JEANNE NATASIA JAYA

LM : X MIPA 4

OJK melaksanakan tugas pengaturan dan pengawasan terhadap:

 kegiatan jasa keuangan di sektor perbankan serta non perbankan .

 kegiatan jasa keuangan di sektor pasar modal; dan.

 kegiatan jasa keuangan di sektor perasuransian, dana pensiun, lembaga pembiayaan, dan
lembaga jasa keuangan lainnya

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mempunyai fungsi menyelenggarakan sistem pengaturan dan
pengawasan yang terintegrasi terhadap keseluruhan kegiatan di sektor jasa keuangan

Asas OJK :

 Asas kepastian hukum, yakni asas dalam negara hukum yang meletakkan hukum dan
ketentuan peraturan perundang-undangan dan keadilan dalam setiap kebijakan
penyelenggaraan OJK;
 Asas keterbukaan, yakni asas yang terbuka terhadap hak masyarakat untuk
memperoleh informasi yang benar, jujur, dan tidak diskriminatif tentang penyelenggaraan
OJK dengan tetap memperhatikan perlindungan atas hak asasi pribadi dan golongan, serta
rahasia negara, termasuk rahasia sebagaimana ditetapkan dalam peraturan perundang-
undangan;
 Asas profesionalitas, yakni asas yang mengutamakan keahlian dalam pelaksanaan
tugas dan wewenang OJK, dengan tetap berlandaskan pada kode etik dan ketentuan
peraturan perundang-undangan.
 Asas integritas, yakni asas yang berpegang teguh pada nilai-nilai moral dalam setiap
tindakan dan keputusan yang diambil dalam penyelenggaraan OJK.
 Asas akuntabilitas, yakni asas yang menentukan bahwa setiap kegiatan dan hasil akhir
dari harus dipertanggungjawabkan setiap kegiatan penyelenggaraan OJK harus dapat
dipertanggungjawabkan kepada publik

Jenis Bank Berdasarkan Fungsinya

1 ) Bank Sentral

dan Bank Perkreditan Rakyat Jenis Bank Berdasarkan Kegiatan Operasionalnya . Bank Desa. bebas dari campur tangan pemerintah dan atau pihak lain. kecuali untuk hal- hal yang secara tegas diatur dalam undang-undang ini. kegiatan BPR jauh lebih sempit jika dibandingkan dengan kegiatan Bank Umum. menjaga. Bank Pasar. Bank Umum. Bank Tabungan. Bank Pasar. atau Bank Pegawai. 3 ) Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Bank Perkreditan Rakyat adalah bank yang melaksanakan kegiatan usaha secara konvensional atau berdasarkan Prinsip Syariah yang dalam kegiatannya tidak memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran. sedangkan Bank Desa. Artinya. Bank Pembangunan. 2 ) Bank Umum Pengertian bank umum menurut Peraturan Bank Indonesia No. jenis perbankan menjadi Bank Umum dan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Bank Pembangunan dan Bank Tabungan berubah fungsi menjadi Bank Umum. Bank umum sering disebut bank komersial (commercial bank). dan memelihara kestabilan nilai rupiah 2) mendorong kelancaran produksi dan pembangunan serta memperluas kesempatan kerja guna meningkatkan taraf hidup rakyat.Bank sentral yang dimaksud adalah Bank Indonesia. dewasa ini di Indonesia terdapat tiga macam bank yaitu bank Sentral. Lumbungan desa dan Bank Pegawai menjadi Bank Perkreditan Rakyat (BPR). Bank Indonesia adalah lembaga negara yang independen dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya. Dengan demikian. Tugas pokok Bank Sentral adalah: 1) mengatur. 9/7/PBI/2007 adalah bank yang melaksanakan kegiatan usaha secara konvensional dan atau berdasarkan prinsip syariah yang dalam kegiatannya memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran. Lumbung Desa. artinya dapat memberikan seluruh jasa perbankan yang ada. Menurut UU Pokok Perbankan nomor 14 Tahun 1967 jenis perbankan menurut fungsinya terdiri atas: Bank Umum. Jasa yang diberikan oleh bank umum bersifat umum. Namun setelah keluar UU Pokok Perbankan Nomor 7 Tahun 1992 dan ditegaskan lagi dengan keluarnya UU RI nomor 10 tahun 1998.

