Males Bikin Isometri di Autocad, Pakai Cara

Gampang Ini
1:32 AM
erwin randa
5

Isometri, mungkin bagi yang menang berkecimpung di dunia arsitektur sudah pasti tahu apa itu.
Tetapi orang non­arsitektur atau mungkin para mahasiswa yang baru memasuki dunia arsitektur
pasti masih asing dengan istilah yang satu ini. 

Isometri kalau menurut wikipedia  adalah metode untuk  mempresentasikan  benda tiga dimensi
secara dua dimensi dalam gambar teknis. Ini adalah proyeksi axonometric di mana tiga sumbu
koordinat yang berdampingan selalu membentuk sudut 120 derajat. 

Penjelasan   lebih   rincinya,   kalau   dalam   dunia   nyata   dalam   pandangan   mata   normal   manusia
gambar yang ditangkap mata kita adalah gambar perspektif yang selalu memiliki titik hilang,
beda halnya dengan proyeksi aksonometri. Gambar aksonometri tidak memiliki titik hilang, bisa
juga dikatakan titik hilang nya tidak akan akan pernah ditemukan ujungnya. Gambar isometri
merupakan salah satu bagian dari gambar aksonometri. 

kubus isometri
 
Kalau dalam gambar, sumbu merah dan sumbu hijau memiliki sudut 120 derajat. Sumbu merah
dan biru juga memiliki sudut 120 derajat. Dalam artian lain, sudut dalam isometri juga selalu
memiliki sudut 30 derajat terhadap garis horizontal.

Demikian uraian singkat tentang pengertian isometri. Memang kelihatannya mudah saja untuk
membuat sebuah gambar proyeksi isometri. Mudah jika yang digambar hanya kubus, tabung,
balok, atau prisma saja. Akan tetapi jika yang dibuat isometri adalah sebuah hotel berlantai 20,
atau contoh lain membuat isometri plambing dari sebuah bangunan hotel. Yang ada jari jadi
keriting untuk menggambar manual di autocad dengan hanya menggunakan snap isometri.

Software autocad memang memfasilitasi pembuatan gambar proyeksi isometri. Yakni dengan
menggunakan isometric snap yang tersedia pada drafting settings. Akan tetapi hal tersebut masih
sangat ribet karena diharuskan membuat ulang gambar yang akan kita isometrikan. 

Bagi yang ingin mencoba membuat isometri pada software autocad bisa dengan cara mengetik
“ds” (tanpa petik) pada command. Kemudian masuk ke tab  snap and grid. Pada pilihan  snap
type pilih grid snap dan pilih juga isometric snap.

isometric snap
 
Tapi sulit memang untuk membuat segalanya secara manual. Apalagi anak zaman sekarang yang
menyukai segala hal yang instan. 

 blok seluruh denah yang ada kemudian eksplode denahnya (ketik command “x”). Tapi sesuaikan saja dengan keperluan. Ga perlu. pernah kedapatan tugas isometri dalam mata kuliah tersebut. hal ini untuk menjamin tidak ada komponen yang tersisa pada gambar. Isometri yang dibuat adalah skema isometri plambing dari bangunan hotel berlantai 4.  take it easy bro. tengah atas lantai 3. Mengapa.  Sebelum membuat rencana sanitasi pastikan dulu denah yang akan kita buat sudah berada dalam satu layer. Buat dulu rencana sanitasi yang akan dibuat menjadi skema pada denah tersebut. Bingung memang seandainya dalam pikiran kita harus membuat segalanya   secara   manual   mulai   dari   membuat   denah   nya   secara   isometri. air sabun. Atau bila lebih terperinci lagi air bersih dibedakan lagi ke dalam air bersih dingin dan air bersih panas.  Untuk lebih memastikan denah hotel ini sudah sesimpel mungkin. air kotor di bedakan lagi menjadi air kotor. Ga perlu lagi dipisah­pisah layer denah. Buat rencana sanitasi air bersih dan air kotor pada bangunan. pojok kanan atas top floor)   Kemudian apa kita harus membuat kembali denah tersebut secara isometri.   dan   kemudian mengisometrikan kembali sanitasi air bersih dan air kotor secara manual. Setelah denah sudah beres. dan pipa ven. karena dalam tahapan selanjutnya akan sulit jika terlalu banyak layer yang tidak dibutuhkan. Tapi tenang. pojok kiri bawah lantai 2. Sebelum menuju tahap selanjutnya. Misalkan denah hotel yang akan dibuat skema isometrinya adalah ini. lakukan berulang.Dalam sebuah mata kuliah yang tidak perlu disebutkan mata kuliahnya apa. denah hotel (pojok kiri atas lantai 1. tengah bawah lantai 4. Karena jika ada akan mempersulit juga di tahap selanjutnya. Dari air bersih dan air kotor. Nah untuk yang satu ini harus dipisahkan berlayer­layer. maka layer pada denah tidak lah diperlukan.  . cukup save aja denah tadi. karena sehubungan tugas ini hanya membuat skema plambing dari bangunan hotel ini.

