Pelatihan Pembuatan Fibreglass

Keterampilan Kerja, 25 – 27 Maret 2006

Modul Pelatihan Fibre Glass

1. Pendahuluan
2. Fibreglass
2.1. Bahan dan Alat
2.2. Teknik Pembuatan fibreglass
3. Cetakan
3.1. Bahan dan Alat
3.2. Teknik pembuatan cetakan
4. Aktivitas-aktivitas pelatihan Fibreglass
4.1. Pembuatan pelat / lembaran fibreglass
4.2. Pembuatan penguat / stiffner fibreglass
4.3. Penyambungan fibreglass
5. Pembuatan model kapal
5.1. Cetakan model
5.2. Model Fibreglass
6. Pembuatan boat
6.1. Cetakan model
6.2. Boat Fibreglass

bobot yang ringan dan relatif mudah dalam pembentukannya. Fibreglass merupakan bahan yang memiliki kekuatan cukup baik. yaitu bahan kimia yang dilapiskan pada serat glass sehingga membuat serat glass menjadi satu kesatuan yang kokoh namun mengurangi sifat elastik dari serat glass itu sendiri. Material Fiberglass adalah produk berupa lapisan yang terdiri campuran dari serat glass yang memiliki kekuatan yang tinggi dengan kekuatan resin yang rendah. 25 – 27 Maret 2006 Modul Pelatihan Fibreglass 1. mobil. kita banyak menjumpai benda-benda yang terbuat dari material fibreglass antara lain. . Komponen utama lainnya adalah resin. pesiar. Sehingga banyak digunakan mulai dari produk sederhana seperti tempat sampah sampai penggunaannya pada hasil teknologi tinggi misalnya kapal-kapal layar.Pelatihan Pembuatan Fibreglass Keterampilan Kerja. pesawat. kursi tunggu terminal. Serat glass (fiberglass) terdistribusi pada seluruh lapisan sehingga memberikan kekuatan lapisan yang merata. bodi motor bahkan bodi mobil pun banyak yang menggunakan material fibreglass. membuka lapangan kerja baru di tengah tingginya tingkat persaingan kerja saat ini. speedboat. Lapisan-lapisan struktur biasanya terdiri atas 20% sampai dengan 60% berat serat fiber. papan selancar. kotak sampah. Penguatan lapisan sangat bergantung pada type serat glass dan jumlah lapisan serat glass yang digunakan. rambu pemisah jalan. Pendahuluan Dalam kehidupan. Masih banyak lagi benda yang belum disebutkan dan terbuat dari bahan fibreglass. bak air. Keterampilan membuat benda dari bahan fibreglass dapat menjadi salah satu modal dasar untuk bekerja. kapal layar. Fiberglass Serat lapisan penyusun fiberglass terdiri atas.

