FAKULTAS FARMASI

UNIVERSITAS WAHID HASYIM
SEMARANG
=====================================================================
UJIAN AKHIR SEMESTER
Mata kuliah: Parasitologi
Semester: IV (genap)
Kelas: Reguler
Hari, tanggal: Selasa, 4 September 2012
Waktu: 60 menit
Sifat ujian: Buku tertutup

Petunjuk menjawab soal:
Pilihlah jawaban yang paling benar dengan memberikan tanda silang (×) pada huruf di
samping pilihan jawaban.
Pernyataan yang benar tentang kejadian infeksi Strongyloides stercolaris yaitu:
a. Dalam siklus hidupnya larva cacing dapat berkembang secara bebas menjadi cacing dewasa
b. Cacing jantan dan betina bertindak sebagai parasit
c. Dalam siklus hidupnya melibatkan organ laring
d. Dapat terjadi self infection dan auto infection
e. Larva filariform dikeluarkan bersama tinja manusia

Gejala klinik pada kasus filariasis adalah sebagai berikut, kecuali:
a. Lymphedema c. Pruritis nokturna e. Pulmonary tropical
b. Elephantiasis d. Hydrocele eosinophylia syndrome

Cara mencuci seprei sebagai tindakan pencegahan penularan infeksi Oxyuris vermicularis adalah sebagai
berikut, kecuali:
a. Disetrika di kedua sisinya d. Direndam dengan air panas
b. Dijemur di bawah matahari langsung e. Dicuci dengan pemutih pakaian
c. Dipisah dari baju anggota keluarga lain yang tidak terinfeksi

Pilihan obat untuk menanggulangi pediculosis pada anak usia ± 2 tahun adalah:
a. Pyrethrin dan piperonyl butoxide d. Benzil alkohol lotion
b. Benzilis benzoat e. Lindane shampo
c. Malation lotion

Pasien filariasis mudah terkena infeksi karena:
a. Kulitnya menjadi tipis dan kaku d. Terjadi pembengkakan pada kaki
b. Terjadi penumpukan cairan e. Ada peningkatan IgE dan antibodi
c. Penurunan fungsi kelenjar limfe

Sarcoptes scabiei betina dewasa meletakkan telurnya di:
a. Permukaan tanah c. Di bawah kulit e. Kulit kepala
b. Permukaan kulit d. Helaian rambut kepala

Unsur terjadinya penularan filariasis adalah sebagai berikut, kecuali:
a. Manusia rentan c. Lingkungan sosial e. Hewan
b. Parasit d. Pola makan

Penanganan paedurus dermatitis yang benar adalah sebagai berikut, kecuali:
a. Kulit dicuci dengan air dan sabun d. Kulit diolesi dengan salep antibiotik
b. Kulit dikompres dengan air dingin e. Kulit dikompres dengan alkohol
c. Kulit diolesi dengan salep kortikosteroid

Lindane Manifestasi klinik infeksi Strongyloides stercolaris menimbulkan gejala pada: a. Infeksi sekunder Pernyataan yang benar tentang mikrofilaria jenis nocturnal periodicity adalah: a. Penderita sering mengganti celana dalam e. Piperazine citrate e. Pengobatan terhadap seluruh anggota keluarga Pengobatan filariasis yang hanya ditujukan pada penderita disebut: a. Pantang makan daging sapi dan babi d. Infeksi laten c. Mencuci tangan sebelum makan e. Terdapat dalam cairan limfe penderita b. Kulit dan paru Persamaan infeksi Enterobius vermicularis dan Strongyloides stercolaris adalah: a. Memotong kuku b. Infeksi tersembunyi d. maka tindakan pencegahan taeniasis yang paling tepat adalah: a.Tempat tinggal Upin di dekat tempat pembuangan sampah. Ivermectin b. Pengulangan pengobatan terhadap penderita c. Memasak daging dengan benar b. Upin menderita taeniasis dan enterobiosis. Untuk keperluan diagnosis. Infeksi campuran e. darah diambil pada malam hari c. kecuali: a. Retroinfeksi b. Infeksi berulang diterapi dengan obat lain yang lebih poten d. Pengobatan preventif b. Upin dapat dikatakan mengalami: a. Malation lotion b. Pengobatan selektif . Pengobatan simptomatik d. Emulsi benzilis benzoat c. Infeksi berulang pada lebih dari satu anggota keluarga memerlukan pengobatan terhadap seluruh anggota keluarga e. Dapat terjadi auto infeksi b. Kulit dan abdominal d. Dapat dicegah dengan perbaikan sanitasi Obat yang lebih sering digunakan untuk menangani infeksi Strongyloides stercolaris karena lebih ditoleransi pasien adalah: a. Dapat digunakan mebendazole. Diagnosa ditegakkan dengan ditemukannya telur pada tinja d. Pengulangan pengobatan dilakukan kembali setelah 2 minggu Berkaitan dengan keberadaan cysticerci. Mencuci seprei dengan benar d. Pengobatan kausatif e. Thiabendazole c. dan albendazole b. Biasanya diikuti dengan peningkatan IgA d. Pengobatan masal c. Dapat dideteksi secara makroskopis e. Paru dan abdominal b. pyrantelpamoate. Albendazole Tindakan pencegahan yang berhubungan dengan self infection infeksi cacing kremi adalah: a. Usus dan hati c. Dapat diwarnai dengan pewarna hemoglobulin Pernyataan yang benar tentang pengobatan infeksi Oxyuris vermicularis adalah sebagai berikut. Hati dan respiratory e. Permethrin cream d. Menifestasi kliniknya diare c. Melindungi sumber air dari pencemaran c. Pengulangan pengobatan bertujuan untuk mencegah atau memberantas infeksi c. Krotomitan lotion e. Mebendazole d. Mencuci sayur dengan air mengalir Obat skabies yang toksik terhadap susunan syaraf pusat adalah: a. Lebih sering ditemukan di daerah pedesaan dan pertanian e.

