RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

MATEMATIKA SMA/MA KELAS X SEMESTER 1 BERDASARKAN
KURIKULUM 2013 MATERI OPERASI MATRIKS
REVISI

OLEH :
MEYRNI PRIANGKA TANJUNG
NIM.14030174036
KELAS 2014 A

JURUSAN MATEMATIKA
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
2017

Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Satuan pendidikan : SMA/MA
Mata Pelajaran : Matematika
Materi : Matriks
Kelas/Semester : XI/1
Alokasi waktu : 2x45menit

A. Kompetensi Inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli
(gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif,
dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3: Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata
KI 4: Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam
sudut pandang/teori
B. Kompetensi Dasar
3.3 Menjelaskan matriks dan kesamaan matriks dengan
menggunakan masalah kontekstual dan melakukan operasi

1

2 Menentukan hasil operasi dan mengidentifikasi sifat dari pengurangan matriks 3. dan perkalian.3 Menentukan hasil operasi dan mengidentifikasi sifat dari perkalian dua matriks 3.1 Menentukan hasil operasi dan mengidentifikasi sifat dari penjumlahan matriks 3. siswa dapat mencermati bagaimana langkah-langkah menjumlahkan dua matriks 2.3.3.2 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan pengurangan matriks 4. perkalian skalar. pengurangan.3 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan perkalian matriks 4. Tujuan Pembelajaran 1. siswa dapat mencermati bagaimana langkah-langkah mengurangkan dua matriks 2 .3 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan matriks dan operasinya C.3.3. serta transpose 4.4 Menyelesaikan dan menentukan hasil operasi perkalian scalar dengan matriks 3. Melalui demonstrasi dan tanya jawab yang dilakukan guru.1 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan penjumlahan matriks 4.3.3.3. Melalui demonstrasi dan tanya jawab yang dilakukan guru.3.5 Menentukan transpose dari suatu matriks 4.3.4 menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan perkalian scalar dengan matriks D. Indikator 3. pada matriks yang meliputi penjumlahan.

Media : a. Melalui latihan terbimbing dan arahan dari guru. Sumber Belajar : a. Sinaga. Bornok. siswa dapat menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan operasi penjumlahan matriks 5. Laptop/Komputer b. 2013. Pendahuluan 3 . b. Materi Pembelajaran Terlampir (lampiran 4) H. Proyektor dan LCD G. 3. Tanya jawab. Lingkungan kelas 2. Matematika untuk SMA/MA Kelas XI. dkk. Media. siswa dapat menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan operasi perkalian matriks E.Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Metode dan Model pembelajaran Metode : Demonstrasi. Kegiatan Pembelajaran a. Materi pada Slide Power Point c. Alat : a. LKS 3. siswa dapat mencermati bagaimana langkah-langkah mengalikan dua matriks 4. Powerpoint b. dan Sumber belajar 1. Melalui latihan terbimbing dan arahan dari guru. Alat. Melalui demonstrasi dan tanya jawab yang dilakukan guru. pemberian tugas Model : Pengajaran Langsung F.

Dalam pembelajaran hari ini kita akan mudah untuk mengoperasikan matriks. Misalkan:  “dua minggu yang lalu kita telah mempelajari tentang system persamaan linear. Guru mengingatkan kembali tentang materi persamaan linear dan konsep tentang matriks.” 3. kita akan belajar bagaimana menyusun matriks dari system persamaan linear. KEGIATAN FASE 1 (Klarifikasi tujuan dan memotivasi siswa) 1. Untuk pembelajaran kali ini. hari ini kita akan mempelajari materi tentang operasi suatu matriks. 2. guru meminta salah satu siswa untuk memimpin doa. “Anak-anak. bukan? Persamaan linear adalah sebuah persamaan aljabar yang tiap sukunya mengandung konstanta dengan variable tunggal. Sebelum guru memulai pembelajaran. Misalnya.”  Atau guru dapat menayangkan tentang definisi matriks Gambar 1 diambil dari buku guru Matematika Untuk SMA/MA kelas X hal 192 4 . Guru mengomunikasikan tujuan pembelajaran kepada siswa. Mengapa harus menggunakan matriks? Karena menggunakan matriks dalam pemecahan suatu masalah dapat diselesaikan dengan mudah.

