PROPOSAL PENELITIAN MANUSIA DAN LINGKUNGAN

PENGARUH PENGEMBANGAN WISATA BANJIR KANAL BARAT
(KANAL SIMONGAN) TERHADAP LINGKUNGAN SEKITAR

Dosen Pengampu :
Dr.Ir. Titien Woro Murtini,MSA

Disusun Oleh :
Ayuta Lestariani 21020115410010

MAGISTER TEKNIK ARSITEKTUR FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS DIPONEGORO
2015

Selain kanal Simongan ini dekat dengan berbagai macam objek wisata. Bagaimana pengaruh pengembangan banjir kanal barat terhadap aspek lingkungan sekitar ? .maka dapat disimpulkan dengan rumusan masalah sebagai berikut: 1. Sungai Kreo.secara perlahan muncul banyak pedagang yang memenuhi bahu jalan serta adanya pengembangan perumahan tingkat menengah keatas di kawasan ini. B. LATAR BELAKANG Wisata Girli alias wisata pinggir kali mulai digemari sebagai salah satu tujuan wisata di Semarang. Daerah ini memiliki potensi besar karena dekat dengan obyek wisata lain di Semarang.A.dan Panca Tunggal Knitting Mill.ISTW(Indonesia Steel Tube Works).realisasi pengembangan wisata Banjir Kanal Barat sudah selesai dilaksanakan pada kawasan bibir kanal daerah Puspanjolo dan Banyudewo. kawasan Simongan Peleret memiliki daerah sungai yang luas dan bisa digunakan sebagai arena rekreasi dan bermain.daerah sekitarnya juga memiliki peran besar dalam menggerakan fungsi ekonomi daerah.Lawang Sewu dan akses menuju kawasan wisata Waduk Jatibarang serta Gua Kreo. Salah satu titik yang memiliki nilai lebih untuk menjadi daerah pengembangan banjir kanal barat adalah di daerah Simongan.Hal ini dibuktikan dengan adanya Pasar Simongan dan pabrik-pabrik yang berdiri.kanal Simongan Semarang untuk dikaitkan dengan aspek lingkungan sekitar serta ilmu arsitektur dalam lingkup perkotaan. Banjir Kanal Barat yang merupakan sungai terpanjang di kota Semarang. FOKUS PENELITIAN Penelitian ini difokuskan di lokasi banjir kanal barat. C. dan Sungai Kripik yang bermata air di Gunung Ungaran.antara lain Sampookong.Selain itu. semenjak Banjir Kanal Barat selesai dinormalisasi dan direvitalisasi akhir tahun 2012 yang lalu.Selain itu. Hingga saat ini.seperti PHAPROS. adalah hilir dari Sungai Garang. PERMASALAHAN Dari uraian latar belakang diatas.

Mengetahui kaitan pengembangan banjir kanal barat sebagai wisata air pada arsitektur perkotaan Dari tujuan penelitian tersebut. jasa pramuwisata. antara lain air bersih. rumah makan. TUJUAN DAN MANFAAT PENELITIAN Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan yang telah dirumuskan pada rumusan permasalahan. antara lain perbelanjaan dan hiburan.10 Tahun 2009 menyatakan bahwa usaha pariwisata meliputi daya tarik wisata. 2. kawasan pariwisata. jasa konsultan pariwisata. jasa transportasi wisata. antara lain akomodasi. Dampak ini yang . konferensi. dan hotel. jasa perjalanan wisata. jasa informasi wisata. perjalanan insentif. Memberi pengetahuan mengenai pengaruh pengembangan banjir kanal barat terhadap lingkungan sekitarnya 2. Bagaimana kaitan pengembangan banjir kanal sebagai wisata air pada ilmu arsitektur perkotaan? D. (2) fasilitas pendukung.tujuan penelitian ini adalah : 1. penyelenggaraan kegiatan hiburan dan rekreasi. spa dan penyelenggaraan pertemuan. (4) fasilitas rekreasi yakni rekreasi obyek wisata dalam dan luar kawasan ( Fadil. (3) fasilitas umum dan infrastruktur. STUDI PUSTAKA Pariwisata dan Dampaknya Terhadap Masyarakat Lokal Undang-Undang No. Mengetahui pengaruh pengembangan banjir kanal barat terhadap aspek lingkungan di sekitarnya 2. dan tempat parkir. penyediaan akomodasi. Memberi pengetahuan mengenai kaitan terhadap ilmu arsitektur E.Secara konkrit. jasa makanan dan minuman. jalan.maka manfaat penelitian yang diharapkan penulis adalah: 1. dan pameran. wisata tirta. Sedangkan beberapa komponen fasilitas pariwisata adalah : (1) fasilitas pelayanan. 2013) Kegiatan pariwisata secara langsung maupun tidak langsung akan memberikan dampak kepada aktor-aktor di dalamnya terutama bagi masyarakat.

