing. seperti bahasa Jepang. Gabungan Maksudnya adalah seorang presenter dapat mulai menginformasikan maksud dan tujuan pembicaraannya baik di awal maupun di akhir acara presentasi guna lebih menegaskan lagi kepada audiens. di akhir. PENGEMBANGAN PRESENTASI Bagi orang awan atau pemula tentu kita merasakan kesulitan untuk melakukan sebuah presentasi meskipun hanya sederhana dalam durasi yang singkat pula. 8. TEKNIK PERNARIKAN POKOK BAHASAN Setiap pemaparan kalimat pasti memiliki pokok bahasan utama yang dapat ditarik di depan. Prancis.

teori. Pembukaan Yaitu kegiatan awal yang umumnya dimulai dengan bercerita tentang human interest seperti hobi. namun juga penampilan sang presenter pun menjadi faktor utama yang mendukungnya. Pada umumnya susunan dari sebuah presentasi adalah sebagai berikut a. mengungkapkan data statistik atau dapat pula mengutip pendapat pakar atau sebuah artikel yang menarik untuk dibahas panjan lebar. seperti respon audiens. Selain bercerita. Isi presentasi Yaitu kegiatan inti dari sebuah presentasi yang menghubungkan data konvensional seperti faktor. Modul PresentasiYZA Multi 4 Bogor Media sipa pun orangnya. tempat. Dan lebih bagus lagi kita sebagai presenter menyampaikan dan memberikan kata-kata mutiara atau kalimat bijak dari seorang tokoh terkenal. TEKNIK PENAMPILAN PRESENTASI Kesuksesan sebuah acara presentasi bukan hanya ditentukan dari isi materi yang disajikan dalam sebuah presentasi. serta fakta untuk dikombinasikan secara menyeluruh dan utuh sehingga menjadi tema pembicaraan yang menarik. Kesimpulan Yaitu kegiatan akhir dalam presentasi yang meliputi pengulasan kembali dari inti yang sudah disajikan sebelumnya menjadi dua atau sampai lima kalimat saja. kuantitas . 9. semua perlu mengetahui bahwa dalam presentasi harus diadakan pengembangan tema. dimensi waktu. c. jika pengalaman itu dirasakan buruk. Adapun pengembangan tema sangat berkaitan dengan out put yang positif yang diharapkan dapat tercapai. 1 JAMIL HUSAIN 1 . presenter juga dapat memberikan lelucon atau kejutan . apakah masih pemula atau pun udah professional. b. selain persiapan teks yang sudah dirancang sebagus mungkin sesuai dengan kaidah bahasa yang baik dan menarik. gosip. Lalu bagai mana cara agar kita dapat tampil memukau selama melakukan presentasi. pengemasan pokok bahasan yang menarik dan memahami presentasi akan meningkatkan pendidikan para audiens. atau menceritakan pengalaman hidup sendiri/ orang lain yang dapat di ambil hikmahnya sebagai hiburan ataupun kewaspadaan diri agar tidak melakukan hal yang sama.

Modul PresentasiYZA Multi 4 Bogor Media Berikut ini adalah persiapan penampilan bagi seorang presenter: a. aplikasi MS Word. Menjaga posisi kepala agar tetap tegak g. Santai namun formal. Eye contact (memandang ke arah audiens) i. Volume suara diatur f. dan gambar lainya yang lebih menarik atensi audiens sehingga lebih fokus terhadap apa yang sedang dibicarakan. Tidak memakai waktu yang terlalu lama dengan pembicaraan bertele-tele akan menimbulkan kebosanan audiens 10. dsb h. Ramah dan banyak melontarkan senyum d. diagram. Berbusana modis dan formal b. maupun masa kini sehingga dapat dijadikan bahan pengambilan keputusan Menarik perhatian 1 JAMIL HUSAIN 2 . Exel dan PowerPoint dapat diandalkan untuk melakukan presentasi yang menarik. warna. tidak bernada kaku seperti sedang berkampanye atau orasi j. Khusu program MS Office. Bahasa tubuh elegan dan berwibawa e. Bertutur kata sopan c. Berikut ini adalah fungsi dari penyajian tabel . Ketiga aplikasi program tersebut dapat menyajikan tabel. gambar maupun foto FUNGSI DAN TUJUAN Penegasan Menyajikan informasi yang menjadi pokok utama pembahasan melalui tabel dan diagram Pengingat Memberikan penekanan ingatan audiens berupa liputan realita gambar masa lalu. Tidak melakukan kebiasaan buruk seperti mengorek lubang hidung dan telinga. membasuh bibir dengan lidah. VISUALISASI PRESENTASI Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa presentasi akan jauh lebih hidup dan menarik jika dipadukan dengan alat bantu seperti OHP atau proyektor dan laptop. diagram.