kiriman uang. penjamin emisi. Bank syariah adalah bank yang beroperasi sesuai dengan prinsip-prinsip syariah Islam. menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah “berdasarkan kesepakatan umum” seperti adat. menyalurkan dana yang telah dihimpun dengan cara mengeluarkan kredit antara lain kredit investasi. wali amanat. dan jasa-jasa lainnya seperti jual beli surat berharga. Sementara itu. kemudian dialokasikan untuk cadangan primer. simpanan giro. saham. keadilan. maksudnya adalah bank yang dalam operasinya mengikuti ketentuan-ketentuan syariah Islam. Bank konvensional dapat memperoleh dana dari pihak luar. dan obligasi. Bank syariah muncul di Indonesia pada awal tahun 1990-an. kebiasaan. Efisiensi mengacu pada prinsip saling membantu secara sinergis untuk memperoleh keuntungan sebesar mungkin. Berdasarkan pengertian itu. Letter of Credit. Bank konvensional pada umumnya beroperasi dengan mengeluarkan produk-produk untuk menyerap dana masyarakat antara lain tabungan. inkaso. menjadi kebiasaan dan telah dipakai secara meluas dibandingkan dengan metode bagi hasil. . sertifikat deposito. cadangan sekunder. karena metode bunga sudah ada terlebih dahulu. kelaziman. kredit modal kerja. kredit jangka pendek. dan perdagangan efek. kredit konsumtif. bank konvensional adalah bank yang dalam operasionalnya menerapkan metode bunga. bank draft. misalnya dari nasabah berupa rekening giro.1 ) Bank Konvensional Pengertian kata “konvensional” menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia adalah “menurut apa yang sudah menjadi kebiasaan”. khususnya yang menyangkut tata cara bermuamalah secara Islam. dan investasi. simpanan deposito. Pendapatan bank tersebut. dan pelayanan jasa keuangan antara lain kliring. Bank konvensional contohnya bank umum dan BPR. 2 ) Bank Syariah Sekarang ini banyak berkembang bank syariah. dana transfer. Pemrakarsa pendirian bank syariah di Indonesia dilakukan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) pada tanggal 18 – 20 Agustus 1990. penyaluran kredit. Falsafah dasar beroperasinya bank syariah yang menjiwai seluruh hubungan transaksinya adalah efesiensi. Sumber ini merupakan pendapatan bank yang paling besar. Kedua jenis bank tersebut telah kalian pelajari pada subbab sebelumnya. dan kebersamaan. deposit on call.

dengan persetujuan yang matang atas proporsi masukan dan keluarannya. Berikut ini prinsip-prinsip yang berlaku pada bank syariah. yang akan menentukan besar kecilnya porsi bagi hasil yang akan diterima penyimpan. 1 ) Bank Milik Pemerintah Bank pemerintah adalah bank di mana baik akta pendirian maupun modalnya dimiliki oleh pemerintah. sehingga seluruh keuntungan bank dimiliki oleh pemerintah pula. dan bank milik swasta asing. Dalam rangka menjalankan kegiatannya. Penentuan harga bagi bank syariah didasarkan pada kesepakatan antara bank dengan nasabah penyimpan dana sesuai dengan jenis simpanan dan jangka waktunya. bunga bank adalah riba Jenis Bank Berdasarkan Kepemilikannya Apabila ditinjau dari segi kepemilikannya. jenis bank terdiri atas bank milik pemerintah. Selain itu ada juga bank milik pemerintah daerah yang terdapat di daerah tingkat I dan tingkat II masing-masing provinsi.Keadilan mengacu pada hubungan yang tidak dicurangi. Contohnya Bank Rakyat Indonesia (BRI). Kebersamaan mengacu pada prinsip saling menawarkan bantuan dan nasihat untuk saling meningkatkan produktivitas. d) Pembiayaan barang modal berdasarkan sewa murni tanpa pilihan (ijarah). Kepemilikan bank dapat dilihat dari akte pendirian dan penguasaan saham yang dimilikinya. a) Pembiayaan berdasarkan prinsip bagi hasil (mudharabah). Bagi bank syariah. c) Prinsip jual beli barang dengan memperoleh keuntungan (murabahah). ikhlas. Kegiatan bank syariah dalam hal penentuan harga produknya sangat berbeda dengan bank konvensional. Bank Mandiri. bank syariah harus berlandaskan pada Alquran dan hadis. bank milik swasta nasional. b) Pembiayaan berdasarkan prinsip penyertaan modal (musharakah). Bank syariah mengharamkan penggunaan harga produknya dengan bunga tertentu. Bank Negara Indonesia 46 (BNI) . Ditinjau dari segi kepemilikan adalah siapa pun yang turut andil dalam pendirian suatu bank. e) Pilihan pemindahan kepemilikan atas barang yang disewa dari pihak bank oleh pihak lain (ijarah wa iqtina).