Wuchereria bancrofti c. Kaum homoseksual e. CTM e. Gatal di sekitar anus c. Taeniasis Penyebab penyakit kaki gajah adalah: a. Habitat Trichuris trichiura dewasa di usus besar Kelompok yang mempunyai resiko tinggi terkena infeksi cacing kremi adalah: a. Infeksi sekunder e. Manusia bertindak sebagai hospes intermedier c. Elephantiasis e. Parasit stasioner b. Lindane shampo c. Benzil alkohol lotion butoxide Berdasarkan tempat berparasitnya. Ektoparasit Dalam dunia zooparasit serangga termasuk: a. Hydrocele e. Sakit perut e. Kejadian infeksi lebih sering di daerah pertanian b. kecuali: a. Self infection c. Malation lotion e. Infeksi superfacial b. Infeksi bakteri karena iritasi b. Oncospheres e. Protozoa c. Pasien immunocompromise Terapi simptomatik untuk filariasis menggunakan obat-obatan berikut. Narapidana d. Nematoda Infeksi jaringan karena larva Taenia soleum hingga dapat menyebabkan kejang disebut: a. Parasit monoxen c. Sarcoptes scabiei termasuk: a. 3/5 bagian tubuh anterior halus seperti benang d. Lokasi khas daerah gatal Infeksi Oxyuris vermicularis yang terjadi dengan cara berpindahnya telur infektif ke mulut melalui tangan yang sudah menggaruk anus disebut: a.Bagian tubuh Taenia saginata dan Taenia soleum yang dapat ditemukan pada tinja untuk menegakkan diagnosis taeniasis adalah: a. Diazepam b. Infeksi sekunder d. Pyrethrins dan piperonyl b. Pruritis nokturna c. Bentuk telur seperti tempayan d. Kortikosteroid Gatal di kepala pada manusia dengan Pediculus humanus capitis terjadi karena: a. Tertular karena kontak langsung dengan penderita Pernyataan yang benar tentang Trichuris trichiura adalah sebagai berikut. Nymph d. Bentuk khas daerah gatal e. Antibiotik d. Adanya kunikulus d. Parasitiasis e. Cysticerci b. Anak usia sekolah c. Penjalaran ke vagina d. Permethrin lotion d. Pelekatan telur pada rambut e. Diare Obat yang bersifat pediculocidal dan partially ovicidal adalah: a. Dermatitis Manifestasi klinik dari skabies adalah: a. Parasit fakultatif d. Tidak ada jawaban benar b. e. Semua jawaban benar b. Hyperinfection c. Helminthes e. Microfilaria bancrofti b. kecuali: a. Metazoa d. Retroinfection . kecuali: a. Scolex c. Proglotida Manifestasi klinik dari infeksi Enterobius vermicularis adalah sebagai berikut. Dermatitis b. Infeksi oral b. Auto infection d. Cysticercosis d. Nyamuk Culex quinquefasciatus d. Reaksi alergi c. Paracetamol c. Arthropoda b.

