PROFIL SANITASI

PUSKESMAS
LAWANGA
TAHUN 2014

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa,
atas limpahan rahmat-Nya sehingga Profil sanitasi Puskesmas Lawanga
Tahun 2014 ini dapat tersusun. Profil Sanitasi ini diharapkan dapat
memberikan gambaran kepada para pembaca mengenai kondisi dan situasi
kesehatan lingkungan di wilayah Kerja Puskesmas Lawanga Kecamatan
Poso Kota Utara Kabupaten Poso Tahun 2014.
Penyajian data disusun berdasarkan data-data yang dihimpun dari 6
(Enam) Kelurahan yang ada di wilayah kerja Puskesmas. Berbagai upaya
telah dilakukan untuk mendapatkan data yang akurat dan valid agar informasi
yang disajikan lengkap dan berkualitas, namun dalam pelaksanaannya masih
banyak ditemukan hambatan dan permasalahan.
Kami menyadari bahwa penyusunan Profil Sanitasi Puskesmas ini
masih belum sempurna. Untuk itu, guna kesempurnaan penyusunan Profil
Sanitasi Puskesmas di masa yang akan datang, kami sangat mengharapkan
kritik dan saran dari pembaca.
Kami juga mengucapkan terima kasih atas bantuan dari berbagai
pihak yang terkait dalam penyusunan Profil Sanitasi Puskesmas ini.

Poso, Agustus 2015

Sanitarian

i

Profil Sanitasi Puskesmas Tahun 2014

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR................................................................................... i
DAFTAR ISI................................................................................................. ii
DAFTAR TABEL......................................................................................... iii
BAB I. PENDAHULUAN............................................................................ 1
BAB II. GAMBARAN UMUM.................................................................. 4
A. GEOGRAFI.................................................................................. 4
B. PENDUDUK ............................................................................... 5
BAB III. DATA DASAR KESEHATAN LINGKUNGAN
PUSKESMAS..................................................................................... 8
.............................................................................................................
BAB IV. HASIL KEGIATAN DAN PENCAPAIAN PROGRAM
KESEHATANLINGKUNGAN.......................................................
..........................................................................................................21
A. KEPEMILIKAN SARANA SANITASI DASAR....................
.................................................................................................21
B. PELAKSANAAN PILAR STBM............................................
.................................................................................................27
C. PENDEKATAN STRATEGIS YANG DILAKUKAN DALAM
PELAKSANAAN PROGRAM KESEHATAN LINGKUNGAN
DI PUSKESMAS......................................................................
.................................................................................................28

ii

Profil Sanitasi Puskesmas Tahun 2014

. Luas Wilayah Administrasi Kecamatan Poso Kota Utara Tahun 2014.. Gambar 4..............1 Persentase Penduduk Akses Sarana Air Minum Yang Layak Di Kerja Wilayah Puskesmas Lawanga Kecamatan Poso Kota Utara Tahun 2014... 30 LAMPIRAN – LAMPIRAN DAFTAR TABEL DAN GAMBAR Tabel..3 Persentase Rumah Sehat Di Wilayah Kerja Puskesmas Lawanga Kecamatan Poso Kota Utara Tahun 2014 Gambar 4.... Jumlah Rumahtangga dan Kepadatan Penduduk Menurut Desa Di Kecamatan Poso Kota Utara Tahun 2014.......... Gambar 4...........BAB V.............2 Jumlah Penduduk........4 Persentase TPM yang Memenuhi Syarat Kesehatan Di Wilayah Kerja Puskesmas Lawanga Kecamatan Poso Kota Utara Tahun 2014 iii Profil Sanitasi Puskesmas Tahun 2014 ..... Tabel 2. KESIMPULAN...... Luas wilayah..1.......2 Persentase Penduduk yang Akses Jamban Sehat Di Wilayah Kerja Puskesmas Lawanga Kecamatan Poso Kota Utara Tahun 2014..2. Gambar 4...

