BAB V

KEPEMIMPINAN DAN MANAJEMEN
UPAYA KESEHATAN MASYARAKAT

KRITERIA
5.1.6

ELEMEN
DOKUMEN TERKAIT KETERANGAN
PENILAIAN
SK Kepala Puskesmas tentang kewajiban
EP. 1 penanggung jawab UKM dan pelaksanaan
untuk memfasilitasi peran masyarakat
Rencana, kerangka acuan, SOP pemberdayaan
EP. 2
masyarakat
SOP Pelaksanaan SMD, Dokumentasi
EP. 3
pelaksanaan SMD, dan hasil SMD
SOP komunikasi dengan masyarakat dan
EP. 4
sasaran program
Bukti perencanaan dan pelaksanaan UKM
EP. 5 Puskesmas kegiatan bersumber dari swadaya
masyarakat / swasta

PEMERINTAH KABUPATEN MANDIANGIN
DINAS KESEHATAN
PUSKESMAS MANDIANGIN
Jl. Raya sarolangun – Tembesi Kecamatan mandiangin Telp. (0745)
Sarolangun – Jambi 37492

KEPUTUSAN
KEPALA PUSKESMAS MANDIANGIN
NOMOR :/17/PKM-MA/I/2010

TENTANG
KEWAJIBAN PENANGGUNG JAWAB PROGRAM DAN PELAKSANAAN
UNTUK MEMFASILITASI PERAN MASYARAKAT
DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA

KEPALA PUSKESMAS MANDIANGIN,

Menimbang : a. bahwa untuk tercapainya peningkatan derajat kesehatan di wilayah
kerja maka perlu dilakukan fasilitasi pembangunan yang berwawasan
kesehatan dan pemberdayaan masyarakat dalam bidang kesehatan;
b. bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana di maksud pada huruf
a perlu menetapkan keputusan KepalaPuskesmas MANDIANGIN
tentang kewajiban penanggung jawab upaya dan pelaksana upaya
untuk memfasilitasi peran serta masyarakat;

Mengingat : 1. Undang – Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan;

2. Undang-undang Nomor 36 Tahun 2014 tentang Tenaga Kesehatan;
3. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 75 Tahun 2014 Tentang Pusat
Kesehatan Masyarakat;
4. Peraturan Menteri Kesehatan 741/Menkes/PER/VII/2008 tentang
Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan di Kabupaten/Kota;

MEMUTUSKAN
Menetapkan : KEPUTUSAN KEPALA PUSKESMAS TENTANG KEWAJIBAN
PENANGGUNG JAWAB PROGRAM DAN PELAKSANAAN
UNTUK MEMFASILITASI PERAN MASYARAKAT
Kesatu : Kewajiban penanggung jawab dan pelaksana upaya untuk
memfasilitasi peran serta masyarakat dalam peningkatan derajat
kesehatan mulai dari perencanaan, pelaksanaan sampai dengan
evaluasi melalui pertemuan loka karya mini, pertemuan paguyuban
kader, MMD (Musyawarah Masyarakat Desa), SMD (Survey Mawas
Diri), forum UKBM Lokakarya Mini, dll.

Memberikan informasi Upaya yang melibatkan peran serta masyarakat. c. b. 196503032009071001 . Memonitoring setiap kegiatan yang dilakukan uang melibatkan peran serta masyarakat. Ketiga : Penanggung jawab upaya bertanggung jawab kepada Kepala Puskesmas. d. dan apabila terdapat kekeliruan dalam surat keputusan ini akan diadakan perbaikan seperlunya. Melibatkan setiap elemen masyarakat dalam semua kegiatan yang menyangkut Upaya. Merencanakan kegiatan yang dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Keempat : Surat Keputusan ini mulai berlaku sejak tanggal ditetapkan. dr.Kedua : Yang dimaksud memfasilitasi peran serta masyarakat adalah: a. Ditetapkan di : MANDIANGIN Pada Tanggal : Januari 201 KEPALA PUSKESMAS MANDIANGIN.Sat Joga Agus Widi Nugroho NIP.

