BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar belakang Masalah

Pancasila adalah ideologi dasar bagi negara Indonesia. Nama ini terdiri
dari dua kata dari Sansekerta: pañca berarti lima dan śīla berarti prinsip atau
asas. Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan
bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia. Dalam perjalanan sejarah bangsa
Indonesia, peranan Pancasila mengalami pasang surut tergantung kondisi politik
dan pemerintahan yang ada pada jaman atau eranya.

Sejarah perjuangan dan berdirinya bangsa Indonesia dalam mencapai
kemerdekaannya berjalan sejak sekian abad yang lalu,dengan berbagai cara
dan bertahap.dengan itu sejarah perjuangan bangsa Indonesia mempunyai
hubungannya dengan sejarah lahirnya pancasila. Karena sejarah perjangan
bangsa Indonesia sejak berabad-abad yang lalu itu panjang sekali, maka
perlulah ditetapkan tonggak-tonggak sejarah tersebut

1.2 Batasan Masalah

A. Pancasila dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia mulai zaman
kerajaan kutai hingga setelah kemerdekaan.
B. Sejarah perjuangan bangsa Indonesia,dari penjajahan barat,jepang
hingga era reformasi.

Pancasila dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia mulai zaman kerajaan kutai hingga setelah kemerdekaan. Banyak kerajaan yang menanamkan nilai-nilai nasionalisme seperti didaerah jawa tengah dan jawa timur. Zaman Sriwijaya Sriwijaya adalah kerajaan maritime yang mengandalkan kekuatan laut. harta benda. System pemerintahan terhadap pengurus pegawai pajak. D. sikap tolerensi dalam beragama nilai-nilai kemanusiaan serta perhatian kerjahter aan pertanian bagi rakyat dengan dengan membangun tanggul&waduk. Zaman Kerajaan Majapahit Sumpah palapa / gajamada berisi cita-cita mempersatukan seluruh nusantara. BAB II PEMBAHASAN A. Proses terbentuknya negara indonesia melalui proses sejarah yang cukup panjang yaitu sejak zaman batu hingga munculnya karajaan-kerajaan pada abad ke-IV. Sumpah palapa pun di ucapkan untuk mempersatukaan semua wilah kerajaan. Nilai –nilai pancasila telah ada pada bangsa indonesia sejak zaman dulu kala sebelum bangsa indonesia mendirikan negara. B. Pada saat ini di perkenalkan pula istilah “bhineka tunggal ika” dalam kitab sutasoma. A. Pada kerajaan air langga mengalami penggemblengan lahir dan batin. Zaman Kutai Masyarakat kutai membuka zaman sejarah Indonesia pertama kalinya ini menampilkan social politik dan ketuhanan dalam bentuk kerangan kenduri serta sedekah kepada brahmana. Zaman Kerajaan-Kerajaan Sebelum Kerajaan Majapahit Pada zaman ini diterapkan antara lain raja aiar langgi. . serta kerohaniawan yang tidak terlepas dari ketuhanan. Cita-cita tentang kesejahteraan bersama dalam suatu negara telah tercemin pada kerjaan sriwijaya yang berbunyi yaitu ”marvuat vanua cri wijaya siddhayara subhika”{suatu cita-cita negara yang adil&makmur} C.

