PERATURAN

TATA TERTIB SISWA
AL- IMAM ISLAMIC SCHOOL BALIKPAPAN (AISBa)

AL- IMAM ISLAMIC SCHOOL BALIKPAPAN (AISBa)
Komplek Ruko Masjid Namirah Blok A2 Balikpapan Baru
Telp. 0542 8515762, 0811533362
Email : adm.aisba@gmail.com Web : www.al-imamaisba.com

Page 0 of 17

4. Mentaati tata tertib Al-Imam Islamic School yang ada 2. Pasal 2 Kewajiban Siswa Setiap siswa akan memiliki kewajiban selama ia menjadi siswa yang tercatat di Al-Imam Islamic School Balikpapan. 6. Mendapatkan ilmu. Berbuat sesuatu yang mampu berguna untuk memajukan diri sendiri. Mengikuti kegiatan belajar mengajar (KBM) dengan baik dan santun. Mengikuti kegiatan ektra kurikuler untuk mengembangkan bakat yang dimilikinya sesuai dengan kegiatan extra kurikuler yang ada di Al-Imam Islamic School. Berperan aktif menciptakan suasana kondusif di lingkungan Sekolah dan sekitarnya Page 1 of 17 . Sekolah maupun Organisasi Intra Sekolah (OSIS). Mengikuti program Sekolah 3. informasi. Hadir di kelas atau Sekolah paling lambat jam 07. bimbingan. kasih sayang atau perhatian dan perlindungan dari Sekolah melalui Wali Kelas. Mendapatkan fasilitas yang layak dari Sekolah. 3. sebagai berikut : 1. Melakukan pembelaan terhadap dirinya atas tuduhan yang dikenakan tanpa adanya intimidasi. BK. selama ia menjadi siswa yang tercatat di Al-Imam Islamic School. 4. Memberikan saran untuk kemajuan Sekolah dengan benar. 2. 7.15 dan wajib menyiapkan peralatan belajar dari rumah terutama membawa buku mata pelajaran sesuai jadwal mata pelajaran kelas.Hak Siswa Setiap siswa akan mendapatkan hak-haknya. BAB I Hak dan Kewajiban Pasal 1 Hak . 5. sebagai berikut: 1. Guru dan Karyawan Al- Imam Islamic School secara adil.

rok putih .dasi merah (SD) Atasan putih . tidak menampakkan lekuk tubuh dan harus berkaos kaki/ Page 2 of 17 .celana biru . tidak bercampur atau berkhalwat antara siswa laki – laki (ikhwan) dengan siswa perempuan (akhwat).celana merah .celana putih (SMP) Jum’at : Pakaian muslim bebas.jilbab putih (SD) Atasan putih .rok biru . Menjaga nama baik sekolah dan berupaya meningkatkan prestasi . 6. Atasan batik toska . Putri Senin : Atasan putih . Putra Senin : Atasan putih .dasi biru (SMP) Kamis : Koko batik hijau . Baju olah raga biru – jilbab biru (SMP) Rabu : Atasan putih .rok merah .jilbab hijau (SD). Memakai seragam Sekolah sesuai ketentuan : a.dasi biru (SMP) Selasa : Baju olah raga : hijau (SD).jilbab putih (SD).celana putih (SD) Koko batik toska .jilbab hijau (SD). Jenis pakaian i.5. Sabuk/tali pinggang hitam.celana biru . Perlengkapan sekolah seperti tas. biru (SMP) Rabu : Atasan putih . tidak transparan. ii. Menjaga pergaulan. baik di lingkungan sekolah maupun di luar lingkungan sekolah. Atasan putih . termasuk perlengkapan sholat seperti (mukena dan sajadah) dan lain – lain di harapkan tidak bergambar makhluk hidup. kotak pensil.jilbab toska (SMP) Jum’at : Pakaian muslim bebas (gamis atau setelan rok) Tidak diperbolehkan memakai celana panjang / jeans NB : Kaos kaki (telapak hitam).rok biru .celana merah . baik di bidang intra kulikuler (KBM kurikulum) maupun extra kurikuler 7.rok putih . Ketentuan umum pakaian putri : syar’i. tidak sempit. tidak ketat. Tidak diperbolehkan memakai celana Jeans / celana yang ketat.rok merah .dasi merah (SD) Atasan putih .jilbab putih (SMP) Kamis : Atasan batik hijau .jilbab putih (SMP) Selasa : Baju olah raga hijau . b.

