Pengertian – Pengertian

:

1. Feasibility Studi ( Studi Kelayakan )

Pengertian studi kelayakan menurut Husein Amir, Studi Kelayakan Bisnis Edisi - 2 (
hal 8 thn, 2003 ) adalah merupakan penelitian terhadap rencana bisnis yang tidak
hanya menganalisis layak atau tidak bisnis dibangun, tetapi juga saat
dioperasionalkan secara rutin dalam rangka pencapaian keuntungan yang maksimal
untuk waktu yang tidak ditentukan.

Jadi studi kelayakan dapat diterjemahkan sebagai berikut adalah penelitian tentang
dapat tidaknya suatu investasi dapat dilaksanakan dengan berhasil. Keberhasilan
bisa diartikan lebih luas atau lebih terbatas yang terutama dipergunakan oleh pihak
swasta yang lebih berminat tentang manfaat ekonomis suatu investasi.

2. Perencanaan

Perencanaan adalah proses yang mendefinisikan tujuan dari organisasi, membuat
strategi digunakan untuk mencapai tujuan dari organisasi, serta mengembangkan
rencana aktivitas kerja organisasi. Perencanaan merupakan proses-peroses yang
penting dari semua fungsi manajemen sebab tanpa perencanaan (planning) fungsi
pengorganisasian, pengontrolan maupun pengarahan tidak akan dapat berjalan.

Rencana (planning) dapat berupa rencana informal ataupun rencana formal. Rencana
informal adalah rencana-rencana yang tak tertulis dan bukan merupakan dari tujuan
bersama anggota organisasi. Sedangkan definisi dari rencana formal adalah rencana
yang tertulis yang harus dilaksanakan oleh organisasi dalam jangka waktu tertentu.

3. Pembangunan
Pada hakekatnya, pengertian pembangunan secara umum pada hakekatnya adalah
proses perubahan yang terus menerus untuk menuju keadaan yang lebih baik
berdasarkan norma-norma tertentu. Mengenai pengertian pembangunan, para ahli

seperti politik. Tikson (2005) bahwa pembangunan nasional dapat pula diartikan sebagai transformasi ekonomi. kelembagaan. Namun secara umum ada suatu kesepakatan bahwa pembangunan merupakan proses untuk melakukan perubahan (Riyadi dan Deddy Supriyadi Bratakusumah. 2005). . Menurut Deddy T.memberikan definisi yang bermacam-macam seperti halnya perencanaan. Untuk lebih jelasnya berikut ini disajikan pengertian pembangunan menurut beberapa ahli Siagian (1994) memberikan pengertian tentang pembangunan sebagai “Suatu usaha atau rangkaian usaha pertumbuhan dan perubahan yang berencana dan dilakukan secara sadar oleh suatu bangsa. Sama halnya dengan Portes. sosial dan budaya. Pembangunan (development) adalah proses perubahan yang mencakup seluruh system sosial. dan budaya (Alexander 1994). Istilah pembangunan bisa saja diartikan berbeda oleh satu orang dengan orang lain. menuju modernitas dalam rangka pembinaan bangsa (nation building)”. pendidikan dan teknologi. Portes (1976) mendefinisiskan pembangunan sebagai transformasi ekonomi. infrastruktur. yaitu sebagai “suatu proses perubahan ke arah yang lebih baik melalui upaya yang dilakukan secara terencana”. sosial dan budaya secara sengaja melalui kebijakan dan strategi menuju arah yang diinginkan. daerah yang satu dengan daerah lainnya. ekonomi. Negara satu dengan Negara lain. Sedangkan Ginanjar Kartasasmita (1994) memberikan pengertian yang lebih sederhana. negara dan pemerintah. pertahanan.

S Narang. pembangunan adalah suatu usaha proses yang menyebabkan pendapatan perkapita masyarakat meningkat dalam jangka panjang. Menurut M. yang berlangsung pada level makro (nasional) dan mikro. 1995:13). pembangunan adalah semua proses perubahan yang dilakukan melalui upaya-upaya secara sadar dan terencana (Riyadi dan Deddy Supriyadi Bratakusumah. budaya.S Sehwarat dan J. pertumbuhan dan diversifikasi. ekonomi. Sedangkan dalam pengertian ekonomi murni. (2001) dalam bukunya “ operations Management ” pemeliharaan adalah : “ all activities involved in keeping a system’s equipment in working order ”. Artinya: pemeliharaan adalah segala kegiatan yang di dalamnya adalah untuk menjaga sistem peralatan agar bekerja dengan baik. (2001) dalam bukunya “ Production Management ” pemeliharaan ( maintenance ) adalah sebuah pekerjaan yang dilakukan secara berurutan untuk menjaga atau memperbaiki fasilitas yang ada sehingga sesuai dengan standar (sesuai dengan standar fungsional dan kualitas). 4. sosial. Menurut Sofy an Assauri (2004) pemeliharaan adalah kegiatan untuk memelihara atau menjaga fasilitas/peralatan pabrik dan mengadakan perbaikan atau penyesuaian/penggantian yang diperlukan agar supaya terdapat suatu keadaan operasi produksi yang memuaskan sesuai dengan apa yang direncanakan. Dengan demikian. . Sebagaimana dikemukakan oleh para para ahli di atas. proses pembangunan terjadi di semua aspek kehidupan masyarakat. (Sukirno. 2005). politik. Makna penting dari pembangunan adalah adanya kemajuan/perbaikan (progress). Pemeliharaan ( Maintenance ) Menurut Jay Heizer dan Barry Render.

Kegunaan rehabilitasi sendiri adalah untuk mengembalikan kondisi seperti awalnya dan juga untuk melatih manusia untuk melakukan suatu tindakan secara normal dengan kondisi fisik yang sudah tidak normal 6.5. Infrastruktur Alternatives Merupakan pilihan-pilihan alternative dalam suatu bangunan/infrastruktur . Rehabiitasi ( Rehabilitation ) Secara umum rehabilitasi sendiri adalah suatu proses perbaikan atau penyembuhan dari kondisi yang tidak normal menjadi normal. ataupun merupakan pelatihan untuk menghadapi kondisi yang mungkin sudah tidak bisa dikembalikan menjadi normal seperti contohnya kondisi cacat dan lain sebagainya.

Related Interests