5 Persentase TTU yang Memenuhi Syarat Kesehatan Di Wilayah Kerja Puskesmas Lawanga Kecamatan Poso Kota Utara Tahun 2014 iv Profil Sanitasi Puskesmas Tahun 2014 .Gambar 4.

Pendahuluan Bab ini berisi tentang maksud dan tujuan profil sanitasi puskesmas dan sistematika dari penyajiannya. Selain uraian tentang letak geografis. Bab II. bab ini juga mengulas 1 Profil Sanitasi Puskesmas Tahun 2014 . Adapun tujuan yang ingin dicapai adalah tersampaikannya informasi tentang kegiatan dalam program kesehatan lingkungan di Puskesmas Lawanga Tahun 2014. Adapun sistematika Profil Sanitasi Puskesmas tahun 2014 yaitu : Bab I. Profil sanitasi puskesmas Tahun 2014 disusun secara sistematis mengikuti Petunjuk Teknis Penyusunan Profil Kesehatan yang diterbikan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. BAB I PENDAHULUAN Profil Sanitasi Puskesmas adalah gambaran situasi terkini dari kondisi Kesehatan Lingkungan di wilayah kerja Puskesmas Lawanga Kecamatan Poso Kota Utara Kabupaten Poso. Gambaran Umum Bab ini menyajikan tentang gambaran umum Kecamatan Poso Kota Utara Kabupaten Poso. administrastif dan informasi umum lainnya.

Bab III. Data Dasar Kesehatan Lingkungan Puskesmas Lawanga Bab ini berisi uraian tentang Data dasar kesehatan lingkungan pada setiap desa di wilayah kerja Puskesmas Lawanga tahun 2014. sosial budaya dan lingkungan. faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kesehatan dan faktor-faktor lainnya misalnya kependudukan. Bab IV. Hasil Kegiatan dan Pencapaian Program Kesehatan Lingkungan. Kesimpulan Bab ini di isi dengan sajian tentang hal-hal penting yang perlu disimak dan ditelaah lebih lanjut dari profil sanitasi puskesmas Tahun 2014. Selain keberhasilan-keberhasilan yang perlu dicatat. Bab V. 2 Profil Sanitasi Puskesmas Tahun 2014 . Bab ini menguraikan tentang kegiatan-kegiatan yang direncanakan dan dilaksanakan pada program kesehatan lingkungan Puskesmas Lawanga dan langkah–langkah strategis yang dilakukan oleh sanitarian dalam upaya pencapaian program kesehatan lingkungan di wilayah kerja Puskesmas Lawanga tahun 2014. ekonomi.

3 Profil Sanitasi Puskesmas Tahun 2014 . bab ini juga mengemukakan hal-hal yang dianggap masih kurang dalam rangka penyelenggaraan pembangunan kesehatan. Lampiran Lampiran ini berisi tabel resume/angka pencapaian Program Kesehatan Lingkungan Puskesmas Lawanga Tahun 2014.

dengan batas-batas wilayah kecamatan yang dibatasi oleh batas alam yakni kawasan pegunungan dan pantai dengan kawasan administratif. Lebih jelas mengenai wilayah administrasi Kabupaten Poso dapat dilihat pada Tabel 2. dan Kelurahan Madale. Tegalrejo. Bonesompe.Sebelah Selatan : Berbatasan dengan Kecamatan Poso Kota Selatan .1 4 Profil Sanitasi Puskesmas Tahun 2014 .Sebelah Utara : Berbatasan dengan Perairan Teluk Tomini . Lombogia. sebagai berikut: . BAB II GAMBARAN UMUM A.Sebelah Barat : berbatasan dengan Sungai Poso Kecamatan Poso Kota Utara secara administratif terdiri dari 6 (Enam) Kelurahan. Kasintuwu. Kelurahan tersebut adalah Kelurahan Lawanga. Kecamatan Poso Kota Utara memiliki Luas daratan ± 30.04 Km 2.Sebelah Timur : Berbatasan dengan Kecamatan Lage . Geografi.