Disarankan untuk putra mengenakan peci/ kopyah. 8. Hal – hal yang melanggar pembentukan citra diri antara lain : 1. Menjaga keutuhan dan kebersihan fasilitas Sekolah serta alat-alat inventaris milik Sekolah maupun milik pribadi. Memakai celana panjang yang longgar sebagai dalaman rok. Tidak merusak dan mencoret – coret dinding maupun fasilitas yang ada di sekolah. maka harus diketahui dan seizin Kepala Sekolah. tidak diwarnai. dan menyimpan sepatu di rak sepatu yang sudah disiapkan. Model potongan rambut untuk putra tidak tasyabuh (meniru) orang kafir. dengan warna dominan hitam. 12. Memakai pakaian seragam yang tidak sesuai dengan ketentuan sekolah. 13. memakai sabuk/tali pinggang. menutup mata kaki (aurat). Siswa putra : o Berambut panjang atau gondrong o Mengecat rambut atau membuat potongan rambut yang tidak pantas untuk ukuran pelajar o Memakai tattoo o Memakai anting dan gelang atau tindik o Memakai kalung Page 3 of 17 . Jika terdapat kegiatan organisasi atau kelompok dari luar Sekolah baik melibatkan siswa ataupun tidak dan dilakukan dalam lingkungan Sekolah. Ketentuan umum putra : celana atau jubah tidak melebihi mata kaki (isbal). termasuk pakaian olahraga dan pakaian muslim syar’i 2. 9. 11. c. Wajib memakai sepatu ke sekolah. dan tidak bergambar makhluk hidup. rapi dan tidak panjang sampai batas kerah baju. Bab II Larangan Pasal 3 Citra Diri Siswa yang beraqidah dan berakhlaqul karimah akan memiliki identitas pribadi sebagai seorang siswa muslim/ muslimah. Apabila merusak berarti mengganti. 10.

diwajah) o Memakai tatoo o Membawa senjata tajam o Membawa komik. atau majalah yang tidak pantas dibaca di sekolah. atau majalah yang tidak pantas dibaca di sekolah. celana jeans o Memakai parfum o Memakai tindik tidak pada kelazimannya (dihidung. isbal atau sudah tidak pantas untuk dipakai 3. Menyalahgunakan alat – alat yang tidak ada hubungannya dengan KBM di sekolah 2. Tidak mengikuti halaqoh tahfidzul Qur’an dan pengajian secara sengaja tanpa seizin guru piket dan melakukan hal – hal yang menggangu terlaksananya kegiatan yang belum selesai kecuali sakit. 3. yang dapat dicerminkan dengan tidak melakukan pelecehan terhadap citra AL- IMAM ISLAMIC SCHOOL seperti melakukan pelanggaran sebagai berikut : 1. Pasal 4 Citra Al-Imam Islamic School Menjadi siswa di AL-IMAM ISLAMIC SCHOOL wajib berperilaku baik dan mulia. o Wajib menggunakan jilbab baik di dalam lingkungan sekolah maupun diluar lingkungan sekolah. Membawa kendaraan roda empat ke dalam lingkungan sekolah Page 4 of 17 . dilidah. o Tidak memposting foto tanpa jilbab di semua media sosial. cutex (pewarna kuku) untuk mengundang perhatian o Memakai busana ketat atau transparan. o Memakai kemeja atau celana ketat. Untuk Putri : o Memakai perhiasan gelang dan lainnya atau make up. o Membawa senjata tajam o Membawa komik.