trend. prosedur. numerik/ kuantitatif. Modul PresentasiYZA Multi 4 Bogor Media Memberikan rangsangan untuk menarik perhatian mata untuk memandang disain tulisan presentasi melalui kombinasi warna. ataupun obyek lainya 1 JAMIL HUSAIN 3 . gambar dan tabel Memberikan kesan Membentuk kredibilitas dan kepercayaan diri dengan menuangkan gagasan ke dalam bentuk gambar yang memberikan muatan pesan dan kesan keasliaan serta bersifat presisi Penyederhanaan Menyederhanakan konsep teks yang kompleks menjadi komponen ringkas ke dalam bentuk bagan atau diagram. Klasifikasi Menjelaskan secara lisan atas teks yang dikaitkan dengan gambar.

Kuasai materi Menguasai materi artinya anda dapat memilih materi yang harus anda tekankan dan materi yang dapat dihilangkan agar membuat presentasi menjadi lebih efektif. Tidak ada salahnya jika anda terus mengulang agar memperoleh kesempurnaan. Presentasi bisa dibilang merupakan salah satu momentum penting dalam pelaksanaan sebuah exhibition event dan exhibition event organizer. setiap presentasi membutuhkan 2 hal yakni harus hidup dan memiliki energi. Kuasai peralatan anda saat presentasi Pastikan sound system berjalan dengan sempurna. Jiwai materi yang anda bawakan Membawakan presentasi tidaklah sama seperti membacakan puisi. 4. Jika memungkinkan undang rekan anda pada saat simulasi dan mintalah pendapat mereka dengan jujur tentang performa anda pada saat presentasi. Berikut ini sedikit tips dari twelvemonkeys agar sukses di presentasi: 1. 3. Kuasai ruangan presentasi anda Usahakan datang sebelum presentasi. Berjalanlah diseluruh ruangan agar anda dapat menentukan view exhibition event management yang paling tepat buat anda ketika berpresentasi. Penguasaan materi ini membuat kita menjadi lebih nyaman pada saat presentasi dan membuat presentasi exhibition event dan exhibition event organizerberjalan dengan baik. 1 JAMIL HUSAIN 4 . Hal ini akan anda peroleh jika anda menjiwai materi yang anda bawakan. Lakukan simulasi presentasi anda Sebelum berpresentasi ada baiknya anda melakukan simulasi presentasinya terlebih dahulu. Modul PresentasiYZA Multi 4 Bogor Media Tips Mudah Agar Sukses Saat Membawakan Presentasi Tahukah Anda Tips Mudah Agar Sukses Saat Membawakan Presentasi. anda tidak perlu menghafal materi yang anda bawakan. Untuk itu penyampaian presentasi harus meyakinkan sesuai dengan isi materi. 2. tidak ada salahnya anda juga mengecek saklar lampu untuk memastikan seluruh bahan presentasi anda dapat terlihat dengan sempurna. juga pastikan lcd exhibition event management anda dapat menampilkan presentasi anda dengan sempurna. 5.

Lebih baik anda menggunakan handsout pada materi2 yang ingin anda tampilkan. Gunakan remote control Jangan kaku berdiri di stage dan jangan selalu berada disamping laptop dan lcd yang anda gunakan. Jangan berbicara pada slide yang anda buat Banyak presenter yang lebih melihat pada slide yang nyata-nyata telah mereka ketahui isinya daripada melihat audiens. hal tersebut hanya memecah konsentrasi audiens anda. apalagi pada saat anda mengalami kegugupan. pastikan anda menyimpan semua file didalam disk drive. 7. Simpan bahan presentasi anda dalam disk drive Walau terlihat sepele. penggunaan laser pointer malah jadi tidak efektif. Sebaiknya anda fokuskan mata dan perhatian anda kepada audiens. 9. olah karena itu tidak ada salahnya anda menggunakan remote control. 10. tanpa harus menampilkan seluruh slide presentasi. Modul PresentasiYZA Multi 4 Bogor Media 6. 1 JAMIL HUSAIN 5 . Navigasikan slide anda Sebaiknya anda membuat slide dengan menggunakan ‘link‘ hal ini penting karena audiens event seringkali bertanya pada slide yang telah anda presentasikan. menyimpannya dalam floopy. Tapi bukan berarti jika anda menggunakan remote anda bebas untuk berkeliling pada saat presentasi. 8. perbanyak kontak mata akan membuat presentasi anda menjadi lebih menarik. Penggunaan link membuat anda lebih mudah untuk menemukan slide yang perlu ***lang. Anda harus berada pada posisi dimana semua audiens dapat melihat anda dengan jelas. flash disc ataupun cd kadang membuat running presentasi anda menjadi lebih lambat. Hindari penggunaan laser pointer Penggunaan laser pointer dapat memecah konsentrasi audiens event anda.

