Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP

)
Matematika SMP/MTs Kelas VIII Semester 1 Menggunakan
Model Pembelajaran Kooperatif Materi Persamaan Garis Lurus
Berdasarkan Kurikulum 2013

Oleh :
Meyrni Priangka Tanjung
14030174036
2014 A

Jurusan Matematika
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Universitas Negeri Surabaya
2017

dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori B.4 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan fungsi linear sebagai persamaan garis lurus 1 . mengurai. dalam berinteraksi secaraefektif dengan lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan dankeberadaannya. teknologi. merangkai. mengolah. seni. peduli. percaya diri. dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan. konseptual. memodifikasi. Kompetensi Dasar 3. dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan. tanggung jawab. gotong royong). disiplin. santun. dan membuat) dan ranah abstrak (menulis. budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata KI 4 : Mencoba. menggambar.4 Menganalisis fungsi linear (sebagai persamaan garis lurus) dan menginterpretasikan grafiknya yang dihubungkan dengan masalah kontekstual 4. menghitung. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Satuan pendidikan : SMP/MTs Mata Pelajaran : Matematika Materi : Persamaan garis lurus Kelas/Semester : VIII/1 Alokasi waktu : 2x40 menit A. Kompetensi Inti KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya KI 2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur. KI 3 : Memahami pengetahuan (faktual. toleransi. membaca.

4. Indikator 3. b. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.4.4.C. 2. Dan sumber lain yang mendukung pembelajaran 2 . Metode dan Model Pembelajaran a. Model Pembelajaran : Pembelajaran Kooperatif F.4.5 Membaca grafik persamaan garis lurus yang berkaitan dengan masalah kontekstual 4. siswa dapat mengidentifikasi tentang kemiringan suatu garis melalui ilustrasi segitiga. Melalui diskusi kelompok dan menyelesaikan soal pada LKPD.2 Mengidentifikasi ciri-ciri grafik persamaan garis lurus 3. siswa dapat menggambar grafik dari persamaan garis lurus dan mengidentifikasi cirri-ciri dari grafik jika dilihat dari persamaannya. As’ari. 2014. Matematika SMP/MTs Kelas VIII semester 1.2 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan gradient garis lurus D. dkk. LKPD (Lembar Kegiatan Peserta Didik) c. 3. Metode Pembelajaran : Diskusi kelompok dan pemberian tugas b.4. Abdul Rahman.4. Menggunakan konsep yang telah didapat. siswa mampu menyelesaikan masalah kontekstual berkaitan dengan garis lurus pada soal tes individu.4 Menentukan kemiringan suatu garis atau gradient 3.4.1 Menentukan fungsi linier sebagai persamaan garis lurus 3. Sumber Belajar a.3 Mengidentifikasi kemiringan suatu garis 3. Tujuan Pembelajaran 1. E.1 Menyelesaikan masalah kontektual yang berkaitan dengan persamaan garis lurus 4. Melalui diskusi kelompok dan menyelesaikan soal pada LKPD.

kalian harus mengacungkan tangan lalu akan ibu panggil namanya.G. itulah yang berhak berbicara. Guru mendampingi siswa berdoa sebelum memulai pembelajaran. Siapa yang namanya ibu panggil. jika kalian ingin menyampaikan pendapat. Siapapun kalian yang ibu tunjuk berhak menjawab pertanyaan ibu.  Pertanyaan yang diajukan harus jelas dan sesuai dengan topik yang dibahas. Kegiatan Pembelajaran Langkah-langkah Pembelajaran a. ibu akan menyampaikan aturan-aturan yang berlaku selama pembelajaran.  Setelah penyampaian materi ibu akan membagi kalian kedalam beberapa kelompok kecil yang 3 . karena suatu ketika ibu akan menunjuk kalian dan melontarkan pertanyaan.  Selama pembelajaran kalian harus memperhatikan baik-baik. 2. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan menetapkan aturan-aturan dasar dalam pembelajaran Misal: “Anak-anak sebelum memulai pembelajaran. Materi Ajar Terlampir H. Pendahuluan KEGIATAN Alokasi Waktu (menit) Fase 1 : Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa ±5 1. yaitu:  Selama pembelajaran.