98 04.102 jiwa. Seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk. Lawanga 2.40 11. Jumlah penduduk Kecamatan Poso Kota Utara berjumlah 11. Tabel 2. Kasintuwu 0.80 13.97 06.1 Luas Wilayah Administrasi Kecamatan Poso Kota Utara Tahun 2014 Desa/ Kelurahan Luas Wilayah Persentase (km2) (%) 01. Jumlah ini adalah gambaran jumlah penduduk pertengahan tahun.10 05.60 03. Persebaran dan Kepadatan penduduk.32 1.50 57. Penduduk 1.517 jiwa dengan penduduk laki-laki berjumlah 61. Tegalrejo 2.619 jiwa dan penduduk perempuan berjumlah 50.38 Kecamatan Sumber : Kantor Kecamatan Poso Kota Utara B. maka tingkat kepadatan 5 Profil Sanitasi Puskesmas Tahun 2014 . Madale 11.42 2.00 12. Bonesompe 0.27 02. Lombogia 2.

jumlah penduduk dan jumlah rumahtangga menurut kelurahan di kecamatan Poso Kota Utara tahun 2014. Luas wilayah.2 6 Profil Sanitasi Puskesmas Tahun 2014 .40 Km2.747 jiwa/Km2 dengan luas wilayah 2. dapat dilihat pada tabel 2. sementara Kelurahan Lombogia memiliki penduduk terjarang yaitu 427 jiwa/Km2 dengan luas wilayah 2.60 Km2.315 rumah tangga. Sementara jumlah rumah tangga terjarang di Kelurahan Madale sebanyak 795 rumah tangga dan jumlah rumah tangga terbanyak terdapat di Kelurahan Lawanga yaitu 1. Kelurahan Lawanga merupakan daerah yang memiliki penduduk terpadat yaitu 3. penduduk juga mengalami peningkatan.

42 1936 545 5 Tegalrejo 2.80 1627 952 6 Madale 11.60 3747 1315 2 Bonesompe 0. Tabel.50 816 795 ∑ KECAMATAN Sumber Data : 7 Profil Sanitasi Puskesmas Tahun 2014 .32 2064 1212 3 Lombogia 2. 2. Luas Wilayah. Jumlah Rumah Tangga Dan Kepadatan Penduduk Menurut Desa Di Kecamatan Poso Kota Utara Tahun 2014 Luas Wilayah Jumlh Jumlh Kepdtan (Km²) Pddk Rumah Pddk No Desa Tangga (Per/km²) 1 Lawanga 2.2 Jumlah Penduduk.40 427 975 4 Kasintuwu 0.

akurat dan dapat dipertanggung jawabkan. 8 Profil Sanitasi Puskesmas Tahun 2014 . yang dilakukan oleh sanitarian puskesmas bekerjasama dengan petugas kesehatan yang ada di desa dan dibantu oleh kader kesehatan lingkungan. BAB III DATA DASAR KESEHATAN LINGKUNGAN PUSKESMAS LAWANGA Data dasar Kesehatan lingkungan menurut desa di wilayah kerja Puskesmas Lawanga merupakan data yang diperoleh dengan cara melakukan pengambilan data secara langsung di desa/kelurahan. Dan dari data tersebut. sehingga data yang dihasilkan adalah data yang valid. Berdasarkan Data dasar kesehatan lingkungan pada setiap desa. akan mudah bagi petugas untuk melakukan pemantauan serta mencari solusi atas permasalahan kesehatan lingkungan yang ada di desa-desa. akan di ketahui kondisi kesehatan lingkungan di wilayah kerja Puskesmas.

