Lihat diskusi, statistik, dan profil penulis untuk publikasi ini: https://www.researchgate.

net/publication/268221775

Graphene Sintesis: Electro-Kimia Pengelupasan
Pasal · Juni 2014
CITATIONS 0
Dibaca 553
1 penulis:
Rajat Ghosh University of Houston
2 PUBLIKASI 0 CITATIONS
MELIHAT PROFIL

Semua konten berikut halaman ini diunggah oleh Rajat Ghosh pada 14 November 2014.
pengguna telah meminta peningkatan file yang didownload. Semua referensi dalam teks digarisbawahi dengan
warna biru ditambahkan ke dokumen asli
dan terkait dengan publikasi pada ResearchGate, membiarkan Anda mengakses dan membaca mereka segera.

UGC-NRC disponsori sarjana magang penelitian musim panas Pada Institut Teknologi Kimia. Teknik Kimia Institut Nasional Technolgy . India Oleh: Rajat Subhra Ghosh Tahun ke-3. Parag R Nemade Fakultas Teknik Kimia Departemen Teknik Kimia Institut Teknologi Kimia Matunga. Mumbai.Tiruchirapalli Tamil Nadu . Mumbai Proyek Laporan Sintesis Graphene: Elektrokimia Pengelupasan bawah bimbingan: Dr.

Indeks Pengakuan 2 Pendahuluan 3 Bahan dan Metode 5 Hasil dan Pembahasan 8 Kesimpulan 12 Referensi 13 1 Sintesis Graphene: Electrochemical Pengelupasan .

Mumbai adalah kesempatan emas untuk belajar dan pengembangan diri. Saya menyampaikan terima kasih yang terdalam kepada semua ulama PhD dan lain-lain. Saya menganggap diri saya sangat beruntung dan terhormat untuk memiliki begitu banyak orang hebat membimbing saya dalam penyelesaian proyek ini.PENGAKUAN Sebuah proyek musim panas di Institut Teknologi Kimia. Saya memilih saat ini untuk mengakui kontribusi mereka. membimbing dan menjaga saya di jalur yang benar dan memungkinkan saya untuk melaksanakan proyek saya bekerja di organisasi mereka terhormat dan memperluas selama pelatihan. atas bimbingan dan membantu kami dengan pekerjaan saya sepanjang masa pelatihan. 2 Sintesis Graphene: Electrochemical Pengelupasan . Saya ingin mengucapkan terima kasih berhutang budi saya dan terima kasih khusus untuk Dr. Nemade yang terlepas dari menjadi luar biasa sibuk dengan pekerjaannya.Parag R. mengambil waktu untuk mendengar.

dan film Graphene tidak mudah dapat ditransfer daripertumbuhan. AB ditumpuk bi-layer dan tri-layer Graphene telah ditampilkan sifat yang diinginkan untuk aplikasi dalam elektronik dan komposit.1. terisolasi melalui '' scotch tape''method. memiliki kisi heksagonal yang terdiri dari karbon sp2. hasil yang tinggi dantinggi metode produksi kemurnianuntuk Graphene. Saat ini ada dua pendekatan yang diterima ke '' bottom up '' produksi Graphene.seperti deposisi uap kimia (CVD) pada permukaan logam katalitik. kualitas elektronik Graphene sangat tergantung pada keberadaan batas butir dalam film. Serta monolayer. Sebuahscalable . memilikielektronik danluar karakteristikmekanik yangbiasa. Yang pertama adalah melalui pertumbuhan dari karbon molekul sumberkecil. Rute alternatif untuk produksi Graphene adalah melalui pengelupasan kulit dari sumber grafit. Keuntungan dari '' bottom up '' pendekatan adalah bahwabesar sebagiankawasan Graphene berpotensi diperoleh. Biayayang relatif tinggi yang terkait dengan pertumbuhan CVD berkualitas tinggi Graphene saat ini membuat rute yang tidak layak untuk sintesis industri skala besar. Pertumbuhan epitaxial menawarkan pilihan terbatas substrat bagaimanapun. karena karya terbaru telah menunjukkan keberhasilan dalam mentransfer CVD Graphene untuk berbagai substrat. Laporanpertama dari monolayer Grafena oleh Geim. ada telah didukung upaya untuk menemukan scalable. The pi awan elektron di atas dan di bawah ini membantu dalam membuat Graphene sangat konduktif. Novoselov dan rekan kerja di tahun 2004. atau melaluiepitaksi pertumbuhandari silikon karbida (SiC). dan kualitas film ini kalah dengan mekanis dibelah Graphene. substrat CVD memberikan keuntungan dalam hal ini.The sp2 hibridisasi hadir dalam grafem memainkan peran penting dalam menyampaikan sifat listrik yang baik. Pendahuluan: Graphene. Namun CVD Graphene jarang bebas cacat.

