Ujian Tengah Semester

Mata Kuliah : Ekonomi Sumber Daya Manusia
Waktu : 60 Menit

Kerjakan 5 dari 7 soal di bawah ini
1. Jelaskan yang dimaksud dengan penduduk yang tergolong mencari pekerjaan.
2. Jelaskan perbedaan antara pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi.
3. Dari beberapa jenis pengangguran (struktural, konjungtural, friksional, dan
musiman) mana yang dampak negatifnya paling besar pada kehidupan
ekonomi dan sosial. Jelaskan.
4. Apa peranan pemerintah dalam mengatasi ketenagakerjaan
5. Jelaskan peran sektor informal dalam penyerapan angkatan kerja di Indonesia
6. Dalam perusahaan besar perencanaan sumber daya manusia (SDM) lebih
umum dibandingkan perusahaan kecil. Jelaskan beberapa keuntungan dari
perencanaan SDM di perusahaan besar.
7. Jelaskan bahwa pelatihan berperan menjembatani dunia pendidikan dan dunia
kerja sebagai investasi sumber daya manusia dan untuk mendukung program-
program kepegawaian.

2. Pembangunan Ekonomi  Pembangunan ekonomi (economic of development) adalah usaha-usaha untuk meningkatkan taraf hidup suatu bangsa yang sering kali diukur dengan tinggi rendahnya pendapatan riil per kapita. dan institusi- institusi nasional. Pertumbuhan Ekonomi  Pertumbuhan ekonomi (economic growth) adalah perkembangan kegiatan dalam perekonomian yang menyebabkan barang dan jasa yang diproduksi dalam masyarakat bertambah dan kemakmuran masyarakat meningkat dalam jangka panjang.  Pertumbuhan ekonomi merupakan merupakan sebuah tindakan atau proses yang dilakukan oleh negaa berkembang dalam upaya untu menaikkan produk berkapita dalam jangka waktu yang relatif panjang. Perbedaan antara pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi: I. karena suatu hal berhenti atau diberhentikan dan sedang berusaha untuk mendapatkan pekerjaan. tetapi digolongkan sebagai bekerja. II. sisi output total (GNP) dan sisi jumlah penduduk. Sedangkan pembangunan ekonomi merupakan sebuah tindakan atau . output per kapita.  Pembangunan ekonomi adalah suatu proses peralihan (transisi) dari tingkat ekonomi tertentu yang bercorak sederhana menuju ke tingkat ekonomi yang lebih maju. Todaro (2000)  Setiap pembangunan ekonomi diharapkan dapat merangsang pertumbuhan ekonomi yang digambarkan dengan peningkatan pendapatan nasional atau pendapatan per kapita masyarakat.  Pertumbuhan ekonomi adalah proses kenaikan output per kapita dalam jangka panjang.  Dengan adanya pembangunan ekonomi akan terjadi pertumbuhan ekonomi yaitu proses peningkatan produksi barang dan jasa dalam kegiatan ekonomi masyarakat. Tekanannya pada tiga aspek yakni: proses.  Pembangunan merupakan suatu proses multidimensional yang mencakup berbagai perubahan mendasar atas struktur sosial. sikap-sikap masyarakat. dan jangka panjang. disamping tetap mengejar akselerasi pertumbuhan ekonomi. Seseorang mencari pekerjaan tetapi dia sudah mempunyai pekerjaan atau sedang bekerja.  Pertumbuhan ekonomi merupakan salah satu indikator keberhasilan pembangunan.1. Mereka itu dikategorikan sebagai penganggura terbuka. Penduduk yang tergolong mencari pekerjaan adalah : mereka yang tidak bekerja dan mencari pekerjaan seperti mereka yang belum pernah bekerja atau mereka yang sudah pernah bekerja. oleh sebab itu ada dua sisi yang harus diperhatikan yakni.  Pertumbuhan ekonomi berkaitan dengan kenaikan output per kapita.  Pertumbuhan ekonomi adalah suatu proses bukan suatu gambaran ekonomi pada suatu saat.

Jelaskan. dan musiman) mana yang dampak negatifnya paling besar pada kehidupan ekonomi dan sosial. proses yang dilakukan oleh negara berkembang yang dilakukan secara terus-menerus sebagai upaya untuk menuju perbaikan.  Pertumbuhan ekonomi didalam menjalankan prosesnya tidak mementingkan pemerataan pendapatan penduduk. namun pembangunan ekonomi yang terjadi didalam suatu negara akan selalu dibarengi dengan pertumbuhan ekonomi. pendapatan yang diperoleh penduduk juga akan semakin bertambah dan kehidupan yang layak dan lebih maju dari sebelumnya dapat dirasakan oleh masyarakat pedesaan. tidak hanya output melainkan akan dibarengi juga dengan terjadinya perubahan-perubahan didalam kelembagaan dan akan dibarengi uga denga bertambahnya pengetahuan teknik. . Pertumbuhan ekonomi yang terjadi didalam sebuah negara belum tentu juga terjadi pembangunan ekonomi. Dalam perusahaan besar perencanaan sumber daya manusia (SDM) lebih umum dibandingkan perusahaan kecil.  Pertumbuhan ekonomi yang meningkat belum tentu taraf hidup masyarakatnya juga meningkat. sangat memungkinkan untuk anak-anak di pedesaan dapat bersekolah ke jenjang-jenjang pendidikan yang lebih tinggi. yang hasilnya dapat dilihat dari meningkatnya produk berkapita.  Input pertumbuhan ekonomi akan menghasilkan output yang jumlahnya lebih banyak namun pada pembangunan ekonomi. Dari beberapa jenis pengangguran (struktural. Apa peranan pemerintah dalam mengatasi ketenagakerjaan 5. Sedangkan pembangunan ekonomi mementingkan pemerataan pendapatan penduduk serta pemerataan pembangunan di negara tersebut. 3. Jelaskan beberapa keuntungan dari perencanaan SDM di perusahaan besar. konjungtural.  Pertambahan penduduk tidak diperhatikan didalam pertumbuhan ekonomi sedangkan pembangunan ekonomi memperhatikan hal tersebut yaitu pertambahan penduduk. friksional. Misalkan saja pabrik-pabrik yang mulai banyak didirikan di pedesaan-pedesaan. 4. Sedangkan pembangunan ekonomi berpengaruh pada meningkatnya taraf hidup masyarakat di negara tersebut. Selain itu dengan taraf hidup yang meningkat. hal tersebut dapat menjadi faktor meningkatnya taraf hidup masyarakat. Jelaskan peran sektor informal dalam penyerapan angkatan kerja di Indonesia 6.

. Jelaskan bahwa pelatihan berperan menjembatani dunia pendidikan dan dunia kerja sebagai investasi sumber daya manusia dan untuk mendukung program- program kepegawaian.7.