Membangun kesehatan warga melalui pendekatan pemberdayaan masyarakat 2. keluarga. RINCIAN KEGIATAN 1. Menyebarkan undangan d. Melibatkan masyarakat dalam proses-proses peningkatan derajat kesehatan masyarakat D. kemauan dan kemampuan melayani diri sendiri dan masyarakat untuk hidup sehat. Menyampaikan materi pertemuan e. Ada tiga fungsi yang dijalankan puskesmas yaitu : 1. 3. berperan aktif dalam memperjuangkan kepentingan kesehatan termasuk pembiayaan (dukungan dana) serta ikut menerapkan. B.lintas sektor. LATAR BELAKANG Salah satu fungsi puskesmas adalah sebagai pusat pemberdayaan masyarakat. Memberikan tanggapan terhadap umpan balik g. puskesmas berupaya agar perorangan terutama pemuka masyarakat. Pelaksana kegiatan 3. 2. b. Dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan di wilayah kerja. pelaksanaan. Dalam menjalankan fungsi tersebut. Penyampaian umpan balik dari masyarakat/lintas sektor f.tokoh/pemuka masyarakat. Evaluasi kegiatan F. TUJUAN a. Tujuan umum Fasilitasi pembangunan yang berwawasan kesehatan dan pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat diwilayah kerja. CARA MELAKSANAKAN KEGIATAN a. Puskesmas Pauh adalah unit pelaksana teknis Dinas Kesehatan Kabupaten Mandiangin yang bertanggung jawab menyelenggarakan pembangunan kesehatan disebagian wilayah Kecamatan Pauh. menyelenggarakan dan memantau pelaksanaan program kesehatan. dan evaluasi kegiatan dengan memanfaatkan sumber daya yang ada. Perencana kegiatan dengan mengakomodir kebutuhan/usulan masyarakat 2. SASARAN Sasaran program dalam kegiatan fasilitasi pemberdayaan masyarakat ini adalah penanggung jawab program. Melakukan dokumentasi dan evaluasi hasil pertemuan G. perlu dilakukan fasilitasi pembangunan yang berwawasan kesehatan. Menggerakkan pembangunan berwawasan kesehatan. Tujuan khusus 1. dan masyarakat memiliki kesadaran. kader kesehatan dan kelompok masyarakat. Menutup pertemuan dengan doa h. Menyediakan materi dan tempat pertemuan c.kader. C. Memberikan pelayanan kesehatan tingkat pertama. E. KEGIATAN POKOK Keterlibatan masyarakat dalam perencanaan. . KERANGKA ACUAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT A. Memberdayakan masyarakat dan keluarga. PENDAHULUAN Secara umum puskesmas dapat diartikan sebagai satu satuan organisasi yang diberikan kewenangan kemandirian oleh dinas kesehatan untuk melaksanakan tugas-tugas operasional pembangun di wilayah kerja/kecamatan. Melaksanakan pertemuan dengan lintas sektor. dan masyarakat b.

buku catatan pribadi pelaksana program. Januari 2017 Kepala Puskesmas Mandiangin Penanggung Jawab UKM dr. JADWAL PELAKSANA No Kegiatan 2017 2017 des Jan Peb Mar April Mei Juni Juli Agust Sep Okt Nov Des Nov 1 Perencanaan kegiatan dengan mengakomodir kebutuhan/usulan masyarakat Pelaksanaan 2 Kegiatan Evaluasi Kegiatan 3 I. PENCATATAN PELAPORAN DAN EVALUASI KEGIATAN Pencatatan kegiatan dilakukan dalam bentuk notulen.Kep NIP: 196503032009071001 NIP :198103062006042015 . pelaporan dilakukan kepada kepala puskesmas secara langsung atau dalam pertemuan minilokakarya.Sat Joga Agus Widi Nugroho Rena Nelly AM.H. J. EVALUASI PELAKSANAAN KEGIATAN DAN PELAPORAN Setiap kegiatan yang tercatum dalam jadwal dilakukan evaluasi. Mengetahui Mandiangin .

kemauan dan kemampuan masyarakat sehingga masyarakat dapat berkonstribusi dalam upaya kesehatan C.Sat Joga Agus Widi Nugroho MANDIANGIN NIP : 196503032009071001 A. Pengertian 1. Dokumen : SOP/ /UKM/2017 S No. organisasi masyarakat dan masyarakat B. oleh dan untuk masyarakat 2. Terbit : Januari 2017 P Halaman : PUSKESMAS Dr. dengan cara meningkatkan pengetahuan. Tujuan Sebagai acuan didalam melaksanakan pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan kemandirian masyarakat dan keluarga dalam bidang kesehatan. Revisi : - O Tgl.Pemberdayaan masyarakat pada upaya kesehatan masyarakat adalah upaya meningkatkan peran aktif masyarakat dalam mencegah dan mengatasi masalah dengan kegiatan dari. tokoh masyarakat. PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PADA KEGIATAN UPAYA KESEHATAN MASYARAKAT No. Kebijakan Surat Keputusan Kepala Puskesmas MandianginNo:/ //SK//2017tentang kewajiban penanggung jawab upaya kesehatan masyarakat dan pelaksana untuk memfasilitasi peran masyarakat sebagai pedoman pelaksanaan pemberdayaan masyarakat D. Referensi Buku pedoman Desa siaga E. Alat dan Bahan - .Sasaran pemberdayaan masyarakat adalah aparat pemerintahan.