2) Untuk menghasilkan Graphene GO diproduksi harus dikurangi menggunakan agen pereduksi yang cocok yang mengarah ke pemborosan 3 Sintesis Graphene:elektrokimia . baik dengan pengelupasan asam seperti metode Hummers ataupengelupasan kulit oksidatif elektrokimia grafit untuk langsung mendapatkan Graphene. Metode Hummer memilikikelemahan yang melekat seperti 1) itu memakan waktu.analogdari pendekatan ini berfokus pada pengelupasan fase solusi grafit. Metode fase larutan umumnya melibatkan produksiGraphene oksida (GO). yang juga memungkinkan untuk fungsionalisasi kimia jika diinginkan. periode reaksi menyebar lebih dari seminggu dan kemudian mencuci off dan pengeringan membutuhkan waktu lebih lama.

(CO hubungan ini membatasi sifat listrik dan mekanik Graphene maka dibentuk dengan metode lain). sifatlistrik yang Sonikasi dalam pelarut organik adalah rute masuk akal lain untukGraphene. kaitanFTIR penelitianmembantu untuk melakukan hal yang sama. Interkalasi ion elektrolit dan kemudian oksidasi ion gas membantu dalam pengelupasan Graphite untuk mendapatkan dikelupas Graphene. Untuk membuktikan kualitas Graphene diproduksi adalah cacat yaitu gratis) tidak adanya CO. metode non-oksidatif scalable produksiGraphene menjadi semakin diinginkan. Akibatnya. Dibandingkan dengan metode Hummer yang Graphene diproduksi sebagai sedikit atau tidak ada jejak oksidasi dan karenanya mempertahankan mekanik dantinggi. sehingga elektrolit yang sesuai harus dipilih yang tidak membentuk hubungan CO) Pilihanyang cocok elektrolit melicinkan jalan untuk sintesis arah Graphene dari Graphene.selain bahwa Graphene dihasilkan tidak cacat gratis.selain bahwa <002> puncak Graphite pada 26 ° digeser ke arah kiri dari sumbu (5 (e)). di mana parameter menemukan adalahinterplanar jarakditemukan keluar (d). The Graphene sebagai dari berbagai kertas ditemukan bahwa hal itu dapat definitif dikarakterisasi menggunakan X-Ray Diffraction Teknik (XRD). penggunaan oksidator kuat seperti asam sulfat mensintesis GO bukan Graphene. (Dalam elektrokimia Pengelupasan pilihan elektrolit memainkan peran utama dalam mensintesis Graphene. Band di 1576 cm-1 peregangan .produkPengelupasan. yang jika perlu difungsikan dapat dilakukan dengan mudah. produksi meskipun kelemahan termasuk hasil yang rendah dan jumlah besar energi yang terkait dengan skala-up proses. Nilai of'd 'untuk Graphene adalah lebih besar dari grafit. Pengelupasan elektrokimia di sisi lain seperti yang akan ditemukan kemudian dalam laporan ini cukup sederhana dan waktu yang panjang untuk mensintesis Graphene. 3) Pembentukan asam sulfat beracun dan korosif juga menginduksilingkungan yang parah masalahmembatasi produksi skala besar Graphene menggunakan Metode Hummer.

Laporan ini menyajikan metode murah dan mudah untuk mensintesis Graphene oleh Elektrokimia Pengelupasan. Sel 4 Sintesis Graphene: Electrochemical Pengelupasan .menunjukkan adanya C =C strukturobligasi dan setiap peregangan terkait dengan obligasi CO tidak ada dalam kasus Graphene (5 (a)). The Graphite itu diselingi dengan ion Hidroksida dengan batang grafit daribaterai.