Ordo matriks adalah banyak baris x banyak kolom pada matriks. Misalnya. Guru memotivasi siswa dengan menjelaskan pentingnnya mempelajari materi operasi matriks ini. bahkan mengalikan dua matriks adalah dengan mencermati ordo matriksnya. syarat dalam menambahkan. guru menjelaskan tentang ordo matriks. Misalnya elemen a berada di baris pertama kolom kedua. Siswa mengamati guru yang sedang mendemonstrasikan cara menjumlahkan dua matriks dan menjelaskan sifat-sifatnya 6. Misal suatu matriks berordo 3x2 maka bisa ditulis : 𝑎 𝑏 [𝑐 𝑑] 𝑒 𝑓 Selain itu pula guru juga harus menyampaikan nama elemen yang ada di dalam matriks. mengurangkan. Kegiatan Inti KEGIATAN FASE 2 (Mendemonstrasikan pengetahuan atau ketrampilan) 5. 4. Selain itu guru juga menyampaikan apa saja yang akan dibahas dalam pembelajaran kali ini berkaitan dengan operasi matriks. Siswa mengamati guru yang sedang mendemonstrasikan cara mengurangkan dua matriks dan menjelaskan sifat-sifatnya 7. Siswa mengamati guru yang sedang 5 . b.Guru memotivasi siswa dengan menunjukan Slide (lampiran 1). maka nama elemen tersebut dapat ditulis a12.

“apa langkah pertama yang harus kita lakukan?” ii. Siswa menerima Lembar Kerja Siswa sebagai alat untuk mengecek sejauh mana kepahaman siswa. siswa diminta untuk mengumpulkan jawaban mereka. Guru memberikan stimulus kepada siswa berupa pertanyaan yang mendorong siswa untuk mengungkapkan ketidakpahamannya. Guru perlu mengamati langkah kerja siswa selama proses pengerjaan. FASE 3 (Memberikan latihan terbimbing) 9. “apa langkah selanjutnya?” iii. Contoh kontekstual disajikan dalam bentuk slide (terlampir) Guru juga dapat mengajukan beberapa pertanyaan untuk membimbing siswa: i. Sekaligus sebagai kegiatan evaluasi hasil kerja. mendemonstrasikan cara mengalikan dua matriks dan menjelaskan sifat-sifatnya 8. Siswa berkesempatan untuk mengajukan pertanyaan apabila mereka belum paham tentang langkah yang disampaikan guru saat demonstrasi. Dst FASE 4 (Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik) 10. 11. Setelah itu guru memanggil salah satu siswa untuk mempresentasikan hasil kerjanya. Misalkan 6 . 12. Setelah waktu pengerjaan selesai. Siswa ditunjukan contoh kontekstual yang harus dubah dalam bentuk matriks dan meminta siswa untuk mengoperasikan matriks tersebut sesuai dengan operasi yang diminta guru.

Guru merefleksi tentang pembelajaran hari ini. Siswa diberikan latihan lanjutan (Buku Paket Halaman 66 Uji kompetensi 2. “bagaimana langkah mengalikan dua matriks? Apa syarat penting sebelum mengoperasikan perkalian matriks?” iv. “Bagaimana langkah-langkah menjumlahkan dua matriks? Apa syarat yang penting sebelum mengoperasikan penjumlahan matriks?” iii. 16.1) dan guru mengintruksikan supaya diselesaikan sebagai tugas rumah dan wajib dikumpulkan. Misalkan guru dapat menanyakan hal ini kepada siswa : i. Guru memberikan gambaran tentang materi yang akan dibahas dipertemuan selanjutnya 7 . Penutup KEGIATAN 14. “Apa yang dapat kita simpulkan dari pembelajaran hari ini?” ii. Dst 15. pertanyaan guru yang dapat diajukan : i. c. “apakah ada langkah yang belum kalian pahami?” ii. Guru memberikan apresiasi yang baik kepada siswa yang telah antusias mengikuti pembelajaran hari ini dengan memberikan tepuk tangan. “adakah langkah yang masih kalian bingungkan?” FASE 5 (Memberi latihan lanjutan) 13.

