INCISI DAN DRANASE ABSES Disahkan oleh

Kepala Puskesmas
No. Kode :

SPO Terbitan :

No. Revisi :

Tgl. Mulai Berlaku : 1 Mei 2013
Dr Dian Hayu N
UPTD Puskesmas Halaman : 1/3
Watumalang NIP.197807252008012018

1. Tujuan Agar cairan pus di dalam abses bisa dikeluarkan.
2. Kebijakan Sebagai pedoman dalam melakukan pengeluaran cairan pus dari dalam abses
Dalam melakukan pengeluaran cairan pus dari dalam abses harus mengikuti
langkah-langkah yang tertuang dalam SPO incisi dan drainase abses
3. Definisi Dalam arti umum insisi berarti melakukan irisan pada kulit. Sedangkan dalam
khusus, insisi abses berarti mengiris abses untuk mengeluarkan pus yang ada
didalamnya
Syarat :
- Irisan harus langsung, tidak terputus-putus langsung sampai ke jaringan
subkutis
- Insisi harus sesuai garis Langer
- Irisan yang dekat garis persendian harus sejajar dengan aksis / sumbu sendi
- Insisi sedapat mungkin disembunyikan, misal pada abses mammae
- Sterilitas harus dijaga
- Arah insisi tidak boleh tegak lurus dengan alat penting yang ada didaerah itu,
missal arteri, vena, syaraf

4. Prosedur 1. Petugas meanamnesa pasien
2. Petugas melakukan pemeriksaan fisik
3. Petugas memberikan nformed consent tentang kondisi pasien dan tindakan
yang akan dilakukan
4. Petugas meminta kepada pasien untuk menandatangani form informed
consent untuk tindakan yang akan dilakukan
5. Petugas mencuci tangan 7 langkah
6. Petugas menggunakan APD
7. Petugas mempersiapkan alat steril yang akan digunakan untuk ekstraksi
kuku
8. Petugas memberikan anestesi blok pada sekitar abses
9. Petugas melakukan incisi di tempat fluktuasi yang maksimal sampai fascia
10. Petugas membuka abses dengan memasukkan klem atau sumbu (secara

Petugas membereskan peralatan 19. 5. Petugas memberikan edukasi untuk perawatan luka agar tidak terjadi infeksi 18.tampon tidak boleh terlalu padat. Diagram Alir Petugas Petugas memberikan Petugas melakukan meanamnesa nformed consent pemeriksaan fisik pasien Petugas memint kepada Petugas Petugas menggunakan mencuci tangan pasien untuk APD 7 langkah menandatangani form informed consent Petugas Petugas memberikan mempersiapkan anestesi blok pada alat steril sekitar abses Petugas melakukan incisi di tempat fluktuasi yang maksimal sampai fascia Petugas membuka abses dengan memasukkan klem atau sumbu (secara tumpul) supaya pus bisa keluar . Petugas memberikan edukasi kepada pasien untuk kontrol mengganti tampon tiap hari sampai sekret berwarna jernih 15. Petugas mengeluarkan infiltrat atau pus sampai bersih 13. Petugas memberikan salep untuk merangsang jaringan setelah tampon dikeluarkan 16. tumpul) supaya pus bisa keluar 11. Petugas mendokumentasikan kegiatan.dan disisakan sepanjang 5 cm untuk mempermudah pengangkatan 14. Petugas memberikan resep obat antbiotika dan analgesik 21. Petugas mengeluarkan infiltrat dengan memakai sonde atau dipencet pada abses yang lunak 12. Petugas menutup luka bekas incisi dengan kasa steril yang telah dibubuhi betadine 17. Petugas mencuci tangan 7 langkah 20. Petugas memasukkan tampon lebar kurang lebih 1 cm yang telah mengandung betadine ke dalam rongga abses.

