PEMERINTAH KABUPATEN WONOGIRI

DINAS KESEHATAN
PUSKESMAS GIRIMARTO
Tambak kulon,Tambakmerang,Girimarto,Wonogiri 57683
Telp.(0273)4131029 Email: girimartopuskesmas@gmail.com

KEPUTUSAN KEPALA UPT PUSKESMAS GIRIMARTO
Nomor : KAPUS/I/2016

TENTANG

PENETAPAN TATA NILAI DALAM PENGELOLAAN DAN PELAKSANAAN
KEGIATAN UPT PUSKESMAS GIRIMARTO

DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA
KEPALA UPT PUSKESMAS GIRIMARTO,

Menimbang : a. Bahwa agar PenetapanTata Nilai Dalam Pengelolaan dan
Pelaksanaan Kegiatan UPT Puskesmas sesuai dengan tata
nilai pegawai.Maka perlu penetapan tata nilai untuk
pengelolaan dan pelaksanaan kegiatan .
b. Bahwa agar Karyawan Karyawati mudah dalam
melaksanakan Kegiatan,maka perlu mengetahui Tata Nilai
dalam Pengelolaan dan Pelaksanaan Kegiatan.
c. Bahwa agarTata Nilai Pengelolaan dan Pelaksanaan
Kegiatan dapat terlaksana pada setiap program maka perlu
di tetapkan Tata Nilai dalam Pengelolaan dan Pelaksanaan
Kegiatan di UPT Puskesmas Girimarto.
d. Bahwa agar Tata Nilai dalam Pengelolaan dan Pelaksanaan
Pogram kegiatan dapat dilaksanakans sesuai dengan
kebutuhan, dan sesuai dengan pedoman, dan ketentuan
perundangan, maka perlu Penetapan Tata Nilai dalam
Pengelolaan dan Pelaksanaan Program di UPT Puskesmas
Girimarto.

Mengingat : 1. Undang-UndangRepublik Indonesia Nomor 36 Tahun
2009 tentangKesehatan (Lembaran Negara Republik
Indonesia Tahun 2009 Nomor 144, TambahanLembaran
NegaraRepublik Indonesia Nomor 5063).
2. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor
75 tahun2014, tentang Puskesmas.

3. LAMPIRAN KEPUTUSAN KEPALA PUSKESMAS NOMOR…………… TENTANG : PENETAPAN TATA NILAI DALAM PENGELOLAAN DAN PELAKSANAAN KEGIATAN TATA NILAI . 4. Ditetapkan di : Girimarto Pada tanggal : KepalaUPT : Puskesmas Girimarto Bambang Sri Budhi Raharjo. Kedua : Surat keputusan ini berlaku sejak tanggal ditetapkan kekeliruan akan diadakanperbaikan/perubahan sebagaimana mestinya. Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1457/MENKES/SK/X/2003 tentang Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan di Kabupaten/Kota.1464/Menkes/Per/x/2010 yang mengatur praktek bidan atau Standar Kompetensi Dokter Indonesia MEMUTUSKAN : Menetapkan : KEPUTUSAN KEPALA PUSKESMAS TENTANG PENETAPAN TATA NILAI DALAM PENGELOLAAN DAN PELAKSANAAN PROGRAM Kesatu : Penetapan Tata Nilai dalam Pengelolaan dan Pelaksana Kegiatan UPT Puskesmas Girimarto sebagaimana tercantum dalam Lampiran merupakan bagian yang Tidak terpisahkan dari surat keputusan ini. Peraturan Menteri Kesehatan No. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 46 tahun 2015. 5. tentang Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama.

TATA NILAI PRORAJAKU PRO :Profesional RA :Ramah JA :Kerja sama KU :Akuntabil Profesional : Meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan sesuai kompetensi. Kerja sama : Setiap kegiatan (pekerjaan) dilakukan bersama sama untuk mencapai Tujuan. LAMPIRAN KEPUTUSAN KEPALA PUSKESMAS NOMOR……. Akuntabil : senantiasa melaksanakan pekerjaan dengan target capaian yang dapat Diukur dan bias dipertanggungjawabkan. 3. Perencanaan tiap-tiap UKM 2. Puskesmas disusun berdasar analisis kebutuhan masyarakat. Ramah : Lembut dalam tutur kata dan bersikap baik pada pelanggan. akses. KebijakanPerencanaan. TENTANG : PENYELENGGARAAN UKM A. dan evaluas ikinerja UKM: 1. Dan mengacu pada pedoman atau acuan yang ditetapakan oleh .