Terminal air e. Sumur Gali Terlindung 11 75 10 20 70 b. Cemplung d. Penyelenggara air minum 9 Profil Sanitasi Puskesmas Tahun 2014 . Komunal b. Rumah 1337 1321 1210 1210 2 Jamban: a. Sarana Air Minum: a. Plngsengan e. Sumur gali dengan pompa 0 0 0 0 0 c. Data Dasar kesehatan Lingkungan di desa adalah sebagai berikut: I.KELURAHAN : Lawanga 1. Mata air terlindung 1 150 1 35 150 f. P A H g. JUMLAH KK : 1337 2. Leher Angsa 1200 2747 1145 928 c. Tidak punya 3.JUMLAH JIWA : 3747 Orang ` Jumlah Jumlah Jumlah KK Jumlah Pddk Pddk sarana Yg akses sarana akses sarana No Jenis Sarana Jumlah pengguna memenuhi Yg Yg memenuhi ( jiwa ) Syarat memenuhi Syarat Syarat ( jiwa ) 1 Perumahan: a. Perpipaan 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 4. Sumur bor dengan pompa 0 0 0 0 0 d.

TP2 0 b.RS c.Restoran/Rumah 1 1 makan c.Industri Tahu/tempe 0 c. KELURAHAN : BONESOMPE 1.Berbintang .SMA 2 2 2 2 b. Jasa Boga 2 2 b. Makanan jajanan 7 8 Sarana Lainnya : a.Puskesmas 1 1 1 1 .SMP 2 2 2 2 . Pabrik Roti 1 II. Sarana Kesehatan: .Non Bintang d. MCK 2 10 2 3 10 b.SD 3 3 3 3 . JUMLAH KK : 1083 10 Profil Sanitasi Puskesmas Tahun 2014 . Depot air minum 6 6 d. Sekolah : .5 Sarana Sanitasi: a. TTU Lainnya 7 TPM : a. SPAL 169 520 152 45 415 c. Hotel : . Tempat sampah 6 TTU: a.

Tidak punya 3. 2. Sarana Air Minum: a.Sumur Gali 15 359 15 60 359 Terlindung b. Cemplung d.Sumur bor dengan pompa d.Perpipaan 4. Leher Angsa 1098 2964 925 75 2514 c. Sumur gali dengan pompa c. JUMLAH JIWA : 2964 Orang ` Jumlah Jumlah Jumlah KK Jumlah Pddk Pddk sarana Yg akses akses No Jenis Sarana Jumlah pengguna memenuhi sarana Yg sarana Yg ( jiwa ) Syarat memenuhi memenuhi Syarat Syarat ( jiwa ) 1 Perumahan: a. Mata air terlindung f. komunal b. Rumah 1212 1115 962 69 1110 2 Jamban: a. Plengsengan c.Terminal air e. Penyelenggara air minum 5 Sarana Sanitasi: 11 Profil Sanitasi Puskesmas Tahun 2014 . P A H 450 1394 450 21 1394 g.

Sekolah : . TTU Lainnya 7 TPM : a.RS b.Puskesmas . JUMLAH KK : 374 12 Profil Sanitasi Puskesmas Tahun 2014 . SPAL 20 35 20 10 30 c.Non Bintang 1 c.SD 2 . Pabrik Roti 1 III.SMP 2 .SMA 3 b. Jasa Boga 2 b. Hotel : .Makanan jajanan 5 8 Sarana Lainnya : a.sarana Kesehatan: . TP2 b.Industri Tahu/tempe c. MCK 2 b.Tempat sampah 6 TTU: a.Restoran/Rumah 2 makan d.Berbintang . KELURAHAN : KASINTUWU a. a.Depot air minum 4 e.

JUMLAH JIWA : 1936 Orang ` Jumlah Jumlah Jumlah KK Jumlah Pddk Pddk sarana Yg akses sarana akses sarana No Jenis Sarana Jumlah pengguna memenuhi Yg memenuhi Yg ( jiwa ) Syarat Syarat memenuhi Syarat ( jiwa ) 1 Perumahan: a.Terminal air e. Sarana Air Minum: a. Penyelenggara air minum 5 Sarana 13 Profil Sanitasi Puskesmas Tahun 2014 . Komunal b. Tidak punya 3. Cemplung d. Mata air terlindung f. Leher Angsa 545 1936 539 369 1930 c. Rumah 545 1936 541 370 1931 2 Jamban: a. Plengsengan e.Sumur bor dengan pompa d.Perpipaan 320 1065 27 27 1058 4. Sumur gali dengan pompa c.Sumur Gali 13 125 13 12 123 Terlindung b. P A H g. b.