Bentuk instrument : Soal uraian iii. Butir no 4 berkaitan dengan penjumlahan matriks 8 . Penilaian 1. Pengetahuan i.I. mengidentifikasi sifat dari penjumlahan Butir no 1 matriks Menentukan hasil operasi dan 2. Kisi-kisi : Nomor No Indikator instrumen Menentukan hasil operasi dan 1. Bentuk instrument : soal uraian iii. Kisi-kisi : Nomor No Indikator Instrumen Menyelesaikan masalah kontekstual yang 4. Teknik penilaian : tes ii. mengidentifikasi sifat dari pengurangan Butir no 2 matriks Menentukan hasil operasi dan 3. Keterampilan i. mengidentifikasi sifat dari perkalian dua Butir no 3 matriks b. Teknik penilaian a. Teknik penilaian : Tes pemahaman menggunakan LKS ii.

peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pembelajaran remedial dalam bentuk. a. dan c. Sikap sosial No. b. Teknik Bentuk Contoh Waktu Keterangan Instrume Butir Pelaksanaan n Instrumen 1 Observasi Lembar Terlampir Saat Penilaian untuk observasi pembelajaran dan pencapaian (catatan berlangsung pembelajaran jurnal) (assessment for and of learning) 2 Penilaian Lembar Terlampir Saat Penilaian Diri observasi pembelajaran sebagai (catatan usai pembelajaran jurnal) (assessment as learning) 3 Penilaian Lembar Terlampir Setelah Penilaian Antar observasi pembelajaran sebagai Teman (catatan usai pembelajaran jurnal) (assessment as learning) 2. belajar kelompok jika peserta didik yang belum tuntas antara 20% dan 50%. 9 . Bentuk Contoh Butir Waktu Keterangan Teknik Instrume Instrumen Pelaksanaan n 1 Observasi Lembar Terlampir Saat Penilaian untuk observasi pembelajaran dan pencapaian (Catatan berlangsung pembelajaran Jurnal) (assessment for and of learning) d. bimbingan perorangan jika peserta didik yang belum tuntas ≤ 20%. Kompetensi sikap spiritual No. pembelajaran ulang jika peserta didik yang belum tuntas ≥ 50%. Pembelajaran Remedial Berdasarkan hasil analisis ulangan harian. Menyelesaikan masalah kontekstual yang 5 Butir no 5 berkaitan dengan perkalian matriks c.

. 31 Mei 2017 Kepala SMA . 10 . 3.. Mengetahui Surabaya. Pembelajaran pengayaan Berdasarkan hasil analisis penilaian.. ……………………… NIP. Guru Mapel Matematika …………….... NIP. peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pengayaan dalam bentuk penugasan untuk mempelajari soal-soal PAS....…….

Lampiran 1 11 .