Komunikasi merupakan proses dua arah: pesan harus disampaikan dengan jelas namun prosesnya hanya akan menjadi lengkap bila Anda merasa yakin bahwa pesan Anda telah diterima dengan baik dan dipahami. Apa yang dimaksud dengan Keterampilan Melakukan Presentasi? Keterampilan melakukan presentasi yang baik merupakan perpanjangan dari keterampilan komunikasi yang baik. Apa perbedaan antara presentasi yang baik dan yang buruk? Memberikan presentasi yang baik adalah mudah bila anda mengetahui karakteristik yang memisahkan antara presentasi yang baik dan presentasi yang buruk. 1 JAMIL HUSAIN 6 . Modul PresentasiYZA Multi 4 Bogor Media Memberikan Presentasi Yang Baik Untuk Melakukan Presentasi Yang Baik dan Efektif. Bandingkan karakteristik di bawah ini : Presentasi yang baik  Energi dan penuh semangat  Kontak mata dengan audiens  Berbicara dengan jelas dan cukup keras  Sesekali bergerak saat berbicara  Menggunakan anekdot dan humor yang sesuai  Mengenakan pakaian yang serasi  Argumen-argumen terstruktur dengan baik  Slide dapat dibaca  Tipe slide bervariasi  Tidak lebih dari 1 slide per menit  Variasi teknologi lain. misalnya video  Selesai tepat waktu dan sediakan waktu untuk Tanya jawab.

Isi presentasi  Apakah urutan logis untuk topik yang ingin Anda cakup dan dapatkah Anda membuat alur atau cerita untuk membantu audiens memahami arah presentasi anda? 1 JAMIL HUSAIN 7 . dengan masing-masing kumpulan pertanyaan yang harus Anda tanyakan pada diri Anda sendiri sebelum saat presentasi. Pendahuluan  Bagaimana cara Anda membina hubungan dengan audiens?  Bagaimana cara Anda menangkap perhatian audiens? Akankah Anda menggunakan kutipan. Komponen-komponen dari presentasi yang baik Suatu presentasi dapat dibagi menjadi tiga bagian. gambar. I. fakta atau kisah?  Apa maksud presentasi Anda dan bagaimana anda akan menyatakannya dengan jelas di awal pembicaraan sehingga audiens tahu apa yang akan disampaikan pada mereka? II. dan berbicara dengan suara yang monoton  Pengulangan yang tidak perlu (dalam presentasi atau dari pembicara sebelumnya)  Kurang persiapan  Terlalu rumit/sederhana bagi audiens  Terlalu banyak slide  Slide tidak dapat dibaca  Penggunaan efek-efek teknis Power Point yang berlebihan  Penggunaan warna yang buruk pada slide  Pengunaan peralatan teknis yang keliru  Melebihi waktu yang dialokasikan untuk presentasi anda. Modul PresentasiYZA Multi 4 Bogor Media Presentasi yang buruk  Tujuan tidak jelas  Postur tubuh kurang baik. tidak ada kontak mata.

dan kemudian beralih ke bagian berikutnya dari presentasi Anda? III. Modul PresentasiYZA Multi 4 Bogor Media  Apa 3-5 butir kunci yang ingin Anda sampaikan dan bagaimana cara Anda menggunakan data atau ilustrasi untuk menyampaikan butir-butir tersebut pada audiens?  Bagaimana cara Anda meringkas butir-butir Anda.  Ilhami audiens untuk menggunakan informasi yang Anda sampaikan. Ringkasan  Ringkas semua butir kunci. 1 JAMIL HUSAIN 8 .

Related Interests