Zaman Penjajahan Jepang Jepang menjanjikan kamardekaan tanpa syarat kapada bangsa indonesia. Pada tanggal 29 april 1945 bersamaan dengan ulang tahun kaisar jepang. Atas kesadaran bangsa Indonesia maka berdirilah Budi utomo di pelopori oleh dr. Mulailah perjuangan bangsa Indonesia menitikberatkan pada kesatuan nasional dengan tujuan yang jelas yaitu Indonesia merdeka. pangeran diponegoro dan masih banyak lagi yang lainnya. H. K. F. Pada abad ini sejarah mencatat bahwa Belanda berusaha dengan keras untuk memperkuat dan mengintensifkan kekuasaanya di seluruh Indonesia. Seperti di maluku (1817) . Kebangkitan Nasional Pada masa ini banyak berdiri gerakan-gerakan nasional mewujudkan suatu bangsa yang memiliki kehormatan akan kemerdekaan dan kekuataannya sendiri.Selain itu munculah PNI (1927) yang di pelopori oleh soekarno. Lalu mulai lah bermunculan indische partij. namun kamudian berubah menjadi praktek penjajahan .Soekarno. Untuk mendapatkan simpati dan dukungan dari bangsa Indonesia maka sebagai wujud realisasinya terbentuklah suatu badan BPUPKI (badan penyelidik usaha - usaha kemerdekaan Indonesia) dengan ketua Dr. Dorongan akan cinta tanah air menimbulkan semangat untuk melawan penindasan Belanda. G.imam bonjol (1821-1837) . Zaman Penjajahan Bangsa asing yang masuk ke indonesia pada awalnya berdangan. Bahkan / mendapatkan simpati & dukungan dari bangsa i ndonesia maka sebagai realisasi janji tersebut maka di bentuklah suatu badan yang bertugas / menyelidiki usaha-usaha persiapan kemerdekaan indonesia yaitu badan penyelidik usaha-usaha kemerdekaan indonesia {BPUPKI} . Meliha t hal tersebut maka muncullah perlawanan perlawanan yang masih bersifat kedaerahan. Kemudian pada tanggal 28 oktober 1928 lahirlah sumpah pemuda sebagai penggerak kebangkitan nasional.wahidin sudirohusodo pada tanggal 28 mei 1908. Proklamasi Kemerdekaan dan sidang PPKI Pada pertengahan bulan Agustus 1945 akan di bentuk PPKI (panitia persiapan kemerdekaan Indonesia) untuk keperluan itu Ir. memberikan hadiah “ulang tahun” kepada bangsa Indonesia yaitu “kemerdekaan tanpa syarat”. Dengan 60 anggota.Drs. Gerakan ini merupakan awal gerakan kemerdekaan dan kekuatan sendiri. namun karena tidak adanya kesatuan dan persatuan dia antar mereka dalam melawan penjajah.T Radjiman wediodiningrat.R. maka perlawana tersebut senantiasa kandas dan menimbulkan banyak korban. .E.

. 2. Soekarno diangkat sebagai ketua PPKI. Kemudian pada pagi harinya tanggal 17 Agustus 1945 di jalan pegangsaan timur 56 jakarta. Moh hatta sebagai wakil dan Radjiman sebagai anggota. Pada tanggal 9 agustus 1945 jendral terauschi memberikan kepada mereka 3 cap yaitu: 1. bung karno di dampingi oleh bung hatta membacakan teks proklamasi. Radjiman di berangkangkatkan ke Saigon atas panggilan Jendral besar Terauchi. Cepat atau tidaknya pekerjaan panitia di serahlan seperlunya pada panitia Sekembalinya dari Saigon 14 Agustus 1945.Hatta dan Dr.Moh. Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945 Perbedaan terjadi antara golongan muda dan golongan tua tentang kapan pelaksaan proklamasi. Oleh karena itu perbedaan mumuncak dan menyebabkan Soekarno dan Hatta ke Rengasdengklok agar tidak mendapat pengaruh Jepang. b. Sidang PPKI 1) Sidang pertama (18 Agustus 1945) Mengesahkan Undang-Undang dasar 1945 meliputi:  Setelah melakukan perubahan piagam Jakarta yang kemudian berfungsi sebagai pembukaan undang-undang dasar 1945  menetapkan rancangan hukum dasar yang telah diterima dari badan penyelidik pada tanggal 17 Juli 1945.mengalami perubahan karena berkaitan dengan perubahan piagam Jakarta.kemudian berfungsi sebagai undang-undang dasar 1945  Memilih Presiden dan Wakil Presiden yang pertama  Menetapkan berdirinya Komite Nasional Indonesia Pusat sebagai badan musyawarah darurat. a. Panitia persiapan boleh mulai bekerja pada tanggal 9 agustus 1945 3. Ir Soekarno mengumunkan di muka umum bahwa bangsa Indonesia akan merdeka sebelum jagung berbunga (secepat mungkin) dan kemerdekaan bangsa Indonesia ini bukan merupakan hadiah dari Jepang melainkan hasil perjuangan sendiri.