) 3 3 −5 −3 3 21 d. … . ( )+( ) = (… . Tentukan A-B b. ….Lampiran 2 Lembar Kerja Siswa Nama/Absen : ____________________________________/_____ Kelas : __________________________________________ Sebelum mengerjakan. …. c. …. … . ….) −3 3 21 3 3 −5 −2 −4 0 10 2 4 …. jelaskan apakah A-B=B-A? 3. biasakan untuk membaca doa terlebih dahulu! Kerjakan soal-soal di bawah ini dengan cermat dan sertakan langkah-langkah penyelesaiannya! 1. ( )+( ) = (… . Tentukan hasil dari operasi penjumlahan berikut ini : 2 3 12 3 …. identifikasi sifat-sifat dari penjumlahan dua matriks. ( )+( ) = ( … . …. … . Tentukan hasil dari perkalian dua matriks berikut ini : −3 9 𝑃=[ ] 5 −1 12 . …. ….) −3 2 −1 10 10 2 4 −2 −4 0 …. B= [ ] 5300 9400 2700 2000 a. a. ( )+( ) = (… . …. ( )+( ) = (… . Misalkan : 4000 7500 −1000 3600 A=[ ] . 2. … . …. ( )+( ) = (… .) −1 10 −3 2 8 4 14 2 …. …. b. … .) −1 0 9 2 12 3 2 3 …. Dari tiga kasus di atas.) 9 2 −1 0 14 2 8 4 …. … .

dan biologi. 5. fisika. Ujian ke-1 Ujian ke-2 Ujian ke-3 Jumlah Bidang Arsa Aiman Arsa Aiman Arsa Aiman Arsa Aima Studi n Matemat 80 85 83 87 84 89 ika Fisika 90 76 92 80 90 83 Kimia 78 67 79 69 80 74 Biologi 88 75 88 75 90 80 Tentukan : a. Buatlah model matematika dari ilustrasi diatas kedalam bentuk matriks b. Perhatikan permasalahan di bawah ini. 4. kimia. dan Aiman dibidang matematika. 2 −3 𝑄=[ ] 0 4 Apakah berlaku 𝑃𝑄 = 𝑄𝑃 ? jelaskan jawabanmu. Jumlah nilai yang diperoleh Arsa dan Aiman. Tebel dibawah ini menunjukan nilai ujian yang diperoleh Arsa. Jelaskan jawabanmu. Berdasarkan klasemen sementara pertandingan sepak bola Inggris menunjukan : Skor Total Nama club Main point Menang Seri Kalah Leicester city FC 3 2 1 0 Liverpool FC 3 2 0 1 Aston Villa FC 3 1 1 1 Chelsea FC 3 1 2 0 Apabila berlaku ketentuan penskoran: Menang : skor x 3 Seri : skor x 1 Kalah : skor x 0 Tentukan total point yang diperoleh setiap club 13 .

( )+( )=( ) −1 0 9 2 8 2 12 3 2 3 14 6 ( )+( )=( ) 9 2 −1 0 8 2 14 2 8 4 22 6 b. 2 3 12 3 14 6 a.Lampiran 3 JAWABAN LKS No Penyelesaian Skor 1. [ −1000 3600 ]−[ 4000 7500 ] =[ −5000 −3900 ] 20 2700 2000 5300 9400 −2600 −7400 dari perhitungan diatas didapat bahwa B-A= -(A-B) 3. a. a. model matematika A (ujian ke 1) B (Ujian ke 2) C (Ujian ke 3) 80 85 83 87 84 89 [90 76] [92 80] [90 83] 78 67 79 69 80 74 88 75 88 75 90 80 20 b. ( )+( )=( ) −1 10 −3 2 −4 12 20 8 4 14 2 22 6 ( )+( )=( ) −3 2 −1 10 −4 12 10 2 4 −2 −4 0 8 −2 4 c. [ 4000 7500 ]−[ −1000 3600 ]=[ 5000 3900 ] 5300 9400 2700 2000 2600 7400 b. ( )+( )=( ) −3 3 21 3 3 −5 0 6 16 −2 −4 0 10 2 4 8 −2 4 ( )+( )=( ) 3 3 −5 −3 3 21 0 6 16 2. jumlah nilai Arsa dan Aiman dapat diperoleh : 80 85 83 87 84 89 247 261 [90 76] + [92 80] + [90 83] = [272 239] 78 67 79 69 80 74 237 210 88 75 88 75 90 80 266 230 14 . −3 9 2 −3 −6 27 𝑃×𝑄 =[ ]×[ ]=[ ] 5 −1 0 4 10 −19 2 −3 −3 9 −21 21 𝑄×𝑃 = [ ]×[ ]=[ ] 0 4 5 −1 20 −4 20 Dari perhitungan diambil kesimpulan bahwa 𝑃𝑄 ≠ 𝑄𝑃 4.

