SALINAN

PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
REPUBLIK INDONESIA

NOMOR ….. TAHUN 2016

TENTANG

STANDAR PENILAIAN PENDIDIKAN MENENGAH KEJURUAN

DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA

MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA

Menimbang : a. bahwa pengaturan mengenai penilaian pendidikan perlu
disesuaikan dengan perkembangan dan kebutuhan dalam
penilaian hasil belajar;

b. bahwa dalam rangka pengendalian mutu penilaian hasil
belajar peserta didik oleh pendidik, satuan pendidikan,
dan pemerintah perlu menyusun standar penilaian
pendidikan;

c. bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana
dimaksud dalam huruf a dan huruf b perlu menetapkan
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan
tentang Standar Penilaian Pendidikan;

Mengingat : 1. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem
Pendidikan Nasional (Lembaran Negara Republik
Indonesia Tahun 2003 Nomor 78, Tambahan
Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4301);

2. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005
tentang Standar Nasional Pendidikan (Lembaran Negara

1

prinsip. 4. 3. manfaat. bentuk. Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4496) sebagaimana telah diubah beberapa kali terakhir dengan Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2015 Nomor 45 Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5670). tujuan. Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan dalam Rangka Peningkatan Kualitas dan Daya Saing Sumber Daya Manusia Indonesia. dan pelaporan penilaian hasil belajar peserta didik pada pendidikan menengah kejuruan. Pasal 1 (1) Standar Penilaian Pendidikan adalah kriteria minimum mengenai lingkup. pemerintah daerah. mekanisme. MEMUTUSKAN Menetapkan : PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA TENTANG STANDAR PENILAIAN PENDIDIKAN MENENGAH KEJURUAN. satuan pendidikan. instrumen. (2) Standar Penilaian Pendidikan digunakan sebagai acuan bagi pendidik. 2 . dan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) untuk mengetahui capaian kompetensi peserta didik. Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 41. pemerintah. prosedur.

(3) Standar Penilaian Pendidikan digunakan dalam menyusun instrumen penilaian untuk Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL). Pasal 2 (1) Jenis ujian pada Pendidikan Menengah Kejuruan (PMK) terdiri atas: a. (2) Jenis ujian sebagaimana ayat (1) berlaku untuk PMK program 3 (tiga) tahun dan program 4 (empat) tahun. Ujian Unit Kompetensi yang selanjutnya disebut UUK adalah penilaian terhadap pencapaian satu atau beberapa unit kompetensi yang dapat membentuk satu skema sertifikasi profesi yang dilaksanakan setiap tahun oleh satuan pendidikan terakreditasi atau lembaga sertifikasi profesi pihak pertama (LSP-P1). 3 . c. (4) Standar Penilaian Pendidikan digunakan sebagai dasar pertimbangan bagi Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) dalam memberikan pengakuan capaian kompetensi lulusan. b. Ulangan adalah proses yang dilakukan oleh pendidik untuk memantau kemajuan dan perbaikan hasil belajar peserta didik secara berkelanjutan. Ujian sekolah/madrasah adalah kegiatan yang dilakukan oleh satuan pendidikan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik sebagai pengakuan prestasi belajar dan/atau penyelesaian dari suatu jenjang pendidikan. Ujian Kompetensi Keahlian yang selanjutnya disebut UKK adalah penilaian terhadap pencapaian kualifikasi jenjang 2 (dua) atau jenjang 3 (tiga) pada KKNI dilaksanakan di akhir masa studi yang dilaksanakan oleh LSP atau satuan pendidikan terakreditasi bersama DUDI untuk mendapatkan sertifikat kompetensi keahlian dengan memperhatikan sertifikat kompetensi dan/atau paspor keterampilan. d.

Pasal 3 Standar Penilaian PMK sebagaimana dimaksud pada Pasal 1. MUHADJIR EFFENDY Diundangkan di Jakarta pada tanggal …. Pasal 4 Standar Penilaian PMK dikembangkan secara berkala dan berkelanjutan sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan.. 2016 DIREKTUR JENDERAL PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN 4 . Agar setiap orang mengetahuinya. seni. tercantum dalam Lampiran yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Peraturan Menteri ini. memerintahkan pengundangan Peraturan Menteri ini dengan penempatannya dalam Berita Negara Republik Indonesia Ditetapkan di Jakarta pada tanggal …. 2016 MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA. Pasal 5 Peraturan Menteri ini mulai berlaku pada tanggal diundangkan.. TTD. dan pembangunan bangsa. teknologi.

Salinan sesuai dengan aslinya. Dian Wahyuni NIP 196210221988032001 Telah diperiksa dan disetujui oleh : Karo Ka SAM Sekretaris Tgl Tgl BSNP Tgl Tgl Tgl Hukor Balitbang Regulasi Jenderal 5 . TTD. WIDODO EKATJAHJANA BERITA NEGARA REPUBLIK INDONESIA TAHUN 2016 NOMOR ……. Kepala Biro Hukum dan Organisasi Kepala Biro Kepegawaian.KEMENTERIAN HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA REPUBLIK INDONESIA.