I. yang intinya mengubah system Presidensial ke Pralementer. Salah satu pasal tersebut yaitu pasal 2 dibentuklah suatu badan yang di sebut “Badan Keamanan Rakyat” BKR. borneo. sumatera. Untuk melawan propaganda pemerintah RI mengeluarkan 3 buah maklumat:  maklumat wakil presiden no X tanggal 16 Okober 1945 yang menghentikan kekuasaan luar biasa presiden sebelum masa waktunya (seharusnya berkalu selama 6bulan).sulawesi. Masa Setelah Kemerdekaan Setelah Proklamasi ternyata Bangsa Indonesia harus menghadapi sekutu yang berupaya untuk menanamkan kembali kekuasaan Belanda di Indonesia. jawa tengah. 2) Sidang Kedua (19 Agustus 1945) Menentukan ketetapan sebagai berikut:  tentang daerah propinsi: Jawa barat. Kemudian maklumat tersebut di pegang presiden kepada KNIP  maklumat pemerintah tanggal 3 November 1945. 4) sidang keempat (22 Agustus 1945) Membahas agenda tentang Komite Nasional Parta Nasional Indonesia yang berkedudukan di Jakarta. . jawa timur.yaitu dengan pemaksaan mengakui pemerintahan NICA (Nertherlands Indies Civil Administration). tentang pembentukan partai politik sebanyak-banyaknya oleh rakyat  maklumat pemerintah tanggal 14 November 194. maluku dan sunda kecil  untuk sementara waktu kedudukan kooti dan sebagainya di teruskan seperti sekarang  untuk sementara waktu kedudukan dan gemeente di teruskan seperti sekarang dan di bentuknya 12 departemen kementrian. 3) Sidang Ketiga (20 Agustus 1945) Melakukan pembahasan terhadap agenda tentang “Badan Penolong Keluarga Korban Perang” yang terdiri dari 8 pasal.

 Pembentukan Negara Republik Indonesia Serikat (RIS) Hasil dari KMB ditandatangani persetujuan oleh Ratu Belanda Yuliana dan Wakil Pemerintah RI di Den hag pada tanggal 27 Desember 1949 dengan isi:  Konstitusi RIS menentukan bentuk Negara serikat (federalis) yaitu 16 negara bagian  Konstituse RIS menentukan sifat pemerintah berdasarkan ats demokrasa liberaldimana menteri.  Dekrit Presiden 5 Juli 1959 Pemilu pada tahun 1955 kenyataanya tidak dapt memenuhi harapan dan keinginan rakyat.social maupun hankam. .Membubarkan Konstitusi . Pada akhirnya pada tanggal 5 Juli 1959 keluarlah Dekrit: .Kemudian tanggal 19 Mei 1950 seluruh Negara bersatu dalam Negara kesatuan dengan kontitusi sementara yang berlaku sejak 17 Agustus 1950.Menetapkan berlakunya kembali UUD 1945 .ekonomi.Dibentuknya MPRS dan DPAS dalam waktu yang sesingkat-singkatnya Pengertian dekrit adalah suatu putusan dari organ tertinggi (kepala Negara atau organ lain) yang merupakan penjelmaan kehendak yang sifatnya sepihak bilamana Negara dalam darurat. menteri bertanggung jawab ats seluruh kebijaksanaan pemerintah kepada palemen  Mukadimah konstitusi RIS telah menghapuskan sama sekali jiwa semangat maupun isi pembukaan UUD 1945  Terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia tahun 1950 Berdirinya RIS merupakan suatu taktik politis untuk tetap konsisiten terhadap deklarasi proklamasi maka terjadilah gerakan unitaris secara spontan untuk membentuk Negara kesatuan yaitu penggabungan diri negara proklamasi RI yang berpusat di Yogyakarta.bahkan menimbulkan ketidak stabilan politik.Tetapi UUDS 1950 masih berorientasi kepada pemerintahan yang berasaskan liberal dan terjadi penyimpangan pancasila.