tampon tidak boleh terlalu padat. Dokumen 1. Rekam medis . Petugas mengeluarkan infiltrat dengan memakai sonde atau dipencet pada abses yang lunak Petugas mengeluarkan infiltrat atau pus sampai bersih Petugas memasukkan tampon lebar kurang lebih 1 cm yang telah mengandung betadine ke dalam rongga abses. Referensi 7.dan disisakan sepanjang 5 cm untuk mempermudah pengangkatan Petugas memberikan edukasi kepada pasien untuk kontrol mengganti tampon tiap hari sampai sekret berwarna jernih Petugas memberikan salep untuk merangsang jaringan setelah tampon dikeluarkan Petugas menutup luka bekas incisi dengan kasa steril yang telah dibubuhi betadine Petugas membalut luka dengan kasa steril Petugas memberikan edukasi untuk perawatan luka agar tidak terjadi infeksi Petugas membereskan peralatan Petugas mencuci tangan 7 langkah Petugas memberikan resep obat pada pasien Petugas mendokumentasikan kegiatan pada rekam medis 6.

poli gigi. Distribusi Pendaftaran. Inform Consent 8. KIA. Rekaman historis perubahan No Yang dirubah Isi Perubahan Tgl. poli gizi 9.mulai diberlakukan . Terkait 2.BP Umum.

N WATUMALANG Halaman : 2 Halaman NIP. Revisi : TILIK Tgl.19780725 200801 2 018 Unit : ……………………………………………………………………… Nama Petugas : ……………………………………………………………………… Tanggal Pelaksanaan : ……………………………………………………………………… No Langkah Kegiatan Ya Tidak TB 1 Apakah Petugas meanamnesa pasien 2 Apakah Petugas melakukan pemeriksaan fisik 3 Apakah Petugas memberikan nformed consent tentang kondisi pasien dan tindakan yang akan dilakukan 4 Apakah petugas meminta kepada pasien untuk menandatangani form informed consent untuk tindakan yang akan dilakukan 5 Apakah Petugas mencuci tangan 7 langkah 6 Apakah Petugas menggunakan APD 7 Apakah Petugas mempersiapkan alat steril yang akan digunakan untuk ekstraksi kuku 8 Apakah Petugas memberikan anestesi lokal di sekitar abses 9 Apakah Petugas melakukan incisi di tempat fluktuasi yang maksimal sampai fascia 10 Apakah Petugas membuka abses dengan memasukkan klem atau sumbu (secara tumpul) supaya pus bisa keluar 11 Apakah Petugas mengeluarkan infiltrat dengan memakai sonde atau dipencet pada abses yang lunak . Dian Hayu. INCISI DAN DRAINASE ABSES Disahkan oleh Kepala Puskesmas No Kode : Terbitan : DAFTAR No. Mulai : PUSKESMAS Berlaku : dr.

. . NIP: ……………….tampon tidak boleh terlalu padat. 12 Apakah Petugas mengeluarkan infiltrat atau pus sampai bersih 13 Apakah Petugas memasukkan tampon lebar kurang lebih 1 cm yang telah mengandung betadine ke dalam rongga abses.................… … Pelaksana / Auditor …………………………….......dan disisakan sepanjang 5 cm untuk mempermudah pengangkatan 14 Apakah Petugas memberikan edukasi kepada pasien untuk kontrol mengganti tampon tiap hari sampai sekret berwarna jernih 15 Apakah Petugas memberikan salep untuk merangsang jaringan setelah tampon dikeluarkan 16 Apakah Petugas menutup luka bekas incisi dengan kasa steril yang telah dibubuhi betadine 17 Apakah Petugas memberikan edukasi untuk perawatan luka agar tidak terjadi infeksi 18 Apakah Petugas Petugas membereskan peralatan 19 Apakah mencuci tangan 7 langkah 20 Apakah Petugas memberikan resep obat antbiotika dan analgesik 21 Apakah Petugas mendokumentasikan kegiatan. ..... Jumlah Compliance rate (CR) : …………………………………% ……………………………......