20 ISTILAH DALAM DUNIA OTOMOTIF

 Engine Tune Up
adalah tindakan yang dilakukan untuk mengembalikan kondisi mesin pada taraf kerja mesin yang
optimal, yaitu dengan menyetel ulang, membersihkan, sampai dengan mengganti part yang sudah
rusak.

 Oktan:
adalah unsur kemurnian yang terkandung dalam bahan bakar minyak, biasanya dinyatakan dengan
angka yang menunjukkan berapa besar tekanan maksimum yang bisa diberikan sebelum bahan
bakar terbakar secara spontan.

 Torak

Torak atau Piston atau Seher adalah komponen sumbat geser yang terpasang presisi di dalam
cilinder yang berfungsi sebagai penekan udara masuk dan penerima hentakan pembakaran pada
ruang bakar.

 Turbulensi
Getaran atau Goncangan akibat kinerja mesin

 Titik Mati Atas (TMA)

adalah bilamana torak berada pada bagian atas suatu langkah didalam
silinder,yang mana posisi torak dekat pada kepala silinder.

 Titik Matii Bawah (TMB)

yang mana posisi torak dekat dengan poros engkol. biasanya dinyatakan dengan angka yang menunjukkan berapa besar tekanan maksimum yang bisa diberikan sebelum bahan bakar terbakar secara spontan.  (CDI)Capacytor Discharge Ignition. adalah bilamana torak berada pada bagian bawah suatu langkah didalam silinder.  Supercharger .  Stroke adalah panjang langkah kerja piston yg diukur dari Titik Mati Atas (TMA) sampai dengan Titik Mati Bawah (TMB)  Oktan adalah unsur kemurnian yang terkandung dalam bahan bakar bensin. yaitu sistim pengapian pada motor bensin yang menggunakan sistim electronik (tidak menggunakan platina).

yaitu konstruksi motor (bisa bensin maupun disel) yang menempatkan valve (klep masuk dan klep buang) pada cylinder head.  Over head valve (OHV). . adalah suatu peralatan tambahan pada motor bensin atau disel yang dapat meningkatkan pasokan udara dengan tekanan yang lebih tinggi dari tekanan udara luar kedalam silinder.  Fuel injection.  Turbo charger adalah rangkaian turbin dengan kompresor udara pada satu as. dimana turbin bekerja dengan memanfaatkan gas buang dari motor itu sendiri.

Yaitu sistim pencampuran bahan bakar dengan udara pada motor bensin dengan cara menggunakan pompa yang menginjeksikan (menyemprotkan) bahan bakar kedalam intake manifold melalui injector. atau sebaliknya. Sistim yang mulai popule  transmisi.  Radiator . Konversi ini mengubah kecepatan putar yang tinggi menjadi lebih rendah tetapi lebih bertenaga. adalah sistem yang berfungsi untuk konversi torsi dan kecepatan (putaran) dari mesin menjadi torsi dan kecepatan yang berbeda-beda untuk diteruskan ke penggerak akhir.

karena itu fungsi radiator adalah mendinginkan mesin. adalah suatu bagian atau komponen dari sistem pendinginan yang menggunakan sistem pendinginan air.  Alternator adalah peralatan elektromekanis yang mengkonversikan energi mekanik menjadienergi listrik arus bolak-balik.  Karburator adalah sebuah alat yang mencampur udara dan bahan bakar untuk sebuah mesin pembakaran dalam  Solenoid .

 Crankshaft adalah komponen mesin yang merubah gerakan naik turun torak menjadi gerak putar . adalah salah satu jenis kumparan terbuat dari kabel panjang yang dililitkan secara rapat dan dapat diasumsikan bahwa panjangnya jauh lebih besar daripada diameternya  termostat adalah suatu alat yang dapat menghubungkan dan memutuskan lingkaran arus secara otomatis berdasarkan perubahan suhu.