Pelaksana upaya kesehatan masyarakat yang ditunjuk membacakan hasil pertemuan dan kesepakatan-kesepakatan yang diambil 11. Dokumen : SOP/ /UKM/2017 S No.Fasilitator yang ditunjuk menggali pengetahuan peserta tentang masalah kesehatan dan faktor resiko yang berhubungan dengan upayakesehatan masyarakat 9.Pada saat pelaksanaan.Penanggung jawab dan pelaksana upaya kesehatan masyarakatmembuat undangan untuk peserta dan fasilitator 3. Terbit : Januari 2017 P Halaman : PUSKESMAS Dr.Sat Joga Agus Widi Nugroho MANDIANGIN NIP : 196503032009071001 F.Penanggung jawab dan pelaksana upayakesehatan masyarakat menentukan metode pelaksanaan yang akan digunakan 6. Prosedur 1.Penanggung jawab upayakesehatan masyarakat menunjuk pelaksana program untuk mengedarkan surat undangan kepada peserta sesuai dengan daftar yang diundang dan kepada fasilitator 5.Penanggung jawab upayakesehatan masyarakat menyampaikan tujuan dan materi pertemuan 8.Peserta pertemuan membuat kesepakatan dari hasil pertemuan 10.Penanggung jawab dan pelaksana minta tanda tangan Kepala Puskesmas dan minta nomor surat kepada tata usaha 4. pelaksana upaya kesehatan masyarakat yang ditunjuk menyiapkan administrasi dan mempersikahkan peserta mengisi daftar hadir yang dipersiapkan 7. PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PADA KEGIATAN UPAYA KESEHATAN MASYARAKAT No.Penanggung jawab dan pelaksana upayakesehatan masyarakatmengidentifikasi dan menentukan peserta yang akan di undang 2.Penanggung jawab upaya kesehatan masyarakat menutup pertemuan . Revisi : - O Tgl.

Terbit : Januari 2017 Halaman : PUSKESMAS Dr. Dokumen : SOP/ /UKM/2017 O No.Sat Joga Agus Widi Nugroho MANDIANGIN NIP : 196503032009071001 G. UKM menyampaikan peserta tentang masalah pelaksanaan UKM yang tujuan dan materi kesehatan dan faktor resiko ditunjuk menyiapkan pertemuan yang berhubungan dengan administrasi dan UKM mempersikahkan peserta mengisi daftar hadir yang dipersiapkan Pelaksana UKM yang ditunjuk membacakan Peserta pertemuan hasil pertemuan dan membuat Penanggung jawab kesepakatan. PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PADA KEGIATAN UPAYA KESEHATAN MASYARAKAT S No. kesepakatan dari upaya kesehatan kesepakatan yang hasil pertemuan masyarakat menutup diambil pertemuan . Revisi : - P Tgl.Bagan Alir Penangg jawab dan Penangg jawab dan pelaksana UKM pelaksana UKM membuat mengidentifikasi dan undangan untuk peserta dan v menentukan peserta fasilitator yang akan di undang Penanggung jawab UKM Penanggung jawab dan Penanggung jawab menunjuk pelaksana pelaksanaminta tanda dan pelaksana program untuk mengedarkan tangan Kepala Puskesmas UKMmenentukan surat undangan kepada dan minta nomor surat metode peserta sesuai dengan daftar kepada tata usaha pelaksanaan yang yang diundang dan kepada akan digunakan fasilitator Fasilitator yang ditunjuk Penanggung jawab menggali pengetahuan Pada pelaksanaan.

