Topik : Program SIWAB

Gagasan : Salah satu faktor penunjang keberhasilan program SIWAB
adalah peternak mampu mengetahui deteksi birahi
Tujuan : Peternak mampu mengetahui ciri-ciri sapi birahi untuk
mensukseskan program SIWAB
JUDUL : DETEKSI BIRAHI SEBAGAI FAKTOR PENTING
KEBERHASILAN SIWAB

SINOPSIS
DETEKSI BIRAHI
Oleh : Aku dan Kamu

Video ini menceritakan tentang keresahan peternak yang sapinya
tak kunjung bunting, padahal dia telah melakukan program IB pada sapi-
sapinya.

Alur cerita memuat tentang proses pemecahan masalah yang
dihadapi peternak dibantu oleh penyuluh, mahasiswa dan inseminator.
Dalam program SIWAB yang dimana deteksi birahi merupakan salah satu
penunjang penting.

Kegiatan deteksi birahi yang dijelaskan meliputi ciri-ciri fisik estrus,
lama siklus birahi, lama birahi, waktu ovulasi dan waktu inseminasi. Akhir
cerita memberitahukan bahwa dengan mengetahui masa birahi sapi yang
tepat, maka memperbesar kemungkinan keberhasilan kebuntingan
sehingga mampu mensejahterakan kehidupan para peternak.

Peternak yang telah kenal dengan penyuluh tersebut melanjutkan ceritanya tentang sapinya yang tak kunjung bunting. (SAUNG 2P) Di BPP Kecamatan Konoha datanglah seorang mahasiswa UPSUS SIWAB untuk mencari penyuluh dan menyampaikan bahwa ia adalah mahasiswa dari STPP Malang yang ditugaskan di kecamatan tersebut. (Saung mahasiswa +penyuluh+peternak) Mahasiswa dan penyuluh berhenti didepan dinas peternakan untuk mengkonsultasikan permasalahan terkait peternak yang mengeluhkan bahwa ternaknya tak kunjung bunting. padahal mereka telah melakukan kegiatan IB untuk sapi-sapinya. Mereka saling menceritakan bahwa sapi yang dipelihara selama ini belum kunjung bunting. TREATMENT DETEKSI BIRAHI Oleh : Aku dan Kamu Alur cerita diawali dari adanya dua peternak yang duduk disaung sambil melepas lelah setelah mencari rumput untuk ternak sapinya. mahasiswa dan penyuluh melewati hamparan sawah dan melihat adanya peternak yang sedang duduk bernaung diatas saung sederhana. Setelah didiskusikan akhirnya disimpulkan bahwa akan dilakukan penyuluhan tentang deteksi birahi. apa lagi salah satu anak peternak harus masuk ke perguruan tinggi. (BPP mahasiswa +penyuluh) Setelah mengunjungi kantor kepala desa. Sapi yang tak kunjung bunting membuat para peternak kesusahan untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka. Dinas peternakan mahasiswa +penyuluh+inseminator Saung . Setelah berbincang-bincang tentang maskud dan tujuan dari datangnya mahasiswa tersebut maka Penyuluh mengajak mahasiswa tersebut berkeliling diwilayah kerja BPP untuk mengunjungi para peternak. Disana inseminator menjelaskan bahwa peternak-peternak tersebut belum paham tentang deteksi birahi. Setelah mendengar keluhan tersebut maka penyuluh dan mahasiswa berjanji akan mencarikan solusi dari permasalahan tersebut dan akan mengunjungi inseminator daerah tsb.

nampak keadaan depan kantor Peternak 2 : ” BPP pada pagi hari . SKENARIO DETEKSI BIRAHI Oleh: VISUAL AUDIO Sekuen . -sapi-sapi mengemoo - Sekuen . sudah lama . -Suasana siang hari yang terik.terlihat pemandangan sawah yang hijau . Terlihat dua peternak sedang mencari rumput disawah.Keadaan didalam ruangan bpp terlihat seorang penyuluh sedang memeriksa berkas. Sekuen .Menuju ruanagan inseminator Sekuen . Sekuen . Peternak 1 : “Aduh. .Keadaan depan kantor dinas peternakan . Sekuen . . .terlihat keadaan saung ditengah tengah hijaunya persawahan -peternak bercucuran keringat setelah mencari rumput dan bernaung disaung -Peternak 1 mengibas-ngibaskan capil Sekuen .