Elektrolit dibuat menggunakankomersial pelet KOH tersedia secaradan dibuat untuk solusi 1M menggunakan air DI. Gambar 2. Bahan dan metode: The Elektroda yang digunakan adalah batang grafit hadir dalam sel kering.1 Pengaturan Eksperimental 5 Sintesis Graphene:Electrochemical Pengelupasan . Prosedur yang sama diikutiuntuk elektrolit lainnya. Batang hati-hatidihapus dan kemudian dicuci dengan air dan disimpan di dalam oven udara pada 100 Celcius selama sekitar 8hrs untuk menghilangkan zat teradsorpsi. Setelah proses larutan didinginkan. Air deionisasi digunakan di seluruh mempersiapkan solusi. (NH 4) 2 SO 4 . 2. Elektrolit yang digunakan adalah KOH.2.1 Pengelupasan elektrolit Percobaan Setup ditampilkan seperti yang diberikan dalam diagram. Elektroda yang digunakan seperti yang disebutkan adalah batang grafit dari sel kering. Asam Oksalat. Dan setiap pengaturan disimpan selama satu jam pada 10V. Sebuah gelas yang terbuat dari borosilikat dengan volume efektif 100ml digunakan sebagai reaktor batch.

FLG kering yang ditolak dan dikumpulkan dalam botol.2 (a) Beberapa Lapisan Graphene mengambang di atas KOH solusi (b) FLG mengambang dipindahkan ke containg DI air petri-dish 6 Sintesis Graphene: Electrochemical Pengelupasan (a) (b) . yang ada Airdi petri-dish telah dihapus dengan bantuan jarum suntik dan kemudian disimpan di bawah lampu halogen untuk pengeringan cepat. serpih grafit yang sangat tipis di mana terlihat mengambang seperti yang ditunjukkan pada Gambar 2. Setelah 8 batchelektrolisis prosesmana KOH digunakan sebagai sampel elektrolit 25mg disintesis yang kemudian dikirim untuk XRD. Pemisahan Graphene dari solusi Batch mana KOH digunakan sebagai elektrolit.2 (b)).2. Serpih Mengambang yang FLG (Sedikit Lapisan Graphene) dan dihapus menggunakan spatula dan ditransfer ke petri-dish air yang mengandung (Gambar 2.2 (a).PengaturanEksperimental 2. Gambar 2.

2. warna coklat Jadi solusinya dikurangi menggunakan Hidrazin Hidrat. 7 Sintesis Graphene: Electrochemical Pengelupasan .Untuk batch mana elektrolit lainnya yang digunakan solusinya adalah melewati kertas saring. . Campuran dipanaskan sampai 80 Celcius selama 12 jam dengan pengadukan konstan.3 Pengurangan solusi KOH setelah elektrolisis The KOH solusi setelah elektrolisis dan filtrasi ditemukan memiliki warna kecoklatan ringan. residu dikeringkan dan sampel yang dikumpulkan dikirim untuk XRD. 3ml dari Hidrazin ditambahkanke 50ml KOH elektrolit filtrat. Diduga bahwa sejumlah kecil GO harus telah diproduksi untuk memberikan distrikmuda.

Penampilan fisik Electrode Dalam semua kasus ada degradasi elektroda. Dalam kasus KOH sebagai FLGs elektrolit terbentuk yang kemudian dikonfirmasi menggunakan XRD (dibahas nanti). (Seperti digambarkan dalam Gambar 3.→ H (g) + 2OH.untuk O 2 gas sebagai hasilnya lapisan memperluas untuk memberikan Graphene atau dikelupas Graphene.1 (a) Grafit elektroda setelah elektrolisis .Pada Annode: 4OH. Hal ini disebabkan interkalasi yang OH.1 (a) menunjukkan bahwa pengelupasan telah terjadi di anoda.1. Hasil dan Pembahasan 3. Pengelupasan adalah karena oksidasi ion OH.ion dari larutan di antara lapisan grafit anoda.3.→ O 2 + 2H 2 O + 4e- 8 Sintesis Graphene: Electrochemical Pengelupasan KATODA ANNODE Gambar 3. Ara 3. Untuk (NH 4) 2 SO 4 selama proses batang grafit yang dikelupas tetapi menyebabkan pembentukan serpih grafit bukannya Graphene. yang paling atau tidak ada perubahan yang terjadi dalam kasus untuk Asam oksalat (1M).1 (b)) The Half Reaksi berlangsung di elektroda masing Pada Katoda: 2H 2 O + 2e.