nilai yang diperoleh Arsa dan Aiman adalah Jumlah nilai Jumlah nilai yang yang Bidang Study diperoleh diperoleh Arsa Aiman Matematika 247 261 Fisika 272 239 Kimia 237 210 Biologi 266 230 5. Pemodelan dalam bentuk matriks 2 1 0 3 [2 1 1] × [1] 1 1 1 0 0 1 2 Maka diperoleh total point yang diperoleh setiap club: 2 1 0 (2 × 3) + (1 × 1) + (0 × 0) 3 [2 0 1] × [1] = [(2 × 3) + (0 × 1) + (1 × 0)] 1 1 1 (1 × 3) + (1 × 1) + (1 × 0) 1 2 0 0 (1 × 3) + (2 × 1) + (0 × 0) 7 = [6] 4 20 5 Jadi. Jadi. diperoleh total point yang diperoleh : Nama Club Total Point Leicester city FC 7 Liverpool FC 6 Aston Villa FC 4 Chelsea FC 5 𝑺𝒌𝒐𝒓 𝒚𝒂𝒏𝒈 𝒅𝒊𝒑𝒆𝒓𝒐𝒍𝒆𝒉 𝑵𝒊𝒍𝒂𝒊 = × 𝟏𝟎𝟎 𝑻𝒐𝒕𝒂𝒍 𝑺𝒌𝒐𝒓 15 .

maka susunan bilangan akan membentuk suatu baris dan kolom. Penjumlahan matriks Perlu diketahui bahwa menjumlahkan dua matriks punya syarat penting sebelum mengoperasikan. a. pengurangan dan perkalian. maka ordo matriks tersebut adalah 4x3. (KONSEP) Elemen di dalam matriks menempati posisi tertentu. dimana banyaknya baris x banyaknya kolom dalam matriks disebut dengan ordo matriks. (KONSEP) Karena suatu matriks berbentuk persegipanjang. maka dapat dituliskan 𝑎𝑖𝑗 (KONSEP) Operasi yang berlaku untuk matriks adalah penjumlahan. Misalkan suatu bilangan a di susun dalam bentuk matriks seperti di bawah ini : 𝑎11 𝑎12 (𝑎 ) 21 𝑎22 Keterangan : 𝑎11 = posisi bilangan a berada pada baris pertama kolom pertama FAKTA 𝑎12 = posisi bilangan a berada pada baris pertama kolom kedua 𝑎21 = posisi bilangan a berada pada baris kedua kolom pertama 𝑎22 = posisi bilangan a berada pada baris kedua kolom kedua Apabila digeneralisasi. Susunan bilangan tersebut di letakkan di dalam kurung biasa () atau kurung siku []. (PRINSIP) untuk cara menjumlahkan dua matriks dapat dilihat dalam definisi berikut: Sifat-sifat pada penjumlahan matriks adalah :  Komutatif  Asosiatif 16 .Lampiran 4 Materi Pembelajaran Matriks adalah susunan bilangan yang diatur menurut aturan baris dan kolom dalam suatu susunan berbentuk persegi panjang. Misalkan suatu matriks mempunyai baris sebanyak 4 dan mempunyai kolom sebanyak 3. yaitu kedua matriks tersebut harus mempunyai ordo yang sama. Hasil penjumlahan dua matriks punya ordo sama dengan dua matriks yang dijumlahkan. bilangan a berada di baris i dan pada kolom j.