Masuk sekolah tanpa surat keterangan dari orang tua jika hari sebelumnya tidak hadir tanpa keterangan. 8. dinding kelas (mencoret- coret. merusak hingga berlubang). Meninggalkan kelas / lingkungan sekolah saat KBM sedang berlangsung tanpa seizin dari guru pengajar dan guru piket. 4. kursi. keonaran. menyembunyikan atau mencuri barang milik guru dan temannya. 5. AC dan remote AC. 7. Merusak. keributan. narkoba. white board. Pelanggaran – pelanggaran yang dapat merusak suasana di kelas antara lain : 1. pintu kaca & jendela baik dilakukan sendiri maupun berkelompok. perbuatan atau tulisan/gambar. Playstation atau alat sejenisnya. Berteriak mengejek guru atau karyawan Sekolah baik secara lisan. 2. Membawa media atau alat asusila dan sejenisnya Pasal 5 Suasana Kelas Suasana kelas atau ruang belajar yang tenang teratur dan menyenangkan dapat meningkatkan motivasi siswa untuk belajar lebih giat sehingga siswa dapat mencapai hasil belajar yang maksimal. Merusak fasilitas kelas: meja. Pasal 6 Pelestarian Lingkungan Page 5 of 17 . Masuk kekelas tanpa seizin dari guru piket bila terlambat lebih dari 10 menit. Menghisap rokok di lingkungan sekolah 6. mengedarkan atau memperdagangkannya 7. Menciptakan dan atau melakukan kegaduhan. 4. 3. gadget. Munggunakan narkoba. obat – obat terlarang dan sejenisnya di lingkungan sekolah 5. sehingga menggangu KBM 6. Membawa hand phone. Membawa dan atau menyimpan rokok. baik pada jam pertama atau pada pergantian jam pelajaran atau jam istirahat.

merusak pada barang – barang inventaris sekolah seperti di tembok. Bersikap tidak sopan.Belajar di tempat yang bersih dapat menimbulkan jiwa yang sehat. BAK (buang air kecil) dan BAB (buang air besar) bukan pada tempatnya Pasal 7 Norma Susila Siswa yang baik dan santun dalam bergaul akan menjadi harapan bangsa. Untuk siswa AL-IMAM ISLAMIC SCHOOL harus mempunyai kesadaran pentingnya pelestarian lingkungan hidup di sekitar sekolah. Berlaku tidak sopan atau menghina atau membangkang. karyawan dan tamu 2. jendela atau tempat – tempat lain di dalam maupun di luar lingkungan sekolah 3. Melakukan kecurangan ketika ulangan harian atau ulangan umum atau ujian lainnya Page 6 of 17 . melawan terhadap Kepala Sekolah. Melakukan kecurangan memalsukan identitas atau tanda tangan orang lain untuk kepentingan pribadi atau kelompok 6. Pelanggaran – pelanggaran itu dicerminkan antara lain : 1. Membuat coretan. Merusak keindahan sekolah dan lingkungan antara lain dengan membuang sampah sembarangan atau tidak pada tempatnya 2. Menerima tamu di sekolah saat KBM tanpa izin dari guru piket 3. guru. pintu kaca. HP di Sekolah o Berbuat asusila o Berjudi 4. seperti o Bermain gadget. Melakukan pemalsuan tanda tangan Kepala Sekolah atau Guru atau Karyawan untuk kepentingan individu atau kelompok 7. Guru dan Karyawan 5. Meludah. Pelanggaran – pelanggaran terhadap norma susila dicerminkan antara lain : 1. Melakukan perbuatan yang bertentangan dengan norma susila dan agama. berkata kotor terhadap sesama siswa.

