RANGKUMAN MATERI TIK

MEMANFAATKAN TOMBOL ACTION
PADA MS. POWERPOINT 2010

Powerpoint adalah salah satu program pad komputer yang berguna untuk membuat serta
mengolah presentasi.
Presentasi yang bagus dan menarik dapat kita buat dengan mudah menggunakan program
Powerpoint ini, ada banyak fitur yang dapat kita manfaatkan agar kita bisa membuat presentasi
yang bukan hanya jelas dan bagus tapi juga menarik.
Salah satu fitur yang dapat kita pakai agar presentasi kita menarik adalah tombol Action.

Tombol Action berguna untuk membuat presentasi interaktif

Tombol Action dapat kita buat dengan menggunakan shapes, gambar, teks atau yang lainnya.

Langkah-langkah membuat tombol Action adalah seperti contoh berikut :

1. Buatlah 4 slide pada PowerPoint
2. Pada slide pertama masukkan shapes atau gambar atau text box
3. Klik shapes tersebut
4. Pada tab menu Insert pilih Action

5. Kemudian klik “Hyperlink to” pada jendela Action Settings
Pilihan Hyperlink di antaranya adalah sebagai berikut :

- Next Slide : menuju ke slide berikutnya
- Previous Slide : Menuju slide sebelumnya
- First Slide : menuju slide pertama
- Last Slide : menuju slide terakhir
- Last Slide Viewed : menuju slide yang terakhir terbuka
- End Show : untuk menutup presentasi
- Slide ... : menuju slide sesuai yang kita inginkan

Pada contoh ini kita pilih Slide ...
Pada Hyperlink To >Slide ... > Slide 3 > OK
Setelah kita klik OK maka tombol action kita telah jadi dan bisa
kita gunakan

Klik Tab Menu Animations 5. text box atau lainnya. bentuk. 1. text. Klik pada gambar bentuk yang telah kita buat 4. POWERPOINT Program PowerPoint bukan hanya mampu menampilkan presentasi yang menarik. Animasi pada PowerPoint dapat kita buat denganmemanfaatkan Tab Menu Animations pada Menu Bar Pada program PowerPoint kita dapat meng-animasi-kan apapun di dalam slide.MENGENAL ANIMASI PADA MS. Buat gambar bentuk apa saja pada slide 3. namun kita dapat membuat animasi sederhan denganmenggunakan program PowerPoint. Berikut ini contoh langkah-langkah animasi bentuk pada PowerPoint. Untuk membuat animasi pada program PowerPoint mari kita lihat penjelasan berikut. Buka program PowerPoint 2. Kemudian kita pilih animasi yang kita inginkan pada pull down menu Animations .

Klik gambar animasi tersebut . Shapes : Berguna untuk membuat animasi gerak melingkar pada gambar kita . dan isikan angka lebih kecil untuk membuat animasi bergerak semakin cepat . Arcs : Berguna untuk membuat animasi gerak lengkung pada gambar kita . Langkah memanfaatkan pengaturan duration animasi adalah sebagai berikut : . Untuk membuat animasi kita sendiri kita dapat memanfaatkan fitur Motion Paths Berikut ini penjelasan kegunaan masing-masing Paths . Durasi atau lama waktu animasi Duration atau lama waktu animasi berguna untuk mengatur cepat lambat jalannya animasi yang kita buat.Animasi pada PowerPoint ada yang telah tersedia ada juga yang dapat kita buat sendiri.Isikan angka lebih besar untuk membuat animasi bergerak semakin lambat. Turns : Berguna untuk membuat animasi gerak belok pada gambar kita . Custom Paths : Berguna untuk membuat animasi gerak bebas pada gambar kita Beberapa hal yang dapat kita atur pada animasi PowerPoint adalah : 1. Lines : Berguna untuk membuat animasi gerak lurus pada gambar kita .Perhatikan fitur Duration Tab Menu Format . Loops : Berguna untuk membuat animasi gerak melingkar ganda pada gambar kita .Buat sebuah animasi pada PowerPoint .

Klik “On Click of” pada pull down menu yang muncul . . tombol ini dapat kita buat dari gambar.Klik pada Trigger .Tekan tombo F5 pada keyboard . perhatikan gambar di bawah ini.Buat sebuah animasi pada PowerPoint .Klik gambar animasi yang kita buat . Tombol eksekusi animasi Tombol eksekusi animasi adalah tombol yang kita buat untuk memulai animasi yang kita buat.Kemudian klik pada shape oval yang kita telah buat .2. teks atau animasi itu sendiri.Buat sebuah shape contohnya shape oval atau lingkaran pada slide . Untuk membuat tombol eksekusi dengan menggunakan trigger adalah sebagai berikut : . untuk membuat tombol ini kita dapat memanfaatkan fitur Trigger.Klik pada shape oval maka animasi akan berjalan.

Related Interests