PROFIL DESA BUDAYA 2017

A Bidang Organisasi KETERANGAN
ADA (LAMPIRKAN) TIDAK / BELUM ADA
1. Surat Keputusan Gubernur tentang Ada dan Terlampir -
Penetapan Desa Budaya
2. Keputusan Kepala Desa/ Kelurahan tentang Belum ada karena pembentukan
Pengelola Desa Budaya (Periode) pengelola desa budaya baru dalam
proses.
3. Surat Keputusan Kepala Desa tentang Belum ada karena desa baru terfokus
Pembentukan Pengurus/ Pengelola Budaya pada penyusunan AD/ ART
dan Desa / Kelurahan Budaya
4. AD/ ART Desa/ Kelurahan Budaya Belum ada karena baru dalam proses
penyusunan
5. Program dan Kegiatan Desa / Kelurahan Belum ada karena perencanaan
Budaya program masih bersifat insidental
6. Laporan Pelaksanaan Program dan Kegiatan Belum ada karena pelaksanaan
Desa / Kelurahan Budaya (tahun terakhir) program masih bersifat rutinitas

B Bidang Kekayaan Budaya
Jelaskan Situasi / Kondisi / Masalah
Perkembangan Terakhir
1. Jenis-jenis Upacara Adat Upacara adat masih berjalan
2.Wiwitan Upacara adat masih berjalan
3.Tirakatan Upacara adat masih berjalan
4.Merti Desa Upacara adat masih berjalan
5.Bersih Desa Upacara adat masih berjalan
6. Suran Upacara adat masih berjalan
7. Ruwatan Upacara adat masih berjalan tetapi
tidak semua masyarakat
melaksanakan. Hanya masyarakat
tertentu.
8. Ruwahan Upacara adat masih berjalan

5. Kenduri Upacara tradisi daur hidup masih berjalan 3. Jathilan/Jaran Kepang klasik dan kreasi baru Seni pertujukan berjalan mandiri 2. Jenis Upacara Tradisi Daur Hidup 1. Masih ada permasalahan yang berkaitan dengan pro-kontra bandara sehingga memerlukan waktu untuk memperbaiki komunikasi antar anggota pengelola Desa Budaya. Jenis-jenis Seni Pertunjukan 1. Lenggah Yasinan Upacara tradisi daur hidup masih berjalan 6.Lembaga Kepercayaan Terhadap Tuhan YME Lembaga kepercayaan Terhadap Tuhan YME masih berjalan 4. 8.Perkawinan Upacara tradisi daur hidup masih berjalan 3.Mitoni Upacara tradisi daur hidup masih berjalan tetapi tidak semua masyarakat melaksanakan.Tedak Siti Upacara tradisi daur hidup masih berjalan tetapi tidak semua masyarakat melaksanakan.Khitanan Upacara tradisi daur hidup masih berjalan 4. Hanya masyarakat tertentu. 2. Organisasi / Lembaga Pendukung Upacara 1. 9.Karawitan Seni pertujukan berjalan mandiri 3. Hadroh (Seni Religi) Seni pertujukan berjalan mandiri . Lembaga Pengelola Desa Budaya Lembaga pengelola Desa Budaya Adat dan Tradisi masih berjalan. Siraman Upacara tradisi daur hidup masih berjalan tetapi tidak semua masyarakat melaksanakan. Lenggah malam jum’at Dilaksanakan di area situs stupa Sidorejo setiap malam jum’at kliwon 2. 2. Hanya masyarakat tertentu. Hanya masyarakat tertentu.

Karawitan Anak SD Glagah II Organisasi kesenian masih berjalan secara rutin 7. Gundu Permainan tradisional masih dilakukan oleh anak-anak 6. Gobak Sodor Permainan tradisional masih dilakukan oleh anak-anak 9. Gamparan Permainan tradisional masih dilakukan oleh anak-anak 7. Belum ada jenis-jenis seni non- pertunjukan 6. Jaran Kepang Klasik Organisasi kesenian masih dan terdiri dari beberapa kelompok kesenian 2.Ingkling Permainan tradisional masih dilakukan oleh anak-anak 5.Bentik Permainan tradisional masih dilakukan oleh anak-anak 4.Egrang Permainan tradisional masih dilakukan oleh anak-anak 3. Hadroh Masjid Baitul Munir Organisasi kesenian masih dan terdiri dari beberapa kelompok kesenian 5. Hadroh Masjid Al-Barokah Organisasi kesenian masih dan terdiri dari beberapa kelompok kesenian 6. Dakon Permainan tradisional masih dilakukan oleh anak-anak 2. Permainan Tradisional 1. 4. Yeye (Lompat Tali) Permainan tradisional masih dilakukan oleh anak-anak 8. Jenis-jenis Seni Non Pertunjukan . Karawitan Anak SD Glagah III Organisasi kesenian masih berjalan . Teklek/Bakiak Permainan tradisional masih dilakukan oleh anak-anak 7. Rebana Dusun Kepek Organisasi kesenian masih berjalan 4. Jaran Kepang Kreasi Baru Organisasi kesenian masih dan terdiri dari beberapa kelompok kesenian 3. Calung Bambu 5. Organisasi Kesenian 1. Wayang Seni pertujukan berjalan mandiri 5.