(Pak. “Panas banget siang ini. Istri datang dan duduk di saung lalu menyiapkan makan siang sang peternak 1 “Maaf ya pak lama. ( Mahasiswa. “Wah enak sekali pak Mulyadi” “Makan Pak Guno” . Namanya juga anak sekolah. 5. Anak. ibu mana lagi belum datang juga” 2. Istri menyusuri pematang sawah sambil membawa rantang 3. tidak apa. (Pak. Hanya saja dia terlihat sungkan untuk menyampaikan hal itu kepada bapak. ibu juga sangat-sangat mendukung. Sambil mengelap peluh dan bersiap untuk makan. sebentar lagi dia juga sudah mau Ujian Nasional” “Tadi dia juga bercerita dia ingin melanjutkan pendidikan” “Bapak sangat mendukung keinginan rina itu Bu. OPENING SAUNG SAWAH 1. soalnya masih ngurusin Rina” 4. Istri. Mulyadi) Peternak 2. Peternak 2 datang kesaung sambil mengelap keringat. Guno) Penyuluh. Suneo) Inseminator.” (Melahap makanan yang ada didalam rantang sambil mendengarkan cerita sang istri) “Iya pak. “Iya bu.Peternak 1. makanya bapak berharap semoga saja ternak-ternak kita cepat berkembangbiak agar mampu mencukupi kebutuhan kita semua. Peternak 1 duduk disaung sambil mengipas-ngipaskan capilnya. Dia takut kalau nanti biaya yang dibutuhkan besar” “Bapak juga memikirkan hal itu. (Pak.

Berarti adik ini ditugaskan diseluruh wilayah kerja bPP ini?” “nggih pak. Saya ditugaskan untuk melakukan kegiatan pendampingan UPSUS SIWAB di BPP sini” “Pendampingan upaya khusus Sapi Indukan wajib bunting” “Iya pak. apa lagi kebutuhan semakin hari semakin meningkat” BPP 1 Penyuluh sedang duduk di mejanya dan merapikan berkas-berkas penting 2 Datang mahasiswa sambil mengetuk pintu “Selamat siang. ini surat tugas saya” “Owh iya dik. (Sambil menawarkan makanan) “Iya trimakasih. Saya juga sedang bersiap untuk keliling kelapangan.Semoga saja sapi kita cepat bunting. ada yang bisa dibantu dik?” “begini pak. kok BPPnya sepi pak?” “iya. para penyuluh yang lain sudah berangkat ke lapangan.” “Apa saya boleh ikut pak? Sekalian melihat keadaan wialyah sekitar sini. Wah sepertinya saya juga harus cepat-cepat menikah seperti pak Mulyadi” (tertawa) Istri : “Wah mas Guno bisa saja” “Bagaimana keadaan ternak sapinya pak Mul? Apa sudah bunting?” “wahh Belum pak” “Sapi saya juga belum bunting pak padahal sudah di IB” “Kenapa bisa begitu ya pak?” “saya juga kurang tahu pak. saya mahasiswa dari STPP Malang.” . Permisi” “Selamat Siang.

penyuluh dan mahasiswa menyusuri jalan diantara tanaman pepadian yang tumbuh subur dan menguning yang menandakan sebentar lagi panen.... itu ada petani disaung” ‘ayo kita hampiri” “assalamualaikum” “w.. “Iya dik tentu.......” To be continue..” “iya pak... Setelah beberapa menit menyusuri jalan persawahan penyuluh dan mahasiswa menuju sebuah saung dimana sudah terlihat seorang petani sedang duduk santai didalamnya.. Tunggu sebentar ya saya masih merapikan beberapa berkas” ---Perjalanan menuju wilayah kerja--- (memperlihatkan mahasiswa yang sedang digonceng penyuluh) Setibanya kawasan persawahan. Singkat cerita penyuluh dan mahasiswa sudah berada didalam saung duduk bersama dengan petani tersebut Penyuluh memberhentikan motornya dipinggir sawah “nah ini dik namanya desa Randuagung. ini kawasan pertanian disini. ...