SISTEM KENDALI PENERBANGAN OTOMATIS PADA

PESAWAT TERBANG (AUTOPILOT SYSTEM)

AGUNG NUGROHO ( G 101 14 029)
JURUSAN FISIKA FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN
ALAM UNIVERSITAS TADULAKO

ABSTRAK
Di ere modern ini, sistem kontrol otomatis mulai mendominasi hampir di semua
aspek pekerjaan, seperti industri dan transportasi. Salah satu implementasi dari sistem
kontrol otomatis yaitu penerapan sistem penerbangan otomatis (autopilt system) pada
pesawat terbang. Autopilt system merupakan jenis sistem kendali untai terututup,
dimana sinyal keluaran akan digunakan sebagai umpan balik pada masukkannya
untuk memperoleh posisi dan arah pesawat yang diinginkan. Pada persawat terdapat
tiga pengendali dasar, yaitu elevator, pitch, dan rudder. Pada pesawat terbang, , arah
dan posisi pesawat yang diinginkan merupakan masukan dari sistem autopilot.
Pergerakan sayap dan ekor adalah plant yang akan dikontrol sehingga menghasilkan
keluaran arah dan posisi pesawat yang diinginkan. Adanya gangguan dari luar berupa
angin, tekanan udara, gumpalan awan, dan sebagainya membuat arah dan posisi
pesawat bisa berubah sehingga diperlukan peninjauan ulang untuk meminimalisir
kesalahan yang terjadi. Banyak sistem autopilot modern mampu menerima data dari
penerima Global Positioning System (GPS) yang terpasang pada pesawat. Penerima
GPS dapat menetukan posisi pesawat di udara dengan mengkalkulasi jarak pesawat
dari tiga atau lebih satelit yang terhubung dalam jaringan GPS.

Kata kunci: sistem kendali, autpilot system, GPS.

1

2 .1. (autopilot) pada pesawat terbang.Oleh karena itu. Semakin modern dan canggih Dengan bertambahnya ilmu teknologi yang dikuasai. Kumpulan cara atau memapu menjalankan fungsi otak metode yang dipelajari dari secara sederhana[2]. manusia mengoperasikan fungsi-fungsi selalu mencari cara sehingga logika dan matematis serta penerapan dari IPTEK itu sendiri kemampuannya menyimpan data memberikan banyak keuntungan dalam memorinya yang membuat dan meringankan beban kerja komputer atau mikroprosesor manusia. Pendahuluan Pada konsep sistem kontrol modern. peralatan pembantu Perkembangan ilmu pengetahuan manusia semakin dioptimalkan dan teknologi selalu beriringan untuk melakukan fungsi kontrol. dengan tingkat peradaban manusia. canggih pula peralatan pembantu diharapkan manusia dapat yang berfungi sebagai alat meningkatkan kesejahteraan kontrol. semakin pengetahuan dan teknologi. Dalam otak sebagai kontroler dengan perkembangan llmu pengetahuan kelebihannya yang mampu dan teknologi (IPTEK). dimana manusia membutuhakan dimana pada sistem ini komputer suatu pengamatan kualitas dari apa yang bertindak sebagai otak yang mereka kerjakan sehingga pengendali akan mengarahkan dan memiliki karakteristik sesuai mengatur posisi pesawat sesuai dengan apa yang diharapkan [1]. dalam era manusia secara keseluruhan. Adapun Salah kebiasaan-kebiasaan manusia satu aplikasi dari sistem konrtol dalam bekerja dikenal sebagai modern yaitu sistem pilot otomatis sistem kendali (control system). modern ini penggunaan komputer walaupun dampak-dampak negatif dan mikroprosesor semakin selalu bermunculan seiring dengan mendominasi untuk menggantikan kemajuan teknlogi manusia.