4.dokumen pribadi dan dokumen resmi lainnya. 3. John M. Untuk perbandingan yang sering diterapkan di hotel-hotel di Indonesia untuk setiap kamar hotel dibutuhkan kira-kira 2 orang tenaga kerja. Pendekatan dan Jenis Penelitian Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Hal ini dikarenakan kegiatan pariwisata tidak hanya memberikan dampak positif tetapi juga memberikan dampak negatif. kemudian akan mempengaruhi masyarakat dalam kehidupannya sehari-hari entah itu menjadi semakin baik atau bahkan semakin buruk. Dampak pada pembangunan ekonomi pada umumnya melalui dampak penggandaan (multiplier effect) F. pembebasan tanah dan perubahan fungsi lahan merupakan beberapa contoh dampak pariwisata yang berpotensi untuk merusak ekologi.Sedangkan metode pembahasan . dimana data yang dikumpulkan bukan berupa angka-angka. METODE PENELITIAN 1. 2. Pembangunan jalan raya. Menyebarkan pembangunan ke daerah-daerah non industri Daerah yang memiliki potensi pantai yang indah dan sejuk apabila daerah tersebut dikembangkan menjadi kawasan wisata. dibuat jalan yang bagus. muncuk tempat makan. dan sarana prasarana yang menunjang pariwisata sehingga terjadilah pembangunan.Bryden (1973) dalam soekadijo (1997) membedakan dampak positif pariwisata menjadi empat yaitu : 1. yang paling mudah dilihat adalah rusaknya lingkungan akibat penumpukan sampah atau pemanfaatan lahan yang tidak bersahabat dengan ekologi. Menyumbang neraca pembayaran Neraca pembayaran merupakan perbandingan antara semua mata anggaran yang diterima oleh negara dari negara-negara asing sebagai pemasukan dan semua anggaran yang harus dibayar kepada negara asing sebagai pengeluaran.catatan lapangan. dibangunlah hotel-hotel. Menciptakan kesempatan kerja Sarana pariwisata seperti hotel dan perusahaan perjalanan adalah usaha-usaha yang padat karya.melainkan data tersedut didapatkan dari wawancara.

memaparkan. Teknik Pengumpulan Data Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara. observasi dan dokumentasi. .menggunakan metode deskriptif yaitu dengan mengumpulkan. Lokasi Penelitian Penelitian ini berlokasi di sepanjang jalan Simongan Raya kearah Jalan Untung Suropati Semarang Gambar 1 Lokasi Penelitian Sumber : Google Earth 3.Survey dilaksanakan di sepanjang Kanal Simongan untuk memperoleh data dari pengamatan secara langsung untuk kemudian dianalisa b. Data Sekunder Data sekunder diperoleh dengan cara studi literatur. Sumber Data a.dan menganalisa data yang didapatkan. baik dari buku pendukung maupun peraturan-peraturan daerah yang berlaku untuk mendapatkan landasan teori penelitian hingga akhirnya dianalisa 4. 2. Data Primer Data primer diperoleh dengan cara melakukan survey lapangan.

penulis menggambarkan/menginterpretasikan data sehingga diperoleh gambaran secara umum dan menyeluruh mengenai obyek yang diteliti.2014.Dapat diunduh dari : http://skpm.rekaman. Remaja Rosda Karya. Lexy.php/kolokium/article/downloadSuppFile/ 837/367 .”Dampak Pengembangan Pariwisata terhadap Tingkat Kesejahteraan dan Sosial Budaya Masyarakat Lokal” . Wawancara Peneliti mengajukan beberapa pertanyaan secara mendalam yang berhubungan dengan fokus permasalahan. Undang – Undang pemerintah nomor 10 tahun 2009 tentang kepariwisataan Tri Wahyudi. Observasi Peneliti bertindak sebagai partisipan dalam melaksanakan pengumpulan data c. G. Teknik Analisa Data Penulis menggunakan teknik analisa deskriptif kualitatif. a.Ferdi.Makalah Kolokium. Dokumentasi Peneliti melaksanakan pengumpulan data berupa foto-foto.ac.ipb.id/karyailmiah/index. 2002. PUSTAKA Moleong.Setelah itu. Bandung: PT. b.maupun catatan yang erat hubungannya dengan obyek penelitian 5.dimana penulis melakukan pengorganisasian data yang terkumpul selama observasi lapangan. Metodologi Penelitian Kualitatif .

Related Interests