Membawa atau menyimpan atau menggunakan senjata tajam atau tumpul di lingkungan sekolah 17. mengambil. Membawa atau menyimpan atau menggunakan senjata api di lingkungan sekolah 18. Memicu terjadinya perkelahian baik perorangan maupun masal (tawuran) yang mengakibatkan terjadinya korban dari kedua belah pihak 16. Memberikan keterangan atau pernyataan palsu (berbohong) 9. atau meminta dengan paksa berupa uang atau barang orang lain atau milik sekolah 10. Membawa atau menyimpan atau menyembunyikan petasan atau bahan peledak lainnya di lingkungan sekolah yang dapat mengancam bahaya jiwa orang atau menghancurkan atau menimbulkan kerusakan barang atau bangunan milik individu atau milik negara 15. Melakukan penendangan atau penamparan atau pemukulan baik secara perorangan maupun kelompok terhadap sesama siswa atau orang lain baik secara langsung maupun dengan menggunakan benda sampai mengakibatkan cidera 13. Terbukti secara hukum melakukan tindakan kriminal yang berhubungan dengan pihak kepolisian didalam maupun diluar lingkungan sekolah 19.8. Melakukan perusakan barang milik orang lain atau sekolah baik sengaja maupun tidak sengaja 11. Membawa atau menyimpan atau mengkonsumsi atau mengedarkan minuman keras atau narkoba atau zat adiktif lainnya di dalam maupun di luar lingkungan sekolah Pasal 8 Organisasi Page 7 of 17 . Melakukan perkelahian baik secara perorangan maupun kelompok terhadap sesama siswa atau orang lain baik secara langsung maupun dengan menggunakan benda sehingga mengakibatkan cidera dan/atau berurusan dengan badan hukum/ pihak kepolisian 14. Menyalahgunakan. Melakukan intimidasi terhadap siswa lain sehingga menimbulkan rasa tidak aman atau ketakutan 12.

Jika poin pelanggaran mencapai 100 panggilan ke orang tua/wali siswa oleh BK (Bimbingan Konseling ) dan atau Kepala Sekolah 2. jendela dan pintu kaca). karpet. dan/atau menghafal Al-Qur’an 1 halaman pada saat jam istirahat dan pada hari itu juga setoran ke guru / wali kelas. lantai – sapu dan pel. Jika poin pelanggaran mencapai 125. lantai – sapu dan pel. orang tua/wali. serta mendapatkan sanksi membersihkan kelas tempat siswa belajar (white board. Membentuk atau menjadi anggota organisasi atau kegiatan yang tidak dilegalkan oleh sekolah Bab III Sanksi Dan Prestasi Pasal 9 Sanksi 1. siswa/siswi yang bersangkutan akan mendapatkan peringatan kedua dengan membuat surat pernyataan yang ditandatangani oleh siswa. Peringatan tertulis dan sanksi langsung a. Berupa teguran a.5 (lima) hari belajar dengan Page 8 of 17 . Sedangkan organisasi lain yang dibentuk untuk menonjolkan identitas diri dapat menimbulkan kerawanan tidak dibenarkan ada di sekolah. Menggunakan jaket. serta mendapatkan sanksi membersihkan kelas tempat siswa belajar (white board. siswa/siswi yang bersangkutan akan mendapatkan peringatan pertama dengan membuat surat pernyataan yang ditandatangani oleh siswa. Jika poin pelanggaran mencapai 150. Jika poin pelanggaran mencapai 75 panggilan ke orang tua/wali siswa oleh wali kelas c. karpet. b. Hal – hal tersebut dicerminkan dengan pelanggaran – pelanggaran sebagai berikut : 1.Organisasi yang ada dan diakui di AL-IMAM ISLAMIC SCHOOL adalah OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah). Jika poin pelanggaran mencapai poin 50 ditegur oleh wali kelas b. atau jas atau topi atau pakaian maupun tas yang ada identitas instansi Negara/ angkatan/ ormas parpol dilingkungan sekolah 2. jendela dan pintu kaca dan mushola) selama 1 (satu) minggu. orang tua/wali.