5 ) Bank Milik Asing Bank jenis ini merupakan cabang dari bank yang ada di luar negeri. contohnya adalah Bank Umum Koperasi Indonesia. Kepemilikannya dimiliki oleh pihak luar negeri. Bank Finconesia. dan Bank PDFCI. Bank Internasional Indonesia: 3) Bank milik Koperasi Kepemilikan saham-saham bank ini dimiliki oleh badan hukum koperasi. 4) Bank milik campuran Kepemilikan saham bank campuran dimiliki oleh pihak asing dan pihak swasta nasional. Bank Rakyat Indonesia (BRI) Bank Tabungan Negara (BTN) Contoh Bank DKI Bank Jateng. Bank Nusa Internasional. BPD Sumatera Utara. Saham bank campuran secara mayoritas dimiliki oleh warga negara Indonesia. BPD Jawa Timur. BPD Jawa Tengah. Bank Niaga. Bank Danamon. Contoh bank campuran antara lain : Sumitono Niaga Bank. begitu pula pembagian keuntungannya untuk pihak swasta. Bank Central Asia. baik milik swasta asing atau pemerintah asing. BPD Jawa Barat. seluruh atau sebagian besar sahamnya dimiliki oleh swasta nasional. Contoh bank pemerintah daerah adalah BPD DKI Jakarta. Ing Bank. Mitsubishi Buana Bank. dan BPD lainnya: 2) Bank milik swasta nasional Bank jenis ini. Bank Merincop.dan sebagainya. BPD Sumatra Selatan. Bank Sakura Swadarma. Bank Universal. City Bank. Sanwa Indonesia Bank. Contoh bank milik swasta nasional antara lain: Bank Muamalat. Sedangkan bank milik pemerintah daerah (Pemda) terdapat di daerah tingkat I dan tingkat II. Akte pendiriannya menunjukkan kepemilikan swasta. BPD Sulawesi Selatan. dan lain-lain . Bank Duta. Bank Bumi Putra. Contohnya ABN AMRO bank. Inter Pacifik Bank. Paribas BBD Indonesia.

Deposito berjangka adalah simpanan yang penarikannya hanya dapat dilakukan pada jangka waktu tertentu d. yang dapat diambil sewaktu – waktu sesuai kebutuhan b. atau giro bilyet c. Sertifikat Deposito adalah salah satu bentuk deposito berjangka yang surat buktinya dapat diperjualbelikan e.Produk perbankan dibedakan menjadi beberapa bagian sebagai berikut : 1. Kredit Aksep Pinjaman yang diberikan kepada nasabah dengan cara mengeluarkan wesel yang dapat diperdagangkan c. dengan menggunakan cek. Produk yang tergolong kredit aktif (cara bank menyalurkan dana kepada masyarakat) a. barulah ia membayar pada bank sesuai dengan perjanjian semula. Kredit Rekening Koran Kredit yang diberikan oleh bank. Deposit on Call adalah simpanan yang tetap di bank. Loan Deposit adalah pinjaman yang dititipkan lagi di bank dan dapat diambil sewaktu – waktu 2. yang jika akan diambil harus memberikan kepada pihak bank terlebih dahulu f. Produk tabungan yang tergolong kredit pasif (cara bank menghimpun dana dari masyarakat) a. Setelah importer mendapat mendapatkan hasil. d. untuk membantu proses pembayaran atas barang – barang yang diimpor dari luar negeri. Kredit dengan jaminan surat – surat berharga Pinjaman yang diberikan kepada nasabah untuk membeli surat surat berharga dan sekaligus surat berharga tersebut sebagai jaminan . Tabungan adalah simpanan yang penyimpanannya dan penarikannya tidak terikat dengan jangka waktu b. Maksudnya seseorang dapat melakukan impor barang dari luar negeri dan untuk pembayarannya sementara dilakukan oleh bank. Kredit Dokumenter Pinjaman yang diberikan kepada nasabah. Kredit Reimburs (Letter of Credit = L/C) Pinjaman yang diberikan kepada nasabah. Giro adalah simpanan yang penarikannya bisa dilakukan kapan saja. setelah nasabah menyerahkan dokumen pinjaman barang yang telah disetujui oleh kapten kapal yang mengangkut barang tersebut e.

