Document No.

: PK-06/01
PETUNJUK KERJA
Revision No. : 0
PENYUSUNAN SILABUS Effective Date :
Page : 1 of 2
Disiapkan Oleh : Ditinjau Oleh : Disetujui Oleh :

……………………………….. ………………………. ……………………..
……………… Ketua Tim Pengembang Ketua Tim Penjaminan Mutu Kepala Sekolah
Standar

I. TUJUAN : Petunjuk kerja bagi guru dalam menyusun silabus

II. PELAKSANA : Guru

III. BAHAN : Panduan penyusunan KTSP dari BSNP, Hasil Analisis SI-SKL (FM-04/01-03,
FM-05/01-02), Kalender Pendidikan

IV. URUTAN PEKERJAAN :
1. Mencermati hasil analisis SI dan SKL (FM-04/01-03.; FM-05/01-02)
2. Menentukan Standar Kompetensi (kompetensi minimal) yang harus dimiliki/dicapai oleh
peserta didik melalui pengkajian/analisis Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi
dengan mengacu visi misi sekolah, kultur budaya ,potensi lokal, dan tingkat perkembangan
anak didik.
3. Menentukan kompetensi dasar yang harus dimiliki untuk mencapai kompetensi minimal
(standar kompetensi) dengan memperhatikan hierarki/urutan kompetensi.
4. Menentukan materi pokok pembelajaran yang diperlukan untuk mendukung pencapaian
kompetensi dasar.
5. Merumuskan kegiatan pembelajaran yang harus dilakukan sesuai dengan karakteristik
materi dan aspek kompetensi. (memuat kegiatan yang harus dilakukan siswa terhadap
materi pembelajaran)
6. Merumuskan indikator pencapaian kompetensi dasar siswa dengan mengunakan kata kerja
operasional.
7. Menentukan jenis penilaian berdasarkan indikator pencapaian dengan melakukan pemetaan
SK, KD, dan indikator dan memperhatikan aspek penilaian(aspek kompetensi yang akan
dinilai pencapiannya)
8. Menentukan alokasi waktu yang diperlukan untuk pencapaian kompetensi masing-masing
kompetensi dasar dengan mengacu jumlah jam yang tersedia pada kalender akademik.
9. Menentukan sumber belajar yang relevan dengan materi pokok, kegiatan
pembelajaran, dan aspek kompetensi untuk mendukung pencapaian kompetensi dasar.
10. Memastikan konsistensi SK, KD, dan indikator dalam silabus
11. Memastikan kesesuaian materi pembelajaran dengan kompetensi dasar yang ingin dicapai
pada silabus
12. Memastikan kesesuaian kegiatan pembelajaran dengan kompetensi dan indikator
yang ingin dicapai dalam silabus

Melakukan perbaikan terhadap pelaksanaan langkah-langkah penyusunan silabus yang tidak tepat. V. FORMAT/CATATAN MUTU : 1. 13. Format silabus (FM-06/01-01) 2. Memastikan kesesuaian antara sumber bahan pembelajaran dengan karakterisitik materi pembelajaran. 15. Memastikan kesesuaian jenis penilaian. pedoman penskoran dan kriteria dengan aspek penilaian/ranah kompetensi. Format pengecekan langkah-langkah penyusunan silabus (FM-06/01- 02) . dan kegiatan pembelajaran/langkah pembelajaran dalam silabus. dan indikator dalam silabus 14.

.......................... Mata Pelajaran : ... ............................ Mengetahui........... SILABUS Nama Sekolah : ....... Dokumen : FM-06/01-01 No.... Kelas : ..... ......................... Kompetensi Materi Pokok/ Kegiatan Sumber Indikator Penilaian Alokasi Waktu Dasar Pembelajaran Pembelajaran Belajar .......................................... Semester : ................................. Standar Kompetensi : .......... Guru Mata Pelajaran.............. No........... ......................... Revisi : 0 Tanggal Berlaku : …………….... Kepala Sekolah.......................................................

manfaat . Dokumen : FM-06/01-02 No. Apakah sudah mempertimbangkan potensi peserta didik? Format urutan b. Mengkaji dan Menentukan Standar Kompetensi(SK) dan SKL a. Apakah sudah mengkaji urutan KD berdasarkan hierarki konsep disiplin Format urutan KD ilmu dan/atau tingkat kesulitan materi? sesuai tingkat b. No. dan keluasan materi pembelajaran? g.. Apakah sudah mempertimbangkan dengan relevansi dan karakteristik materi pokok daerah? berdasarkan kondisi c. Revisi : 0 Tanggal Berlaku : ……………. Mengkaji dan Menentukan Kompetensi Dasar (KD) a. Apakah sudah mengkaji keterkaitan standar kompetensi antar mata pelajaran? 2. Apakah sudah mempertimbangkan relevansi dengan kebutuhan peserta didik dan tuntutan lingkungan? h. dan SKL mata pelajaran ? pemetaan SK dan b. Apakah sudah mengkaji keterkaitan antar standar kompetensi dalam mata pelajaran? d. Apakah sudah mengkaji keterkaitan antar Kompetensi dasar (KD) kesulitan materi dasar dalam mata pelajaran? c. Apakah sudah mempertimbangkan kebermanfaatan bagi peserta didik? waktu yang e. emosional. sosial. Mengidentifikasi Materi Pokok/Pembelajaran a. Apakah sudah berdasarkan hierarki konsep disiplin ilmu/tingkat SKL kesulitan materi? c. Apakah sudah mempertimbangkan tingkat perkembangan fisik. Apakah sudah mempertimbangkan alokasi waktu yang tersedia? . Apakah sudah mempertimbangkan berdasarkan struktur keilmuannya? tersedia f. PENGECEKAN SILABUS NO LANGKA-LANGKAH PENYUSUNAN SILABUS BUKTI Ya TIDAK BERIKAN ALASANNYA 1 1. Apakah sudah mempertimbangkan Aktualitas. dan spritual peserta didik? peserta didik dan d.struktur intelektual. Apakah sudah mengkaji keterkaitan Kompetensi Dasar (KD)antar mata pelajaran? 3. . kedalaman. Apakah sudah menganalisis SK dengan tuntutan SKL satuan Format analisis dan pendidikan.