 save kembali gambar denahnya. Buka window>layer. Pakai engineering style yang ada pada default style. Color yang semula all same ubah menjadi by material. Kemudian klik detail (tanda panah ke kanan pada layer) dan pilih  color by layer. Kemudian masuk ke tab edit pada style. terserah sketchup berapa. Import denah yang ingin diisometrikan tadi. . denah hotel dengan sanitasi pembagian layer    Setelah rencana sanitasinya selesai. Nah ini bagian inti dari mengisometrikan gambarnya. Kemudian masuk ke window>style. Buka software sketchup. Tapi sebelumnya lakukan ritual berikut ini.

 import denah yang akan diisometrikan tadi. color by layer color by material    Setelah ritual nya selesai. Pada files of type. ubah menjadi autocad files.  . Apabila dirasa perlu. Cara mengimport pasti sudah tahu semua ada pada file>import. tambahkan profil pada edge style (view>edge). Dan susun secara vertikal sesuai urutan lantainya.

cara import sesudah di import   disusun vertikal .

 apa cukup sampai di sini? Ya jelas tidak.Sampai sini. isometri view sesudah diisometrikan Wujud isometri dari bangunan sudah mulai terlihat. Maka mungkin kalian akan menghadapai tahapan ini. Apabila   dalam   tahapan   sebelumnya   kalian   menghidupkan   profil   edge   pada   model   sketchup. Tahapan selanjutnya adalah dengan mengklik isometri view  pada view toolbar. pasti sudah ada yang bisa menebak apa tahapan selanjutnya. Setelah di eksport buka file autocad yang yang berasal dari eksport sketchup tadi. model yang sudah berwujud seperti ini perlu di eksport kembali ke autocad. Jangan lupa pada camera centang parallel projection. . Nah setelah dibuka di autocad pasti kita akan mengetahui kenapa tahapan ini perlu dilakukan.

 model yang dari sketchup tadi perlu dimasukkan ke autocad dulu untuk diskalakan dengan cara ini. hasil export bergaris tebal Jika model kalian menjadi garis­garis tebal yang tidak bisa dikontrol hanya dengan mengganti ketebalan garis dengan cara biasa maka kalian perlu melakukan tahapan  ini. Dimensi gambar biasanya menjadi kurang dari gambar aslinya. Jika dilihat pada gambar jarak dari kolom ke kolom yang harusnya 5 meter   menjadi   hanya   sekitar   4. Gambar isometri yang berasal dari sketchup belum skalastis. Tapi jika tidak kalian bisa lanjut ke tahapan selanjutnya. gambar belum skalatis   Untuk itu.   Padahal   jika   diminta   skema   isometri   yang   skalatis   maka gambar ini pastilah belum memenuhi syarat.79. Setelah model menjadi skalatis. Kita akan membagi­bagi garis­garis pipa berwarna ke dalam layer. Tapi sebelumnya untuk meringankan pekerjaan kita kita harus memastika garis yang kita .

  caranya   dengan mengeblok   seluruh   objek   dan   mengetik   over>space. Fungsinya untuk menseleksi gambar secara cepat dan tepat.      Klik salah satu warna pipa. 1. quick select seluruh warna merah .0 pilih warna merah 3. Caranya. Kemudian input nama warna merah tadi dan tekan ok. dan value pilih select color.      Untuk properties pada qse pilih color. eksport   dari   sketchup   tadi   tidak   tertumpang   antara   satu   dengan   yang   lain.      Maka pada property akan timbul nama warna yaitu 255. 6. sehingga warna merah yang terseleksi hanya pipa   air   buangan   tanpa   terseleksi   warna   merah   yang   lain.   Tekan   qse>space. operator pilih equals.      Setelah itu.       Tekan   escape   pastikan   tidak   ada   objek   yang   terpilih. merah misalkan. 2. nah di sini fungsi kita menyamakan layer pada tahapan­tahapan awal tadi.   Qse   merupakan command quick select.0. Setelah dioverkill. 5.   Tekan   space   sekali   lagi.   warna   merah   ini   kemudian   kita masukkan ke dalam layer pipa buangan. semua warna merah yang ada pada gambar akan terseleksi.      Pada select color pindah ke tab true color pada bagain color model pilih RGB. barulah kita memasuki tahapan membagi pipa berwarna ke dalam layer­layer.   Overkill   ini berfungsi untuk membunuh garis­garis yang tertumpang tindih. 4.

masukkan ke layer 7. . Sampai di sini kita sudah memiliki gambar skema isometri plambing dengan denah yang skalatis. Kita tinggal membaginya ke dalam beberapa layout gambar entah itu layout dengan skema pipa air bersih saja.      Lakukan juga cara yang sama terhadapa warna­warna lainnya. ataupun skema air kotor saja. atau juga membagi skema­skema tersebut menjadi beberapa bagian perlantainya.

isometri plambing dengan denah .

isometri air bersih keseluruhan .