preforms. i.5 – 19 oz/sq. woven)  Chopped fiber (mat.chopped strands  Cloth (weave. Bag to cloth most popular Rovings and mat Fiberglass mat needled 2 oz/sq.e.e/longitudinally at Matched die keel and deck to side connections Combinations Fiberglass mat needled 2 oz/sq. Bag greather number of popular Surface coat strands in warp reinforcement. arm rests. slightly 0. seats.008 – 7.Pelatihan Pembuatan Fibreglass Keterampilan Kerja. . Water Matched die together barrier in cloth or woven roving laminates. Usually Bag placed parallel to each placed lacally.03” – ¾ . Strands one direction. Cloth Plain square open 0.025” – 14 – 27oz/sq.e. Fillers for hull and deck.ft Primari reinforcement Contact Mat bonded together with 0. i.08” 1 ½ and 2 oz. etc. trims. etc. Local direction areas for additional strength in two directions Unidirectional Crowfoot satin weave Additional strength in Contact with greater number of one direction. 24 – 27 oz/sq yd. Bag resin binder or most popular Reinforcement for Autoclave mechanically needled bonded joints. deck cleats. Autoclave other in one direction longitudinally at keel Matched die and deck to side connection. Bag woven roving most popular Penguatan lapisan dengan menggunakan serat woven roving lebih mahal daripada menggunakan serat mat tetapi sedikit kurang mahal daripada menggunakan serat cloth. High added as required for bulk for building molding compounds thickness and filling small void spaces. Usually Bag strands in warp. 25 – 27 Maret 2006  Roving (unidirectional. for hull and deck.yd. Primary reinforcement Contact plain weave. i.i. unidirectional)  Combination (cloth-mat dan roving-mat) Kejelasan dari serat lapisan penyusun fiberglass tersebut dapat dilihat pada tabel berikut. resin binder bunks.043” 24 – 27oz most for hull and deck Bag heavier in the warp popular direction Chopped fibers Random chopped fibers 0. Small parts. High bulk for building thickness Preforms Random chopped fibers As required Primary reinforcement deposited over a for hull and deck. Molding Type Construction Thickness Weight Application method Rovings Greather number of As required Additional strength in Contact Unidirectional strands in warp. preform screen and Furnishing and hull bonded together with components.e. Primary reinforcement Contact Weave weave with slightly 0.ft mat with Primary reinforcement Contact Cloth and mat or mechanically stitched 10 oz/sq.3 oz/sq. hatch cover. placed locally Autoclave . stiffeners Woven Roving formed in heavy 0.ft mat with Primary reinforcement Contact to woven roving.yd.yd cloth for hull and deck. for hull and deck. Chopped strands Random chopped fiber As required Primary reinforcement mixed with resin.022” 10 oz most for hull and deck.

Keuntungan-keuntungan menggunakan mat adalah. 25 – 27 Maret 2006 Keuntungan-keuntungan menggunakan serat woven roving adalah. Serat Mat. Berat 3/2 ons sampai dengan 2 ons tiap ft2 adalah yang paling sesuai untuk konstruksi lambung boat. Jika terlalu banyak resin pada bagian tertentu maka dapat menyebabkan retakan yang rapuh.  Biaya yang murah untuk tiap luasan dan ketebalan. kekuatan geser yang rendah dan ikatan antara lapisan yang rendah.  Sifat fisik yang sama untuk segala arah  Ikatan yang baik antara lapisan fiber yang saling berpautan  Dapat dicetak dan membentuk permukaan yang sulit . Efek ini lebih tampak pada lapisan yang lebih tipis  Tenunan yang kasar dapat juga menyebabkan terlalu banyak resin diantara lapisan-lapisan roving. Preforms dan Chopped Lapisan mat fiberglass yang acak lebih ekonomis daripada woven roving dan cloth. Berat mat ¾ ons sampai dengan 3 ons tiap ft2.  Mudah penggunaan dan penanganannya jika menggunakan metode pencetakan contact ataupun pemasangan langsung dengan tangan  Lebih tebal untuk tiap lapisan dibandingkan dengan cloth  Memiliki serat glass yang lebih tinggi untuk setiap lapisan ketika pencetakan menggunakan metode contact  Memiliki kekuatan pada satu arah yang tinggi dan cocok untuk digunakan pada daerah beban ketegangan tinggi  Sangat kuat menahan beban impact karena jumlah helaian yang banyak pada setiap bundelan Kelemahan-kelemahan woven roving  Pengolesan atau pengkuasan resin pada lapisan woven roving kurang dapat meresap dengan baik sehingga lebih sulit menembus semua lapisan serat.Pelatihan Pembuatan Fibreglass Keterampilan Kerja.  Tenunan yang kasar dari woven roving dapat menimbulkan terperangkapnya udara sehingga tercipta gelembung udara yang cenderung mambuat lapisan keropos dan dapat dimasuki air.