Autopilot tidak ketelitiannya akan tergantung hanya membuat penerbangan pada kalibrasi. loop terbuka dapat digunakan 2. Jadi pada prosedur dan rutinitas setiap masukan akan penerbangan. atau mengatur dirinya sendiri atau sistem/proses yang lain[1]. dengan keinginan dari pilot Sistem Kendali Loop Terbuka pesawat. mengarahkan. Sistem pengendalian digolongkan menjadi 2 yaitu : 1. Sedangkan tangan manusia. Definisi sistem kendali inputnya diketahui serta tidak adanya gangguan internal dan Sistem Kendali adalah eksternal. adalah suatu sistem kendali yang keluarannya tidak akan Autopilot merupakan sistem yang berpengaruh terhadap aksi sangat mutakhir yang mampu kendali. autopilot bahkan didapatkan suatu kondisi lebih baik dari pada sepasang operasi yang tetap. Pada perbandingan umpan balik kenyataannya untuk beberapa dengan masukan. Landasan Teori jika hubungan output dan a. Sistem Kendali Loop Terbuka 3 . Dalam menjadi lebih lancar tetapi juga prakteknya sistem kendali lebih aman dan lebih efisien. seperangkat komponen yang saling berhubungan/dihubungkan sedemikian sehingga mampu memerintah. Sehingga keluaran melakukan tugas yang sama sistem tidak dapat diukur dan selayaknya seorang pilot yang tidak dapat digunakan sebagai sudah sangat terlatih.

yaitu balik. Gambar 1 . dimana kesalahan a. Sistem Kendali Loop Tertutup Sistem kendali loop tertutup adalah suatu sistem yang keluarannya berpengaruh langsung terhadap aksi kendali. 2.Variabel terkontrol terhadap proses untuk (controlled variable) adalah memperkecil kesalahan dan suatu besaran (quantity) membuat agar keluaran atau kondisi (condition) yang terukur dan terkontrol. 4 . Yang berupaya untuk mempertahankan keluaran sehingga sama bahkan Gambar 2 Sistem Kendali hampir sama dengan Loop Tertutup masukan acuan walaupun terdapat gangguan pada Dalam sistem kendali.Sistem (system) adalah penggerak adalah selisih kombinasi dari komponen- antara sinyal masukan dan komponen yang sinyal umpan balik (berupa bekerja bersama-sama mem sinyal keluaran dan bentuk suatu obyek turunannya) yang diteruskan tertentu. ke pengendali / controller sehingga melakukan aksi b. sistem. Jadi sistem ini adalah dikenal beberapa istilah yang sistem kendali berumpan sering dipakai.Sistem mendekati harga yang Kendali Loop Terbuka diingankan.

untuk mengoreksi atau j. menyetarakannya dengan e. h. artinya modifikasi sehingga mengukur nilai dari variabel karakteristik sistem dinamik terkontrol dari sistem dan (dynamic system) yang mengaplikasikan variabel dihasilkan sesuai dengan termanipulasi pada sistem yang kita kehendaki. dll.Sensor adalah peralatan yang mengurangi deviasi yang digunakan untuk mengukur terjadi terhadap nilai keluaran sistem dan keluaran yang dituju. adalah besaran atau nilai yang proses biologi.Gangguan (disturbance) kontroler untuk diberikan pada adalah sinyal yang plant (pada kondisi normal 5 .Proses (process) adalah hitung antara keluaran dan sesuatu operasi yang masukan.Plant (Plant) adalah sesuatu sinyal masukan sehingga bisa obyek fisik yang dikontrol. mempengaruhi nilai dari i. dilakukan suatu operasi f.Kontrol (control). sistem. dihasilkan oleh perhitungan g. proses ekonomi. suatu alat atau cara untuk d.Aksi kontrol (control action) kimia. dikontrol. Pada keadaan normal mempengaruhi terhadap nilai merupakan keluaran dari keluaran sistem.Kontrol umpan balik c. Contoh : proses k.Kontroler (controller) adalah variabel terkontrol.Variabel termanipulasi (feedback control) adalah (manipulated variable) operasi untuk mengurangi adalah suatu besaran atau perbedaan antara keluaran kondisi yang divariasi oleh sistem dengan referensi kontroler sehingga masukan.

