Satuan Acara Penyuluhan

(SAP)
JAMBAN SEHAT

Oleh:

Randi Saputra Pratama

NIM : 34403515104

Kelas : 2B

AKADEMI KEPERAWATAN
PEMERINTAH KABUPATEN CIANJUR
BADAN LAYANAN UMUM DAERAH (BLUD)
Jln. Pasir Gede Raya No. 19 Telp. (0263) 267206 Fax. 270953 Cianjur 4321
2016

Dampak serius yang ditimbulkan kondisi ini sangat diyakini banyak pihak berpengaruh baik secara ekonomi maupun kesehatan masyarakat. sementara kita masih sibuk mengurusi jamban.000 kematian setiap tahunnya. Tempat : Balai desa Hari/tanggal : Kamis. 58 triliun atau setara dengan 265. . Akses pada sanitasi khususnya pada penggunaan jamban sehat. Sebuah fakta yang seharusnya mampu menyengat kita para pemerhati dan praktisi kesehatan di Indonesia.100 kejadian dan mengakibatkan lebih dari 50. Masih tingginya angka buang air besar pada sembarang tempat atau open defecation menjadi salah satu indikator rendahnya akses ini. Menurut studi yang dilakukan oleh World Bank .000 per orang per tahun karena sanitasi yang buruk. Sebenarnya masyarakat sadar dan mengerti arti pentingnya mempunyai jamban sendiri di rumah. saat ini memang masih menjadi masalah serius di banyak negara berkembang seperti Indonesia. Satuan Acara Penyuluhan (SAP) Pokok bahasan : Jamban Sehat Sasaran : Masyarakat desa Kajuara. Indonesia kehilangan lebih dari Rp. Alasan utama yang selalu diungkapkan masyarakat mengapa sampai saat ini belum memiliki jamban keluarga adalah tidak atau belum mempunyai dana yang cukup untuk itu. Banyak orang yang menyindir bahwa sementara di banyak negara masalah sanitasi dan kesehatan lingkungan sudah berkutat pada upaya intens menurunkan dan mengadaptasi dampak rumah kaca. Latar belakang Jamban merupakan sanitasi dasar penting yang harus dimiliki setiap masyarakat. khususnya kepala rumah tangga dan ibu ibu rumah tangga. 15 Desember 2016 Pemberi materi : Randi Saputra Pratama A. Dan akibat dari sanitasi yang buruk ini diperkirakan menyebabkan angka kejadian diare sebanyak 121.

C. Tujuan Instruksional Khusus Setelah mengikuti penyuluhan hasil yang diharapkan : a. 2. Pengertian Jamban 2. Metode Ceramah . Peserta dapat memahami penggunaan jamban sehat. Materi(Terlampir) 1. Jenis-Jenis Jamban 4. c. Syarat-Syarat Jamban Sehat 5. Mengapa harus menggunakan jamban D. Tujuan Instruksional Umum Setelah mengikuti penyuluhan peserta dapat mewujudkan lingkungan sehat dan mampu mencegah serta menanggulangi penyakit dan masalah kesehatan akibat kurangnya perhatian terhadap penggunaan jamban sehat. TUJUAN 1. Peserta dapat memahami syarat penggunaan jamban sehat. Peserta dapat menggunakan jamban sehat dengan bersih. b.B. Tujuan Jamban Sehat 3. Media Leaflet E.

syarat.F. Mendengar dan memperhatikan. jenis. Mengajukan pertanyaan 3 Evaluasi Menyimpulkan materi diskusi Menyebut dan 5 menit menjelaskan jawaban dari pertanyaan Salam penutup 4 Penutup Menjawab salam 5 menit . 2 Inti Review materi untuk mengetahui Menjawab 10 menit sejauh mana pengetahuan peserta pertanyaan tentang materi. Mendengar dan Menjelaskan pengertian. memperhatikan dan tujuan penggunaan jamban sehat. kegiatan penyuluhan No Waktu Kegiatan Penyuluhan Respon Peserta 1 Pembukaan 5 Salam Perkenalan dan menjelaskan Menjawab salam menit tujuan penyuluhan.