Pada sistim over head camsahft baik Single over head camshaft (SOHC) maupun Double over head camshaft (DOHC). maka posisi intake manifold dan exhaoust manifold dapat dipindahkan dari crank case ke clinder head. Over head valve (OHV). yaitu konstruksi motor (bisa bensin maupun disel) yang menempatkan valve (klep masuk dan klep buang) pada cylinder head. yaitu belt yang mempunyai alur yang melintang sehingga dapat digerakkan dengan semacam roda gigi. Referensi : http://www. semuanya ada pada crank case. Over head camshaft (OHC). intake manifold dan exhaoust manifold.samarins. pada umumnya camshaft digerakkan oleh crankshaft melalui Timing belt. Dengan menempatkan camshaft pada cylinder head maka penggunaan tappet dan push rod dapat dieliminir sehingga konstruksi lebih sederhana. maka untuk menggerakkan valve/kelep dibutuhkan kompomen tambahan berupa push rod dan rocker arm. maka konstruksi crank case menjadi rumit karena semua komponen seperti crankshaft.com 2. Dengan menggunakan sistim OHC dan timing belt konstruksi lebih sederhana. . namun untuk menggerakkan valve/kelep dibutuhkan komponen tambahan berupa push rod dan rocker arm. Pada konstruksi yang terdahulu dimana posisi valve pada crank case (motor blok). Pada sistim OHV apabila posisi camshaft tetap pada crank case. yaitu konstruksi motor (bisa bensin maupun disel) yang menempatkan camshaft pada cylinder head. bahkan dengan sistim Double over head camshaft (DOHC) dimana intake valve dan exhoust valve mempunyai camshaft sendiri-sendiri. camshaft. penggunaan material lebih hemat dan motor menjadi lebih halus. maka tidak diperlukan lagi adanya rocker arm karena camshaft langsung menggerakan valve. piston dan connecting rod.1. tappet dan valve. Dengan menempatkan valve pada cylinder head. sedangkan pada cylinder head tidak terdapat komponen motor satupun.

000 volt sehingga mampu menimbulkan bunga api pada busi yang diperlukan untuk proses pembakaran.000 volt pada busi yang diperlukan untuk pembakaran. Yaitu sistim pencampuran bahan bakar dengan udara pada motor bensin dengan . Untuk meningkatkan tegangan tersebut digunakan coil. Arus listrik dari aki dialirkan kekumparan primer dan interuptor. Apabila arus listrik pada kumparan primer diputus oleh interuptor. Karena pemutusan arus listrik tanpa kontak langsung secara mekanis maka efektifitas pemutusan arus listrik pada semua putaran kerja motor dapat berlangsung dengan sempurna sehingga bunga api pada busi dapat terjadi dengan stabil pada semua putaran kerja dan pada akhirnya proses pembakaran dapat berlangsung dengan efektif. sedangkan tegangan dari aki hanya 12 volt. yaitu sistim pengapian pada motor bensin yang menggunakan sistim electronik (tidak menggunakan platina).com 3. Pada motor bensin modern (mulai tahun 1985) penggunaan platina sudah mulai ditinggalkan dan digantikan dengan sistim CDI.com 4. Capacytor Discharge Ignition (CDI). Referensi : http://www. Untuk mencegah timbulnya bunga api pada platina itu sendiri. Agar supaya pada busi dapat timbul bunga api yang diperlukan pada proses pembakaran maka tegangannya harus mencapai + 10. Didalam coil terdapat dua buah kumparan yaitu kumparan primer dan kumparan sekunder.mclarenelectronics. Fuel injection. maka dipasang condensor paralel dengan platina. maka akan terjadi induksi pada kumparan sekunder dan timbul arus listrik dengan tegangan yang mencapai 10. Referensi : http://www. Sistim platina ini kurang efektif pada putaran kerja tinggi.000 volt. Dulu fungsi interuptor ini dilakukan secara mekanis oleh platina yang dibuka tutup oleh nok.samarins. yaitu rangkaian electronic yang berfungsi untuk memutuskan arus primer pada coil agar supaya timbul arus sekunder dengan tegangan 10.