.

Gambar 3.1 (b) Mekanisme Pengelupasan 9 Sintesis Graphene: Elektrokimia Pengelupasan .

Max 2-Theta ° d (Obs Max.06 4.80915 Tabel 3.2 XRD dari FLG Contoh Nama Obs. Gambar 3. XRD ANALISISSampel dikumpulkan dari KOH elektrolit batch dan amonium sulfat batch dan bets asam oksalat dikirim untuk analisis XRD.2.) Angstrom Graphene 21.2.42425 Graphene 23.21509 Graphite 26 3. Dari hasil hanya dalam KOH elektrolit bets menunjukkan pembentukan Graphene seperti ditunjukkan pada Gambar 3.2 10 Sintesis Graphene: Electrochemical Pengelupasan <002> <002> .3.334 3.

4.06 ° dan 23.2 menunjukkan bahwa jarak interplanar sampel lebih besar dari itu Grafit yang menegaskan kehadiran Graphene. 11 Sintesis Graphene: Electrochemical Pengelupasan . Pengurangan Pengaruh Hidrazin pada solusi KOH Sebelumnya diduga bahwa Graphene Oxide mungkin hadir dalamKOH elektrolit larutansehingga berkurang menggunakan Hidrazin.3 Kiri: GO dikurangi menggunakan Hidrazin Kanan: GO hadir dalam KOH elektrolit 3.334 ° memiliki geometri heksagonal dengan <hkl> nilai-nilai sebagai <002> mirip dengan grafit. 3.Tabel 3.3 Gambar 3. Puncak pada 21.3. Hasil FTIR Hasil ini dilakukan untuk pasti menyimpulkan tidak adanya hubungan CO dan untuk menunjukkan bahwa Graphene diproduksi adalah kehilangan cacat apapun. Solusinya menjadi hitam dari warna kecoklatan ringan seperti ditunjukkan pada Gambar 3.

Penelitian ini memberikan pendekatan mahir untuk mensintesis biaya yang efektif dan Graphene.4. Graphene berhasil disintesis oleh pengelupasan elektrokimia grafit menggunakan elektrolit alkaline. Mekanisme layak pengelupasan berdasarkan polarisasi lapisan grafit oleh OH ion telahdisarankan. Interaksi elektrostatik dari lapisan grafit dengan ion OH. 12 Sintesis Graphene: Electrochemical Pengelupasan . Kesimpulan: Sebagai kesimpulan. The Graphene sebagai disintesis telah ditandai dengan XRD.yang bergerak di bawah pengaruh medan listrik diterapkan dan oksidasi untuk O 2 gas agak ekspansi karenapembentukan gas mengarah ke pengelupasan kulit tersebut.

karakterisasi dan sifat elektrokimia mereka" Ilmu Cina Bulletin (d) Jianguo Lagu. SUN XianZhong & MA Yanwei "pengurangan elektrokimia film oksida Graphene: Persiapan.5. Frank Simon. Commun. Kinloch.. Xianjie Liu. Xinliang Feng . 2014. 1 Xinzhi Wang. Cooper. CHEN Yao. ZHANG DaCheng. Referensi (a) Pitamber Mahanandia. Robert Graf. Ian A. Rongjin Li. 1 dan Chang-Tang Chang "Pembuatan dan Karakterisasi Graphene Oxide" Journal of Nanomaterials (e) Khaled Parvez.50. dan Klaus Mullen "Pengelupasan Grafit ke Graphene di berair Solusi Anorganik Garam" Journal of American Chemical Society View View statistik publikasi publikasi statistik 13 Sintesis Graphene: Elektrokimia Pengelupasan . Robert AW Dryfe "Satu tahap elektrokimia pengelupasan methodfor produksi beberapa lapis Graphene melalui interkalasi kation tetraalkylammonium" CA RBON 6 6 (2 0 1 4) 3 4 0 -3 5 0 (c) ZHANG Xiong. Neil R. Gert Heinrichb dan Karuna Kar Nanda "Sebuah metode elektrokimia untuk sintesis beberapa lembar lapisan Graphene untuk Aplikasi suhu tinggi" Chem. 4613 (b) Adam J. Zhong-Shuai Wu. Wilson.