Nilai-nilai tersebut kemudian diangkat dan drirumuskan secara formal oleh para pendiri negar a untuk dijadikan sebagai dasar filsafat Negara Indonesia. B.tonggak sejarah itu dapat ki ta ikhtisarkan sebagai berikut: 1. Karena sejarah perjangan bangsa Indonesia sejak berabad -abad yang lalu itu panjang sekali.Pendapat ini diperkuat pula dengan ditemukannya prasasti Muara Takus. Nilai-nilai tersebut telah ada dan melekat serta teramalkan dalam kehidupan sehari . kebudayaan serta nilai-nilai religius. dapat ditarik kesimpulan lain. Bangsa Indonesia Bangsa Indonesia telah mendirikan kerajaan Sriwijaya di Sumatera Selatan. Kerajaan Sriwijaya terletak di Jambi. yang berupa nilai-nilai adat istiadat. Proses perumusan pancasila secara formal tersebut dilakukan dalam sidang-sidang BPUPKI pertama.bersatu serta mempunyai wilayah yang meliputi seluruh nusantara ini. sehi ngga bangsa Indonesia sebagai kausa materialis pancasil. sehingga materi pancasila yang berupa nilai .Baik Sriwijaya. serta akhirnya di sahkan secara YURIDIS sebagai dasar filsafat Negara Republik Indonesia. maka perlulah ditetapkan tonggak-tonggak sejarah tersebut. Sejarah perjuangan bangsa Indonesia . Namun dari keterangan prasasti Kota Kapu di Talang To.nilai tersebut tidak lain adalah dari bangsa Indonesia sendiri. MASA KERAJAAN SRIWIJAYA Dalam sejarah Indonesia terdapat dua kerajaan kuno yang besar dan megah yaitu Kerajaan Sriwijaya dan Majapahit. dan kemudian sekitar seabad seterusnya didirikan pula kerajaan Majapahit di Jawa Timur. yakni peristiwa-peristiwa yang menonjol. terutama dalam hubungannya dengan pancasila. nilai-nilainya telah ada pada bangsa Indonesia sejak zaman dahulu kala sebelum bangsa Indonesia mendirikan Negara. maupun Majapahit pada zamannya itu telah merupakan negara-negara yang berdaulat. jepang.dari penjajahan barat.”9” sidang BPUPKI kedua.hingga era reformasi Pancasila sebagai dasar Negara RI sebelum di sahkan pada tanggal 18 agustus 1945 oleh PPKI.hari sebagai pandangan hidup. yaitu pusat ibu kota sriwijaya . yang menyebut -nyebut kata “Sriwijaya”.

MASA KERJAAN MAJAPAHIT Sriwijaya dan Majapahit merupakan dua kerajaan yang memiliki karisma tersendiri menduduki tempat yang cukup mengesankan s erta disegani oleh banyak Negara asing. .ada seorang murid bernama Sakiyakirti yang kemudian menjadi guru besar di Sriwijaya. Balaputra Dewa adalah keturunan Raja Jawa yang mengadakan hubungan baik dengan kerajaan Benggala yang diperintah oleh Dewapala Dewa yang pernah menghadiahkan sebidang tanah untuk mendirikan asrama bagi pelajar dari Sriwijaya. Majapahit banyak menerima unsur politik.Dalam pertumbuhannya. Sriwijaya berkembang menjadi kerajaan besar. sementara itu Gajah Mada melakukan peluasan kekuasaaan ke luar Jawa. bupati Madura yang menghadiahkan daerah Tarik kepada Raden Wijaya sebagai daerah kekuasaan Majapahit melakukan Mitreka Setata (persahabatan yang kekal sederajat) dengan Negara-negara di Asia tenggara.adalah di Palembang. Pendirinya adalah Raden Wijaya yang berhasil menduduki tahta berkat bantuan dari Atya W iraraja. Untuk mencapai cita-citanya. ekonomi dari Singosari sebagai kerajaan yang mendahuluinya. ia menyatakan Sumpah Palapa dan dengan dibantu oleh Mpu Nala dan Adityawarman. pada masa ini kemakmuran rakyat Majapahit Nampak terangkat dan kegiatan ekonomi mahupun budaya sangat diperhatikan.Dalam pertumbuhannya. social. sehingga para biksu dari negeri Cina harus belajar Sansekerta di Sriwijaya terlebih dahulu sebelu m belajar agama Budha di India. Sriwijaya mengalami kemunduran. Prasasti lain yang menunjukkan adanya kekuas aan Sriwijaya adalah Bukit Siguntang dan Karang Brahi. Namun hubungan Sriwijaya dengan India retak (1023 -1024m) karena adanya pertikaian mengenai penguasaan jalur lalulintas perdangan di Selat Malaka. Sriwijaya berperan penting sebagai pusat perkembangan agama ini di Asia Tenggara dan sebagai pus at perkembangan bahasa Sansekerta. Prasasti itu juga menjelaskan bahwa Balaputra Dewa keturunan dari Raja Samaratungga dan Putri Tara dari Sriwijaya kemudian menjadi raja besar.Berdasarkan prasasti Nalanda. ia menaklukkan satu persatu daerah di luar Jawa. Diantara Dharmapala. Setelah BalaPutra Dewa meninggal. kebudayaan. Majapahit runtuh karena perang saudara dan proses kehancuran ini juga dipercepat oleh perkembangan agama Islam di Demak. Disisi lain perkembangan agama Budha.