Pada sistim VVT ini lama waktu valve terbuka (dalam satuan derajad putaran crank shaft) dan tinggi bukaan valve pada putaran rendah lebih kecil dibandingkan pada putaran tinggi.wikipedia. dimana pencampuran bahan bakar dengan udara dilakukan oleh karburator. efisiensi meningkat dan emisi gas buang lebih rendah.org http://2carpros.org http://triatmono. Yaitu sistim pengaturan lama waktu pembukaan dan tinggi bukaan valve yang disesuaikan dengan putaran kerja motor. Referensi : http://en. Keuntungan sistim ini adalah akurasi perbandingan antara bahan bakar dengan udara lebih terjamin sehingga proses pembakaran dapat berlansung dengan sempurna.wordpress. Sinergi antara sistim fuel injection dengan variable valve timing menghasilkan motor dengan performa yang lebih optimal dan efisien. Variable valve timing (VVT). yaitu tiap silinder mempunyai injector sendiri-sendiri sehingga akurasi campuran bahan bakar dengan udara pada tiap-tiap silinder lebih terjamin.com 5.com . sedangkan pada sistim karburator tidak diperlukan enersi sama sekali karena bahan bakar bercampur dengan udara karena terhisap oleh udara yang masuk kedalam silinder. cara menggunakan pompa yang menginjeksikan (menyemprotkan) bahan bakar kedalam intake manifold melalui injector. Referensi : http://en. Saat ini sistim fuel injection ini telah berkembang menjadi Multi point injection (MPI).wikipedia. Kerugiannya adalah bahwa pada proses pencampuran tersebut diperlukan enersi listrik dari aki untuk menggerakkan pompa injeksi dan membuka injector. Tujuannya adalah untuk mendapatkan performa dan akselerasi yang lebih optimal serta emisi gas buang yang lebi rendah baik pada putaran rendah maupun putaran tinggi. Sistim yang mulai populer sejak tahun 1990-an ini menggantikan sistim lama.

namun ada cara lain untuk menambah daya motor dengan membuat mesin berukuran normal lebih bertenaga. Karena udara yang bisa dipasok oleh turbo charger lebih banyak. Kendaraan bermotor saat ini memang sudah sangat lekat dengan kehidupan kita. tanpanya. Turbo charger adalah rangkaian turbin dengan kompresor udara pada satu as. Mungkin judulnya bisa diringkas aja menjadi fungsi dan parts mesin kendaraan bermotor. berarti memungkinkan untuk membakar lebih banyak bahan bakar sehingga motor menghasilkan daya yang lebih besar . Dengan tenaga yang dihasilkan oleh turbin tersebut. maka bahan bakar yang disa dibakar didalam silinderpun bisa ditingkatkan sehingga daya yang dihasilkan oleh motor lebih besar. Supercharger adalah suatu peralatan tambahan pada motor bensin atau disel yang dapat meningkatkan pasokan udara dengan tekanan yang lebih tinggi dari tekanan udara luar kedalam silinder. Super charger dan Turbo super charger.6. kepriwe kepriben supaya mesin awet dan kepiye melakukan tindakan . Dan mari bersama kita belajar cara kerja mesin kendaraan bermotor supaya kita tau gimana sih cara kerjanipun. Turbo super charger yang sering disingkat Turbo charger adalah salah satu dari super charger yang paling populer dan dikenal luas dalam dunia otomotif. dimana turbin bekerja dengan memanfaatkan gas buang dari motor itu sendiri. mobilitas dan aktivitas kita tidak akan berjalan lancar. Untuk meningkatkan daya yang dihasilkan dari motor dapat dilakukan dengan memperbesar kapasitas dari motor tersebut. Oleh karenanya kita sangat perlu untuk memahami kendaraan kita agar mereka selalu dalam kondisi siap ketika akan kita pergunakan. Dengan demikian turbo charger bekerja tanpa menyerap tenaga dari motor tersebut. maka kompresor yang dipasang satu as dengan turbin tersebut mampu menghisap udara luar dan menekan masuk kedalam silinder motor dengan tekanan yang lebih besar dari tekanan udara luar. Dengan mengusahakan agar dapat memasukkan lebih banyak udara ke dalam ruang pembakaran.

