BAB II

GAMBARAN UMUM

A. VISI DAN MISI PERUSAHAAN
1. Visi
Memberikan pelayanan yang profesional untuk memenuhi tuntutan dan
keinginan pelanggan secara konsisten dengan menerapkan “I-CARE”.
a. Integrity: We perform commitment between word and action
b. Care: We care and focus on what is important for Customers and
sustainable development
c. Achieving: We achieve for excellent, efficient, reliable and innovate
terminal service.
d. Respect: We work as team with respect and trust.
e. Enthusiasm: We always passionate and strive to continuous
improvement.
2. Misi
Mengembangkan sistem teknologi pelabuhan untuk mendukung peran
pelabuhan sebagai pintu gerbang utama perekonomian international.

B. TUGAS POKOK DAN FUNGSI PERUSAHAAN
1. Tugas Pokok Perusahaan
PT Jakarta International Container Terminal merupakan suatu badan
usaha yang bergerak dalam kegiatan bongkar muat dan penumpukan peti
kemas serta penyediaan fasilitas sarana dan prasarana kepelabuhanan.
Jenis tugas pokoknya meliputi:
a. Jasa Pelayanan Kapal
Menyediakan segala fasilitas yang dibutuhkan kapal dalam
menrencanakan proses pembuatan dan pembongkaran peti kemas,
menyediakan aspek-aspek teknis dan non teknis pendukung lainnya
dalam rangka menjamin kelancaran pelayanan kapal. Kegiatan jasa
pelayanan kapal, meliputi:
1) Pelayanan Bongkar
2) Pelayanan Muat

6

jasa pelayaan barang. g. i. Memberikan pelayanan jasa angkutan peti kemas dengan menggunakan kereta api dengan bekerjasama dengan PT. Kereta Api Indonesia. Menyediakan pelayanan jasa tambat sebagai tempat tambat kapal untuk kegiatan bongkar muat di terminal peti kemas. f. d. meliputi: 1) Pelayanan Lapangan Ekspor (Receiving) Membantu pihak pelayanan dalam menyediakan lapangan untuk muatan ekspor.b. lapangan ekspor meliputi: a) Lapangan kontainer biasa (dry container) b) Lapangan kontainer khusus (special container) c) Lapangan behandle 2) Pelayanan Lapangan Impor (Delivery) Membantu pihak-pihak pelayanan dalam menyediakan lapangan untuk muatan impor. Memberikan pelayanan operasional nonstop selama 24 jam dengan dukungan sumber daya manusia yang cukup memadai baik dalam jumlah dan kualitas. Memberikan pelayanan jasa mekanis (lift on/lift off) dalam kaitannya dengan kegiatan receiving dan delivery. Pengguna jasa yang ingin memperoleh informasi operasional seperti informasi kedatangan kapal dan posisi peti kemas baik yang berada di JICT maupun di depo peti kemas diluar JICT 7 . Memberikan pelayanan jasa pada peti kemas reefer. pelayanan klaim dan pelayanan pengamanan. Memberikan pelayanan informasi. Jasa Pelayanan Barang Menyediakan segala fasilitas yang dibutuhkan dalam menggunakan lapangan penumpukan peti kemas. e. lapangan import terdiri dari: a) Lapangan kontainer biasa (dry container) b) Lapangan kontainer khusus (special container) c) Lapangan behandle c. Memberikan pelayanan jasa pada peti kemas yang berisi barang- barang berbahaya. h.

