MAKALAH

PENGGUNAAN PLASTIK BIODEGRADABLE BAGI KEHIDUPAN
MANUSIA

DISUSUN OLEH:

Nama : Nursiya
NIM : 16210045
Kelas : BR 23
Program Studi : Manajemen

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MAHARDHIKA

SURABAYA

bisa memakan potongan kecil plastik itu secara tak sengaja yang menyebabkan gangguan pencernaan dan bisa berujung pada kematian karena tubuh tak bisa mengolahnya. Tetapi limbah plastik yang sulit terurai berdampak buruk bagi manusia. dan begitu seterusnya siklus berulang kembali. Bahkan ketika hewan tadi mati. Plastik dipakai karena ringan. baik di darat (Tanah). dan mendapatkannya pun sangat mudah. Partikel-partikel plastik itu akan mempengaruhi lingkungan dan kehidupan dalam banyak hal. harganya murah. Yang terjadi hanyalah. membungkus makanan. Plastik selalu digunakan dalam berbagai keperluan sehari-hari. Selain itu. plastik menjadi potongan-potongan kecil di alam dan itupun memerlukan proses yang sangat lama yang bisa mencapai 1000 tahun. Walaupun plastik menjadi sangat kecil seperti partikel debu. dan terurai. tidak mudah pecah. membusuk. yakni tak akan pernah bisa di uraikan oleh organisme pengurai di alam.Topik :Lingkungan Hidup Tema :Penggunaan Plastik biodegradable Judul : Penggunaan Plastik Biodegradable bagi Kehidupan Manusia BAB I PENDAHULUAN A. maupun udara. Hewan-hewan. laut (air). . tampat belanjaan dan masih banyak lagi. dan akan menimbulkan polusi lingkungan. baik di darat maupun laut. tetap saja ia adalah plastik. Artinya bahan plastik akan selama-lamanya berada di alam. Misalnya untuk tempat minuman. bahaya dari pemakaian kemasan plastik yang jumlahnya sangat besar juga berdampak pada lingkungan Bahaya plastik terkait erat dengan sifatnya yang non-biodegradable. LATAR BELAKANG Pada zaman sekarang manusia tidak dapat lepas dari yang namanya plastik. plastik yang tertimbun di tubuhnya akan kembali ke alam dan bisa dimakan oleh hewan lainnya. tergantung dari jenis dan kondisi plastiknya.

bahkan tidak jarang kita temui plastik-plastik tersebut berserakan di tanah atau menyumbat pada saluran air seperti selokan. hewan hingga tumbuhan semua hidup di atas tanah. Rumusan Masalah Apakah manfaat penggunaan plastik biodegradable? C. Sehingga apabila pada jumlah yang sangat banyak. ataupun melalui debu-debu di udara. Kebanyakan plastik yang didapatkan dari kegiatan ekonomi kemudian hanya di buang begitu saja. Maka sangat berdampak buruk terhadap kehidupan manusia. Hal tersebut pada kebanyakan ibu rumah tangga tidak mejadi hal yang penting. Hal tersebut sangat menganggu keseimbangan ekosistem di bumi ini. Mulai dari manusia. peralatan sehari-hari yang dipakai terutama untuk makan dan minum. Apabila plastik yang dibuang ke tanah. ikan atau barang lain pastinya mendapatkan plastik dari penjual. maka akan menimbulkan masalah lagi yaitu terjadinya pencemaran tanah. Dalam kehidupan rumah tangga plastik menjadi hal yang sangat penting. matinya hewan bawah tanah. oleh sebab itu. sungai dan saluran air yang lain. dengan adanya kecanggihan teknologi manusia dapat menemukan plastik yang mudah terurai dan ramah lingkungan yaitu plastik biodegradable. Tanah merupakan bagian dari permukaan bumi yang terdiri dari mineral dan bahan organik. hilangnya derajat ke suburan tanah dan matinya sumber air bersih. Partikel-partikel plastik tentunya juga bisa masuk ke tubuh manusia. maka tidak akan dapat terurai dengan sempurna. Lebih penting membahas masalah ekonomi atau pun politik di negara ini. melalui air yang tercemar limbah plastik. B. baik melalui hewan. Tujuan Penelitian Tujuan dari penelitian Pengaruh Penggunaan Plastik Biodegradable bagi Kehidupan Manusia adalah: . Tanah sangat penting peranannya bagi semua kehidupan dibumi karena tanah mampu mendukung kehidupan berbagai makhluk hidup di muka bumi ini. Semua aktivitas ekonomi rumah tangga pasti tidak akan terlepas dengan plastik misalnya saat membeli sayur.

. meningkatkan jumlah produksi plastik biodegradable. Manfaat penelitian Manfaat dari penelitian dampak plastik terhadap pencemaran tanah adalah 1. Untuk masyarakat. 2. Mengetahui manfaat penggunaan plastik biodegradable. 3. Untuk peneliti selanjutnya penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi untuk meneliti tentang penelitian Pengaruh Penggunaan Plastik Biodegradable bagi Kehidupan Manusia. D. mengerti pentingnya penggunaan plastik biodegradable. Untuk perusahaan.