Dokumen terkait - K.Penanggung jawab upaya Kesehatan masyarakat terkait 2.Hal-halyang - diperhatikan I. Dokumen : SOP/ /UKM/2017 S No. Revisi : - O Tgl.Pelaksanaan upaya Kesehatan masyarakat J.Sat Joga Agus Widi Nugroho MANDIANGIN NIP : 196503032009071001 H. Terbit : Januari 2017 P Halaman : PUSKESMAS Dr. PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PADA KEGIATAN UPAYA KESEHATAN MASYARAKAT No.Rekam histori No Halaman Yang diubah Isi perubahan Diberikan Tgl .Unit terkait 1.

lingkungan dan perilaku masyarakat C. SURVEY MAWAS DIRI (SMD) UPAYA KESEHATAN MASYARAKAT No. pengumpulan danpengkajian masalah kesehatan masyarakat 2. Alat dan Bahan - . Kebijakan Surat Keputusan KepalaPuskesmas MandianginNo:/ //SK//2017tentang kewajiban penanggung jawab upaya untuk memfasilitasi peran serta masyarakat D.Sat Joga Agus Widi Nugroho PUSKESMAS MANDIANGIN NIP : 196503032009071001 A. Revisi : - O Tgl. Tujuan Sebagai acuan untuk mengumpulkan data dan mengkaji serta menganalisis masalah kesehatan.blogspot.Survey mawas diri dilakukan dengan cara wawancara langsung dengan masyarakat dan pengamat langsung terhadap rumah tangga dan lingkungan 3. Dokumen : SOP/ /UKM/2017 S No.Survey mawas diri adalah kegiatan pengenalan. Referensi http://keperawatan-komunitas.com/2012/03/survei-mawasdiri. tokoh masyarakat dan kelompok warga yang telah ditunjuk melaksanakan SMD dengan bimbingan petugas Puskesmas dan bidan di desa mengumpulkan informasi masalah kesehatan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan B.Survey mawas diri dilakukan oleh kader. Pengertian 1.html E. Terbit : Januari 2017 P Halaman : Dr.

dan jadwal pelaksana SMD 3.Penanggung jawab dan pelaksana Upaya kesehatan masyarakat melaporkan hasil SMD kepada Kepala Puskesmas . Dokumen : SOP/ /UKM/2017 S No.Penanggung jawab/Pelaksana Upaya kesehatan masyarakat menerima hasil rekapan. SURVEY MAWAS DIRI (SMD) UPAYA KESEHAATAN MASYARAKAT No. mengolah dan menganalisa data yang telah terkumpul. menentukan prioritas masalah. kelompok warga untuk melaksanakan SMD dan menginformasikan tentang jadwal pelaksanaan kegiatan 4.Penanggung jawab dan pelaksana Upaya kesehatan masyarakat menentukan Kriteria responden. Revisi : - O Tgl. Terbit : Januari 2017 P Halaman : Dr.Sat Joga Agus Widi Nugroho PUSKESMAS NIP : 196503032009071001 MANDIANGIN F.Penanggung jawab/Pelaksana Upaya kesehatan masyarakat menunjuk kader tokoh masyarakat. Prosedur 1.Penanggung jawab dan pelaksana upaya kesehatan masyarakat menyusun daftar pertanyaan. menyusun laporan SMD 5. dan lembar observasi (pengamatan) 2. termasuk cakupan wilayah dan jumlah KK.

Terbit : Januari 2017 P Halaman : Dr.Sat Joga Agus Widi Nugroho PUSKESMAS NIP : 196503032009071001 MANDIANGIN G. SURVEY MAWAS DIRI (SMD) UPAYA KESEHATAN MASYARAKAT No. jumlah KK. Bagan Alir Penanggung jawab dan pelaksana UKM menyusun daftar pertanyaan dan lembar observasi Penanggung jawab dan pelaksana UKM menentukan kriteria responden termasuk cakupan wilayah. dan jadwal pelaksana SMD Penanggung jawab dan pelaksana UKM menunjuk kader tokoh masyarakat. kelompok warga untuk melaksanakan SMD dan menginformasikan tentang jadwal pelaksanaan kegiatan Penanggung jawab dan pelaksana UKM menerima hasil rekapan Penanggung jawabdan pelaksana UKM melaporkan hasil kepada kapala puskesmas . Revisi : - O Tgl. Dokumen : SOP/ /UKM/2017 S No.