Untuk mengatasinya dibutuhkan bagian lapisan yang lebih tebal.  Hubungan cetakan lapisan mat memiliki kadar glass yang lebih rendah daripada cloth atau lapisan woven roving yang menghasilkan modulus elastisitas yang rendah untuk ketebalan yang sama. maka membutuhkan proses finishing atau dengan menggunakan gel coat. oleh karena gerakan dari setiap fiber selama pencetakan dapat berubah-ubah dan pada beberapa keadaan sulit mengatur pada pencetakan menggunakan cara contact  Oleh karena dalam lapisan polyester hasil pemukaan lapisan serat fiber mat seringkali mengalami penyusutan selama proses pembekuan resin.  Pada pencetakan sistem die molding distribusi serat yang tidak rata dan densitas yang bervariasi dapat muncul bilamana terdapat tarikan yang dalam akibat bentukan dan sudut yang tajam. Keuntungan-keuntungan cloth: . Chopped Strands: Sejumlah lambung dan deck untuk kapal kecil biasanya dibuat menggunakan chopped strand dan resin yang secara kontinu melapisi cetakan dengan menggunakan spray gun (alat yang menyemprotkan serat glass secara bersamaan dengan resin) Campuran Chopped strand dan resin sangat baik digunakan untuk bagian-bagian yang sangat sempit dan sulit diakses menggunakan kuwas atau alat lainnya Cloth Cloth atau lembaran fiber (seperti kain) adalah woven yang dibelit-belitkan dan diberikan untaian filamen glass. Preforms strands: secara umum sama dengan mat kecuali bahwa harganya lebih mahal tetapi lebih praktis untuk bentukan yang kompleks dan tarikan yang dalam pada pencetakan die molding. 25 – 27 Maret 2006 Kelemahan-kelemahan  Ketebalan lapisan tidak dapat diatur secara akurat dengan pencetakan secara contact  Kadar glass. Bobotnya bervariasi dan tenunan sehingga secara komersial biasanya digunakan pada aplikasi-aplikasi tertentu. Dengan menggunakan preforms didapatkan bentukan fiberglass yang lebih baik dan kemungkinan terjadi kerutan dan distribusi glass yang tidak rata dapat dihindari.Pelatihan Pembuatan Fibreglass Keterampilan Kerja.

epoxi. meningkatkan ikatan antara lapisan yang berturut-turut dan mengurangi porositas. Thermosetting resin meliputi. Satu atau beberapa lapisan cloth yang diberikan pada permukaan lapisan kasar akan meningkatkan tampakan dari hasil akhir lambung.Pelatihan Pembuatan Fibreglass Keterampilan Kerja. 25 – 27 Maret 2006  Cloth akan menghasilkan permukaan material yang efektif digunakan untuk menutupi lapisan woven roving dan mat sehingga memberikan hasil tampakan yang lebih baik dan lebih kuat. Memiliki keuntungan-keuntungan pada konstruksi lambung perahu. Combination Terdapat dua kombinasi. polyester. mat yang dirajut pada cloth dan mat yang dirajut pada woven roving. phenolic dan melamine.  Lapisan-lapisan cloth memiliki lapisan glass yang konsisten dan memiliki deviasi rendah dan ketebalan lapisan dibandingkan dengan type lapisan fiberglass lainnya.  Lapisan mat yang ditutup cloth dapat dibuat secara manual (dengan tangan) untuk mengatasi kelebihan resin dan mendapatkan beban glass yang lebih tinggi.  Cloth juga dapat digunakan pada bagian yang menerima beban tegangan tinggi Kelemahan-kelemahan:  Ikatan resin yang banyak dapat timbul antara lembaran cloth yang lebih berat akan mengakibatkan kekurangan gaya geser antara lapisan. Kombinasi ini memungkinkan beberapa lapisan dibuat sekaligus. Dengan beberapa perkecualian. Resin Resin yang paling sering digunakan digunakan dalam pencetakan kapal fiberglassadalah type thermosetting. . kapal fiberglass selama ini dibuat dari resin polyester dengan beberapa keunggulan dan keuntungan dari segi biaya. anatara lain.  Lapisan cloth yang banyak dibutuhkan untuk bagian-bagian yang tebal sehingga konsekuensinya membutuhkan tenaga dan waktu yang bertambah. Thermosetting resin tidak dapat dibentuk kembali jika sudah menjadi keras.

