RENCANA KEPERAWATAN KELUARGA

Nama : Tn. A
Alamat : RT.07 RW.08 kel. Arjuna kec. Cicendo kota Bandung

Tanggal No. Diagnosa Tujuan Rencana Perawatan
DP Keperawatan
1 2 3 4 5
8-8-05 1 Gangguan Tupan : 1. Gali pengetahuan keluarga tentang pengertian
pemenuhan nutrisi : Kebutuhan nutrisi tidak terganggu gangguan nutrisi, tanda dan gejala serta penyebab
kurang dari Tupen : dan factor yang mempengaruhi gangguan nutrisi
kebutuhan pada Setelah dilakukan intervensi keperawatan selama 15 menit, 2. Berikan penyuluhan tentang pengertian, tanda
Tn.A b. d keluarga dapat : dan gejala, penyebab dan factor yang
ketidaktahuan - Menyebutkan pengertian , tanda dan gejala gangguan mempengaruhi gangguan nutrisi
keluarga mengenal nutrisi 3. Evaluasi kembali hasil penyuluhan yang telah
masalah gangguan - Menyebutkan penyebab dari gangguan nutrisi diberikan.
nutrisi pada Tn.A - Menyebutkan factor yang mempengaruhi gangguan 4. Kaji apa yang dirasakan keluarga tentang
nutrisi pada Tn.A dengan TB paru gangguan nutrisi pada Tn.A
- Memiliki persepsi positif terhadap masalah Tn.A dengan
gangguan nutrisi

8-8-05 2 Gangguan Tupan :
pemenuhan nutrisi: Kebutuhan nutrisi tidak terganggu 1. Berikan penjelasan mengenai akibat yang
kurang dari Tupen : mungkin timbul bila masalah gangguan nutrisi

83

Selingi makanan ringan seperti biscuit diantara waktu makan f.Membuat keputusan yang tepat untuk mengatasi mual seperti gorengan. Diskusikan tentang konsekuensi yang mungkin ketidakmauan .A b.1 2 3 4 5 kebutuhan pada Setelah dilakukan intervensi keperawatan selama 15 menit.A 84 . Hindari makanan yang dapat merangsang gangguan nutrisi .Menyebutkan akibat gangguan pemenuhan nutrisi pada 3. seperti : tindakan untuk .d keluarga dapat : 2. Makan dengan porsi sedikit tapi sering d.Memilih alternatif-alternatif untuk mengatasi masalah a. tidak diatasi Tn.A berlemak c. Biasakan makan bersama-sama anggota keluarga lain untuk menambah nafsu makan 4.Menyadari masalah gangguan nutrisi pada Tn.A b.A mengatasi masalah gangguan nutrisi. Berikan alternatif-alternatif tindakan untuk mengambil Tn. makanan yang gangguan asupan nutrisi pada Tn. Minum air hangat untuk menghindari mual mengatasi masalah gangguan nutrisi pada Tn.A timbul dari setiap tindakan yang akan diambil keluarga . Motivasi keluarga untuk mengambil keputusan yang tepat dalam mengatasi masalah gangguan nutrisi yang terjadi pada Tn. Memilih makanan yang tinggi zat gizi tapi dengan harga yang masih terjangkau dan relatif murah e.

Berikan makanan yang cukup gizi (diet tinggi kalori tinggi protein) b. b. 1 2 3 4 5 8-8-05 3 Gangguan Tupan : 1. Berikan makan dengan porsi sedikit tapi sering 3. Biasakan makan bersama-sama anggota keluarga lain untuk menambah nafsu makan d. Berikan makan dengan porsi sedikit tapi gangguan nutrisi . Anjurkan untuk selalu menjaga kebersihan Tn.A 2.d keluarga dapat : mulut (oaral hygiene) ketidakmampuan . Minum air hangat untuk menghindari mual kebutuhan pada Setelah dilakukan intervensi keperawatan selama 15 menit. Diskusikan bersama keluarga tentang fasilitas pelayanan kesehatan seperti RS dan Puskesmas 85 .A b. makanan yang anggota keluarga . Hindari makanan yang dapat merangsang keluarga merawat dan kurang nafsu makan pada Tn. Pilih makanan yang cukup gizi dengan harga yang masih terjangkau oleh keluarga c.Memodifikasi menu makanan sesuai diet TKTP dan berlemak dengan masalah sesuai dengan kemampuan keluarga d.Memanfaatkan fasilitas pelayanan kesehatan yang ada sering untuk mengatasi masalah gangguan nutrisi pada Tn. Diskusikan bersama keluarga cara memodifikasi menu untuk Tn.A a.A mual seperti gorengan. Jelaskan beberapa cara untuk mengatasi mual dan pemenuhan nutrisi : Kebutuhan nutrisi tidak terganggu penurunan nafsu makan kurang dari Tupen : a.Melakukan tindakan perawatan untuk mengatasi mual c.