kapal pergerakan pesawat terbang). yang b. navigasi. pesawat pesawat terbang. adalah dikendalikan berdasarkan bagian suatu peralatan atau kumpulan yang dikendalikan. ketika rudder secara konsatan. dan kendaraan lain Rudder. (basic control surface). dan cuaca. sisi ke sisi lain. Umumnya komponen yang terdapat tiga pengendali dasar menggerakkan plant. pesawat udara. misil. juga terletak di ekor tanpa interverensi tangan manusia pesawat terbang. Dalam dunia dimiringkan kekanan. Sistem autopilot sistem penting dari pesawat mampu mengendalikan salah satu terbang dan penerbangan. AFCS merupakan salah yang terakhir adalah ailerons yang satu bagian sistem terletak pada ujung belakang setiap dari aircraft's avionics elektronik pesawat yang berfungsi untuk dan perlatan yang digunakan menggulingkan pesawat dari satu untuk mengendalikan sistem. Yang pertama adalah elevator. Sistem kendali pada sistem pilot merupakan peralatan yang terletak otomatis (autopilot) di ekor yang berfungsi untuk Pilot otomatis atau autopilot mengendalikan pitch (manuver merupakan seperangkat peralatan pesawat pada sumbu horizontal untuk mengendalikan pesawat yang tegak lurus terhadap luar angkasa. autopilot dibagi lagi menjadi tiga. merupakan variabel termanipulasi). pengendalian penerbangan Berdasarkan jumlah bagian yang meliputi sistem elektronik untuk dikendalikan inilah sistem kominikasi. Kemudian AFCS).Aktuator (actuator). laut. Sistem atau semua bagian-bagian tersebut. Single-axis 6 . dikenal adanya terbang akan berputar pada sumbu Automatic Flight Control System ( vertikal ke arah kiri. Kebanyakan sistem autopilot dapat l.

bagian yang dikendalikan biasanya aileron. Metode penelitian 7 . 3.autopilot (autopilot sumbu tunggal) hanya mengendalikan salah satu dari ketiga bagian tadi. Tipe sederhana dari autopilot ini dikenal juga dengan "wing leveler" karena denganmengendalikan roll (geraka n berguling/berputar pesawat) alat pengendali ini akan menjaga sayap pesawat dalam keadaan stabil. Two-axis autopilot (autopilot dua sumbu ). Image courtesy of Bill Harris. elevat or dan rudder[3].mengendalikan elevator d an aileron. Dan yang terakhir three-axis autopilot (autopilot tiga sumbu) mengendalikan ketiga sistem pengendalitersebut: aileron.

Prosesor altimeter. penerbangan otomatis modern Misalnya mode pengendali adalah sebuah komputer dengan mendefinisikan bagaimana beberapa prosesor yang ketinggian pesawat berkecepatan tinggi. yang menjadi pilot yang mendefinisikan jantung dari sistem pengendali detail penerbangan. Setting mode 4. 8 . Adapun metodologi pembuatan kemudian dengan aritkel yaitu dengan membaca menggunakan perhitungan artikel ilmiah dan jurnal yang yang kompleks terkait. Ada juga mode mendapatkan kepintaran yang pengendali lain seperti dibutuhkan untuk mengendalikan menentukan kecepatan pesawat. Pembahasan pengendali dimasukkan oleh Pada dasarnya. tersebut menentukan Prosesor ini juga mampu apakah pesawat telah mengumpulkan data dari sistem dan menjalankan perintah yang peralatan pesawat terbang lain diatur oleh mode pengendali termasuk gyroscope. Perhitungan bagian-bagian pengendali utama. Untuk ditentukan. prosesor berkomunikasi udara dan jalur dengan sensor yang diletakkan pada penerbangan. dan indikator kemudian mengirimkan kecepatan udara (airspeed signal ke berbagai indicator)[4]. accelerometer. unit servomechanism. membandingkannya dengan pengaturan mode pengendali. Ser vomechanism atau sering disingkat servo merupakan Prosesor dalam AFCS akan alat yang memberikan mengambil data input. kompas. atau belum.

Untuk menyederhanakannya. dan kemudian akan dan jalur yang tepat. sama seperti yang diperlihatkan Satu servo cukup untuk pada ilustrasi diatas. Servo akan tertutup) dengan sensor pengirim menerima instruksi data ke komputer autopilot yang komputer dan menggunakan memproses informasi dan mengirim motor atau hydrolic untuk signal ke servo. setiap bagian Angin. terbang yang diinginkan - Ilustrasi diatas menunjukkan Servo/Motor-motor penggerak sayap bagaimana elemen-elemen dasar dan ekor dari sistem autopilot dihubungkan. tekanan udara. membuat data baru yang dikirim ke sensor. dan keseluruhan proses ini akan diulangi lagi. Terlihat bahwa semua bagian kendali yang skema dasar dari autopilot tampak termasuk dalam sistem seperti sebuah loop (rangkaian autopilot. hanya Pergerakan sayap dan ekor satu bagian kendali (yaitu rudder) yang ditunjukkan. dan servo akan menggerakkan bagaian segera menggerakkan bagian kendali pesawat.pengendalian mekanis pada kendali akan memiliki susunan yang suatu jarak tertentu. Skema sistem kendali pilot otomatis dapat digambarkan dalam diagram blok sebagai berikut: + Input/Arah dan posisi pesawat Image courtesy Bill Harris. menjamin kendali yang akan merubah posisi pesawat berada dalam posisi pesawat. gumpalan awan 9 .