Inkaso Inkaso (collection) adalah jasa penagihan piutang yang dimiliki nasabah atas nasabah lainnya c. Mengeluarkan kartu kredit (credit card) h. Bahana). Merchant Investment Cooperation (Merincop). Sarana Bersama Pembiayaan Indonesia b. Produk perbankan yang berupa jasa lalu lintas moneter a. Lembaga keuangan lainnya Lembaga keuangan bukan bank (LKBB) adalah badan usaha yang bergerak di bidang keuangan. Indonesia Investment Internasional (PT. PDFCI). Jual beli valuta asing g. Melakukan transaksi jual beli surat-surat berharga j. Jual beli cek perjalanan (travellers cheque) f. PT. baik dalam bentuk rupiah maupun mata uang asing b. Pengiriman Uang/Transfer Pengiriman Uang atau transfer adalah jasa pengiriman uang yang dilakukan oleh bank untuk membantu nasabah. Lembaga pembiayaan pembangunan dan lembaga perantara penerbitan dan perdagangan surat berharga misalnya : PT Pembangunan Usaha Indonesia (PT. Indovest). Private Development Finance Company of Indonesia Limited (PT. Koperasi Kredit . Diskonto Diskonto adalah jasa pembelian atau penjualan surat – surat berharga yang dijamin oleh bank yang bersangkutan d. Asuransi c. Bankers Order (Delegasi Kredit) Bankers order (delegasi kredit) adalah pemberian kuasa dari badan hukum atau seseorang untuk melakukan pembayaran sejumlah uang pada jangka waktu yang telah ditentukan kepada badan hukum atau seseorang secara berkala e. baik secara lansung maupun tidak lansung yang menghimpun dana dari masyarakat kemudian menyalurkan lagi kepada masyarakat. Menyediakan jaminan bank (bank garansi) i. Lembaga keuangan bukan bank ini meliputi : a.3. PT. Leasing (Sewa Guna Usaha) d. PT. Menyediakan ATM (Automatic Teller Machine) 4. PT. LKBB didirikan bertujuan untuk mendorong perkembangan pasar uang dan pasar modal serta membantu penyediaan modal bagi investor untuk membuka usaha baru atau mengembangkan usaha yang sudah ada.

Keuntungan Asuransi : Bagi Pemilik Asuransi :  keuntungan dari premi yang dibayar nasabah  keuntungan dari hasil penyertaan modal ke perusahaan lain  keuntungan dari hasil bunga investasi surat-surat berharga . dan melaksanakan kebijakan penyelesaian Bank Gagal yang tidak berdampak sistemik. Merumuskan. 3.  Premi Asuransi : uang pertanggungan yang dibayar tertanggung kepada penanggung. Melaksanakan penjaminan simpanan. 4.e. Menjamin simpanan nasabah penyimpan. Perusahaan Asuransi : perusahaan yang memberikan jasa-jasa dalam penanggulangan resiko atas kerugian. 2. Bursa Efek Fungsi Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) 1.  Polis Asuransi : surat kontrak pelaksanaan asuransi yang berupa kesepakatan kedua belah pihak. Merumuskan dan menetapkan kebijakan dalam rangka turut aktif memelihara stabilitas sistem perbankan. Merumuskan dan menetapkan kebijakan pelaksanaan penjaminan simpanan. 1. menetapkan. Melaksanakan penanganan Bank Gagal yang berdampak sistemik. dan tanggung jawab hukum pada pihak ketiga karena peristiwa ketidakpastian. kehilangan manfaat. Tugas Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) 1. 2. Turut aktif dalam memelihara stabilitas sistem perbankan sesuai dengan kewenangannnya. Pegadaian f.