ibu akan memilih secara acak untuk menyampaikan hasil diskusi kelompoknya  Penilaian didasarkan pada keaktifan kalian saat pembelajaran ditambah Lembar Kegiatan Diskusi. heterogen. Tentukan penyelesaian yang memenuhi 4x-y=5 x y 2 3 0 -5 …. 3. Misalnya:  Guru memberikan sebuah contoh sebagai berikut: “Jika ada sebuah fungsi f(x)=5x + 2. 4 . 0 Setelah didapat hasil tentukanlah pangan berurutan dan bagaimana kira-kira plot titik-titik tersebut dalam bidang koordinat. Karena setelah diskusi. Melalui informasi yang diberikan guru. …. Berapakah hasil dari f(-1)” (Alternatif jawaban: jika x disubstitusikan -1 diperoleh hasil f(-1)=5(-1)+2= -3 )  Guru menunjukan contoh terkait dengan system koordinat. -1 -1 …. siswa merecall pengetahuan mengenai system koordinat dan fungsi yang sebelumnya telah mereka dapatkan dengan contoh fungsi dan cara mengoperasikannya. Jadi masing-masing orang harus berpartisipasi untuk aktif dan memahami hasil diskusi kelompok masing-masing.  Selama berdiskusi semua anggota kelompok wajib memahami apa yang didiskusikan.

6. Gradient adalah kemiringan suatu garis. 5. Semakin curam atap.b. maka atap tersebut akan akan menangkal air hujan yang 5 . Kegiatan Inti KEGIATAN Alokasi waktu (menit) Fase 2: menyajikan informasi ±70 4. perlu diperhatikan berapa kemiringan dari atap tersebut. salah satunya yaitu gradient. Guru meyampaikan bahwa grafik fungsi linier adalah berupa garis lurus. Siswa diminta untuk mengidentifikasi perbedaan-perbedaan dan tentang kemiringannya. Siswa memperhatikan guru saat menginformasikan beberapa istilah penting yang tekait dengan materi persamaan garis lurus. Selain itu siswa diajak untuk mengidentifikasi grafik yang telah guru berikan sebagai contoh. Siswa diberikan beberapa contoh tentang suatu fungsi linier dan menggambarkan fungsi linier tersebut pada suatu bidang kartesius (guru menggambar fungsi linier di papan tulis). hal ini akan menjadi alasan mengapa grafik fungsi linier sebagai persamaan garis lurus. Dalam kehidupan sehari-haris manfaat dari belajar gradient antara lain Saat membangun rumah.

Setelah siswa berkumpul dengan kelompoknya. sementara guru melakukan pengawasan terhadap diskusi mereka 11. 14. Fase 5 : mengujikan kepahaman materi 12. Selain kelompok yang ditunjuk. Usai melaksanakan presentasi. Selain itu boleh juga mengoreksi mana yang dirasa belum benar. tertiup angin kencang. Setelah itu dari kelompok yang terpilih. 13. guru dapat menjembatani dan membimbing siswa yang dirasa belum memahami soal pada LKPD yang disajikan. Siswa yang masih kesulitan. sehingga meminimalisasi dinding bocor. guru memberikan tugas 6 . Seusai siswa melaksanakan diskusi kelompok. siswa diintruksikan tetap tenang. Setiap kelompok diberikan nomor kelompok supaya mudah dalam berdiskusi dan memudahkan guru ketika menunjuk untuk evaluasi 9. dan mengajukan pertanyakan apabila dirasa ada yang belum dipahami. memperhatikan. guru memberikan LKPD (terlampir) Fase4: membantu kerja tim belajar 10. Fase 3: mengorganisasikan siswa dalam kelompok 7. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok kecil oleh guru secara heterogen 8.siswa ditunjuk lagi seorang anggota kelompok untuk maju menjelaskan hasil diskusi kelompoknya. Siswa berdiskusi dengan kelompoknya masing-masing. guru memanggil nomor yang di awal dalam setiap kelompok telah ditetapkan.

Guru mengevaluasi pembelajaran dan menyampaikan kelompok mana yang berhak mendapat penghargaan. dan tugas tersebut dapat dikumpulkan di akhir pembelajaran 15. c. 7 . Guru mengomunikasikan siswa untuk mempelajari materi selanjunya. Guru memberikan pujian terhadap semua peserta didik atas kerjasama yang telah dilakukan dan memberikan motivasi kepada kelompok yang belum memperoleh skor maksimal. 19. individu sebagai tolak ukur keberhasilan tiap individu terhadap materi yang telah disampaikan dan didiskusikan. Penutup Fase 6: memberikan penghargaan ±5 16. 17. Siswa diminta membuka dan mengerjakan buku paket siswa halaman 110 nomor 4 dan 5. 18. Guru bersama dengan siswa membuat rangkuman (dapat berupa mind map) tentang apa yang sudah di dapat selama pembelajaran hari ini.