jadi nggak presisi dan nek overheat jg bs merusak mesin. Penutup klep ya bisa juga disebut engine cover atau penutup mesin biar rapi lah. F. Pendingin silinder. Katup atau klep masuk/hisap. Mesin kendaraan bermotor secara garis besar dapat diklasifikasikan menjadi dua macam (memang sekarang ada mesin pake motor listrik tapi belum akan dibahas disini). efisiensi mesin akan turun dan membuat komponen mesin melar. Ini istilah umum di Indonesia aja. ditampungnya di sini. sekalian fungsinya: A. Asalkan Anda tau. Wadah oli. Saluran hisap. So wajib dikasih pendingin dah tuh mesin. Pelatuk bwt menekan katup supaya membuka dan pernya supaya katup kembali ke posisi awal. Waktunya diatur oleh klep masukan pada butir A. Itu ada per dan pelatuknya (rocker arm). alangkah baiknya kalo mengenal dulu bagian2 mesin (alon2 waton kelakon). . Blok silinder ya blok silinder. Penampang mesin tegak 4 tak SOHC Itu gambar berdasarkan istilah orang2 bule. Kiye tiliki bae gambare: Gambar 1. (KAYA UUD AJA) D. E. Buat ngatur buka tutupnya saluran hisap (C). semakin panas. Nah sebelum belajar cara kerjanya. C. Jadi klo kita nuang oli dari lubang masukan oli mesin. B.perbaikan. nek diterjemahin ke bahasa Indonesa. Yang akan dibahas disini cuman mesin2 berbahan bakar minyak alias BBM mohon maklum. bisa cairan (radiator) atau kisi2 (sirip2). mesin itu suangat puwanas karena di dalamnya memang dilakukan pembakaran BBM untuk menghasilkan daya. Yaitu mesin 4 tak atau disebut 4 langkah atau 4 stroke dan mesin 2 tak atau mesin 2 langkah atau mesin 2 stroke. Mari kita belajar bersama dan saling melengkapi dan membenarkan jika ada yang kurang tepat. Blok mesin ya blok mesin. tar di masing2 daerah bisa lain lagi namanya. lain lagi. G. Ini saluran untuk memasukkan campuran udara dan bahan bakar.

jadi tongolan (dalam 1 silinder . meledak dan mendorong piston untuk melakukan langkah usaha. Ini buat ngatur timming si klep masuk(A) dan klep buang(J). Pada mesin ada dua macem camshaft. K. Ni ada animasi camshaft yang sedang berputar menggerakkan rocker arm dan rocker arm tersebut memicu katup in dan out supaya membuka dan menutup. Ini saluran untuk “NGELUARIN” (knapa harus tanda kutip?):p hasil pembakaran campuran udara dan bahan bakar tadi. buat memercikkan atau menghasilkan api supaya campuran udara dan BBM terbakar. Itu ada per dan pelatuknya (rocker arm) juga. kapan mereka harus membuka atau menutub. seker torak semua sama. DOHC (dual apa dobel. Saluran buang. J. Busi. Pelatuk bwt menekan katup supaya membuka dan pernya supaya katup kembali ke posisi awal. (KAYA UUD LAGI) M. klep masuk atau buang.H. L. padha bae sami mawon. Waktunya diatur oleh klep keluaran pada butir J. rocker arm nya tetep dua. yaitu: SOHC (single overhead camshaft) jadi camshaft cuman atu aja di dalem mesin dan tongolannya (dalam 1 silinder. rocker arm yang terpasang di camshaft ada dua.lupa overhead camshaft) nah ini berarti ada dua batang camshaft di dalem mesin (masing2 camshaft cuman mengurusi 1 klep aja. Katup atau klep buang atau keluar. Genangannya tergantung seberapa banyak kita nuang oli ke mesin bisa 800mL . Piston atau orang nyebut seher. Genangan oli. As/poros kam atau noken as kata orang2 bengkel. Contoh mesin DOHC di gambar no 2 di bawah ntar. Fungsinya untuk… mmmmm… aduhhh… apa yaa… keringat dingin… . 4L dLL I. buat melatuk klep masuk dan buang) SOHC kaya terlihat di gambar 1. 1L. Buat ngatur buka tutupnya saluran buang (L). tapi satu nempel di camshaft yang ngurusin klep masuk. satu lagi nempel di camshaft yang ngurusin klep buang).