Telur Trichuris trichiura yang dikeluarkan bersama tinja manusia berbentuk: a. Taeniasis d. Ivermectin berulang c. Pengobatan masal pada daerah endemik e. Colon d. Pendidikan kesehatan pada masyarakat rentan c. Emulsi benzilis benzoas c. Malation lotion b. Dietilcarbamazine citrate dan albendazole d. Tape method c. Mengiritasi kulit d. Enterobiosis c. Telur cacing d. Telur – nymph – dewasa d. Ascariasis Diagnosis infeksi Enterobius vermicularis dilakukan dengan cara: a. Telur infektif b. Termasuk golongan amida dan DNA Secara morfologi. Telur berembrio c. Kait pada scolex Dalam kasus filariasis. Sarcoptes scabiei d. Harada-Mori filter paper strip culture technique b. Menyebabkan bengkak e. Lambung e. Filariasis e. Albendazole dan ivermectin e. Mencuci sayur dengan benar d. Tidak seefektif niclosamide c. Identifikasi mikrofilaria dalam darah secara mikroskopis e. 3/5 bagian tubuh anterior e. yang bertindak sebagai vektor adalah: a.Cacing e. Telur tahap 2 sel d. Scolex dan proglotida b. Telur – larva – dewasa e. Ditemukannya telur pada spesimen tinja d. Trichuriasis b. bagian tubuh Taenia saginata dan Taenia soleum yang berperan terhadap terjadinya taeniasis adalah: a. Telur tak berembrio e. Nymph – telur – dewasa c. Nymph – larva – dewasa dewasa Obat skabies yang efek sampingnya membuat lokasi infeksi makin gatal adalah: a. Dietilcarbamazine citrate dan ivermectin Cacing yang hidup di saluran limfe menyebabkan: a. Terjadi peningkatan IgE dan IgG Urutan perkembangan Pediculus humanus capitis adalah: a. Memakai baju tertutup b. Tidur memakai kelambu Telur Trichuris trichiura menetas di: a. Menghambat sintesis protein b. Nyamuk c. Efek sampingnya mual muntah b. Pediculus humanus capitis e. Albendazole dan dietilcarbamazine citrate b. Lindane Parasit yang mekanisme kerugiannya menimbulkan reaksi alergi dan menghisap darah adalah: a. kecuali: a. Menyebabkan inflamasi d. kecuali: a. Kecoa d. Telur bersel banyak Pengobatan masal pada daerah endemis filariasis adalah: a. Sekum Pernyataan yang benar tentang latigaza adalah sebagai berikut. Cysticerci dan oncospheres c. Strongyloides stercolaris b. Memperparah taeniasis e. Menyebabkan sakit perut . Telur – larva – nymph – b. Usus halus c. Culex quinquefasciatus Pencegahan filariasis dapat dilakukan dengan cara berikut ini. Lalat b. Krotomitan lotion e. Paedurus c. Permethrin cream d. Tungau Bila pasien mengalami cysticercosis. Rektum b. praziquantel dikontra indikasikan karena: a. Menghambat mitosis c.

Diperantarai vektor minuman . Memakai handuk yang sama d. Cysticercosis b. Hydrocele d.Malation adalah insektisida golongan: a. Albendazole d. Taenia saginata b. Mikrofilaria Skabies dapat ditularkan secara langsung dengan cara: a. Pendidikan b. Mebendazole c. Permethrin cream d. Pyrantel pamoate b. kecuali: a. Krotomitan lotion e. Jalan dengan kaki telanjang d. Emulsi benzilis benzoas c. Ekonomi Obat yang dapat digunakan untuk menangani scabies dan pediculosis adalah: a. Seluruh bagian tubuh b. Ivermectin d. Diare berlendir dan berdarah perkembangan otak Anggapan bahwa filariasis merupakan penyakit kutukan merupakan contoh unsur terjadinya penularan dari faktor: a. kecuali: a. Lymphedema Larva filariasis tahap 3 bermigrasi ke: a. Piperonyl butoxide e. Benzil alcohol Pengobatan simptomatis pada trichuriasis adalah: a. Tenesmus ani e. Berkebun tanpa sarung tangan c. Budaya d. Biologi c. Cacing dewasa b. Trichuris trichiura d. Kontaminasi air minum dengan telur cacing b. Permethrin b. Kontak dengan faeces manusia Infeksi cacing yang berpotensi menimbulkan kematian adalah: a. Organofosfat d. Lindane Ketika larva Strongyloides stercolaris menyebar ke seluruh tubuh maka terjadi: a. Otot dada nyamuk e. Lambung nyamuk d. Praziquantel e. Malation d. Ivermectin Obat scabies yang menjadi pilihan pertama karena keamanan dan keefektifannya adalah: a. Hyperinfection syndrome c. Kontak dengan tanah e. Krotomitan c. Auto infection e. Tidur bersama-sama c. Larva filariasis tahap 3 e. Necator amenricanus e. Self infection d. Ludah nyamuk nyamuk Cara penularan infeksi Strongyloides stercolaris adalah sebagai berikut. Rectal prolapse c. Pada anak terjadi gangguan b. Sosial e. Amida e. Niclosamid Vektor filariasis menularkan filariasis pada manusia dengan cara memasukkan: a. Metronidazole e. Larva filariasis tahap 2 d. Organik ditemukan di bunga krisan Gambaran trichuriasis adalah sebagai berikut. Albendazole c. Larva filariasis tahap 1 c. Malation lotion b. Suplemen besi b. Oxyyuris vermicularis Obat cacing yang termasuk golongan obat bebas terbatas adalah: a. Berjabat tangan e. Strongyloides stercolaris c. Kontaminasi makanan dan b. Proboscis nyamuk c. Sintetik yang dapat b. Organoklorid c.

Trichuris trichiura e. Ascaris lumbricoides b. Berkembang menjadi larva filariform c. Tidak ada jawaban yang benar .Nama lain dari cacing cambuk yaitu: a. Strongyloides stercolaris Larva rhabditiform Strongyloides stercolaris dari usus dikeluarkan bersama tinja akan mengalami kejadian berikut ini. Wuchereria bancrofti c. Taenia saginata d. kecuali: a. Masuk dalam tubuh manusia dengan cara menembus kulit e. Berkembang menjadi cacing dewasa dan hidup secara bebas b. Menyebabkan auto infeksi pada penderitanya d.

Related Interests