PERCAKAPAN APENDISITIS

Dokter : Fahriyanto djarumia
Perawat 1 : Fahmila utary pilomonu
Perawat 2 : Ines tahir
Pasien (istri) : Siska hemeto
Suami pasien : Adrian mbuingga
Pembaca : Emisliati mopili

Sepasang suami istri datang ke RS Dunda Limboto, Ini pertamakalinya mereka
menginjakan kakinya di rumasakit dengan wajah penuh kecemasan.
A husband and wife come to Dunda Limboto Hospital, It's the first time they spend their feet in
hospital with anxious face

It is the first time for her to visite it with scary, worried and confuse face.
Sehingga membuat suster datang menghampirinya
So it make a nurse come close her.

Suster : Ada yg bisa saya bantu?dari tadi anda kelihatan bingung.
Nurse :Can I help you? You look so worried!
Suami : ya suster,istri saya ingin periksa kesehatan,tapi kami bingung apa yang harus
dilakukan,
suami : Yes, of course. I want to check my wife healthy. What should I do firstly?
Suster : langkah pertama anda harus ke bagian pendaftaran,untuk mengambil nomor
urut, setelah itu nanti kami akan memanggil anda sesuai nomor urut anda.
Nurse : firstly you go to the registration room, then wait a moments. We will call you.
Do you understand??
suami : Yes, I see. Thanks a lot.

Setelah itu mereka langsung menuju tempat pendaftaran dan menunggu panggilan
disana. Tak lama kemudian suster memanggilnya
After that them go to the registration room, and wait for her calling there. Then a
nurse call her

Who is sick? Suami : Istri saya ses My wife Perawat : Oh." Perawat: "Apa itu?" Ny: "asuransi kesehatan saya adalah BPJS Perawat : Apa pekerjaan Anda? Ny : saya seorang Guru Yes. bapak. Siapa yang sakit ? Please sit down. " Nurse: "What's that?" Ny: "My health insurance is BPJS Nurse: What is your job? Ny: I'm a teacher Perawat : apa keluhan ibu masuk RS? Ny: perut saya sakit sekali sejak kemarin . I have health insurance.Perawat: Ny A? Nurse : Ny a? Suami : ya Suami :yes Perawat : silahkan duduk ibu. saya memiliki asuransi kesehatan. siapa nama ibu? What is your name? Ny : A Perawat : Ny A nama lengkapnya ? Ny : ABCDE Perawat : Berapa umur ny? Ny : 29 Perawat : Ibu berasal dari mana ? Perawat : Where do you live>? Ny : I live in Limboto Perawat : Apakah Anda memiliki asuransi kesehatan?" Do you have health insurance? " Ny : Ya.

Excuse bu (while placing the tension cuff in the arm) (The nurse writes the TD results and places the paper on the doctor's desk) Perawat : ini dokter hasil tekanan darahnya Dokter : Terima kasih sus. lalu saya demam tinggi. saya akan memeriksa tekanan darah ibu. Mari silahkan duduk ( sambil menyuruh ibu dan bapak duduk) Ny. perawat B yang akan memeriksa lebih lanjut. Permisi bu (sambil meletakan manset tensi di lengan ) ( perawat menulis hasil TD dan meletakan kertas di meja dokter) What is the complaint of mother entering the hospital? Ny: My stomach hurts from yesterday Nurse: okay mother. maaf ya ini thermometernya di letakan di ketiak ibu” (sambil memasang thermometer) tahan ya bu selama 15 menit . suami meninggalkan ruangan ) Perawat : Ibu berbaring disini ya. bahkan saya juga mual muntah. ibu. Nanti sebentar saya akan berikan obat dan saya katakan penyakit yang ibu derita.Perawat : baiklah ibu. permisi (dokter memeriksa kesehatan) (the doctor check her body) (setelah diperiksa) Dokter : Baiklah bu. saya akan memeriksa ibu Suami : Sini bu sendalnya ( sambil melepaskan sandal yang dipakai ibu) Perawat : saya akan memeriksa suhu tubuh ibu. I will check the mother's blood pressure. suami : IYAA DOK… Docter : Coba ibu A jelaskan apa yang ibu rasakan Ny : sejak kemaren saya sangat merasa sakit dibagian perut . Perawat tolong ajak ibu dan bapak ini ke ruangan ! Perawat : Ia dok (Perawat. semalaman saya tidak bisa tidur” Dokter : saya periksa dulu ya bu.

ini hasilnya (menyerahkan catatan pemeriksaan) Suami : apa penyakit istri saya dokter? . Ny : Ia sus (Perawat menulis hasil pengkajiannya di sebuah buku yang dibawanya). (dokter masuk ruangan) Dokter : Bagaimana sus apakah sudah dilakukan pemeriksaan fisik ? Perawat : sudah dok. Ini menjadi lebih menyakitkan jika saya melakukan gerakan jongkok Perawat : sekarang. rasanya sangat tajam sus Perawat : (sambil menekan perut) Ny : Jangan sentuh perutku. nanti dokter yang akan mendiagnosa.. itu menambah rasa sakitku Perawat : maaf bu. mual dan muntah Perawat : bagaimana dengan nafsu makan ibu? Ny : Saya kehilangan nafsu makan Saya dan sering muntah setelah makan Perawat : apakah saat ibu beraktivitas berat sakitnya bertambah parah? Ny : Ia benar sus. Perawat : Dibagian mana sakitnya bu ? Ny : Saya merasakan sakit di sekitar kanan bawah perut saya Perawat : Seperti apa rasanya bu ? NY : seperti ditusuk-tusuk. saya akan melakukan pemeriksaan fisik Ny : Ia sus silahkan Perawat : (setelah dilakukan Pemeriksaan fisik abdomen) Perawat : baiklah ibu. apa lagi yang ibu rasakan selain sakit perut? Ny : Aku merasa demam. penyakit istri bapak tidak teralu berbahaya. sudah selesai pemeriksaanya Suami : bagaimana sus ? apakah penyakit istri saya berbahaya? Perawat : Jangan khawatir pak.

beruntung bapak langsung membawa istri bapak ke rumah sakit. jika tidak maka akan memperparah penyakitnya. terima kasih banyak (dokter meninggalkan ruangan) Suami : kami permisi ke apotik ya ses Perawat : ia bapak. jangan lupa minggu depan untuk check up Suami.Dokter : dari hasil pemeriksaan dan pengkajian istri bapak menderita apendisitis Suami : penyakit apa itu dok? Dokter : apendisitis atau juga sering kita sebut usus buntu Suami : seberapa parah dokter? Dokter : penyakit ini tidak terlalu parah. Saya permisi dulu Suami : ia dokter. Minggu depan ibu kembali lagi ke rumah sakit untuk check up. berhubung penyakit istri bapak tidak terlalu parah saya akan meresepkan beberapa obat antibiotic. Ny : Ia ses .

Related Interests