Jika kedapatan membawa HP di Sekolah. tanda tangan absen khusus. d. maka akan disita dan diserahkan ke pihak Sekolah / Kesiswaan. karpet. Prestasi Dan Kredit Poin Pasal 10 Pelanggaran Dan Kredit Poin Page 9 of 17 . orang tua/ wali. wali kelas dan Kepala Sekolah serta mendapatkan sanksi membersihkan kelas tempat siswa belajar (white board. jendela dan pintu kaca dan mushola) selama 3 (tiga) minggu. lantai – sapu dan pel. Bab IV Pelanggaran. Jika poin pelanggaran mencapai 175. lantai – sapu dan pel. Jika poin pelanggaran mencapai 200 poin. 1 halaman per hari) dan pada hari itu juga setoran ke guru / wali kelas. f. karpet. Jika poin pelanggaran mencapai 190.maka siswa/siswi yang bersangkutan dikembalikan kepada orang tua/wali atau diberlakukan skors. dan/atau menghafal Al-Qur’an 10 halaman pada saat jam istirahat (selama 10 hari. siswa/siswi yang bersangkutan akan mendapatkan sanksi membersihkan kelas tempat siswa belajar (white board. jendela dan pintu kaca dan mushola) selama 2 (dua) minggu.15 (lima belas) hari belajar dengan tanda tangan absen khusus berturut-turut. c. siswa/siswi yang bersangkutan akan mendapatkan peringatan ketiga dengan membuat surat pernyataan yang ditandatangani oleh siswa.10 (sepuluh) hari belajar dengan tanda tangan absen khusus. 1 halaman per hari) dan pada hari itu juga setoran ke guru / wali kelas. dan/atau menghafal Al-Qur’an 15 halaman pada saat jam istirahat (selama 15 hari. 1 halaman per hari) dan pada hari itu juga setoran ke guru / wali kelas. dan/atau menghafal Al-Qur’an 5 halaman pada saat jam istirahat (selama 5 hari. e.

3.5.2.  Bila tidak hadir karena sakit.1. Izin keluar dan tidak kembali lagi ke kelas 10 Catatan : Bila meninggalkan Sekolah harus meminta surat izin keluar dari guru piket 3 Pakaian 3. Siswa akhwat memakai gelang/ anting/ kalung berlebihan.2. Membawa atribut. 4 Sikap / etika 4. wali kelas wajib mengadakan home visit 2 Meninggalkan kelas/ sekolah 2. Memakai seragam / busana yang tidak sesuai dengan hari 5 yang ditentukan 3. Berpakaian isbal/ ketat/ transparan/ model celana pensil/ 15 celana jeans yang tercakup dalam hukum berbusana secara syar’i 3. Meninggalkan sekolah tanpa keterangan 20 2.4.3. Tidak mengikuti halaqoh tahfidzul Qur’an dan atau kajian 15 sekolah Catatan :  Bila terlambat siswa harus mendapat izin dari guru piket untuk mendapatkan surat izin masuk kelas.  Bila akumulasi ketidak hadiran (alpa) selama 3 hari. ada surat keterangan dokter/orang tua pada hari berikutnya. jaket/ topi/tas atau yang lainnya dengan 10 symbol atau kalimat instansi Negara atau ormas parpol. Siswa ikhwan memakai gelang.1.4. Siswa berhias dan memakai perhiasan emas berlebihan dan 5 memakai cat kuku/ qutex 4.2. Tidak masuk/ hadir tanpa keterangan/ alpa 20 1.1. tindik 50 4. anting kalung.Sanksi berupa nilai (-) minus kepada siswa/siswi yang melanggar tata tertib. 15 Page 10 of 17 . Keluar kelas dengan tanpa alasan yang kuat pada saat 5 pergantian jam pelajaran 2. Tidak mengenakan kaos kaki (bagi akhwat) 5 3.1. Meninggalkan kelas pada jam efektif KBM tanpa keterangan 5 2. Seragam sobek. Surat izin masuk diberikan oleh guru piket yang bertugas mencatat kehadiran  Bila tidak hadir karena izin harus ada surat dari Orang tua/wali.3. ada tempelan gambar stiker/ di gambar/ di 5 coret-coret 3. Bobot No Jenis Pelanggaran (Poin) 1 Kehadiran 1.2. diberikan berdasarkan jenis pelanggaran yang dilakukan.3. Terlambat masuk sekolah/kelas 5 1.