2. Pada saat itu pemuda pemuda Indonesia yang dipelopori oleh Muh. Penjajahan Barat Kesuburan Indonesia dengan hasil buminya yang melimpah terutamanya rempah-rempahnya yang dibutuhkan oleh negara. Pada kurun XIX penjajah Belanda mengubah sistem kolonialismenya yang semula berbentuk perseroan dagang partikelir V.Kemudian meletus lagi perlawanan bangsa Indonesia dengan Belanda yang dipimpin oleh Pattimura( Maluku 1817 ). Teuku Umar. Diponegoro (Mataram 1825-1830).C.  Kebangkitan Nasional / Kesadaran Bangsa Indonesia Pada permulaan XX bangsa Indonesia mengubah caranya didalam melawan kolonialis Belanda.  Perlawanan fisik bangsa Indonesia (abad XVII -XX) Penjajahan barat yang memusnahkan kemakmuran bangsa Indonesia itu tidak dibiarkan begitu saja oleh segenap bangsa Indonesia. Dimana mana bangsa Indonesia melawannya dengan semangat patriotik Perlawanan terhadap penjajah digerakkan oleh para pahlawan. pada abad itu berubah menjadi badan pemerintahan resmi yaitu Pemerintahan Hindia Belanda. Jelantik( Bali 1850). Maka lahirklah bermacam macam organisasi politik disamping bergerak dalam bidang pendidikan dan sos ial yang dipelopori oleh Budi Utomo pada tanggal 20 Mei 1908 .  Sumpah Pemuda/ Persatuan Bangsa Indonesia (28 Oktober 1928) Pada tanggal 28 Oktober 1928 terjadilah penonjolan peritiwa sejarah perjuangan bangsa Indonesia didalam mencapai cita -citanya. Singamangaraja (Batak 1900). Teuku Cik di tiro. Inggris dan akhirnya Belanda dibumi Indonesia. Bentuk perlawanan itu ialah dengan menyadarkan bangsa Indonesia akan pentingnya bernegara.negara di luar Indonesia menyebabkan bangsa asing berduyun duyun masuk ke Indonesia. Imam Bonjol (Minangkabau 1822 - 1837). Badaruddin (Palembang 1817). Cut Nya’Din ( Acheh 1873 . Spanyol. Sejak semula imprealisme itu menjejakkan kakinya di Indonesia.1904).Bermunculanlah bangsa bangsa barat yakni Portugis.O. Yamen. Pangeran (Kalimantan 1860). Anak Agung Made (Lombok 1895). Kuntjoro .

"Klaim" Mu hammad Yamin bahwa pada tanggal 29 Mei 1945 dia mengemukakan 5 asas bagi negara Indonesia Merdeka. BPUPKI semula beranggotakan 70 orang (62 orang Indonesia dan 8 orang anggota istimewa bangsa Jepang yang tidak berhak berbicara. Pada hari keempat. Kuniaki Koiso pada tanggal 7 September 1944. tanah-air dan bahasa yang satu . Muhammad Yamin dan Soepomo. ketuhanan. dan kesejahteraan rakyat. Untuk mencapai kemerdekaan perlu adanya rasa persatuan sebagai bangsa yang merupakan syarat mutlak. yang oleh Soekarno dinamakan ''Pancasila''. . W ongsonegoro dan lain lainnya mengumandangkan Sumpah Pemuda Indonesia yang berisi pengakuan akan adanya bangsa . 3.1 Juni 1945 untuk merumuskan falsafah dasar negara bagi negara Indonesia.Purbopranoto. Selama empat hari bersidang ada tiga puluh tiga pembicara. Soekarno mengusulkan 5 asas yaitu ''kebangsaan Indonesia. kemanusiaan. dan ketuhanan yang Maha Esa''.'' oleh "Panitia Lima" (Bung Hatta cs) diragukan kebenarannya. Penjajahan Jepang Sejarah pembuatan Pancasila ini berawal dari pemberian janji kemerdekaan di kemudian hari kepada bangsa Indonesia oleh Perdana Menteri Jepang saat itu. hanya mengamati)kemudian ditambah dengan 6 orng Indonesia pada sidang kedua. Penelitian terakhir menunjukkan bahwa Soekarno adalah "Penggali/Perumus Pancasila". Pidato Soekarno diterima dengan gegap gempita oleh peserta sidang. persatuan dan kesatuan. kerakyatan. internasionalisme atau peri-kemanusiaan. kesejahteraan sosial. Oleh karena itu. Sidang pertama pada tanggal 29 Mei 1945 . Pemerintah Jepang membentuk BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha -Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia) pada tanggal 29 April yang bertujuan untuk mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan tata pemerintahan Indonesia Merdeka. Tokoh lain yang yang menyumbangkan pikirannya tentang Dasar Negara antara lain adalah Mohamad Hatta. Dengan sumpah pemuda ini makin tegaslah apa yang diinginkan oleh bangsa Indonesia yaitu kemerdekaan tanah-air dan bangsa Indonesia. tanggal 1 Juni 1945 diketahui sebagai hari lahirnya pancasila. yakni Indonesia.yaitu''kebangsaan.