mengendalikan aileron pesawat. dengan wing leveler seperti yang telah dikemukakan diatas. Sistem navigasi 2. tekanan udara. arah dan ini dan kemudian mengirim signal posisi pesawat yang diinginkan ke komputer autopilot. 5. Komputer autopilot mengirim Adanya gangguan dari luar berupa signal ke servo untuk angin. Diagram blok sistem 3. Bagaimanapun. dan sebagainya membuat arah dan Signal yang dikirim merupakan posisi pesawat bisa berubah sehingga sebuah perintah yang sangat diperlukan peninjauan ulang untuk spesifik yang meminimalisir kesalahan yang terjadi memerintahkan servo untuk tersebut. dicontohkan dengan pilot yang telah 6. Setiap servo memiliki sebuah mengaktifkan single-axis motor elektrik yang memiliki kabel autopilot yang juga disebut yang kekang untuk menarik 10 . Sistem kerja dari sistem pilot membuat suatu penyesuaian yang otomatis secara sistemamtis dapat tepat. Komputer autopilot memproses autopilot. gumpalan awan. dan posisi pesawat yang diinginkan. sayap pesawat akan turun. Sensor yang terletak di sayap kendali penerbangan otomatis akan mendeteksi penurunan sayap Dari diagram balok diatas. merupakan masukan dari sistem 4. Pergerakan sayap dan ekor data dan menyatakan bahwa sayap adalah plant yang akan dikontrol pesawat tidak lagi berada pada level sehingga menghasilkan keluaran arah yang diinginkan. Arah dan posisi pesawat yang dihasilkan 1. Pilot mengatur mode pengendalian untuk menjaga posisi sayap pada suatu level tertentu. Gambar 3. walaupun dalam keadaan udara yang tenang.

yaitu sayap pesawat. maka dapat perintah ketika sensor yang terletak disimpulkan : di sayap pesawat mendeteksi bahwa 1. Adanya gangguan dari tiga atau lebih satelit yang dari luar berupa angin. tekanan terhubung dalam jaringan GPS. pitch. 3. Kesimpulan 8. Jenis sistem kendali pada sistem sayap telah berada pada level yang autopilot system merupakan sistem diinginkan lagi. pesawat akan bergerak kembali ke level semula. sayap yang baik[3]. Pada pesawat terbang. Servo berhenti menggunakan loop) tekanan terhadap 2. udara. arah dan Banyak sistem autopilot modern posisi pesawat yang diinginkan mampu menerima data dari merupakan masukan dari sistem penerima Global Positioning autopilot. Karena aileron disesuaikan melakukan perencanaan penerbangan berdasarkan pada data input. . gumpalan awan. kabel aileron. elevator. Penerima GPS dapat dikontrol sehingga menghasilkan menetukan posisi pesawat di udara keluaran arah dan posisi pesawat dengan mengkalkulasi jarak pesawat yang diinginkan. bahkan mampu 7. Pergerakan sayap dan System (GPS) yang terpasang pada ekor adalah plant yang akan pesawat. Komputer autopilot menghapus Berdasarkan ulasan diatas. adalah sistem untai tertutup (closed 9. dan rudder. ketinggian yang sama. 5. autopilot bergerak bagian kendalipun akan dapat melakukan lebih dari menjaga ikut bergerak mengikuti arah pesawat tetap berada pada posisi dan pergerakan kabel. dan Dilengkapi dengan alat pemberi sebagainya membuat arah dan posisi pesawat bisa berubah 11 . Umumnya pada persawat terdapat kabel aileron untuk menggerakkan tiga pengendali dasar. Ketika kabel tersebut informasi posisi tersebut.

[2] Asrul . 2013. GPS. Teknik Otomatis. Desain kontrol ulang untuk meminimalisir autopilot menggunakan sistem kesalahan yang terjadi. REFERENSI Perancangan dan Implementasi [1] Arif Triwijayanto. PID untuk Pengendalian Hover Rancang bangun Pengatur Suhu pada UAV Quadcopter. 12 . Sistem Kendali Posisi dan Ketinggian Terbang Pesawat Quadcopter. sehingga diperlukan peninjauan [3] Hendrawan. 2011. [4] Priambodo AS. 2012. POMITS 1-16. 2011.

Related Interests