DinasKesehatanProvinsi. keluhan. Inovasidalampenyelenggaraan UKM harusdirencanakan. dansasaran 5. Identifikasikebutuhandanharapanmasyarakatdilakukanmemlalui survey mawasdiri.maupunDi nasKesehatanKabupaten/Kota. Inovasidalampenyelenggaraan UKM dilakukansesuaidenganperkembangankebutuhandanharapanmasyarakat. dianalisisdanditindaklanjutdalambentukperbaikan yang berkesinambungandaninovasiperbaikan. umpanbalik. Penanggungjawab UKM wajibmelakukanpembinaandanarahankepadapelaksanakegiatan UKM 8.. Umpanbalikdarimasyarakatdigunakanbaikdalampenyusunrencana. KepalaPuskesmaswajibmelakukanpembinaandanarahankepadatiap- tiappenanggungjawab UKM dalampelaksanaankegiatan UKM 7. dianalisisdanditindaklanjutidenganmengikutisiklus PDCA dalambentukupayaperbaikan yang berkesinambungandaninovasiperbaikan. lintas program. Penyelenggaraan UKM dilaksanakansesuaidengantatanilai yang disepakatidanrencana yang disusun 6. maupuntemumukadengantokohmasyarakatdansasaranmasing-masing UKM untukmemperolehumpanbalikdarimasyarakat. 9. kegiatan survey yang lain. KementarianKesehatan. 6. Dalampenyelenggaraankegiatan UKM harusdiidentifikasirisiko yang mungkinterjaditerhadaplingkungan. jadualpelaksanaankegiatanharusdisepakatidandiinformasikanpadasasaran. perubahanregulasi. Permasalahandanhambatandalampenyelenggaraanmasing-masing UKM harusdiidentifikasi. 8. RUK. 3. B. Penanggungjawab UKM harusmemenuhipersyaratankompetensisebagaimanapadapedomantiap-tiap UKM. baikdalamperencanaanlimatahunan. musyawarahmasyarakatdesa. Tindaklanjut yang dilakukanharusdiinformasikankepadamasyarakat 13. Dalampenyelenggaraan UKM dilakukanfasilitasipemberdayaanmasyarakatdansasaran. dan RPK. Penanggungjawab UKM wajibmelakukankomunikasidankoordinasidenganlintas program danlintas sector terkaitdalampenyelenggaraan UKM 9. 12. aktifdalampelaksanaankegiatan UKM. dandilakukanupayauntukmencegahdan/ataumeminimalisasiakibatdaririsiko yang terjadi. danlintas sector terkait 11. kotak saran. 4. 2. 10. dilaksanakandandievaluasi 10. Untukmeningkatkanaksesmasyarakatterhadapkegiatan UKM. sampaidenganmengembangkankegiatan-kegiatan UKBM . Analisiskompetensiwajibdilakukanuntuktiappenanggungjawab. Sasarankegiatan UKM berhakuntukmendapatkanakses yang forum-forum komunikasiseperti:………………………. kelompokmasyarakat. Pemberdayaanmasyarakatdimulaidenganketerlibatanmasyarakatdalammenyamp aikankebutuhan. maupununtukperubahanrencana yang disusun 7. KebijakanPengelolaanUKM 1. perkembangantehnologi. Kinerjamasing-masing UKM harusdievaluasi.dancapaiankinerjamasing-masing UKM. Perencanaantiap-tiap UKM harusdiintegrasikandalamperencanaanPuskesmas. Umpanbalikmasyarakatwajibditindaklanjuti. Penanggungjawabdanpelaksana UKM yang baruwajibmengikuti program orientasi 5. Jikakompetensibelumterpenuhimakaharusdilakukantindaklanjutuntukmemenuhik ompetensi yang dipersyaratkan 4.

Akuntabilitaspenyelenggaraan UKM dilaksanakandengan monitoring danevaluasikinerja UKM 14. Hak-haksasaranmeliputi :………. Perilakudalampenyelenggaraan UKM diatursebagaimanatertuangdalamperaturantatakelolaPuskesmas . supervisiolehKepalaPuskesmasmaupunpenanggungjawab UKM. Evaluasikinerja UKM secarapediodikdilakukan minimal dua kali setahun 16. penanggungjawabdanpelaksanadipanduolehuraiantugas yang jelas yang dikajisecara regular minimal setahunsekali 12. Dalampelaksanaankegiatan UKM. Monitoring sebagaiwujudakuntabilitasdilakukandengancaraanalisisterhadaplaporankegiatan UKM. Lintas program danlintas sector terkaitharusdiidentifikasiuntuktiap UKM dengankejelasanperanmasing-masing 13. 18.11. danpertemuan monitoring kegiatan UKM olehpenanggungjawab UKM 15. Kewajibansasaranmeliputi:………. Hakdankewajibansasaranharusdiperhatikandalampelaksanaankegiatan UKM 17. 19.