25 – 27 Maret 2006 Polyester Polyester resin dibuat dari hasil reaksi polybasic acids dan glycols. flexibilitas kulit diatur tentukal oleh jarak antara penguat sehingga penguatan dapat ditingkatkan.5% sampai dengan 3. Rigid Polyester Resin ini memiliki sifat kekuatan phisic yang lebih tinggi dari type resin lainnya. Isophthalic Polyester Resin lebih cepat beku dan memiliki sifat antara basah dan kering bila dibandingkan dengan polyester lainnya. Berdasarkan kekuatan dari beban tarik.Pelatihan Pembuatan Fibreglass Keterampilan Kerja. Polyester yang memiliki sifat semi-rigid polyester dibuat dengan mencampurkan type rigid dan flexible.0%. Komposisi 90% rigid dan 10% flexible biasa digunakan pada konstruksi kapal-kapal kecil. Flexible polyester Resin ini memiliki perpanjangan hingga mencapai 10% yang ditandai dengan adanya retak dan bersifat flexible dan elastik. Tidak akan menimbulkan pembakaran ketika ada nyala api. Semi-Rigid Polyester Semi-Rigid Polyester biasanya digunakan untuk lambung kapal dengan panjang mencapai lebih dari 16 feet. . Resin ini akan putus setelah diberikan beban tegangan dan memanjang 0. memiliki beben pertambahan panjang (putus) 3% sampai dengan 10%. Tipe ini sering digunakan pada lambung motor boat yang lebih kecil yang memiliki jumlah gading sedikit dimana daya tahan untuk melentur akibat beban adalah hal yang penting. Self-extinguishing polyester Resin ini diformulasikan untuk meningkatkan daya tahan terhadap api. Boat yang lebih besar. Rigid Polyester lebih rapuh dan memiliki daya tahan terhadap impact rendah dibanding dengan type flexible dan semi flexible. Berbagai penggunaan berdasarkan sifat dapat ditentukan berdasarkan bahan-bahandasar dan komposisinya. terdapat beberapa klasifikasi polyester. yaitu.

Bahan yang biasa digunakan adalah Cobalt naphthenate dan dimethylaniline. meminimalkan biaya material. Catalyst adalah bahan yang dicampurkan pada bahan polyester (resin) agar dapat terjadi proses polimerisasi atau proses kimia dimana bahan resin akan dapat mengeras. Heat Cure . Accelerator Accelerator biasa ditambahkan pada polyester resin untuk membantu proses pembekuan pada temperatur ruangan. METODE-METODE PENCETAKAN Metode pencetakan didasarakan terutama pada ukuran kapal. Stabilizer Stabilizer adalah bahan yang ditambahkan pada poliester oleh pihak pabrikan untuk memperpanjang usia penyimpanan bahan poliester. Metode-metode tersebut adalah. meminimalkan crazing. Konsentrasi catalyst pada resin akan sangat menentukan laju dan kondisi reaksi pembekuan. jumlah yang akan diproduksi dan biaya peralatan yang dibutuhkan dan cetakan dari lambung yang sudah jadi. 25 – 27 Maret 2006 Catalyst Catalyst bahan berbentuk cairan. Jika resin sudah dicampur dengan catalyst maka campuran tersebut harus segera digunakan dan tidak dapat disimpan lagi. Resin yang biasanya digunakan pada umumnya telah dicampur dengan bahan accelerator sehingga pada penggunaannya tinggal mencampurkan catalyst saja. Bahan ini ditambahkan pada resin yang bercampur dengan catalyst dimana proses pembekuan terjadi tanpa perlu dipanaskan. kecepatan produksi. memberikan warna dan meningkatkan proses finishing pada permukaan fiberglass. Bahan poliester tanpa stabilizer akan berubah menjadi gel dalam waktu tertentu juga bergantung pada cara penyimpanannya. Penggunaan catalyst pada bahan poliester berkisar 1% sampai dengan 2% dari berat resin.Pelatihan Pembuatan Fibreglass Keterampilan Kerja. Penyimpanan yang tidak benar mengakibatkan resin tidak dapat digunakan lagi. FILLER DAN PIGMENT Filler dan pigment ditambahkan pada hasil cetakan untuk mengurangi penyusutan material.