Sarana Kesehatan: . Makanan jajanan 8 Sarana Lainnya : a.Restoran/Ru 1 mah makan c. JUMLAH KK : 123 14 Profil Sanitasi Puskesmas Tahun 2014 . Hotel : .Tempat 295 910 272 70 sampah 6 TTU: a. Depot air 1 minum c. Pabrik Roti IV. MCK 1 b. Sanitasi: a.RS b. TP2 b.SMA 1 b.SD 3 .SMP 1 . SPAL e.Non Bintang c.Puskesmas 1 . Industri Tahu/tempe c. Sekolah : .Berbintang . TU Lainnya 7 TPM : a. Jasa Boga 5 b. KELURAHAN : Lombugia a.

b. Sumur gali 2 107 2 16 107 dengan pompa c. JUMLAH JIWA : 427 Orang ` Jumlah Jumlah Jumlah KK Jumlah Pddk Pddk sarana Yg akses sarana akses sarana No Jenis Sarana Jumlah pengguna memenuhi Yg Yg ( jiwa ) Syarat memenuhi memenuhi Syarat Syarat ( jiwa ) 1 Perumahan: a. Rumah 120 427 115 118 425 2 Jamban: a. Cemplung d. Penyelenggara 1 1 air minum 5 Sarana Sanitasi: a. Sarana Air Minum: a.Terminal air e.Sumur bor dengan pompa d. Plengsengan e.Sumur Gali Terlindung b. MCK 15 Profil Sanitasi Puskesmas Tahun 2014 . Leher Angsa 351 427 342 87 425 c. Komunal b. P A H 160 320 160 121 320 g. Tidak punya 3.Perpipaan 4. Mata air terlindung f.

Makanan 7 jajanan 8 Sarana Lainnya : a.Berbintang .Non Bintang d.Depot air 1 minum d.Sarana Kesehatan: .Tempat sampah 6 TTU: a.SMA b. Pabrik Roti V.SD . JUMLAH KK : 459 16 Profil Sanitasi Puskesmas Tahun 2014 . TU Lainnya 7 TPM : a.SMP 1 . Jasa Boga 1 b.Restoran/Rum 1 ah makan c. Sekolah : . Hotel : . TP2 b.Industri Tahu/tempe c. SPAL 160 320 160 121 320 c.Puskesmas . b. DESA : TEGALREJO a.RS c.

Perpipaan 4. JUMLAH JIWA : 1627 Orang ` Jumlah Jumlah sarana Jumlah KK Jumlah Pddk Pddk Yg memenuhi akses sarana akses sarana No Jenis Sarana Jumlah pengguna Syarat Yg Yg ( jiwa ) memenuhi memenuhi Syarat Syarat ( jiwa ) 1 Perumahan: a.Sumur Gali 2 35 2 17 35 Terlindung b. Sumur gali dengan pompa c. Penyelenggara air minum 5 Sarana 17 Profil Sanitasi Puskesmas Tahun 2014 . Plengsengan e.Sumur bor dengan pompa d. Sarana Air Minum: a. Mata air terlindung 193 1592 153 442 1592 f. Cemplung d. P A H g. Rumah 371 1627 349 305 1522 2 Jamban: a. b. Komunal b. Leher Angsa 349 1522 340 307 1411 c. Tidak punya 3.Terminal air e.