keluarga dapat : melakukan pencegahan penularan penyakit keluarga . 2. Memeriksakan kesehatan secara teratur 4.Menyadari masalah penularan penyakit TB paru 3. yaitu penularan secara TB paru pada Tupen : langsung dan tidak langsung anggota keluarga Setelah dilakukan intervensi keperawatan selama 15 menit.Mengambil keputusan yang tepat untuk upaya kesehatan anggota keluarga dengan olahraga pencegahan penularan penyakit pada Tn.A dan keluarga agar mengambil keputusan yang tepat untuk mencegah penularan penyakit 8/8/2005 5 Resiko terjadi Tupan : 1. Berikan motivasi pada Tn. Jelaskan tentang alternatif-alternatif untuk mengatasi masalah .A dan makan makanan yang cukup gizi c. Tn.A harus melakukan upaya-upaya penularan TB paru . Berikan penjelasan tentang akibat jika tidak b. yaitu : pencegahan pencegahan penularan penyakit TB pada orang lain a.Menyebutkan akibat dari tidak melakukan upaya mencegah penularan penyakit. Menganjurkan untuk selalu menjaga kondisi .d Ketidakmauan diharapkan. Diskusikan bersama keluarga tentang sumber- 86 .Memilih alternatif-alternatif yang dapat dilakukan untuk pencegahan penularan penyakit TB paru pencegahan penularan penyakit TB paru b. 1 2 3 4 5 yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah gangguan nutrisi dan motivasi keluarga agar mau memanfaatkan sarana pelayanan kesehatan yang ada 8/8/2005 4 Resiko terjadi Tupan : 1. Berikan penjelasan tentang cara penularan penularan penyakit Penularan penyakit pada anggota keluarga lain tidak terjadi penyakit TB paru.

1 2 3 4 5 penularan penyakit Penularan penyakit pada anggota keluarga lain tidak terjadi. Demonstrasikan cara pembuatan sputum pot dengan bahan -bahan yang ada dirumah. Buka pintu dan jendela setiap hari terutama pagi hari agar pertukaran udara baik b. membuang dahak tidak sembarangan dan dengan TB paru . c. seperti menggunakan kaleng tertutup dan air sabun 4. air sabun penularan. sunber yang ada di rumah dan bisa digunakan pada seluruh untuk mencegah terjadinya penularan anggota keluarga Tupen : 2.Melakukan tindakan pencegahan penularan penyakit alat makan dengan orang lain sampai keluarga merawat . menutup mulut saat batuk. bersin dan bicara. Berobat sampai tuntas 3. Berikan penjelasan tentang rumah dan lingkungan sehat dan modifikasi yang bisa dilakukan untuk mendukung kesehatan dan pencegahan penularan yaitu: a. d. memisahkan barang-barang pribadi seperti ketidakmampuan . savlon. Jelaskan cara pencegahan penularan TB paru Tn A berhubungan Setelah diberikan intervensi keperawatan selama 15 menit. Usahakan sinar matahari masuk ke dalam 87 . yaitu: dengan keluarga dapat : a.Memodifikasi lingkungan yang dapat mendukung dinyatakan sembuh anggota keluarga pencegahan penularan penyakit b.Memanfaatkan sumber yang ada di keluarga dan fasilitas disarankan pada tempat tertutup yang sudah pelayana kesehatan yang ada untuk mencegah terjadinya diberi desinfektan lisol.

Puskesmas . Tidak membuang sampah sembarangan dan tidak membiarkan sampah menumpuk dirumah e. dengan menggunakan kartu KS 88 . 1 2 3 4 5 rumah denagn menambahkan genting kaca c. Menjemur kasur minimal 2 minggu sekali 5. Bersihkan rumah setiap hari d. Motivasi keluarga memanfaatkan fasilitas pelayanan kesehatan seperti RS.

89 .

Related Interests