STRUKTUR ORGANISASI PERUSAHAAN 1. 8 . C. 49 untuk PT(Persero) Pelindo II (sebagai pihak pemerintah).1 Diagram Susunan Organisasi PT. dapat memperoleh informasi tanpa harus datang ke JICT dan cukup menghubungi hotline service ke 4304784. peningkatan infrastrukrur. PT. Jasa pelayanan customer. j. Jakarta International Container Terminal di bawah ini. sebagaimana terlihat pada Gambar II. Fungsi Perusahaan Menjadi perusahaan yang meningkatan mutu jasa dengan pengembangan sistem teknologi pelabuhan. dan kemudahan aturan regulasi untuk mewujudkan HUB PORT di Indonesia agar menghasilkan layanan kelas dunia dalam menghasilkan jasa terminal peti kemas sehingga mampu menjadi pintu gerbang perekonomian dan perdagangan internasional untuk Indonesia. dimana operasionalnya berada dibawah manajemen yang bertanggung jawab lansung kepada jajaran direksi. Dengan adanya partisipasi pembagian saham antara PT (Persero) Pelindo II dengan HUTCHINSON PORT HOLDING menjadi 49:51. dan 51% untuk HUTCHISON (sebagai pihak asing) dengan segala fasilitas dan peralatannya yang didisain khusus untuk menangani kegiatan bongkar dan muat peti kemas di terminal. 2. Jakarta International Container Terminal memberikan jasa pelayanan baik operasional maupun customer care yaitu 24 jam selama 7 hari atau setiap hari untuk melayanin pengguna jasa pelabuhan peti kemas JICT.

Sumber : PT.1 Diagram Susunan Organisasi PT JICT 9 . JICT Gambar II.

operasional terminal dan enginering terminal. Director Of Operating And Enginering 1.C. Civil Manager 10 . Berikut merupakan penjelasan mengenai struktur organisasi di perusahaan JICT: a.D. Operation People Development & Communication Manager. RTGC Manager. Operation Development Manager. Tugasnya : 1) Membantu Presiden Direktur dalam penjabaran rencana dan program kerja yang ditetapkan kedalam kegiatan perencanaan terminal.E (terdiri dari 5 group manager). Melapor kepada : Presiden Direktur 2. 3) Dibawahi oleh beberapa pimpinan atau meneger. Workshop T2 Manager Senior manager Infrastructure & Facilities yang membawahi Facility Manager. Jakarta International Container Terminal terbentuk fungsional yaitu masing-masing bawahan mempunyai beberapa pimpinan Manager memiliki kekuasaan penuh. Equitmen Project Manager.B. yang terdiri dari: a) Senior Meneger Operation yang membawahi Terminal Meneger A.Struktur organisasi PT. Day Shuft Manager b) Senior Manager Planning Effectiveness yang membawahi Ship and Berth Planning Maneger dan Yard Planning Manager c) Senior Manager Operational Adminitration & Develoment yang membawahi Operations Admin Manager. d) Senior Manager Equipment & Workshop yang membawahi QCC Manager. 2) Membantu presiden direktur didalam pemberdayaan dan pembinaan sumber daya manusia.

Director Of Finance 1. yang membawahi Purchasing Manager dan Inventory Manager 11 . Business Support Manager c. yang membawahi Settlemens Manager. laporan keuangan dan mempublikasikan laporan keuangan. Tugasnya : 1) Membantu Presiden Direktur dalam penjabaran rencana dan program kerja yang ditetapkan kedalam kegiatan pemasaran dan perkembangan bisnis 2) Membanti Presiden direktur dalam pemberdayaan dan pembinaan SDM 3) Dibawahi oleh beberapa pimpinan atau Manager. yang terdiri dari : a) Senior Manager Marketing yang membawahi Key Account Manager. 2) Dibawahi oleh beberapa pimpinan atau manager. Billing Service Manager c) Senior Manager Supply Chain. Director Of Commercil 1. b) Senior Manager Accounting Services. yang membawahi Payroll Services Manager. Marketing Support Manager. Tugasnya : 1) Membantu Presiden Direktur dalam penjabaran rencana dan program kerja yang ditetapkan ke dalam kegiatan menyiapkan Budgetting. Melapor kepada : Presiden Direktur 2. yang terdiri dari : a) Senior Manager Financial Accounting. data & Information Manager b) Senior Manager Customer Service yang membawahi Customer Care Manager.b. Melapor kepada : Presiden Direktur 2. dan Accounting Manager.