Jasa Boga b.Restoran/Ru 1 mah makan c. Sekolah : .Puskesmas . SPAL c.SD 1 .SMP 1 .RS c. Sanitasi: a.Makanan 7 jajanan 8 Sarana Lainnya : a.Sarana Kesehatan: . Hotel : . MCK b. KELURAHAN : Madale 18 Profil Sanitasi Puskesmas Tahun 2014 .Depot air 1 minum d.pabrik Roti VI. TU Lainnya 7 TPM : a.Non Bintang d. TP2 b.Tempat sampah 6 TTU: a.Berbintang .SMA b.Industri Tahu/tempe c.

Leher Angsa 231 781 220 197 780 c. P A H g.Terminal air e. Mata air terlindung f. Sarana Air Minum: a. Sumur gali dengan pompa c. Penyelenggara 19 Profil Sanitasi Puskesmas Tahun 2014 . Komunal b.Perpipaan 251 816 251 232 816 4. a. Plengsengan e. Rumah 251 816 223 217 789 2 Jamban: a.Sumur bor dengan pompa d. JUMLAH JIWA : 816 Orang ` Jumlah Jumlah sarana Jumlah KK Jumlah Pddk Pddk Yg memenuhi akses sarana akses sarana No Jenis Sarana Jumlah pengguna Syarat Yg Yg ( jiwa ) memenuhi memenuhi Syarat Syarat ( jiwa ) 1 Perumahan: a. Tidak punya 3.Sumur Gali Terlindung b. Cemplung d. JUMLAH KK : 251 b.

SMA b.Industri Tahu/tempe c. Hotel : . TU Lainnya 7 TPM : a. MCK b.pabrik Roti 20 Profil Sanitasi Puskesmas Tahun 2014 . TP2 b.Sarana Kesehatan: .RS c.Tempat sampah 6 TTU: a. Jasa Boga b.Puskesmas .Depot air minum d.SD . Sekolah : .Non Bintang d.Makanan jajanan 8 Sarana Lainnya : a.Berbintang .SMP . air minum 5 Sarana Sanitasi: a. SPAL c.Restoran/Ru 2 mah makan c.

1.2%). Sarana bukan jaringan perpipaan terdiri atas Sumur gali terlindung.9%). adalah sebagai berikut A. mata air terlindung sebanyak 1239 (10. Berdasarkan pengumpulan data yang dilakukan secara langsung ke desa – desa dapat diketahui bahwa akses berkelanjutan terhadap air minum yang layak (berkualitas) dan memenuhi syarat adalah: penduduk yang akses air minum dari Sumur gali terlindung sebanyak 1202 Jiwa (10. penampungan air hujan. sumur bor dengan pompa sebanyak 910 (7. sumur bor dengan pompa.8%).4%). Sarana air minum yang layak (Berkualitas). Sumur gali dengan pompa. Mata air terlindung dan Penampungan air hujan (PAH). tidak ada 21 Profil Sanitasi Puskesmas Tahun 2014 . Kepemilikan Sarana Sanitasi Dasar. terminal air tidak ada (0%). Sarana air minum yang layak yang digunakan oleh penduduk dibedakan atas dua (2) jenis sarana. BAB IV HASIL KEGIATAN DAN PENCAPAIAN PROGRAM KESEHATAN LINGKUNGAN Gambaran mengenai hasil kegiatan program kesehatan lingkungan di Puskesmas Lawanga tahun 2014. sumur gali dengan pompa sebanyak 368 jiwa (3. Terminal air. yaitu sarana bukan jaringan perpipaan dan sarana Perpipaan.

Sarana jamban yang biasa digunakan oleh penduduk adalah sarana jenis leher angsa.1 Persentase Penduduk Akses Sarana Air Minum Yang Layak Di Wilayah Kerja Puskesmas Lawanga Kec. Sarana Jamban Sehat. Secara keseluruhan. plengsengan dan cemplung. Poso Tahun 2014 2. komunal.1%). Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar 4.1 Gambar 4.BPSPAM) sebanyak 1397 jiwa (12. akses penduduk terhadap air minum yang layak adalah sebanyak 5116 jiwa (44. Dari hasil 22 Profil Sanitasi Puskesmas Tahun 2014 .42%) dari total penduduk yang ada di kecamatan Poso Kota Utara. (0%) dan sarana perpipaan (PAM.Poso Kota Utara Kab.