.

isometri air bersih lantai 1 .

isometri air kotor lantai 1 .

Suhendar Daenuri. dll.Belajar Autocad : Memberikan Dimensi Pada Objek Isometrik Drawing Kembali lagi dengan saya. Setelah sebelumnya kita belajar membuat objek di isometrik drawing.ilmuwebsite. Mari kita langsung saja ke pembahasan intinya. kali ini kita akan belajar lebih dalam pembahasan Autocad. Fungsi dimensi adalah untuk mengetahui ukuran panjang. mengenai bagaimana caranya memberikan dimensi atau ukuran pada tampilan isometrik. . jari-jari atau diameter lingkaran. Bagi Anda yang belum tau caranya silahkan buka terlebih dahulu tutorial-tutorial Autocad yang sebelumnya di sini http://desain.com/search/label/AutoCad kali ini satuan yang digunakan adalah milimeter. Sebagai contoh langkah pertama silahkan buatlah objek seperti dibawah ini. besar sudut.

dikarenakan bentuk gambarnya seperti itu.Jika ada yang masih bingung bagaimana cara membuat objeknya. http://desain. kita hanya menggunakan 2 jenis dimensi.com/2014/09/belajar-autocad-teknik-menggambar. Linear dan Aligned.html Step 1 Memberikan Dimensi / ukuran Setelah gambar sudah jadi. posisi dimensi ada di Tab Annotate pilih Dimensions disini bisa kita lihat.ilmuwebsite. berikutnya kita berikan dimensi pada gambar. . bisa dipelajari di tutorial sebelumnya. posisi dimensi masih belum seimbang dengan objeknya.

kita tidak bisa langsung merubah semua dimensi. lalu kita ketikan 30 atau -30 pada commandline lalu enter. . caranya: Ketikan DIMEDIT pada commandline. tekan Spasi. tekan Spasi. klik kanan pilih OBLIQUE. Maka hasilnya seperti dibawah ini. bentuk kursor berubah menjadi segi empat. Klik dimensi yang akan kita rubah.Step 2 Merapihkan Dimensi Untuk merapihkan dimensi kita gunakan fungsi DIMEDIT yang sudah disediakan autocad. langkah ini dilakukan satu persatu pada dimensi.

seperti dibawah ini.Step 3 Lengkapi dimensi pada gambar Jika sudah bisa. silahkan berikan dimensi pada gambar dengan lengkap. .

Caranya adalah sebagai berikut : Ketikan D pada commadline. yang dimaksud text pada dimensi adalah "angka pada keterangan dimensi / ukuran" Step 4 Mengatur Text Style pada dimensi tampilan Isometrik.Mari kita perhatikan. . Lalu pilih Modify maka muncul tampilan seperti dibawah 1ini. perlu kita setting text pada dimensi. tekan spasi. Posisi text pada dimensi masih belum seimbang dengan gambar.

. ini hanya untuk mempermudah saya dalam mengingatnya. Ada 2 nama text style yang dibuat. Pilih New. disini kita samakan saja. pada nama text style -30 di Oblique Angle kite beri nilai -30. 30 dan -30. untuk text style kita klik yang sudah diberikan lingkaran merah. maka akan muncul display seperti dibawah ini.Klik pada Tab Text. kali ini text style yang saya buat nama text style saya lambangkan dengan Angka. dan kita ketikan nama text style yang akan kita buat.

. Sehingga setelah kita rubah text style nya. Maka kita sudah mempunyai 2 text style pada setingan dimensi.Jika sudah. Caranya: Seleksi dulu dimensi yang akan kita rubah text nya. Lalu di Tab Annotate tinggal pilih text style dari text style yang sudah kita buat sebelumnya. style 30 atau -30. tinggal di Apply Setelah itu buat text style baru dengan nama 30 dan di Oblique Angle kita beri inilai 30 setelah itu Apply. hasil tampilan gambar seperit dibawah ini. pilih pengaturan yang sesuai. Step 5 Merubah settingan text dimensi pada gambar yang sudah dibuat.

Suhendar Daenuri ...Dimensi gambar menjadi lebih Rapihkan?. Beres deh. Sampai jumpa di Tutorial yang berikutnya. Semoga bermanfaat.