Hatta. Soekarno mengucapkan pada pidatonya dihadapan sidang hari ketiga Badan Penyelidik diusulkan juga lima hal untuk menjadi dasar dasar Negara Merdeka: 1)Kebangsaan Indonesia 2)Internasionalisme atau perikemanusiaan 3)Mufakat-atau Demokrat 4)kesejahtraan sosial 5)Ketuhanan dan kebudayaan 3. Soekarno. Muhammad Yamin (29 Mei 1945) Pada tanggal 28 Mei 1945 itu Badan Penyelidik mengadakan sidangnya yang pertama.Peristiwa ini kita jadikan tonggak sejarah karena pada saat itulah.Yamin mendapat kesempatan yang pertama untuk mengemukakan pidatonya di hadapan sidang Badan Penyelidik. Drs Moh.a. Piagam Jakarta (22 Juni 1945) Sembilan tokoh nasional ialah Ir. A. Mr. yakni : 1)Peri Kebangsaan 2)Peri Kemanusiaan 3)Peri Ketuhanan 4)Peri Kerakyatan 5)Kesejahteraan Rakyat Usul tertulis mengenai Rancangan UUD Republik Indonesia didalam rancangan UUD itu tercantum perumusan lima asas dasar Negara yang berbunyi: 1)Ketuhanan Yang Maha Esa 2)Kebangsaan Persatuan Indonesia 3)Rasa Kemanusiaan yang Adil dan Beradab 4)Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dan permusyawaratan perwakilan.Mr. lima asas dasar Negara Indonesia Merdeka yang diidamkan itu. Ir. Soekarno (1 Juni 1945) Ir.a Maramis dan lain-lain mengadakan perbahasan dan pertemuan untuk membahas . 5)Keadilan Sosial bagi seluruh rakyat Indonesia 2. 1.M.