maka:  Matriks C berordo m x p  Elemen-elemen pada matriks C pada baris ke i. 𝑏2𝑗 + 𝑎𝑖3 . Pengurangan matriks Syarat penting dalam mengurangkan dua matriks sama dengan penjumlahan dua matriks. 𝑏𝑛𝑗   Sifat-sifat perkalian matriks adalah asosiatif dan distributive. Dapat di notasikan sbb: 𝑐𝑖𝑗 = 𝑎𝑖1 . dan kolom j. (PRINSIP) Hanya saja untuk pengurangan berlaku bahwa : A. dari matriks A dengan elemen pada kolom ke j pada matriks B. dinotasikan 𝑐𝑖𝑗 . Perkalian matriks  Perkalian dengan scalar Apabila suatu matriks dikali kan dengan suatu scalar. kemudia di jumlahkan. 𝑏13 + ⋯ + 𝑎𝑖𝑛 . (KONSEP) 17 . Diperoleh dengan cara mengalikan elemen baris ke i.B=A+(-B) (KONSEP) c. maka setiap elemen pada matriks harus dikalikan dengan scalar tersebut  Perkalian dengan matriks Jika C adalah hasil perkalian matriks 𝐴𝑚×𝑛 dan 𝐵𝑛×𝑝 di notasikan C=AB. (KONSEP) b. 𝑏1𝑗 + 𝑎𝑖2 .

dan tawakal Saya menjalankan ibadah sesuai ajaran agama yang saya anut. Peduli 2. Percaya diri 3. nilailah diri kalian sendiri dengan memberikan tanda centang (√) pada kolom skor 4. dan mengucapkan kalimat pujian bagi Tuhan YME 18 . Kejujuran 6. Skor 4 apabila selalu melakukan perilaku yang dinyatakan Skor 3 apabila sering melakukan perilaku yang dinyatakan Skor 2 apabila kadang-kadang melakukan perilaku yang dinyatakan Skor 1 apabila jarang melakukan perilaku yang dinyatakan Indikator Sikap: 1. suka berikhtiar. mengikuti ibadah bersama di 2 sekolah. Penilaian Diri Nama Siswa : Hari/Tgl Pengisian : Petunjuk Berdasarkan perilaku kalian selama ini. Keimanan 4. Disiplin 8. Santun 7.atau 1 pada Lembar Penilaian Diri dengan ketentuan sebagai berikut. Ketaqwaan 5. 3. Tanggal : Pertemuan ke : Materi Pokok : No Waktu Nama Siswa Catatan Perilaku Butir Sikap Ket.Lampiran 5 Catatan Jurnal Perkembangan Sikap Spiritual dan Sosial Kelas : Hari. ikhlas menerima pemberian 1 dan keputusan Tuhan YME. 2. Tanggungjawab Skor No Pernyataan Keterangan 1 2 3 4 Saya berdoa sebelum dan sesudah menjalankan setiap perbuatan.

kerja kelompok. 9 meminta ijin ketika menggunakan barang orang lain. 8 mendahulukan kepentingan bersama. Saya berpendapat/bertindak tanpa ragu-ragu. mengakui kesalahan yang diperbuat. mengakui 3 kekurangan yang dimiliki. dan tidak menyakitkan. mengerjakan tugas yang diberikan. dan membuat keputusan dengan cepat. Skor No Pernyataan Keterangan 1 2 3 4 Saya jujur dalam perkataan dan perbuatan. dan mengumpulkannya tepat waktu Saya melaksanakan setiap pekerjaan yang menjadi tanggungjawabnya. Saya terlibat aktif dalam kegiatan membersihkan kelas/sekolah. patuh pada 4 tata tertib sekolah (mengenakan helm saat membonceng motor). dan membantu orang lain tanpa mengharap imbalan Saya menghormati orang yang lebih tua. mengakui dan 5 meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan. kasar. bertanya atau menjawab. tidak mengganggu/merugikan orang lain Saya menerima kesepakatan meskipun berbeda dengan pendapat saya. dan menepati janji Saya membantu orang yang membutuhkan. menerima perbedaan dengan orang lain. Saya hadir dan pulang sekolah tepat waktu. berpakaian rapi sesuai ketentuan. memaafkan kesalahan orang lain. Sapa. mematikan lampu dan 6 keran air jika tidak digunakan. JUMLAH SKOR 19 . berani berpendapat. Salam). tidak menyontek dalam ulangan. memelihara lingkungan. tidak berkata-kata kotor. melakukan pembiasaan 3S (Senyum. menerima kekurangan 7 orang lain. mengucapkan terima kasih. 10 presentasi di depan kelas.