Terbit : Januari 2017 P Halaman : PUSKESMAS Dr. Dokumen : SOP/ /UKM/2017 S No. Rekam histori No Halaman Yang diubah Isi perubahan Diberikan Tgl .Sat Joga Agus Widi Nugroho MANDIANGIN NIP : 196503032009071001 H. Dokumen terkait Rekapan hasil wawancara Survey Mawas Diri K. Revisi : - O Tgl. Hal-halyang - diperhatikan I. Unit terkait Kader dan Bides J. SURVEY MAWAS DIRI (SMD) UPAYA KESEHATAN MASYARAKAT No.

Revisi : - P Tgl. KOMUNIKASI DENGAN MASYARAKAT DAN SASARAN UPAYA KESEHATAN MASYARAKAT S No.Sat Joga Agus Widi Nugroho PUSKESMAS NIP : 196503032009071001 MANDIANGIN A. Kebijakan Surat Keputusan KepalaPuskesmas MandianginNo:/ //SK//2017tentang koordinasi lintas upaya dan lintas sector D. dan pertemuan-pertemuan yang dilakukan dengan melibatkan peran serta masyarakat B. Penyampaian Informasi Upaya kesehatan masyarakat adalah: penyampaian informasi oleh penanggung jawab atau pelaksana upaya kesehatan masyarakat tentang program upaya kesehatan masyarakat yang ada di Puskesmas kepada masyarakat dan sasaran upaya kesehatan masyarakat 2. Terbit : Januari 2017 Halaman : : Dr. Referensi - E. Penyampaian informasi bisa dilaksanakan dengan berbagai media yang tersedia di masyarakat. brosur. Dokumen : SOP/ /UKM/2017 O No. Alat dan Bahan - . Tujuan Untuk mendapatkan informasi tentang Upaya kesehatan masyarakat Puskesmas sesuai prosedur dan tepat sasaran sehingga dapat meningkatkan pemberdayaan masyarakat dalam mendukung programUpaya kesehatan masyarakat yang dilaksanakan oleh Puskesmas dalam mewujudkan pembangunan yang berwawasan kesehatan dan pemberdayaan C. lembar balik. Pengertian 1. baik leaflet.

Terbit : Januari 2017 Halaman : : PUSKESMAS Dr. Penanggung jawab Upaya kesehatan masyarakat menentukan informasi upaya kesehatan masyarakat yang akan disampaikan pada masyarakat/sasaran Upaya kesehatan masyarakat 2. Dokumen : SOP/ /UKM/2017 O No. Revisi : - P Tgl. Penanggung jawab Upaya kesehatan masyarakat menyampaikan informasi program 6. KOMUNIKASI DENGAN MASYARAKAT DAN SASARAN UPAYA KESEHATAN MASYARAKAT S No. Penanggung jawab Upaya kesehatan masyarakat menentukan sasaran penyampaian informasi Upaya kesehatan masyarakat 4. Penanggung jawab Upaya kesehatan masyarakat menentukan metode dan bahan atau materi yang akan digunakan untuk menyampaikan informasi Upaya kesehatan masyarakat 3. Penanggung jawab Upaya kesehatan masyarakat mencatat dan melaporkan hasil penyampaian informasi .Sat Joga Agus Widi Nugroho MANDIANGIN NIP :196503032009071001 E.Prosedur 1. Penanggung jawab Upaya kesehatan masyarakat menentukan tempat dan waktu untuk menyampaikan informasi Upaya kesehatan masyaraka 5.

Revisi : - P Tgl. Terbit : Januari 2017 Halaman : : PUSKESMAS Dr.Bagan Alir Penanggung jawab UKM Penanggung jawab UKM menentukan informasi menentukan metode dan UKM yang akan bahan atau materi yang akan disampaikan pada digunakan untuk masyarakat/sasaran UKM menyampaikan informasi UKM Penanggung jawab UKM Penanggung jawab menentukan tempat dan UKM menentukan waktu untuk menyampaikan sasaran penyampaian informasi UKM informasi UKM Penanggung jawab Penanggung jawab UKM menyampaikan UKM mencatat dan informasi program melaporkan hasil penyampaian informasi . KOMUNIKASI DENGAN MASYARAKAT DAN SASARAN UPAYA KESEHATAN MASYARAKAT S No.Sat Joga Agus Widi Nugroho MANDIANGIN NIP : 196503032009071001 F. Dokumen : SOP/ /UKM/2017 O No.