Namun berkat kesadaran untuk mempertahankan Pancasila maka upaya tersebut mengalami kegagalan. yaitu Kasman Singodimejo. setelah upacara proklamasi kemerdekaan. datang berberapa utusan dari wilayah Indonesia Bagian Timur. Hatta lalu mengusulkan mengubah tujuh kata tersebut menjadi "Ketuhanan Yang Maha Esa". Pemberontakan ini merupakan wujud usaha mengubah unsur Pancasila menjadi ideologi komunis. Hari itu.  Hari Kesaktian Pancasila Pada tanggal 30 September 1965. adalah sakti. yang berbunyi. Pada Sidang PPKI I. Pancasila menjadi ideologi murni . Artinya pemikiran . memperingati bahwa dasar Indo nesia. Pancasila. Mereka semua berkeberatan dan mengemukakan pendapat tentang bagian kalimat dalam rancangan Pembukaan UU D yang juga merupakan sila pertama Pancasila sebelumnya.Kemudian pada 14 Juli 1945 Piagam Jakarta dapat penerimaan oleh Badan Penyelidik yang berlangsung pada sidangnya yang kedua pada tangg al 14 -15 Juli 1945. Maka 30 September diperingati sebagai Hari Peringatan Gerakan 30 September G30S-PKI dan tanggal 1 Oktober ditetapkan sebagai Hari Kesaktian Pancasila. dan Teuku M. adalah awal dari Gerakan 30 September (G30SPKI). Pancasila lebih banyak berada dalam ranah idealisasi. Pada tanggal 17 Agustus 1945. yaitu pada tanggal 18 Agustus 1945. enam Jendral dan berberapa orang lainnya dibunuh sebagai upaya kudeta. Pengubahan kalimat ini telah dikonsultasikan sebelumnya oleh Hatta dengan 4 orang tokoh Islam. Setelah mengadakan perbahasan maka disusunlah sebuah piagam yang kemudian terkenal dengan nama Piagam Jakarta.sidang Badan Penyelidik.pidato serta usul usul mengenai dasar Negara yang telah dikemukakan dalam sidang. Dan akhirnya bersamaan dengan penetapan rancangan pembukaan dan batang tubuh UUD 1945 pada Sidang PPKI I tanggal 18 Agustus 1945 Pancasila ditetapkan sebagai dasar negara Indonesia. Mereka menyetujui perubahan kalimat tersebut demi persatuan dan kesatuan bangsa. "Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk -pemeluknya". Ki Bagus Hadikusumo. Hasan. tak tergantikan  Pada Jaman Lama Pada masa Orde Lama misalnya.

gagasan. Setiap pidato tentang Pancasila yang terucap dari mulut Bung karno akan ditelan masyarakat sebagai harga mati bagi ideologi bangsa.Pancasila lebih ke ide. Pada era tersebut ideologis Pancasila masih didominasi oleh kehebatan karisma Bung Karno. ketatanegaraan. Pada era orde Baru Pancasila harus diterima masyarakat melalui indomtrinasi dan pemaksaan dalam sistem pendidikan nasional y ang membuat Pancasila melekat erat dalam kehidupan bangsa. kapitalisasi dan sosialisasi tak terelakkan lagi. Pada pertengahan Orba mulai . Dengan berjalannya waktu muncul persoalan yaitu infrastruktur politik terlalu larut d alam mengaktualisasi nilai dasar. Era orde baru itu pemerintah menggunakan Pancasila sebagai “alat” untuk melegitimasi berbagai produk kebijakan.  Jaman Orde Baru Pada masa Orde Baru penguasa menjadikan Pancasila sebagai Ideologi politik. konsep yang dijadikan pegangan seluruh aspek kehidupan Pancasila seakan-akan ada di awang – awang karena hanya berupa dogma yang sulit diterjemahkan. sehingga mulai muncul wacana adanya berbagai kesenjangan di tengah masyarakat . Kondisi ini ditambah dengan bergulirnya globalisasi yang menjadikan tidak adanya lagi sekat-sekat pemisah antarnegara sehingga pembahasan dan wacana yang mengaitkan Pancasila dengan ideologi atau pemahaman liberalisasi. Berbeda dengan saat era orde baru yang didominasi karismatik Bung Karno. agama) demikian juga jika ideologi sosialis (komunis) menjawab persoalan pasti rumusnya juga jelas yaitu dengan pemusatan pengaturan untuk kepentingan kebersamaan. Dibandingkan dengan ideologi liberal misalnya maka pemecahan persoalan yang terjadi akan mudah karena ideologi liberal mempunyai konsep jelas ( kebebasan di bidang ekonomi. hal ini bisa dilihat dari berbagai kebijakan yang dikeluarkan pemerintah berkaitan dengan keharusan elemen masyarakat (orpol dan kemasyarakatan serta seluruh sendi kehidupan masyarakat ) yang harus berasaskan Pancasila. Apa yang keluar dari pidato bung Karno adalah selalu dielu-elukan masyarakat yang saat itu sangat eforia dengan kebebsan setelah masa penindasan Belanda dan jepang.