Ini gunanya untuk. silinder biru. Dan sekarang saatnya busi meletikkan api dan… dhuwar… piston tertekan ke bawah lagi sekaligus melakukan usaha. otomatis klep buang terbuka dan klep masuk ditutup. crankshaft berwarna merah... Kruk as ini buat nerusin gerakan dari piston. makanya ini disebut langkah usaha. (ketika piston sedang turun) sering disebut ruang bakar. Ini ada gambar lagi. Trus saatnya pembakaran. DHUWAR!!! YaK benul! Fungsinya ya untuk membuat gerakan naik turun (hush jgn ngeres!). Ini ada animasi lagi. Trus gerakan terakhir piston naik lagi. Ruangan vakum di atas piston. Disepanjang kruk as terpasangcrankpin (hubungan dg stang seher) dan ada juga flywheel atau roda gila.buang maupun kompresi adalah si flywheel ini. dan flywheel item. piston abu2. 3 dimensi bro…tu disitu keliatan camshaftnya dua karena ini mesin DOHC . La trus silinder tu sbnrnya apaan? Silinder ya ruangan jalur naik turunnya piston.. kedua klep kondisinya masih menutup kedua saluran. Titik pertemuan antara stang seher dengan crankpin bagian dari crankshaft atau kruk as. N.. P.. dig. Ini disebut langkah buang. Berarti yang mengisi daya ketika langkah hisap. Stang seher begitu orang bengkel sering bilang. kruk as itu panjang.. Ini disebut langkah hisap. jadi campuran udara dan BBM masuk ke silinder lewat saluran hisap (tentu disertai pembukaan klep masuk dan si klep buang ditutup. Trus piston naik lagi menekan campuran udara dan BBM tadi. dug. kedua klep kondisinya menutup kedua saluran. Ruang bakar juga merupakan bagian dari silinder..dag. dia berfungsi mengisi daya ketika piston sedang enggak melakukan langkah usaha. Nek turun membuat silinder vakum. sisa2 pembakaran didorong keluar melalui saluran buang. O. tekanannya jadi sangat tinggi dan sangat mudah terbakar… Ini disebut langkah kompresi. :p Buat meneruskan gerakan linier dari piston (naik turun) supaya bisa jadi gerakan memutar dicrankshaft (P).aduhh.

DOHC Ni lo gerakan mesin 4 tak… . 3D mesin mobil 4 tak. 4 silinder.Gambar 2.

Jadi begini ceritanya : Timing maju-mundur Yang gambar diatas. timing intake valve digeser maju atau mundur terhadap puli penggeraknya. Fluida yang digunakan sebagai aktuator untuk menggeser posisi camshaft adalah oli mesin yang diberikan tekanan. Gambar dibawah menjelaskan fungsi atau tujuan ketika timing digeser maju atau mundur. Jadi disini maksudnya puli pada intake camshaft adalah fleksibel.VVT-i atau Variable Valve Timing intelligent adalah pengaturan bukaan katup variabel yang dikembangkan oleh Toyota. Apa untungnya dengan memutar camshaft maju atau mundur ? Sepertinya terlalu panjang kalau dijelaskan pakai kata-kata. . Pada VVT-i ini bagian yang divariasikan adalah timing (waktu buka-tutup) intake valve dengan merubah atau menggeser posisi intake camshaft terhadap puli camshaft drive. VVT-i yang diperkenalkan pada tahun 1996 menggantikan VVT yang sebelumnya telah diperkenalkan pada tahun 1991. camshaftnya bisa diputar maju atau mundur. pake tabel sama gambar saja ya.

techno-fandom.org .www.

www. yang bikin camshaft geser maju atau mundur apa? Yang pasti ada yang menggerakkan. yang kemudian diberi nama Dual VVT-i.org Jelas? kalau belum belajar dulu mengenai internal combustion engine hehe…. Apa yang mengatur pompa oli? Yang mengatur adalah ECU dengan masukan dari beberapa sensor. volume udara masuk. tapi juga pada exhaust valve. Dalam perkembangannya. pada tahun 1998 Toyota mengembangkan lagi VVT-i ini tidak hanya untuk intake valve saja.techno-fandom. posisi throttle dan sensor posisi camshaft itu sendiri sebagai respon balik. mau power besar. . Sebelumnya liat dulu ilustrasi diatas. atau yang irit bbm bisa diatur. Intinya bukaan intake valve maju atau mundurnya disesuaikan dengan kebutuhan. putaran langsam. disitu terlihat adanya bagian yang bergerak didalam puli karena adanya dorongan dari tekanan oli. Terus. Yang memberikan tekanan pada oli adalah pompa oli. ga bisa gerak sendiri. diantaranya : kecepatan putaran mesin. yang mistis aja perlu jin kok. Kalau yang dijual TAM di Indonesia ada Camry yang sudah menggunakan teknologi ini.

OK. VTEC dan teman-teman sebangsanya. sampai disini dulu ceritanya.Nah. Sorry kalau mungkin ada yang salah silakan dikoreksi. google dan potongan ingatan yang terbatas. dari semua paparan diatas tujuannya cuman satu. youtube. . nanti kapan-kapan saya lanjutkan lagi ke VANOS. maklum namanya juga manusia. Sebagian besar sumber diambil dari wikipedia. yaitu mendapatkan power dan torsi yang optimal di semua kondisi dan beban kerja dengan tetap irit bahan bakar.