Peduli 2. Percaya diri 3. suka berikhtiar. ikhlas menerima 1 pemberian dan keputusan Tuhan YME. Disiplin 8. mengakui kekurangan yang dimiliki.atau 1 pada Lembar Penilaian Diri dengan ketentuan sebagai berikut. Tanggungjawab Skor No Pernyataan 1 2 3 4 Keterangan Teman saya berdoa sebelum dan sesudah menjalankan setiap perbuatan. dan tawakal Teman saya menjalankan ibadah sesuai ajaran agama yang saya anut. tidak menyontek dalam ulangan. Skor 4 apabila selalu melakukan perilaku yang dinyatakan Skor 3 apabila sering melakukan perilaku yang dinyatakan Skor 2 apabila kadang-kadang melakukan perilaku yang dinyatakan Skor 1 apabila jarang melakukan perilaku yang dinyatakan Indikator Sikap: 1. 3. mengikuti ibadah 2 bersama di sekolah. nilailah diri kalian sendiri dengan memberikan tanda centang (√) pada kolom skor 4. Penilaian Antar Teman Nama Teman yang Dinilai : Hari/Tgl Pengisian : Penilai : Petunjuk Berdasarkan perilaku kalian selama ini. berpakaian rapi sesuai ketentuan. mengakui 5 dan meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan. mengakui kesalahan yang 3 diperbuat. Kejujuran 6. Teman saya hadir dan pulang sekolah tepat waktu. mengerjakan tugas yang diberikan. Keimanan 4. patuh 4 pada tata tertib sekolah (mengenakan helm saat membonceng motor). dan mengumpulkannya tepat waktu Teman saya melaksanakan setiap pekerjaan yang menjadi tanggungjawabnya. dan menepati janji 20 . dan mengucapkan kalimat pujian bagi Tuhan YME Teman saya jujur dalam perkataan dan perbuatan. Ketaqwaan 5. 2. Santun 7.

kerja kelompok. 9 meminta ijin ketika menggunakan barang orang lain. dan membuat keputusan dengan cepat. dan tidak menyakitkan. kasar. dan membantu orang lain tanpa mengharap imbalan Teman saya menghormati orang yang lebih tua. Skor No Pernyataan 1 2 3 4 Keterangan Teman saya membantu orang yang membutuhkan. 6 mematikan lampu dan keran air jika tidak digunakan. mengucapkan terima kasih. menerima 7 kekurangan orang lain. bertanya atau 10 menjawab. Sapa. presentasi di depan kelas. 8 mendahulukan kepentingan bersama. berani berpendapat. melakukan pembiasaan 3S (Senyum. memelihara lingkungan. memaafkan kesalahan orang lain. tidak mengganggu/merugikan orang lain Teman saya menerima kesepakatan meskipun berbeda dengan pendapat saya. JUMLAH SKOR NILAI 21 . Teman saya berpendapat/bertindak tanpa ragu-ragu. Salam). menerima perbedaan dengan orang lain Teman saya terlibat aktif dalam kegiatan membersihkan kelas/sekolah. tidak berkata-kata kotor.