operasional terminal dan engineering terminal. Tugasnya : 1) Membantu Presiden Direktur dalam penjabaran rencana dan program kerja yang ditetapkan kedalam kegiatan Teknologi Informasi. e. yang terdiri dari : a) Application Development Manager 12 . HR Service Manager. Outsorcing Relation Manager. Employee Services Manager. HR admin & Reporting Manager. Melapor kepada : Presiden Direktur 2. Melapor Kepada : Presiden Direktur 2. 2) Dibawahi oleh beberapa pimpinan atau manager. Employee & Industrial Relation Manager. d) Senior Manager Financial Control. 2) Dibawahi oleh beberapa pimpinan atau manager. Security Terminal Manager. yang terdiri dari : a) Senior Manager HRD yang membawahi Organization & People Development Manager. Ssafety Terminal Manager Environment & QA Manager c) Senior Manager Office and Employee Services yang membawahi General Affair Manager. b) Senior Manager Safety & Security yang membawahi ISPS Manager. Director Of Human Resources & Administration 1. Tugasnya : 1) Membantu Presiden Direktur dalam penjabaran rencana dan program kerja yang ditetapkan kedalam kegiatan perencanaan terminal. yang membawahi Tax & treasury manager dan AR & Management Accounting Manager d. Senior Manager ICT 1.

2 Layout Terminal Peti Kemas JICT Sejarah berdirinya PT Jakarta International Container Terminal tidak dapat dipisahkan dari sejarah perkembangan Unit Terminal Peti kemas Tanjung Priok. Sebagai badan usaha. Jakarta International Container Terminal merupakan terminal peti kemas yang memiliki peralatan tercanggih di Indonesia. Pengelola dan pengusaha Pelabuhan Tanjung Priok sebelum tahun 1969 dilakukan oleh Perusahan Negara Pelabuhan yang pada awalnya merupakan tahap peralihan dari manajemen pemerintah Hindia Belanda. SEJARAH DAN PROFIL PERUSAHAAN PT. b) Application Support Manager c) Data Center Manager D. Berikut merupakan layout pelabuhan peti kemas JICT: Sumber: PT JICT Gambar II. mempunyai peranan yang sangat penting di dalam menunjang kelancaran logistik nasional yang salah satu fungsinya adalah sebagai pintu gerbang perekonomian Indonesia yang terletak di Jakarta Utara wilayah Daerah Khusus Ibukota Jakarta. 13 .

Maka mulai tahun 1969 gambaran tentang Jakarta International Conteiner Terminal yang telah mengalami beberapa kali perubahan nama. pemerintah mengeluarkan Peraturan Pemerintah nomor 1/1969 tentang Pokok-Pokok Pembinaaan Kepelabuhanan. Sebagai penggantinya dibentuk Badan Pemerintah 18/1969 yang dipimpin oleh seorang Administrator Pelabuhan yang memegang kekuasaan tunggal dan tanggung jawab atas segala kalancaran kegiatan arus lalu lintas transportasi laut serta kelancaran kegiatan ekonomi di pelabuhan Tanjung Priok. Dengan telah melakukan penataan manajemen pelabuhan.Selain itu kondisi politik pemerintah Indonesia juga masih belum memungkinkan untuk melakukan suatu pengelola menajemen pelabuhan dengan baik.3 Lokasi Pelabuhan Peti Kemas di Jakarta Utara 14 . Kegiatan Bongkar muat di pelabuhan pun masih dilakukan dengan cara-cara yang sangat sederhana dan dengan menggunakan tenaga kerja atau sumber daya manusia yang cukup banyak. Berikut merupakan lokasi pelabuhan peti kemas Jakarta International Container terminal beserta pelabuhan peti kemas di Jakarta utara: Sumber: PT JICT Gambar II. Maka Perusahaan Negara (PN) pelabuhan dibubarkan.