Rumah sehat adalah rumah yang memenuhi syarat kesehatan yaitu rumah yang memiliki jamban sehat. sarana air minum.38%) dari total penduduk yang ada di kecamatan Poso Kota Utara.2 Persentase Penduduk Akses Jamban Sehat Di Wilayah Kerja Puskesmas Lawanga Kec. Kondisi rumah sehat sangat penting dalam mewujudkan masyakarat yang sehat. ventilasi yang baik. Poso Kota Utara Kab. tempat pembuangan sampah. Secara keseluruhan. Poso Tahun 2014 3. 23 Profil Sanitasi Puskesmas Tahun 2014 . kepadatan hunian dan pencahayaan yang baik. Dari hasil pendataan. sarana pembuangan air limbah.063 jiwa (87.063 jiwa (87. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar 4. pendataan diketahui bahwa akses penduduk terhadap jamban sehat sudah menggunakan leher angsa dengan jumlah sebanyak 10. Perumahan Sehat.38%).2 Gambar 4. akses penduduk terhadap jamban yang layak dan sehat adalah sebanyak 10.

Poso Tahun 2014 24 Profil Sanitasi Puskesmas Tahun 2014 . Hasil pendataan. Jenis tempat pengolahan makanan yang diperiksa dan di awasi adalah Jasa boga. Poso Kota Utara Kab.4 Persentase TPM Memenuhi Syarat Kesehatan Di Wilayah Kerja Puskesmas Lawanga Kec. Depot air minum isi ulang (DAMIU). Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar 4. Poso Tahun 2014 4.4%).3 Persentase Rumah Sehat Di Wilayah Kerja Puskesmas Lawanga Kec. dan makanan jajanan.60% dari jumlah rumah yang ada. tahun 2014 diperoleh data TPM yang ada sebanyak 91 buah dan yang memenuhi syarat kesehatan sebanyak 44 (48. Tempat Pengolahan Makanan (TPM). Poso Kota Utara Kab. di ketahui bahwa jumlah rumah yang memenuhi syarat kesehatan di kecamatan Poso Kota Utara sebanyak 5423 rumah atau 93. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar 4.3 Gambar 4. Restoran/rumah makan.4 Gambar 4.

Hotel non bintang sebanyak 4 buah dan semua memenuhi syarat (100%) . sarana kesehatan sebanyak 2 buah dan semua memenuhi syarat (100%). hotel. salon kecantikan dan tempat wisata. pasar.5 Persentase TTU Memenuhi Syarat Kesehatan Di Wilayah Kerja Puskesmas Lawanga Kec. Tempat-Tempat Umum (TTU). Poso Tahun 2014 25 Profil Sanitasi Puskesmas Tahun 2014 . sarana kesehatan. Tempat -tempat umum merupakan sarana yang di kunjungi oleh banyak orang dan berpotensi menjadi tempat penyebaran penyakit. Poso Kota Utara Kab. Dari hasil pendataan di ketahui bahwa sarana pendidikan yang ada sebanyak 25 dan yang memenuhi syarat sebanyak 25 buah (100%).5. terminal. TTU yang diperiksa adalah sarana pendidikan. Gambar 4. TTU yang sehat adalah TTU yang memiliki sarana sanitasi yang memenuhi syarat kesehatan.

Pelaksanaan Pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat. perilaku.B. Sanitasi Total Berbasis Masyarakat yang selanjutnya disingkat STBM adalah pendekatan untuk mengubah perilaku higienis dan saniter melalui pemberdayaan masyarakat dengan cara pemicuan. Ada lima (5) Pilar STBM yaitu: 26 Profil Sanitasi Puskesmas Tahun 2014 . Pemicuan adalah cara untuk mendorong perubahan perilaku higiene dan sanitasi individu atau masyarakat atas kesadaran sendiri dengan menyentuh perasaan. pola pikir. dan kebiasaan individu atau masyarakat. Pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat yang selanjutnya disebut Pilar STBM adalah perilaku higienis dan saniter yang digunakan sebagai acuan dalam penyelenggaraan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat.