sebagai ikon dan instrumen politik rezim sebelumnya. Pancasila Artinya antara antara falsafah. Sepanjang reformasi Pancasila seakan akan merupakan objek menarik yang dijadikan acuan pencapaian keseluruhan proses reformasi. di masa lalu memang terjadi mistifikasi dan ideologisasi Pancasila secara sistematis. Pancasila ikut dipersalahkan karena dianggap menjadi ornamen sistem politik yang represif dan bersifat monolitik sehingga membekas sebagai trauma sejarah yang harus dilupakan. menjadi penyebab mengapa Pancasila kini absen dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. ideologi. terstruktur dan massif yang tidak jarang kemudian menjadi senjata ideologis untuk mengelompokkan mereka yang tak sepaham dengan pemerintah sebagai “tidak Pancasilais” atau “anti Pancasila” . Harus dibedakan apakah sebagai pandangan (falsafah)bangsa. Akibatnya. muncullah demistifikasi dan dekonstruksi Pancasila yang dianggapnya sebagai simbol. welfare state. Pancasila dalam konteks yang mana. Pancasila diposisikan sebagai alat penguasa melalui monopoli pemaknaan dan penafsiran Pancasila yang digunakan untuk kepentingan melanggengkan kekuasaan. konkret.  Era Reformasi Penolakan terhadap segala hal yang berhubungan dengan Orde Baru. tidak angan-angan semata ( utopia ). social justice. Masyarakat menginginkan sinergi antara apa yang ada pada nilai dasa r. nilai instrumen dan nilai praktis dan tidak mau terulang lagi perwujudan bentuk sebagai ideologi murni. ideologi maupun sebagai dasar negara.banyak wacana yang menginginkan agar Pancasila nampak dalam kehidupan nyata. ketika terjadi pergantian rezim di era reformasi. Pertanyaannya. Itu berarti Pancasila menjadi ideologi praktis. politik dan strategi harus dijalankan secara sinergis dan kesemuanya ditujukan untuk mewujudkan tujuan yang dikehendaki seluruh bangsa yaitu mewujudkan civil society. . Pa ncasila harus selalu menjadi acuan pencapaian tujuan Negara Indonesia . Harus diakui. ideologi politik semata. Pada era reformasi pola pikir masyarakat perlahan bergeser.

Saat infrastruktur demokrasi terus dikonsolidasikan. Reformasi dan demokratisasi di segala bidang akan menemukan arah yang tepat manakala kita menghidupkan kembali nilai -nilai Pancasila dalam praksis kehidupan berbangsa dan bernegara yang penuh toleransi di tengah keberagaman bangsa yang majemuk ini. sikap intoleransi dan kecenderungan mempergunakan kekerasan dalam menyelesaikan perbedaan. etis dan eksotis serta menjunjung tinggi keberagaman dan menghargai perbedaan masih jauh dari kenyataan. penolakan terhadap kemajemukan dan tindakan teror kekerasan tersebut m enunjukkan bahwa obsesi membangun budaya demokrasi yang beradab. Reaktualisasi Pancasila semakin menemukan relevansinya di tengah menguatnya paham radikalisme. fanatisme kelompok dan kekerasan yang mengatasnamakan agama yang kembali marak beberapa waktu terakhir ini. Fenomena fanatisme kelompok. menjadi kontraproduktif bagi perjalanan bangsa yang multikultural ini. apalagi mengatasnamakan agama. .

B. Sejarah perjuangan bangsa indonesia/membentuk negara sangat erat kaitannya dengan jati diri bangsa indonesia. bidang panitia 9. sidang BPUPKI kadua. Proses cara formal tersebut di lakukan dalam sidang-sidang bpupki pertama. KESIMPULAN Nilai-nilai pancasila diangkat dan di rumuskan secara formal/para pendiri negara/di jadikan sebagai dasar negara RI. Ketuhanan.kerakyatan serta keadilan. Kami menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini masih terdapat banyak kesalahan dan kekurangan. serta akhirnya di sah kan secara yuridis sebagai dasar negara R I. SARAN Saran yang dapat kami tuliskan disini semoga makalah mengenai pancasila dalam sejarah perjalanan bangsa Indonesia ini dapat bermanfaat dalam pembelajaran mahasiswa dan semoga bermanfaat.maka dengan senang hati kami menerima kritikan serta saran–saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan makalah ini. BAB III PENUTUP A. Dalam kenyataannya secara objektif tlah di miliki/bangsa indonesia sejak dahulu kala. . kemanusiaan. Semoga hasil dari penyusunan makalah ini dapat d i m a n f a a t k a n b a g i g e n e r a s i mendatang. persatua.

blogspot.html .com/2010/11/pancasila-dalam-konteks-sejarah. DAFTAR PUSTAKA  sumber : wikipedia dan berbagai sumber lainnya  http://viahzrdous99.