tiduran secara sendiri atau berkelompok/ 20 ngobrol-ngobrol diruang guru/ direktur/ area bukan peruntukan siswa 5. Melecehkan/menantang.7. 20 dinding.14.10. Mengotori fasilitas sekolah (mencoret-coret bangku. menendang.kaset atau rekaman video 30 Page 11 of 17 . Membawa buku. Tidak mengindahkan panggilan guru / sekolah 15 4. Merokok di dalam/di luar lingkungan sekolah 50 5. Merubah/ memalsukan nilai raport/ tanda tangan pejabat 150 sekolah 4. dan fasilitas lainnya serta membuang sampah sembarangan) 5.4. Pacaran di lingkungan Sekolah 50 4.9. Melindungi teman yang terbukti melakukan kesalahan 10 4. Menjual belikan miras.1-3 disita guru kelas/ guru piket 5 Ketertiban dan keamanan 5. Makan/minum di dalam kelas saat KBM berlangsung 15 4. Melompat/ melewati jendela/ dinding area kantor/ 30 resepsionis/ ruang tamu 5. Membawa HP/PC atau gadget. Menjual belikan rokok di lingkungan sekolah 60 5. Tidur dengan sengaja sewaktu KBM 5 4.9. Ketahuan/ kedapatan mencontek waktu ulangan/ ujian 20 4.12. Siswa berambut di cat (warna) gondrong/ tidak rapi 20 (menutupi kuping atau kerah baju) 4.16.10. Menyalah gunakan uang iuran sekolah 35 4. Merusak/ menghilangkan harta milik Sekolah/ guru/ 15 karyawan/ teman 5.5.7.11. dinding.11. narkoba baik sendiri maupun milik 70 temannya 5. memukul) 20 bangku.4. etalase hingga terjadi lubang/ kerusakan 5.6. Mem-bulli temannya baik sendiri maupun berkelompok 25 4.1.14.13. majalah . narkoba di lingkungan sekolah 150 5.18. menghina guru atau karyawan 100 sekolah 4. Membawa senjata tajam/senjata api dan segala alat yang 50 membahayakan orang lain 5. kursi.13. Melakukan tindak asusila 200 Catatan : .4.8. Duduk-duduk. Siswa ikhwan/akhwat mengenakan tattoo 30 4. Membawa rokok baik sendiri maupun milik temannya 30 5. kursi.6.3. Berkelahi main hakim sendiri 20 4. Membawa miras. Merusak fasilitas sekolah (meninju.15. tindik yang tidak lazim 4.2. Meminta/ mengambil secara paksa dan mencuri milik orang 40 lain 5. Mengganggu kegiatan belajar mengajar 5 5.17. Terlibat tawuran antar sekolah 40 4.15.8.12. PS dan sejenisnya 20 5.5.