Kisi-Kisi Indikator Butir Soal  Mengidentifikasi ciri-ciri LKPD Kegiatan 1 no 1 dan 2 grafik persamaan garis lurus  Mengidentifikasi kemiringan LKPD Kegiatan 1 no 3 suatu garis  Menyelesaikan masalah LKPD kegiatan 2 No 1 kontektual yang berkaitan dengan persamaan garis lurus 8 . Teknis Penilaian : Pengamatan. Prosedur Penilaian No Aspek yang dinilai Teknik Waktu penilaian penilaian 1. LKPD (Lembar Kegiatan Peserta Didik) b.I. Pengetahuan Pengamatan Fase4:  mengidentifikasi ciri-ciri dan LKPD membantu grafik persamaan garis kerja tim lurus belajar  Mengidentifikasi kemiringan suatu garis Keterampilan  Menyelesaikan masalah kontektual yang berkaitan dengan persamaan garis lurus c. Penilaian a.

Bacalah instruksi sebelum mengerjakan.(….….(…..….) b.) c.) 9 .(….…. 𝑦 = 2𝑥 x 1 y 1 Titik-titik tersebut dapat dituliskan menjadi pasangan berurutan sebagai berikut : (…. _____________________________________________________/______ Sebelum mengerjakan awali dengan membaca Basmallah. 𝑦 = 2𝑥 + 1 x 0 y 3 Titik-titik tersebut dapat dituliskan menjadi pasangan berurutan sebagai berikut : (…...(….….(….Tulislah jawaban kalian pada lembar yang telah di sediakan.).).….. Lampiran 1 Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Nama anggota kelompok/no Absen: 1. 𝑦 = 2𝑥 − 1 x 1 y -1 Titik-titik tersebut dapat dituliskan menjadi pasangan berurutan sebagai berikut : (….….….). _____________________________________________________/______ 2. dengan mendaftar terlebih dahulu titik-titik yang kalian uji pada fungsi tersebut : a.. Gambarlah grafik persamaan garis lurus dari beberapa persamaan di bawah ini.. _____________________________________________________/______ 3.. KEGIATAN 1 1..)..).).….J.(….….

(….). 𝑦 = 4𝑥 − 2 10 .). 𝑦 = 3𝑥 − 2 x 0 y 0 Titik-titik tersebut dapat dituliskan menjadi pasangan berurutan sebagai berikut : (…. Analisislah apa yang terjadi pada grafik tersebut jika dilihat dari persamaannya? Tulislah jawaban kalian.. 𝑦 = 2𝑥 − 2 x 0 y 0 Titik-titik tersebut dapat dituliskan menjadi pasangan berurutan sebagai berikut : (….….(…....(…. 𝑦 = 2𝑥 + 2 x 0 y 0 Titik-titik tersebut dapat dituliskan menjadi pasangan berurutan sebagai berikut : (…. Gambarlah grafik persamaan garis lurus dari persamaan berikut ini : a.).)...(…..)  Menggunakan pengetahuan kalian sebelumnya.…..(….). d.) c..  Perhatikan grafik persamaan garis lurus yang telah kalian gambar dari beberapa persamaan diatas.….…..….….) b.….(…..…..).…. 𝑦 = 𝑥 − 2 x 0 y 0 Titik-titik tersebut dapat dituliskan menjadi pasangan berurutan sebagai berikut : (….….) d. 2.….).(….(….….). gambarlah grafik dari persamaan linier di atas pada lembar yang tersedia.

. kemudian jawablah pertanyaan di bawah ini dengan menyertai alasanya. 2𝑥. gambarlah grafik dari persamaan linier di atas pada lembar yang tersedia. Apa yang dapat kalian simpulkan? Apa yang mempengaruhi kemiringan? e. x 0 y 0 Titik-titik tersebut dapat dituliskan menjadi pasangan berurutan sebagai berikut : (…. Mengapa kemiringannya berbeda? c. dan 4𝑥? Jelaskan jawaban kalian.).(…. manakah yang lebih miring? 11 . Apakah kemiringan AB sama dengan kemiringan EF? Jika tidak.). Selanjutnya perhatikan Gambar (a) dan (b).)  Menggunakan pengetahuan kalian sebelumnya. yaitu AC = EG.. 3𝑥.…. Apakah kemiringan 𝐴𝐵 sama dengan kemiringan 𝑃𝑄? Jika tidak. manakah yang lebih landai? b. a.. Apa itu DB dan HF? d.  Apa dampak perubahan grafik dari 𝑥. 3. Misal atap pada Gambar (a) dan (c) mempunyai panjang alas yang sama.….…. Perhatikan gambar di bawah ini.(…. tetapi kemiringannya berbeda.

