TUGAS

TEKNOLOGI MEKANIK

Tugas pengecoran dan cetakan
IKHLAS UNGGUL NOVIAWAN

2016310031

FAKULTAS TEKNOLOGI KELAUTAN

TEKNIK PERKAPALAN

2017

Mould.PENGECORAN KHUSUS Pengecoran adalah proses manufaktur yang paling sederhana. cetakan didinginkan dengan media pendingin (air. cetakan merupakan suatustruktur yang terbuka di bagian akhir dan berbentuk coran yang diinginkan. investment casting. #oran akan ditarik dengan kecepatan konstan. roll. adalah alat transportasi yang digunakan untuk membawa logam cair dari furnace menu!u mesin pengecoran kontinyu. dll) sehingga dibagian luar dari produk membentuk padatan. rolyang berfungsi untuk membengkokkan di namakan strand  Cutting system adalah bagian dari mesin pengecoran kontinyu yang berfungsi memotong coransehingga coran membentuk ukuran pan!ang tertentu. juga di pasang shroud.  Tundish(cawan tuang) adalah bagian mesin pengecoran kontinyu yang berfungsi menerimalogam cair pertama kali dari ladel. stilah pengecoran khusus muncul karena kebutuhan khusus dari produk coran sehingga rangkaian proses pengecoran men!adi lebih efektif dan efisian. Die Casting. Produksi coran yang sangat banyak maka pemilihan prosesnya akan sangat efisien bila menggunakan !enis cetakan yang bisa berkali-kali pakai. Semakin bervariasinya produk coran yang diinginkan manusia menghasilkan beberapa metode pengecoran baru. Selama proses penarikan. yaitu dengan cara mencairkan logam kemudian menuangkannya (mengecor) ke dalam cetakan pasir yang memiliki rongga sesuai dengan bentuk produk yang kita inginkan. ada beberapa jenis pengecoran khusus yang lazim digunakan di industri pengecoran. Pengecoran Kontinyu (Continuous casting) Pengecoran kontinyu adalah proses pengecoran dengan menggunakan metode penarikan logam cair secara terus menerus melalui suatu cetakan sehingga terbentuklah produk coran yang mengikuti bentuk dari cetakannya. Mesin pengecoran kontinyu memiliki bagian-bagian utama.  Mould(cetakan) berfungsi untuk membuat kulit yang cukup kuat sehingga mendukung inti cair  (Liquid Core) memasuki daerah pendinginan. Padatan ini dikenal dengan istilah kulit (shell).udara. umumnya di bawah ladel di pasang shroud yang berfungsi sebagai saluran yang memudahkan proses alir cairan logam. yang sebelumnya hanya menggunakan cetakan pasir. seperti pengecoran kontinyu. Metode"metode baru ini bermunculan disesuaikan dengan kekhususan produk yang diinginkan. tundish. shroud.  Roll(rol) berfungsi menarik coran sehingga proses pengecoran dapat berjalan kontinyu. seperti :Ladle. dan cutting system Ladle(Ladel). seperti cetakan logam. centrifugal casting dan lain sebagainya. yang berfungsi sebagai saluran yang mengalirkan logam cair ke dalam cetakan. umumnya pemotongan dilakukan dengan metode oxygen cutting . Penarikan dilakukan pada shell sehingga ketebalannya akan sangat berpengaruh terhadap hasil coran. untuk paduan tinggi maka dapat di gunakan cetakan dengan bahan keramik. contoh lain. kecepatan pendinginan akan menentukan ketebalan kulit di permukaan logam cair.

cacat porositas akibat arah pembekuan dapat dikurangi. 1. 4. Pada mesin jenis ini umumnya di butuhkan rol yang berfungsi untuk membengkokkan coran.Pemilihan metode pengecoran ini tentu tidak lepas dari beberapa kelebihannya. diantara adalah: -.Pengoperasian lebih mudah . karena pada metode ini arah pembekuan yang seragam berdasarkan mesin pengecoran kontinyu maka proses pengecoran ini di klasifikasikan menjadi dua macam yaitu pengecoran kontinyu vertikal dan pengecoran kontinyu horizontal. Pada mesin pengecoran jenis horizontal posisi mesin dan coran sejajar . 3. 2. Proses pengecoran vertikal apabila posisi mesin di atas produk yang di hasilkan.dapat dihasilkan produk yang berukuran besar 1.biaya produksi lebih murah walaupun investasi awal yang mahal.