Membuat atau mengikuti organisasi/ kelompok/ gank liar 50 baik di lingkungan sekolah ataupun di luar 5.18. Membawa/ melakukan judi di lingkungan sekolah 100 5. dan 5.22 disita oleh guru kelas/ guru piket dan dilakukan pemanggilan orang tua siswa oleh wali kelas/ kepala sekolah/ BK . kaset atau rekaman 50 video terlarang 5. Nilai positif diberikan untuk perorangan maupun kelompok. 5. Membawa/ mengenakan jaket/ topi/ tas atau atribut yang 15 menandakan instansi pemerintah atau ormas parpol tertentu Catatan : . 5. 5.11. Bobot No Jenis Prestasi (Poin) Page 12 of 17 .4 & 5.No.10. majalah.15. 5. terlarang baik itu milik sendiri maupun titipan orang lain 5.7 mengganti benda/ barang yang hilang/rusak dan mengganti rugi baik individual ataupun berkelompok sesuai nilai kerusakan yang ada Pasal 11 Prestasi dan Kredit Poin Setiap siswa/siswi yang berprestasi akan memperoleh nilai positif berdasarkan jenis prestasi yang dicapainya.19.17.2.13. Berurusan dengan pihak berwajib karena terbukti melakukan 200 kejahatan berat 5.21. Memperjualbelikan buku. Tidak melaksanakan sholat berjamaah terutama pada hari 25 KBM ada 5.18. 5.20.16.3. 5. 5.No 5.22. Tidak melaksanakan tugas piket 5 5.

Peringkat ke-7 4 h. Nasional 80 j. Juara harapan 1 tingkat : a. Internasional 120 b. Internasional 110 b. Peringkat ke-8 3 i. Juara harapan 2 tingkat : a. Peringkat ke-1 16 b. Nasional 84 h. Provinsi 45 d. Kabupaten 15 c. Peringkat ke-5 8 f. Kabupaten 30 c. Peringkat ke-4 10 e. Kecamatan 2. Peringkat ke-3 12 d. Internasional 100 b. Peringkat ke-2 20 c. Provinsi 60 i. Peringkat ke-10 2 Kegiatan ekstrakurikuler per tahun PRESTASI NON AKADEMIK 2. Provinsi 60 d. Provinsi 55 k.1 Kegiatan intra per semester PRESTASI AKADEMIK 1. Kabupaten 20 e. Kecamatan 5 Page 13 of 17 .1. Juara 1 tingkat : 150 a. Peringkat kelas 18 a. Nasional 75 c. Kabupaten 25 e. Nasional 65 f. Peringkat ke-1 25 b. Internasional 95 b. Juara 3 tingkat : 130 a. Nasional 70 c.2. Provinsi 45 g. Peringkat ke-3 20 1.3. Kecamatan 2.1. Kecamatan 10 2.4. Juara 2 tingkat : 140 a. Internasional 95 b. Peringkat ke-6 6 g.5. Kabupaten 35 c. Peringkat ke-9 j. Peringkat umum sekolah 30 a. Kecamatan 2.2. Peringkat ke-2 14 c.

Setiap guru berhak menangani siswa yang terbukti atau diindikasikan melakukan pelanggaran. Juara 3 12 d. Absen tanpa alpa 12 b.3.1. Prestasi belajar berlaku selama satu semester 2. pengurus kelas dan juara lomba sekolah berlaku selama satu tahun 3. Ketua 20 b. pengurus OSIS. Seksi 3. Juara Harapan 1 10 e. Bendahara 10 d. Sekertaris 20 c. 3 Organisasi / kepengurusan Sekolah 3. Juara 2 15 c. Nilai ulangan mencapai 100 (skala ratusan)/ 10 (skala satuan) Keterangan : 1.1 poin maksimal dan bisa berkurang jika tidak memenuhi criteria atau ketentuan yang berlaku. Sekertaris 15 c. Mekanisme penanganan pemberian poin pelanggaran : 1. Juara Harapan 2 4 Kedisiplinan dan nilai akademis 4. Membantu memberikan informasi kemajuan sekolah dan menegakkan disiplin 15 4. lalu memprosesnya hingga Page 14 of 17 .2.1. Bendahara 15 d. Kejuaraan kegiatan ekstra kurikuler. Seksi 3.2. Juara lomba sekolah : 20 a. Juara 1 17 b. Nomor 4. Pengurus OSIS : 25 a. 4. Pengurus Kelas : 20 a. Kedisiplinan : 15 a. Bab V Mekanisme Mekanisme penanganan dan pemberian poin pelanggaran serta penanganan dan pemberian poin prestasi bagi siswa – siswi AL-IMAM ISLAMIC SCHOOL adalah sebagai berikut : 1. Ketua 15 b. Tidak pernah terlambat 10 c. Siswa yang mencapai nilai positif tertinggi akan mendapatkan penghargaan dari Sekolah setiap semester dan akhir tahun.