Macapat Anak SD Glagah III Organisasi kesenian masih berjalan secara rutin 9. property belum ada. Gamelan / Permainan musik lainnya Ada Kondisi terakhir gamelan kurang layak. Bambu Asri calung Organisasi kesenian masih berjalan secara rutin 8. Setiap diadakan pagelaran wayang. Tempat / Lokasi Pertunjukan 1. Pantai Glagah Kondisi pantai masih belum tertata pra pembangunan bandara 4. Balai Desa Glagah Kondisi balai desa masih belum tertata pra pembangunan bandara 3. secara rutin 8. Peralatan Pentas / Property Ada Pada kesenian jathilan property ada. Sound System Ada ketoprak. Seperangkat angklung dan krumpyung masih belum tersentuh sama sekali karena tidak adanya pelatih untuk menghidupkan kesenian angklung dan krumpyung tersebut b. Balai Budaya Balai budaya ada di salah satu permukiman warga pelestari seni budaya. Macapat Dewasa Organisasi kesenian masih berjalan secara rutin 10. Terdiri dari sound system kecil untuk . 2. Perlu adanya balai budaya di tempat relokasi. Kostum Ada Kondisi terakhir kostum ada namun ada beberapa kostum yang tidak bisa digunakan c. Untuk rintisan program kerja d. dalang harus meminjam di tempat lain. Peralatan Kesenian a. Lapangan (laguna) Desa Glagah Kondisi lapangan masih belum tertata pra pembangunan bandara 9.

Macapat Masih berjalan Bahasa Jawa 2. Ruang Publik Jawa dan Bahasa Indonesia digunakan oleh semua umur 12. latihan sehari-hari. Organisasi / Kelompok / Perusahaan Produk 1. Upacara adat dan Tradisi Jawa digunakan oleh semua umur 4. Cerita tentang buk belanda Masih dan berkembang di masyarakat 11. Sound system e. Cerita tentang terjadinya nama Desa Masih dan berkembang di Glagah masyarakat 2. Cerita tentang Situs Stupa Sidorejo Masih dan berkembang di masyarakat 3. Cerita tentang legenda pantai selatan Masih dan berkembang di masyarakat 4. Kerang ukir Masih berproduksi 14. Forum Resmi Jawa dan Bahasa Indonesia digunakan oleh semua umur 5. Tempat Latihan / Balai Budaya Ada besar belum tersedia Balai Budaya ada di salah satu pekarangan warga pelaku kesenian. Cerita tentang prasasti pesanggrahan Masih dan berkembang di KGPAA Paku Alam V Glagah. Keluarga Jawa dan Bahasa Indonesia digunakan oleh semua umur 3. Temon masyarakat 5. Tembang dolanan anak Masih berjalan 13. Penggunaan Bahasa Jawa 1. Pawiyatan / Lembaga Pendidikan Non-Formal 1. Masyarakat mengharapkan adanya balai budaya di tempat relokasi Desa Glagah 10. Cerita Rakyat Setempat (Lisan) 1. Geblek Masih berproduksi . Organisasi / Kelompok / Perusahaan Produk 1. Serabi Masih berproduksi 3. Batu akik Masih berproduksi Kerajinan 2. Rempeyek undur undur Masih berproduksi dan menjadi Kuliner andalan 2. Pergaulan Jawa dan Bahasa Indonesia digunakan oleh semua umur 2.

Digunakan untuk pengobatan diabetes. 4. Kondisi lingkungan desa bersih. Hasil olahan ikan dan hasil laut(Ikan Masih berproduksi dan menjadi bakar. Cilok ikan laut Masih berproduksi 15. Keindahan) Sebagian masih penataan ulang dan bersih sebagian karena masih relokasi pra pembangunan bandara penataan ulang dan relokasi 2. Undur-undur crispy Masih berproduksi dan menjadi andalan. Rempeyek undur-undur Masih berproduksi dan menjadi Pengobatan Tradisional andalan. 2. Organisasi / Kelompok / Perusahaan Produk 1. Kondisi lingkungan desa (Kebersihan. Rempeyek udang Masih berproduksi dan menjadi andalan 7. buk belanda Masih dan terjaga 4. Joglo Beberapa joglo ditemukan di Desa Glagah dan ada yang merupakan Cagar Budaya 2. Prasasti pesanggrahan KGPAA Paku Masih dan terjaga Alam V Glagah. Ikan goreng. Masih ada bangunan dengan pra pembangunan bandara . Wedang camcao Masih berproduksi 16. Arsitektur Bangunan Rumah Tradisional 1. Situs Stupa Sidorejo Masih. Tempe sengek Masih berproduksi 5. Digunakan untuk pengobatan diabetes. 3. Wedang jahe Masih berproduksi 4. cumi-cumi. Undur-undur crispy Masih berproduksi dan menjadi andalan 6. Limasan Beberapa limas an ditemukan di Desa Glagah dan ada yang merupakan cagar budaya 18. Kerapian. Rumah-rumah Joglo Masih dan terjaga 5. Situs / Cagar Budaya / Warisan Budaya / 1. 1. berada di area calon bandara Petilasan baru 2. Tata Ruang Wilayah dan Tata Lingkungan 1. andalan kepiting dan lain-lain) 8. Rumah-rumah limasan Masih dan terjaga 17. Temon 3.

Masih ada bangunan dengan 3. Rata-rata gotong royong arsitektur lama membersihkan lingkungan desa 3. arsitektur lama 2. Rata-rata gotong royong dilaksanakan tiga bulan sekali membersihkan lingkungan desa dilaksanakan tiga bulan sekali .

Related Interests