Apakah tingkat kata kerja dalam indikator sudah lebih rendah atau setara dengan kata kerja dalam KD maupun SK? d. Life Skills 5. Apakah hasil penilaian bisa dianalisis untuk menentukan tindak lanjut? . Apakah penilaian yang digunakan sudah mencerminkan sistem penilaian yang berkelanjutan? d. Mengembangkan Kegiatan Pembelajaran a. Apakah keseluruhan indikator dalam satu KD sudah merupakan tanda- tanda. Apakah jenis penilaian yang dipilih sudah menilai penilaian ketercapaian indikator yang telah dirumuskan? b. Apakah sudah berdasarkan kajian bahwa kegiatan pembelajaran yang Format kegiatan dipilih bisa membantu guru dapat melaksanakan proses pembelajaran apa yang dilakukan secara professional? dalam b. dan lain-lain untuk pencapaian kompetensi yang merupakan kemampuan bersikap. Apakah sudah berdasarkan kajian bahwa urutan kegiatan dibuat pembelajaran sudah sesuai dengan hierarki konsep materi pembelajaran? d. Relevansi dan Kontekstual? e. Apakah jenis penilaian yang dilakukan sudah menggunakan acuan kriteria? c. Menentukan Jenis Penilaian Format program a.NO LANGKA-LANGKAH PENYUSUNAN SILABUS BUKTI Ya TIDAK BERIKAN ALASANNYA 4. Apakah dalam merumuskan indikator sudah berdasarkan prinsip pengembangan indikator antara lain Urgensi. perilaku. yaitu kegiatan siswa dan materi? e. Apakah sudah berdasarkan kajian bahwa kegiatan pembelajaran yang pembelajaran yang diplih sudah memuat rangkaian kegiatan yang harus dilakukan peserta sesuai dengan didik secara berurutan untuk mencapai kompetensi dasar yang sudah materi pokok dan ditentukan ? indikator yang c. Apakah setiap indikator sudah menggunakan kata kerja operasional indikator yang dapat diukur dan/atau diobservasi? c. Kontinuitas. Apakah sudah berdasarkan kajian bahwa rumusan pernyataan dalam kegiatan pembelajaran minimal? mengandung dua unsur penciri yang mencerminkan pengelolaan pengalaman belajar peserta didik. Merumuskan Indikator Pencapaian Kompetensi Format analisis dan a. Apakah setiap KD sudah dikembangkan menjadi beberapa indikator pemetaan SK dan (lebih dari dua)? KD menjadi b. berpikir. dan bertindak secara konsisten? 6.

materi pokok belajar tetapi bervariasi dapat berupa media cetak dan elektronik. kedalaman. tingkat kesulitan. keluasan. dan budaya?. sosial. Apakah dalam penentuan alokasi waktu pada setiap kompetensi dasar tersedia dalam satu sudah didasarkan pada jumlah minggu efektif dan alokasi waktu mata semester dengan pelajaran per minggu dengan mempertimbangkan jumlah kompetensi jumlah SK dan KD dasar. Apakah dalam penentuan sumber belajar sudah didasarkan pada belajar yang sesuai standar kompetensi dan kompetensi dasar serta materi pokok/pembelajaran. Apakah sumber belajar sudah tidak hanya satu macam jenis sumber SK. nara dan indikator sumber.NO LANGKA-LANGKAH PENYUSUNAN SILABUS BUKTI Ya TIDAK BERIKAN ALASANNYA e.Menentukan Sumber Belajar antara a. serta lingkungan fisik.KD. dan indikator pencapaian kompetensi? . Apakah dalam menentukan alokasi waktu yang dicantumkan dalam silabus hanya merupakan perkiraan waktu rerata untuk menguasai kompetensi dasar yang dibutuhkan oleh peserta didik yang beragam? Format analisis 8. dan tingkat kepentingan yang ada kompetensi dasar? b. dengan sumber b. Apakah jenis penilaian sudah sesuai dengan pengalaman belajar yang ditempuh dalam kegiatan pembelajaran? Format analisis 7. kegiatan pembelajaran. alam.Menentukan Alokasi Waktu alokasi waktu yang a.