Pelaksana Upaya kesehatan masyarakat I. Penanggung jawab Upaya kesehatan masyarakat 2. Terbit : Januari 2017 Halaman : : PUSKESMAS Dr. KOMUNIKASI DENGAN MASYARAKAT DAN SASARAN UPAYA KESEHATAN MASYARAKAT S No.Sat Joga Agus Widi Nugroho MANDIANGIN NIP : 196503032009071001 G.Dokumen terkait Rekapan hasil wawancara Survey Mawas Diri J. Dokumen : SOP/ /UKM/2017 O No. Revisi : - P Tgl.Unit terkait 1.Hal-halyang diperhatikan H.Rekam histori No Halaman Yang diubah Isi perubahan Diberikan Tgl .

.

Raya sarolangun – Tembesi Kecamatan Mandiangin Telp.Pelaksana upaya kesehatan masyarakat 4.Kader Desa 3 . Des 2016 Rekapitulasi hasil survey kebutuhan masyarakat Pelaksana upaya Sekretariat UKM Pelaksana upaya Sampel 25x 9 desa 225 KK .PJ UKM kebutuhan masyarakat dan Survey Mawas Diri . Des 2016 Survey identifikasi kebutuhan masyarakat Masyarakat Kelurahan 6 .5 upaya dan pelaksana 2. (0745).PJ UKM Sekretariat UKM UKM . Des 2016 Sosialisasi kader dan pelaksana survey analisis . Nov 2016 Pertemuan pembuatan Kerangka Acuan (KA) .Tomas masyarakat 5.Kader .PJ UKM . Sarolangun – Tembesi 37492 PERENCANAAN PROGRAM KEGIATAN BERSUMBER DARI SWADAYA MASYARAKAT No Tanggal Kegiatan Sasaran Tempat Pelaksana Ket 1. PEMERINTAH KABUPATEN MANDIANGIN DINAS KESEHATAN PUSKESMAS MANDIANGIN Jl. Nov 2016 Membuat instrumen Analisis kebutuhan Upaya kesehatan Upaya kesehatan masyarakat dan instrumen SMD masyarakat Sekretariat UKM masyarakat dan pelaksana 3.Pelaksana .Tokoh .Perlaksana Upayakesehatan masyarakat Sekretariat UKM masyarakat .

Kader Setiap .Mensosialisasikan jadwal dan pelaksanaan upaya kesehatan masyarakat . masyarakat/sasaran .Pemaparan hasil survey kebutuhan .6.Tomas masyarakat kelurahan .PJ kesehatan masyarakat . April 2017 Rekapitulasi hasil survey Mawas Diri Hasil survey Sekretariat POKJA 2 . Jan 2017 . tata nilai upaya kesehatan masyarakat 7.sasaran.FGD pemecahan masalah .Kelurahan 6 .Menyusun rencana kegiatan berdasarkan masalah hasil survey kebutuhan masyarakat .Desa 3 sampel 25 KK 8.Mensosialisasikan tentang tujuan.Menyusun rencana kegiatan berdasarkan masalah hasil survey kebutuhan masyarakat .5 upaya dan pelaksana . Maret 2017 Survey Mawas Diri Masyarakat .Mensosialisasi kegiatan upaya kesehatan masyarakat kepada kelompok.Perlaksana Upaya kesehatan masyarakat .PJ UKM .Mensosialisasikan alur dan tahapan kegiatan upaya kesehatan masyarakat kepada masyarakat .Pelaksana .PJ UKM Sekretariat UKM .

196503032009071001 IP.November2017 Mengetahui. masyarakat kelurahan . PJ Upaya kesehatan masyarakatdan .PJ UKM.No Tanggal Kegiatan Sasaran Tempat Pelaksana Ket 9.Kepala forum Kesehatan. Des 2017 . 198103062006042015 .Kep NIP.Diskusi peluang inovatif untuk perbaikan pelaksana kegiatan upaya kesehatan masyarakat .Kader .KepalaPuskesmas .Sosialisasi hak dan kewajiban sasaran . KepalaPuskesmas Mandiangin Penanggung Jawab UKM dr.Focus Group Diskusi pemecahan masalah Mandiangin hasil SMD .Tokoh masyarakat .Pemaparan hasil Survey Mawas Diri (MMD) Masyarakat .Sosialisasi kegiatan inovatif upaya kesehatan .Sat Joga Agus Widi Nugroho Rena Nelly AM.Sosialisasi kegiatan perbaikan kinerja melibatkan masyarakat MANDIANGIN.

Related Interests