Bab

Gambar Cap

Pernahkah kamu melihat stempel?
Stempel adalah cap untuk berbagai dokumen.
Kita bisa melihatnya di rapor dan ijazah.
Bentuk stempel bermacam-macam.

Aneka macam stempel dan hasilnya.

Stempel digunakan dengan cara dicapkan.
Hasil stempel merupakan gambar cetak.
Di semester lalu kita membuat gambar cetak.
Kini kita akan melanjutkannya.
Kita membuat cetakannya seperti stempel.

Cetakan/cap ini memiliki bentuk tertentu.
Selain itu, bisa dipakai berulang-ulang.
Cetakan bisa juga berupa lubang.
Di lubang ini kita memberi catnya.
Ada bagian yang terkena cat, ada yang tidak.

Bab 7 Gambar Cap 63

ubi. Lumuri bentuk dengan cat. yang diinginkan. Ayo kita coba membuatnya. Kentang. Pensilmu jangan terlalu Belah umbi menjadi dua. kuas. 3 4 Potong sesuai bentuknya. pensil. Hati-hati. A. cat air. Cap Umbi Kamu perlu Kertas gambar. Juga cap dari kertas tebal. 1 2 Siapkan umbi yang diperlukan. pisau. Kita akan membuat cap dari umbi-umbian. 64 Seni Budaya dan Keterampilan SD/MI Kelas 2 . ditekan. Umbi dan kertas ini dipotong dahulu. atau wortel. umbi. jika perlu mintalah Capkan ke kertas sesuai pola bantuan orang dewasa. Gambarkan bentuk di umbi.

cat jangan terlalu encer. belakang karton cap. Ini agar hasil cap tidak berlubang-lubang. Permukaan umbi juga harus rata. karton. kuas. Tekuk dan rekatkan menjadi Bentuk panjang dipakai sisinya. iris sisi bawahnya sampai lepas. gunting. Sehingga. keinginanmu. Bab 7 Gambar Cap 65 . Potong bentuk sesuai garis gambarnya. pensil. Bentuk daun diputar memakai Tunggu sampai kering. Ingatlah. Lalu. cat air. hasil cap terlihat bagus. Cap Kertas Kamu perlu Kertas gambar. 3 4 Tempelkan pegangan ke Beri cat dan capkan. pegangan. 1 2 Potong kertas sesuai Potong karton berbentuk pita. sisi kertas. B.

Susunlah yang baik dan Tutulkan ke lubang karton. karton. spons dengan cat kental. Coba dulu mencapkan rancanganmu di kertas lain. gunting. Cat encer membuat karton lembek. 66 Seni Budaya dan Keterampilan SD/MI Kelas 2 . spons. 1 2 Gambar rancangan bentuk di Lubangi gambar dengan karton tebal. Catnya juga jangan terlalu encer. Sehingga. 3 4 Lumuri sedikit permukaan Lanjutkan sampai penuh. berwarna-warni. karton harus cukup tebal dan kaku. cat air. C. kamu tahu tebalnya cat yang diperlukan. Ingatlah. Cap Spons Kamu perlu Kertas gambar. gunting atau pisau.

Buat bintik dengan jarimu. pisau. Lumuri kentang dan capkan. Boleh juga karton ditindih benda-benda kecil. Cat pada spons harus cukup kental. 3 4 Lumuri juga kentang kecil. Ini supaya hasilnya sesuai bentuk. Bab 7 Gambar Cap 67 . Latihan Kepik kentang Kamu perlu Kertas gambar. Gambar juga garisnya. piring. Cat kental memberi tekstur pada hasilnya. Taruh cat ke piring kecil. kentang. 1 2 Potong kentang menjadi dua. cat air. Salah satu dipotong ujungnya. kuas. Capkan di ujung hasil cap tadi. Pegangi karton jangan sampai bergerak.

Dapat juga kamu gabungkan dengan teknik lain.  Jika cetakan berupa lubang. cat dikenakan di bagian lubang. Evaluasi 1 Pembatas buku manusia salju Gambar cap dapat dibuat benda berguna. Boleh juga ditambahkan antena untuk sejumlah kepik. daun. cat air. Hasil capnya berbentuk sama. Kamu perlu Kertas gelap. 68 Seni Budaya dan Keterampilan SD/MI Kelas 2 .  Hasil stempel merupakan gambar cap. Kamu bisa memakai warna lainnya. piring.  Cap dibuat dari aneka bahan: umbi-umbian. gunting. pelubang kertas.  Cap bisa dipakai berkali-kali. 5 Buat beberapa ekor kepik. pita/wol. kertas. Kita akan membuat pembatas buku. karton. wortel.  Cetakan yang dicapkan akan menjadi gambar cap. Gabungkan gambar cap dengan spidol.

Gambar mata dan hidungnya. besar. Simpan potongan kecil dan Capkan ke kertas gelap. Wortel kecil di atas yang besar. 1 2 Potong wortel menjadi dua. Beri juga kancing-kancingnya. Beri garis untuk bawah topi. 3 4 Buat cap kertas bentuk kotak. Buat lubang di bagian atasnya. Pembatas buku siap dipakai. Lumuri wortel dengan cat. Pasang pita atau benang wol. 5 6 Potong kertas agar lebih kecil. Lumuri dengan cat dan capkan. Bab 7 Gambar Cap 69 .

untuk jendela. palet. 70 Seni Budaya dan Keterampilan SD/MI Kelas 2 . Angkat potongan awan dan Tutup hasilnya dengan bawah gedung. Bentuk-bentuk yang tertutup Taruh potongan awan.2 Gedung percik Kamu perlu Kertas gambar. 1 2 Gunting kertas bentuk awan. gunting. Gosokkan sikat gigi lagi. potongan bawah gedung. cat air. Taruh potongan atas gedung. kertas koran jika perlu. membentuk gambar indah. sikat gigi bekas. sisir. Simpan potongannya. 3 4 Tunggu sampai kering benar. Gunting bentuk deretan Taruh potongan kotak-kotak gedung atau bangunan. Gosokkan sikat gigi bercat pada sisir.