Mencegah praktik ijon.Pasar Modal : Pasar modal merupakan kegiatan yang berhubungan dengan penawaran umum dan perdagangan efek. Manfaat Perusahaan Dana Pensiun :  Bagi perekonomian nasional : dana yang dihimpun dari iuran peserta dapat sebagai modal bagi dunia usaha  Bagi peserta : dana pensiun akan memberi jaminan pendapatan di hari tua Manfaat bagi perusahaan :  Loyalitas  Kewajiban moral  Kompetisi pasar tenaga kerja Manfaat bagi karyawan :  Rasa aman  Kompensasi yang lebih baik 3. Secara umum. asuransi. riba.  memperoleh penghasilan di masa datang. dan sebagainya. 2. Pasar Modal bertindak sebagai penghubung.Bagi Nasabah :  memberi rasa aman  merupakan simpanan yang pada saat jatuh tempo dapat ditarik lagi. Perusahaan Dana Pensiun ( TASPEN ) : Badan hukum yang mengelola dan menjalankan program yang menjanjikan manfaat pensiun. fungsi pasar modal adalah sebagai berikut: . Tujuan Pegadaian : 1.  memperoleh penggantian akibat kerugian kerusakan atau kehilangan.  terhindar dari resiko kerugian. tanah dan bangunan. dan pinjaman tidak wajar 2.[1] Pasar Modal menyediakan berbagai alternatif bagi para investor selain alternatif investasi lainnya. 4. perusahaan publik yang berkaitan dengan efek yang diterbitkannya. saham.Pegadaian : Suatu usaha yang memberikan pinjaman bagi nasabah dengan jaminan berupa barang berharga. Turut melaksanakan dan menunjang pelaksanaan kebijakan program pemerintah di bidang ekonomi. seperti: menabung di bank. membeli emas. Pasar Modal bertindak sebagai penghubung antara para investor dengan perusahaan ataupun institusi pemerintah melalui perdagangan instrumen melalui jangka panjang seperti obligasi. dan lainnya. serta lembaga dan profesi yang berkaitan dengan efek.

lembaga.  Sebagai sarana peningkatan kapasitas produksi Dengan adanya tambahan modal yang diperoleh dari pasar modal. Lembaga Pembiayaan : Lembaga pembiayaan pada dasarnya adalah suatu lembaga yang menyediakan pembiayaan atau dana untuk pembelian suatu barang yang pembayarannya dilakukan oleh konsumen secara mencicil atau berkala. atau oleh pemerintah.  Sebagai indikator perekonomian negara Aktivitas dan volume penjualan/pembelian di pasar modal yang semakin meningkat (padat) memberi indikasi bahwa aktivitas bisnis berbagai perusahaan berjalan dengan baik. namun yang membedakan adalah pemberi pinjaman. dalam dunia bisnis termasuk pengembangan infrastruktur. maka produktivitas perusahaan akan meningkat. Bagi pembangunan infrastruktur : fungsi lembaga pembiayaan tidak hanya berguna untuk masyarakat dengan ekonomi lemah. pengusaha kecil dengan modal terbatas bisa mendapatkan kredit dengan syarat mudah dan bunga yang ringan. Dengan adanya lembaga pembiayaan. Saham-saham ini akan dibeli oleh masyarakat umum.  Sebagai sarana pemerataan pendapatan Setelah jangka waktu tertentu. penjualan saham melalui pasar modal dapat dianggap sebagai sarana pemerataan pendapatan.  Sebagai sarana penciptaan tenaga kerja Keberadaan pasar modal dapat mendorong muncul dan berkembangnya industri lain yang berdampak pada terciptanya lapangan kerja baru. perusahaan-perusahaan lain. saham-saham yang telah dibeli akan memberikan deviden (bagian dari keuntungan perusahaan) kepada para pembelinya (pemiliknya). Berikut ini adalah beberapa fungsi lembaga pembiayaan : Bagi masyarakat : fungsi lembaga pembiayaan yang paling utama ialah membantu masyarakat dengan ekonomi lemah agar terbebas dari jeratan rentenir yang memberikan pinjaman dengan bunga tinggi. 5. Begitu pula sebaliknya. Hal ini dikarenakan . Lembaga lembiayaan juga mempunyai fungsi penting dalam perekonomian. keberadaan lembaga pembiayaan juga sangat diperlukan.  Sebagai sarana peningkatan pendapatan negara Setiap deviden yang dibagikan kepada para pemegang saham akan dikenakan pajak oleh pemerintah.  Sebagai sarana penambah modal bagi usaha Perusahaan dapat memperoleh dana dengan cara menjual saham ke pasar modal. Oleh karena itu. Sebenarnya antara pembiayaan konsumen dengan kredit konsumsi memiliki definisi yang sama. Adanya tambahan pemasukan melalui pajak ini akan meningkatkan pendapatan negara.

