BAB I

PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang
Proyek Pembangunan Jalan adalah salah satu proyek yang bertujuan untuk
memperlancar arus lalu lintas pada ruas jalan yaitu dengan melakukan
pembangunan, pengaspalan, dan penyediaan fasilitas jalan. Dalam pelaksanaan
dan pembangunan suatu proyek dipengaruhi oleh ketersediaan sumber daya yang
akan diperlukan. Ketersediaan tersebut dapat mempengaruhi efektifitas dan
efisiensi pelaksanaan suatu proyek, baik dalam hal biaya maupun waktu
pelaksanaan proyek. Salah satu sumber daya yang berperan penting adalah alat-
alat berat. Oleh karena itu, konstribusi alat berat terhadap pelaksanaan proyek
proyek yang cukup penting serta biaya penggunaan alat berat yang relatif mahal,
maka dibutuhkan suatu manajemen yang baik dalam mendayagunakan sumber
daya alat berat tersebut.
Dalam menggunakan alat-alat berat untuk pembuatan konstruksi jalan, perlu
diperhatikan jenis konstruksi jalan, alat-alat berat yang dipakai, pengetahuan
tentang kapasitas dan kemampuan alat berat agar memenuhi syarat penggunaan
yaitu tidak menimbulkan pemborosan tenaga kerja, modal, biaya yang akan
dipergunakan terhadap penggunaan alat berat, produktivitas serta memenuhi
kebutuhan keselamatan.
Dalam produksi alat berat dibutuhkan analisis yang bijak. Analisis tersebut
dapat membantu para pelaku proyek untuk memperkirakan waktu pelaksanaan
proyek, mengendalikan waktu penyelesaian proyek, menerapkan manajemen
operasi alat berat di lapangan, serta pengendalian efisiensi alat, waktu dan biaya.
Dengan latar belakang tersebut dalam Laporan Tugas Akhir ini penulis
mengambil judul “ANALISIS PRODUKTIVITAS DAN EFEKTIVITAS
ALAT BERAT PADA PEKERJAAN TANAH PROYEK JALAN TOL
MEDAN-BINJAI”.
Hal ini juga di dukung dengan tersedianya data proyek dalam
penyelesaian laporan ini.

1

4. 3. 2. 1. Bagaimana kombinasi alat berat yang ideal? 1. Tujuan Tujuan pembahasan dalam tugas akhir ini adalah: 1. Untuk mengetahui jumlah kapasitas produksi masing-masing alat berat pada pekerjaan tanah pembangunan Jalan Tol Medan-Binjai. Bagaimana schedule pengoperasian masing-masing alat berat? 3. Untuk mengetahui jumlah alat sesuai waktu schedule yang tersedia. Berapa jumlah produksi masing-masing alat berat? 2. Untuk mengetahui waktu yang dibutuhkan alat-alat berat pada pengerjaan proyek.3. 3. Untuk mengetahui kombinasi alat berat yang ideal pada pekerjaan tanah pembangunan Jalan Tol Medan-Binjai. Membantu mahasiswa lain yang akan membahas hal yang sama. Salah satu persyaratan yang harus dilaksanakan untuk menyelesaikan Mata Kuliah Tugas Akhir Semester VIII. Rumusan Masalah Pada ''Analisis Produktivitas dan Efektivitas Alat Berat pada Pekerjaan Tanah Jalan Tol Medan-Binjai'' topik permasalahan yang dapat diangkat menjadi topik pembahasan laporan tugas akhir yaitu: 1. 2 .2.4. Mengetahui alat berat dan masing-masing fungsinya dalam pengerjaan dilapangan.1. Manfaat Manfaat tugas akhir ini adalah: 1. 2.

Hutama Karya. Batasan Masalah Mengingat sedemikian luasnya pekerjaan yang ada dalam proyek ini dan terbatasnya waktu. mengidentifikasi dan mengolah data hasil pengamatan dilapangan. mengidentifikasi dan mengolah data tertulis dan metode kerja yang digunakan. mengumpulkan. wawancara. konsulatan pelaksana dan ke PT. Kapasitas produksi masing-masing alat. perataan dan pemadatan.5. c. Perhitungan yang dilakukan untuk pekerjaan di atas adalah 1.6. Kombinasi-kombinasi yang digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. d. penghamparan.1. pengangkutan. Teknik Pengumpulan Data Metode dalam pegumpulan data yaitu metode observasi dan metode literature. Praktik langsung kelapangan. Mengadakan studi pendahuluan. Mengadakan studi kepustakaan. e. 1. Metode observasi yaitu metode yang bertujuan mengamati. 2. maka pembahasan dalam laporan ini dibatasi pada Analisis Produktivitas dan Efektivitas Alat Berat pada pekerjaan tanah meliputi pekerjaan pemuatan. 3 . a. Metode Literatur yaitu metode yang bertujuan mengumpulkan. Prosedur pengumpulan data di lapangan adalah berdiskusi pengawas di lapangan. Pengamatan Langsung di lokasi proyek kemudian mendokumentasikan kegiatan yang dilaksanakan di lapangan. b. Teknik Pengumpulan Data dan Pengolahan Data Teknik pengumpulan data dan pengolahan data adalah sebagai berikut: 1.

c. sehingga diperoleh analisis yang efektif dan terarah. selanjutnya dikelompokkan sesuai identifikasi tujuan permasalahan. Analisis perhitungan kapasitas masing-masing alat berat. Adapun analisis yang dilakukan adalah : a. Menentukan alat berat yang digunakan sesuai dengan schedule yang direncakan. Teknik Pengolahan Data Analisis dan pengolahan data dilakukan berdasarkan data-data yang dibutuhkan. Menghitung kombinasi alat berat yang ideal. b.2. 4 .

Pengembangan penjelasannya dapat dijelaskan dapat dituangkan sebagai berikut: Flowchart Tahapan Penulisan MULAI STUDI PUSTAKA PENGAMATAN DI LAPANGAN PENGOLAHAN DATA HASIL PENGAMATAN DI LAPANGAN MENGHITUNG KAPASITAS PRODUKSI MASING-MASING ALAT BERAT MENENTUKAN KOMBINASI ALAT BERAT YANG IDEAL MENYESUAIKAN SCHEDULE YANG DIRENCANANAKAN PEMBAHASAN SELESAI Gambar 1.7.1 Flowchart Tahapan Penulisan 5 . Alur Penulisan Tugas Akhir Tahapan pelaksanaan penulisan Proposal Tugas Akhir ini adalah gambaran bagaimana dari awal perencanaan penulisan Proposal Tugas Akhir dari awal sampai akhir.1.