Evaluasi 1. Tujuan jamban yaitu: 1) Tidak mengotori permukaan tanah di sekeliling jamban tersebut tidak mencemari sumber air yang ada di sekitarnnya. 2) tidak mencemari sumber air yang ada di sekitarnnya 3) Tidak mengundang datangnya lalat atau serangga c. apa syarat syarat jamban 6. Bentuk soal :Tanya jawab 4. jawaban : a. sabun. Jenis soal : a. b. dan alat pembersih . Apa pengertian jamban b. Apa tujuan jamban c. Waktu :5 menit 3. jamban adalah pengumpulan kotoran manusia disuatu tempat sehingga tidak menyebabkan bibit penyakit yang ada pada kotoran manusia. Jumlah soal :3 soal 5. Syarat-syarat jamban yaitu: 1) Tidak mencemari sumber air minum (jarak antara sumber air minum dengan lubang penampungan minimal 10 meter 2) Tidak berbau tinja 3) Kotoran tidak dapat dijamah oleh serangga dan tikus 4) Tidak mencemari tanah di sekitamya 5) Mudah dibersihkan dan aman digunakan 6) Dilengkapi dinding dan atap pelindung 7) Penerangan dan ventilasi cukup 8) Lantai kedap air dan luas ruangan memadai 9) Tersedia air. Prosedur :akhir penyuluhan 2.G.

Jamban cemplung/jamban tanpa leher angsa Adalah jamban yang penampungannya berupa lubang yang berfungsi menyimpan dan meresapkan cairan kotoran/tinja ke dalam tanah dan mengendapkan kotoran ke dasar lubang. Tidak mencemari sumber air yang ada di sekitamya. 2. dengan maksud kotorannya dapat sebagai makanan ikan. Tidak mengundang datangnya lalat atau serangga yang dapat menjadi penular penyakit Diare. Jamban leher angsa Adalah jamban berbentuk leher angsa yang penampungannya berupa tangki septik kedap air yang berfungsi sebagai wadah proses penguraian/dekomposisi kotoran manusia yang dilengkapi dengan resapannya. Jenis-Jenis Jamban a. → Kurang aman. sering terbuka sehingga banyak lalat dan tidak memenuhi syarat kesehatan b. c. sehat dan tidak berbau b. LAMPIRAN MATERI 1. Tujuan Jamban Sehat a. kecacingan. Thypus. Kolera Disentri. Untuk jamban cemplung diharuskan ada penutup agar tidak berbau. Pengertian Jamban jamban adalah pengumpulan kotoran manusia disuatu tempat sehingga tidak menyebabkan bibit penyakit yang ada pada kotoran manusia. pada lekukan lehernya terdapat genangan air yang dimaksudkan untuk mencegah bau dan keluar masuknya hewan . Kakus Empang → Dibuat di atas empang/kolam ikan. penyakit kulit dan keracuanan 3. c. Menjaga lingkungan bersih. penyakit saluran pencernaan. → Model terbaik.

. Tidak berbau tinja b. sabun. virus dan cacing). kolam. Dilengkapi dinding dan atap pelindung f. Tidak mencemari tanah di sekitamya d. Lantai kedap air dan luas ruangan memadai h. Syarat-Syarat Jamban Sehat a. Tidak mencemari sumber air minum (jarak antara sumber air minum dengan lubang penampungan minimal 10 meter b. dan alat pembersih 5. sungai dan lainnya maka bibit penyakit tersebut akan menyebar luas ke lingkungan. Penerangan dan ventilasi cukup g.4. Tersedia air. Apabila tinja tersebut dibuang ke sembarang tempat misalnya kebun. Kotoran tidak dapat dijamah oleh serangga dan tikus c. dan akhirnya akan masuk dalam tubuh manusia dan beresiko menimbulkan penyakit pada seseorang dan bahkan menjadi wabah penyakit pada masyarakat yang lebih luas. Mudah dibersihkan dan aman digunakan e. Mengapa harus menggunakan jamban? Tinja atau kotoran manusia merupakan media sebagai tempat berkembang dan berinduknya bibit penyakit menular (misalnya kuman/bakteri.