Cetakan dengan pemanasan dengan uap atau listrik digunakan untuk meningkatkan lapisan-lapisan pembekuan yang panas dengan sifat fisik yang sangat tinggi pada proses produksi secara berulang. Penambahan accelerator dan catalyst pada resin akan menghasilkan reaksi yang perlu dimana menghasilkan panas yang cukup untuk membekukan lapisan tanpa membutuhkan panas tambahan. Setelah proses pembekuan selesai lambung perahu dipindahkan dari cetakan dan prosesnya kembali diulangi. Cetakan-cetakan yang terbuka dapat dipanaskan menggunakan lampu infra merah atau dengan kumparan. maka cetakan female pada umumnya lebih disukai.Pelatihan Pembuatan Fibreglass Keterampilan Kerja. ………… . Proses finishing biasanya diperlukan untuk mendapatkan hasil permukaan yang halus dan tampakan yang baik. Pemanasan ketika proses beku dapat menghasilkan lapisan-lapisan yang sangat kuat. 25 – 27 Maret 2006 Pembuatan fiberglass dan resin yang diberikan katalis yang tepat dapat dibekukan menjadi sebuah lapisan struktur yang keras dengan memberikan panas untuk menginisiasikan reaksi. Contact molding Metode ini sangat mudah untuk mengkuaskan resin yang terserap kedalam serat fiber sesuai ketebalan yang diinginkan pada cetakan female dan male dari bentuk lambung yang diinginkan dan memungkinkan lapisan membeku pada temperatur ruangan atau bila terjadi perubahan temperatur. Cara ini sangat mudah membuat lapisan fiberglass sepanjang cetakan male meskipun hasil permukaan luarnya tidak rata. Bilamana permukaan luar yang halus diinginkan pada lambung kapal. Room Temperature Cure Pembekuan dalam temperatur ruangan tidak memerlukan cetakan yang dipanaskan. Bag Molding Cara ini menggunakan membrane yang fleksible atau kantong untuk membuat vacuum atau bertekanan positif terhadap lapisan selama proses pencetakan. Proses pembekuan yang lambat tersebut akan membatsi proses produksi sejumlah cetakan. Untuk ukuran lambung yang besar cetakan dapat dibuat dua untuk masing-masing sisi sehingga mudah dikuaskan dan dipindah dari cetakan lambung. Pembekuan dalam temperatur ruangan sangat berguna untuk membuat lapisan lambung yang besar karena dapat memperpanjang waktu pembekuan dan karena keadaan yang sulit dilakukan pemanasan.

Katalyst 5.15 menit. Talk 6. Pencampuran resin dengan katalist pada kisaran 0.30 menit.5 % s/d 5%. akan menyebabkan terjadinya proses polimerisasi dan berubah dari cair menjadi padat. . ini disebabkan reaksi katalist dengan poliester menyebabkan sedikit panas pada wadah tetapi akan mendisipasi ketika poliester disapukan pada lapisan yang lebih dingin. Pewarna 7. Komposisi 0. dimana ketika dimasukkan ke dalam resin poliester. Terdapat berbagai konsenrasi katalist dan proses reaksi yang lebih cepat didalam berbagai bahan poliester yang menyebabkan beberapa campuran resin-katalist cepat membeku walaupun dicampurkan dengan komposisi yang sama. Kebanyakan pada resin yang digunakan dalam membuat kapal komposisi katalist adalah 1% yang memberikan efek pembekuan dalam waktu 30 – 45 menit. Wax Catalist dan Pembekuan Katalis adalah bahan yang mempercepat proses reaksi (oxidizing agent). Poliester Resin Catalis untuk slusi 1 % . 1 % . Campuran kaltalist-resin biasanya lebih cepat membeku bila berada dalam wadah dari pada ketika disapukan pada lapisan fiberglass. 25 – 27 Maret 2006 Bahan dan Alat Bahan Bahan yang digunakan dalam pembuatan fibreglass adalah. 2% . Rovin atau Woven rovin 3.Pelatihan Pembuatan Fibreglass Keterampilan Kerja. 1. Matt 4. Poliester Resin 2. Ini berarti semakin banyak katalist akan semakin cepat beku.5% akan menyebabkan proses pembekuan selama 60 menit.