Setelah itu guru terus menindaklanjuti dengan mencatat nama dan kelas siswa yang bersangkutan. Wali kelas siswa yang bersangkutan 2. Wakil Kesiswaan 2.  Jika siswa tersebut telah melampaui tahapan pelanggaran yang harus melibatkan wali kelas. Siswa dapat langsung dan menyerahkan bukti prestasi atau dapat didampingi oleh guru pembina atau wali kelas atau pelatih kepada pembina OSIS 2. 2.190 maka pembina OSIS melaporkan kepada wakil Kesiswaan dan dilanjuti dengan melaporkannya kepada Kepala Sekolah agar diberikan peringatan dan pernyataan tertulis  Siswa yang dikembalikan seterusnya kepada orang tua / dikeluarkan dari sekolah dilakukan oleh Kepala Sekolah dan didampingi oleh : 1. Mekanisme Penanganan dan pemberian poin prestasi : 1. lalu siswa tersebut diberikan poin sesuai dengan pelanggaran yang dilakukannya. Pembina OSIS mencatat poin prestasi itu pada kartu catatan poin Page 15 of 17 . Satu orang Pembina OSIS 3. Catatan ini kemudian dituliskan pada kartu catatan poin. Pembina OSIS menindaklanjuti dengan :  Memanggil siswa yang bermasalah. wakil kesiswaan atau kepala sekolah maka pembina OSIS memberikan informasi sesuai dengan kebutuhan  Jika telah mencapai poin 100 maka pembina OSIS melaporkan kepada Wakil Kesiswaan dan dilanjuti dengan melaporkannya kepada Kepala Sekolah untuk diberikan teguran/ peringatan lisan  Jika telah mencapai poin 125 . Satu orang guru BK Siswa yang bersangkutan 4. BK. Kemudian catatan tersebut diserahkan kepada pembina OSIS. siswa tersebut mengakui pelanggaran. kemudian dicatat identitasnya. Orang tua.

Utama Jaya Ketua Yayasan Page 16 of 17 . sehingga tercipta suasana yang baik. Aamiin. Balikpapan. Akumulasi penjumlahan pemberian poin prestasi akademik berlaku 1 semester tahun ajaran 4. Akumulasi penjumlahan pemberian poin prestasi non-akademik berlaku 1 tahun ajaran. kondusif. harmonis. Akumulasi penjumlahan pemberian poin pelanggaran dalam tata tertib Al- Imam Islamic School berlaku untuk 1 tahun ajaran 3. 3. Demikian tata tertib siswa Al-Imam Islamic School ini dibuat untuk ditegakkan oleh para siswa dan juga agar Orang tua/wali siswa mengetahui serta mendukung penegakan disiplin di lingkungan Al-Imam Islamic School. Setiap poin prestasi mengurangi poin pelanggaran dan sebaliknya 2. dan terdidiknya siswa-siswi untuk hidup dalam tatanan aturan akhlak dan akidah yang diajarkan Rasulullah dan para Sahabat Radhiallahu anhuma. Sekolah memberikan piagam penghargaan kepada siswa yang berprestasi di setiap akhir semester Catatan : 1. 25 Juli 2016 Al-Imam Islamic School M.

Related Interests