5. Proses pengecoran yangcetakannya tidak akan dibongkar saat mengeluarkan coran disebut dengan pengecoran cetakan permanen (permanent mold casting).berfungsi untuk menginjeksikan logam cair ke dalam die 3. Sulit di aplikasikan untuk bentuk benda cor yang rumit. seperti 2 besi cor kelabu. Melting unit dapat merupakan furnace yang berfungsi melelehkan logam atau suatukrusibel yang menampung lelehan logam. baja paduan. 2. Permukaan akhir yang lebih baik. adalah cetakan permanen yang terbuat dari logam yang diisi oleh logam cair yang diinjeksi. berdasarkan kondisi melting unit dan injection unit . 5. 4. Pada mesin Die Casting terdapat tiga peralatan utama .Die Casting (Pengecoran tekan) umumnya pengecoran dilakukan di dalam cetakan pasir yang sifatnya sekali pakai karena untuk mengeluarkan coran maka cetakan harus di bongkar. Tetapi pengecoran permanen juga memiliki keterbatasan. Sifat refraktori bahan cetakan yang terbatas sehingga membatas jenis logam yang dapatdi cor menggunakan metode ini. 3. Pada metode ini logam cair dimasukkan dalam cetakan permanen denganmenggunakan tekanan. untuk mengurangi keterbatasan maka permanen molding di kembangkan men!adi teknikpengecoran logam dengan menggunakan tekanan.keuntungan dari cetakan permanen adalah : 1. yaitu : 1. ukuran benda cor terbatas tergantung dari ukuran mesin. tidak dibutuhkan ruangan yang terlalu luas jika di bandingkan dengan cetakan pasir. 2. Cetakan jenis ini dapat di gunakan untuk pengecoranyang berulang-ulang sehingga cara mengeluarkan coran adalah dengan membuka cetakan. 2. Melting Unit Merupakan wadah yang berfungsi untuk menampung lelehan logam. maka die casting di bagi menjadi 2 : .dengan demikian bahan untuk membuat cetakan juga khusus. injection unit. biasanya adalah logam atau paduannya. Pengaruh chilling dari material cetakan dapat menyebabkan struktur metalurgi yangmerugikan sehingga menghasilkan internal stress 4. bebas cacat coran tertentu yang biasa ter!adi pada cetakan pasir. 3. Die. aluminium paduan dll. teknik pengecoran ini di namakan Diecasting. biaya mesin atau konstruksi cetakan relative mahal sehingga tidak cocok untuk jumlahproduksi yang sedikit. Sangat cocok untuk jumlah produksi yang sangat banyak sehingga angkos produksimenjadi lebih rendah. Prosedur operasi tidak banyak memerlukan keahlian tinggi dibandingkan cetakan pasir. diantaranya : 1.

miring dan vertikal. hot chamber die casting.1. . Centrifugal casting (Pengecoran Sentrifugal) Pengecoran sentrifugal adalah metode pengecoran logam yang memanfaatkan gaya yang di timbulkan oleh rotasi logam cair atau cetakan (gaya sentrifugal) yang dapat menyebabkan logam cair terdistribusi ke dalam atau pada cetakan. yaitu mesin die casting yang melting unit dan injection unit nya merupakan dua unit yang terpisah. logam cair yang ada di dalam melting unit diinjeksikan langsung ke dalam die oleh injection unit. sehingga logam cair perlu dituangkan dahulu dari melting unit ke ladel dan di bawa ke injection unit untuk di tuang dan diinjeksikanke dalam die. yaitu pengecoran sentrifugal yang menggunakan cetakan berbentuk silinder yang di putar pada sumbunya sementara logam cair di tuang sehingga logam cair akan terdistribusi pada dinding cetak secara merata. Cold chamber die casting. 2. a. semi centrifugal casting dan centrifuging. yaitu die casting yang melting unit dan injection unit bersatu dalam satu peralatan die casting. True centrifugal casting. ada tiga jenis pengecoran sentrifugal. rotasinya bias horizontal. yaitu true centrifugal casting.

tanpa saluran tuan. berbeda dengan full centrifugal castingyang bentuk cetakannya sangat bergantung pada putaran cetakannya. pada semi-centrifugal casting bentuk benda cetak tergantung pada rongga cetak . dan penambah (riser). Pipa adalah benda cor yang biasanya dibuat dengan teknik ini. b. Sumbu selalu vertikal oleh sebab itu benda cor yang dihasilkan dengan teknik ini !uga selalu simetri.dengan teknik ini dapat di buat benda cor silinder berlubang tanpa perlu adanya inti (core). cetakan biasanya adalah cetakan permanen yang di lapisi dengan bahan refraktori seperti pasir cetak. oleh karena itu benda cor biasanya berbentuk silinder berlubang yang simetris. ketebalan benda cor dapat dikontrol dengan jumlah logam cair yang dituang ke dalam cetakan yang diputar.mirip true centrifugal casting tetapi pada semi centrifugal casting digunakan saluran di pusat (di tengah atau di sumbu) untuk memasukkan logam cair ke dalam cetakan yang berputar. semi centrifugal casting &profiled-centrufugal casting).

Cetrifuging. #etakan tidak diputar melainkan logam dituang dari sumbu dan diputar sehingga logam cair akan masuk ke dalam rongga cetak dengan gaya sentrifugal. merupakan modifikasi metode pengecoran sentrifugal untuk menghasilkan benda cor yang tidak simetri. Perbedaan ketiganya dapat dilihat pada gambar 6 .c.

Related Interests