alat ini digunakan untuk memotong rovin atau mat dengan ukuran tertentu 7. biasanya digunakan untuk membuat lubang pada lapisan fibreglass 3.1. 5. 1. 25 – 27 Maret 2006 1 Tsp 2 tetes Tetes 1 Tbsp 4 tetes Drops 0. Perlu diingat bahwa resin akan membeku dalam beberapa menit setalah dicampurkan dengan katalyst 4.. Ingat bahan fibreglass merupakan bahan kimia. Gunting. Teknik Pembuatan fibreglass . alat ini akan sangat kita perlukan untuk memotong fibreglass dengan bentuk tertentu. Bor tangan. Gergaji tripleks. Wadah pencampuran. Gurinda. Untuk bidang yang relatif luas dapat juga digunakan kuas roll. Alat untuk menghindari partikel-partikel kecil yang mungkin dapat masuk ke dalam paru-paru. misalnya membentuk lingkaran lubang pada fibreglass lembaran 8. Kaos tangan. Masker kerja. 6. 1.5 pt 8 oz 1/12 oz-2 ½ cc 100 (drops) 1 pt 16 oz 1/6 oz 200 (drops) atau 5 cc 1 qt 32 oz 1/3 atau 400 (drops) 10 cc Peralatan Alat yang digunakan adalah.Pelatihan Pembuatan Fibreglass Keterampilan Kerja. alat ini digunakan untuk menghaluskan permukaan-permukaan yang menonjol 2. merupakan tempat pengadukan resin dengan katalyst. Kuwas merupakan alat yang digunakan untuk melapisi cairan resin pada lembaran atau lapisan matt atau rovin. karena bahan fibreglass ini dapat menimbulkan rasa gatal-gatal pada kulit maka sebaiknya anda menggunakan kaos tangan ketika bekerja.

Oleskan/sapukan campuran resin menggunakan kuwas pada lapisan pertama 6. 25 – 27 Maret 2006 Setelah anda mengetahui bahan dan peralatan yang digunakan dalam pembuatan fibreglass. Tempelkan matt atau rovin pada lapisan campuran resin tersebut 7. Tempelkan matt pada lapisan berikutnya 9. biasanya kalau diinginkan pembuatan yang berulang. rovin. maka pelapisan dapat dilakuakan secara berulang.Pelatihan Pembuatan Fibreglass Keterampilan Kerja. sangat tergantung dengan jumlah katalyst yang dimasukkan). Kita dapat membuat cetakan dari bentuk yang sudah ada atau membuat cetakan dari hasil desain / gambar. 10. Berikan wax secara merata pada seluruh permukaan cetakan 3. Diamkan selama beberapa menit hingga lapisan kering 11. Siapkan dan bersihkan tempat pencetakan (misalnya menggunakan tripleks milamin) 2. Cetakan yang dibuat dari gambar yang telah ada biasanya . campurkan katalyst pada tahap akhir pencampuran. woven rovin). ikuti langkah 7 dan 8 hingga sesuai ketebalan yang diinginkan. 1. sekarang kita akan memulai mempelajari bagaimana membuat lapisan fibreglass. (ingat!! Campuran ini akan mudah kering dalam waktu 30 menit. jika ingin diberi warna. Cetakan yang dibuat dari benda yang sudah ada biasanya dibuat pada lapisan luar benda yang ingin dibuatkan cetakan. Jika diinginkan ketebalan tertentu. campurkan sedikit pewarna sesuai warna yang dikehendaki. Perlu diingat bahwa kekuatan fibreglass sangat tergantung pada ketebalan lapisan. Potong rovin atau mat menggunakan gunting sesuai dengan ukuran yang akan dibuat 4. jenis serat fibreglass yang digunakan (matt. Cetakan Pada dasarnya pembuatan cetakan dapat dilakukan dengan beberapa cara. 5. Bahan cetakan yang dibuat juga bisa dari bahan fibreglass. Sapukan kembali campuran resin menggunakan kwas pada matt atau rovin 8. Lepaskan lapisan fibreglas dari cetakan. Buat campuran resin dan katalist sesuai dengan kebutuhan. Biasanya kekuatan rovin lebih tinggi. dapat anda lihat tabel kekuatan bahan pada buku referensi ………… 2.