Stop Buang Air Besar Sembarangan (Stop BABS) 2. 1. kelurahan yang telah Stop BABS belum ada. sanitarian Puskesmas melakukan berbagai upaya pendekatan/ inovasi – inovasi untuk mendapatkan hasil yang maksimal. yaitu desa/kelurahan yang telah melaksanakan kelima Pilar STBM.Pendekatan Strategis yang di lakukan dalam pelaksanaan program Kesehatan Lingkungan di Puskesmas Lawanga Dalam pelaksanaan dan pencapaian program kesehatan lingkungan di puskesmas Lawanga. Pengamanan Sampah Rumah Tangga 5. Pengamanan Limbah Cair Rumah Tangga Dari hasil pendataan diketahui bahwa desa yang telah melaksanakan pilar STBM sebanyak 6 (enam) kelurahan. Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) 3. Pengelolaan Air Minum dan Makanan Rumah Tangga (PAM-RT) 4. C. 27 Profil Sanitasi Puskesmas Tahun 2014 . belum ada satupun desa/kelurahan di wilayah kerja Puskesmas Lawanga yang menjadi desa STBM. demikan halnya dengan desa/kelurahan yang telah menjadi Desa/kelurahan STBM.

Hal lain yang dilakukan adalah melakukan penyuluhan baik perorangan maupun kelompok masyarakat yang mengalami kondisi sanitasi buruk serta menyarankan agar seluruh warga harus memiliki jamban keluarga. 28 Profil Sanitasi Puskesmas Tahun 2014 . baik secara materi maupun tenaga. Untuk pembuatan jamban. Selain praktek pembuatan jamban sehat sederhana. sehat dan murah. misalnya ISPA. penyakit kulit. diare. dilakukan juga pemicuan STBM pada masyarakat sehingga secara sadar dan atas kemauan sendiri membuat jamban dan memanfaatkannya. Praktek dilakukan pada kelompok masyarakat yang membutuhkan. Adapun upaya yang telah dilakukan yaitu melaksanakan pemantauan pada kelurahan-kelurahan yang mengalami peningkatan penyakit akibat kondisi lingkungan yang buruk atau yang berhubungan dengan kesehatan lingkungan. sanitarian melakukan praktek pembuatan jamban sehat dengan metode yang praktis. dan lain – lain. Bagi yang kurang mampu dapat di beri kemudahan dengan membuat kelompok arisan.

38% 3.42% 2. 29 Profil Sanitasi Puskesmas Tahun 2014 . Cakupan Penduduk yang Akses Jamban Sehat sebesar 87. Cakupan Rumah Sehat sebesar 93. Cakupan Penduduk yang Akses Sarana Air minum berkualitas sebesar 44.60%. BAB V KESIMPULAN Berdasarkan data dan informasi yang berhasil di kumpulkan secara langsung di kelurahan-kelurahan dalam wilayah kerja Puskesmas Lawanga maka dapat disimpulkan bahwa Indikator Derajat Kesehatan masyarakat di Kecamatan Poso Kota Utara Kabupaten Poso berdasarkan beberapa data yang ada adalah: 1.

Cakupan TTU sehat 100% Demikian penyajian Profil Sanitasi Puskesmas Tahun 2014. Cakupan TPM sehat 48.4% 5. 30 Profil Sanitasi Puskesmas Tahun 2014 . Walaupun masih jauh dari yang diharapkan semoga narasi dan lampiran ini dapat memenuhi kebutuhan akan data dan informasi kesehatan untuk melihat seberapa jauh perubahan yang telah dicapai dari tahun ke tahun terhadap pembangunan kesehatan secara menyeluruh.4.