manajemen investasi mengelola dana-dana yang ditempatkannya pada surat berharga dan merealisasikan keuntungan ataupun kerugian dan menerima dividen atau bunga yang dibukukannya ke dalam "Nilai Aktiva Bersih" (NAB) reksadana tersebut. Jaminan kesehatan secara universal diharapkan bisa dimulai secara bertahap pada 2014 dan pada 2019.  Reksadana tersebut dikelola oleh manajer investasi. diharapkan seluruh warga Indonesia sudah memiliki jaminan kesehatan tersebut. 6. Setiap peserta BPJS akan ditarik iuran yang besarnya ditentukan kemudian. Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi menyatakan BPJS Kesehatan akan diupayakan untuk menanggung segala jenis penyakit namun dengan melakukan upaya efisiensi. terdapat empat unsur penting dalam pengertian Reksadana yaitu:  Reksadana merupakan kumpulan dana dan pemilik (investor). Melalui lembaga pembiayaan. namun juga pekerja informal. dan lain-lain. . Ini sesuai pasal 14 UU BPJS. Sehingga ketersediaan dana bagi para pelaku bisnis sudah bukan menjadi masalah lagi. BPJS merupakan badan hukum nirlaba.Reksadana : Menurut Undang-undang Pasar Modal nomor 8 Tahun 1995 pasal 1. mereka bisa mendapatkan berbagai dana pinjaman seperti pinjaman dana talangan. Sesuai Undang-undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional.  Diinvestasikan pada efek yang dikenal dengan instrumen investasi. Para pekerja wajib mendaftarkan dirinya dan membayar iuran sesuai dengan tingkatan manfaat yang diinginkan. dana proyek. Karena fungsinya yang menyediakan dana. Sedangkan bagi warga miskin. Setiap warga negara Indonesia dan warga asing yang sudah berdiam di Indonesia selama minimal enam bulan wajib menjadi anggota BPJS. Pekerja informal juga wajib menjadi anggota BPJS Kesehatan. ayat (27): “Reksadana adalah wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat Pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio Efek oleh Manajer Investasi.BPJS : Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS merupakan lembaga yang dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan sosial di Indonesia menurut Undang-undang Nomor 40 Tahun 2004 dan Undang-undang Nomor 24 Tahun 2011. iuran BPJS ditanggung pemerintah melalui Program Bantuan Iuran. lembaga pembiayaan memiliki fungsi yang hampir mirip dengan bank umum. Menjadi peserta BPJS tidak hanya wajib bagi pekerja di sektor formal.  Reksadana tersebut merupakan instrumen jangka menengah dan panjang Pada reksadana. Sedangkan orang atau keluarga yang tidak bekerja pada perusahaan wajib mendaftarkan diri dan anggota keluarganya pada BPJS.tidak semua pengembang infrastruktur dan pelkau bisnis juga memiliki biaya besar untuk tujuan mereka.” Dari kedua definisi di atas. [3] Setiap perusahaan wajib mendaftarkan pekerjanya sebagai anggota BPJS. 7.

Kekayaan reksadana yang dikelola oleh manajer investasi tersebut wajib untuk disimpan pada bank kustodian yang tidak terafiliasi dengan manajer investasi. . di mana bank kustodian inilah yang akan bertindak sebagai tempat penitipan kolektif dan administratur.