dimana pengelolannya berada dibawah HUTCHISON PORT HOLDING HONGKONG.Pada tahun 1992 terminal peti kemas pengelolanya dilakukan sendiri oleh unit Terminal Peti kemas Tanjung Priok yang manajemennya terpisah dari cabang Pelabuhan Priok dan bertanggung jawab lansung kepada Direksi PT (Persero) Pelabuhan Indonesia II. Berikut merupakan perluasan dari pelabuhan terminal peti kemas JICT: Sumber: PT JICT Gambar II.Y Nelly Else Tahatama.4 Area Perluasan Pelabuhan JICT *JICT T2 tidak dioperasikan karena akan diambil alih PT Pelindo II 15 . Jakarta International Container Terminal dengan saham 51% dikuasai oleh Grosbeak. Kemudian berdasarkan Akte Notaris N. SH dengan nomor 72 tanggal 27 Maret 1999 Unit Terminal Peti kemas Tanjung Priok berubah statusnya menjadi PT. Ltd dan 49% oleh PT (Persero) Pelabuhan Indonesia II.

dan perusahan yang menjalin kerja sama seperti tempat penampungan sementara yang bersifat pemindahan lokasi penimbunan (di luar JICT). BIDANG TEMPAT MAGANG 1. Tugas pokok dari Business Development adalah mengembangkan bisnis perusahaan di luar bisnis utama yaitu bongkar muat dan penumpukan. hal lain yang dikerjakan bidang ini adalah membuat surat keringanan biaya yang diajukan customer yaitu cargo owner kepada pihak JICT. 16 . Tabel II.1 Kapasitas Lapangan JICT Jumlah Total No Jenis Container slot stack teus 1 Outbound 790 960 18960 2 Inbound 890 888 21360 3 Dangerous 56 48 1104 4 Reefer 34 57 678 5 Empty 230 135 1150 OH(over height)/OW 6 (over widht)/OL 282 47 282 (over lenght) Total 2282 2135 43534 Sumber: PT JICT Berikut data inventarisasi fasilitas pelabuhan PT Jakarta International Container Terminal: Tabel II. Bidang Business Development Merupakan bidang yang berhubungan lansung dengan konsumen.2 Inventarisasi Pelabuhan JICT No Fasilitas Jumlah 1 Container Crane 16 2 RTGC 63 3 Head Truck 115 4 Chassis 112 5 Reach Stacker 4 6 Side Loader 6 7 Forklift 8 Sumber: PT JICT E. Berikut merupakan tabel kapasitas lapangan JICT berdasarkan jenis kontainer. regulasi.

Informasi tersebut digunakan untuk mengetahui kondisi pesaing atau perusahaan lain sehingga perusahaan dengan perusahaan lain. 3. digunakan untuk menyelesaikan segala perkara yang berhubungan dengan rencana dan strategi pemasaran. 17 . Data yang biasa dicari oleh perusahaan yaitu berupa data throughput harian. bulanan maupun tahunan. Sehingga menampung lansung ketidakpuasan konsumen dalam hal ini perusahaan pelayaran. Tugas dari bidang ini adalah melayani customer yang memiliki pertanyaan tentang pelayanan yang ada di PT Jakarta International Container Terminal secara jelas sehingga memberikan kepuasan terhadap pelanggan. Bidang Marketing Account Merupakan bidang yang berhubungan lansung dengan perusahan yang menjalin kerja sama. Bertugas dalam promosi memasarkan jasanya maupun pembuatan dokumen-dokumen kerja sama. Lalu merekap data hingga berbentuk throughput ekspor maupun impor perusahaan. Bidang Customer Care Merupakan bidang yang berhubungan langsung dengan konsumen yaitu cargo owner maupun Pengusaha Pengurusan Jasa Kepabeanan (PPJK). Bidang Marketing Intelligence Merupakan bidang yang berfungsi untuk mendapatkan informasi. 4.2.