Siapkan alat kerja berupa tripleks milamin ukuran 30cm X 30cm 2. Gunakan kaos tangan. Teknik pembuatan cetakan dari gambar benda yang ada 2. 2. 4. Siapkan kuas dan wadah campuran yang anda akan gunakan 3. Sebelum lebih jauh kita membahas teknik pembuatan cetakan terlebih dulu kita perlu tahu bahan dan alat yang diperlukan. baut Alat 1.3. Palu 4. Tripleks milamin.2. sesuai ukuran yang dikehendaki 3. Dalam pelatihan ini bahan pembuatan cetakan adalah menggunakan tripleks milamin yang disangga menggunakan balok-balok kayu.4. Aktivitas-aktivitas pelatihan Fibreglass 3. sebaiknya anda juga menggunakan masker. atau bahan dengan permukaan yang halus 2.Pelatihan Pembuatan Fibreglass Keterampilan Kerja. Bahan dan Alat Pembuatan cetakan dari bahan fibreglass. Balok kayu. Pembuatan pelat / lembaran fibreglass 1. bahan dan alat yang digunakan sama dengan bahan dan alat pada pembuatan lapisan fibreglass. 2. maka alat dan bahannya tentu disesuaikan dangan bahan yang akan digunakan.1. Letakkan sejumlah resin ke dalam wadah pencampuran . 1. Potonglah mat dan rovin seukuran 28cm x 28cm 5. 3. Pahat 5. 25 – 27 Maret 2006 menggunakan kayu. balok tripleks milamin dll. mistar atau alat ukur jarak lainnya. Gergaji kayu 2.1. papan. Ketam 3. Teknik pembuatan cetakan dari benda yang sudah ada 2. paku 4. Bahan yang biasanya digunakan adalah antara lain. Untuk pembuatan cetakan dari bahan selain fibreglass.

Pembuatan boat 5. Penyambungan fibreglass 4.2. Pengkuasan 3. Cetakan model dari model yang sudah ada 4. Tempelkan matt lalu kuaskan campuran resin-katalist. Boat Fibreglass . Pembuatan model kapal 4. Pembuatan penguat / stiffner fibreglass 3. Oleskan campuran gel coat / pewarna pada lapisan pertama menggunakan kwas 10.1.Pelatihan Pembuatan Fibreglass Keterampilan Kerja. Oleskan campuran resin tanpa gel coat (pewarna). lalu aduk hingga merata 7. Berikan lapisan pemisah menggunakan wax pada permukaan milamin secara merata 8. 9.1. tambahkan katalyst sebanyak……….2.3. Model Fibreglass 5. 12. 25 – 27 Maret 2006 6. 11.. Kuaskan secara merata dan jangan sampai terdapat gelembung udara di dalamnya.2. Cetakan boat 5. Campurkan gel coat (pewarna) sebanyak ….