5 4 6 …. f. Dalam waktu berapa jam tinggi kecambah menjadi 10. Lama masa tanam Tinggi kecambah (dalam jam) (Dalam mm) 1 1. …. Panjang tiang penyangga atap pada (a) dan (b) adalah sama atau DB = SQ.5? 12 .y) pada koordinat kartesius c. Gambarlah setiap pasangan titik (x. Tariklah sebuah garis yang menghubungkan titik-titik tersebut. Bagaimana kamu menyatakan hubungan tanaman y dengan masa tanam x? b. Apa yang dapat kalian simpulkan? apa yang mempengaruhi kemiringan? KEGIATAN 2 Perhatikan table di bawah ini. e.5 2 3 3 4. tetapi mengapa kemiringan atap berbeda? g. d. Tentukan tinggi kecambah pada masa tanam jam ke 9. a. Misalkan y menyatakan tinggi tanaman setelah x jam. Apa itu AD dan PS? h.

5 c. ALTERNATIF JAWABAN DAN PENSKORAN 1. 13 . 5 b. KEGIATAN 1 No JAWABAN Skor Soal 1 5 a.

5 d. 5 a. 5 b. 14 . Analisis: Konstanta yang mengikuti persamaan garis lurus menyatakan bahwa sebuah garis memotong sumbu y sebesar c 2.

AD adalah perbedaan datar (jarak datar) A dan 15 . a. atau DB ≠ HF c. panjang tiangpenyangganya tidak sama. 3. 5 c. maka kemiringan garis pun berubah. perbedaan tinggi dapat mempengaruhi 20 kemiringan e. AB lebih miring f. Analisis: Dampak perubahan apabila koefisien x berubah. AB lebih landai b. HF adalah perbedaan tinggi E dan F d. 5 d. Akibatnya AD ≠ PS g. karena panjang alas penyangganya tidak sama atau AC ≠ PR. DB adalah perbedaan tinggi (jarak tegak) A dan B. Semakin kecil nilai koefisien x maka semakin landai kemiringan grafiknya.

(2.5).5).(3. Lama masa tanam Tinggi kecambah 10 (dalam jam) (Dalam mm) (x) (y) 1 1. B.1.5 4 6 a. kemiringan atap dipengaruhi oleh perbedaan datar dan perbedaan tinggi TOTAL SKOR 60 𝐽𝑢𝑚𝑙𝑎ℎ 𝑠𝑘𝑜𝑟 𝑏𝑒𝑛𝑎𝑟 𝑁𝐴 = × 100 𝑡𝑜𝑡𝑎𝑙 𝑠𝑘𝑜𝑟 KEGIATAN 2 No ALTERNATIF JAWABAN Skor soal 1.3).6) 16 . Hubungan antara tinggi kecambah dengan lama masa tanam dapat di tulis sebagai pasangan berurutan sbb : (1. PS adalah perbedaan datar P dan Q h.dan (4.4.5 2 3 3 4.

5 mm 17 . Tinggi kecambah 5 Lama masa tanam c. 5 d. Diperoleh pada jam ke 9. 5 Tinggi kecambah Lama masa tanam b. tinggi kecambah adalah 13.

karena suatu garis dapat dibuat minimal 2 titik persamaan berlainan.5mm pada jam ke 7. Konsep :  Prosedur  Suatu fungsi misalkan f(x)=ax+b menggambar  Tentukan dua titik yang dilewati garis tersebut dengan uji grafik titik. maka cukup 2 titik untuk dapat menggambar garis lurus : suatu grafik garis lurus  Uji titik tersebut plot pada bidang kartesius lalu hubungkan kedua titik tersebut sehingga dapat ditentukan grafik persamaan garis lurus. kemiringan digunakan untuk konstruksi suatu atap rumah dan pembuatan tangga bagi penderita disabilitas. TOTAL SKOR 30 𝐽𝑢𝑚𝑙𝑎ℎ 𝑠𝑘𝑜𝑟 𝑏𝑒𝑛𝑎𝑟 𝑁𝐴 = × 100 𝑡𝑜𝑡𝑎𝑙 𝑠𝑘𝑜𝑟 Lampiran 2 Materi Ajar Fakta :  Sebagai contoh konkret dalam kehidupan. 18 . Diperoleh tinggi kecambah menjadi 10. 5 e.

Related Interests