SOAL ULANGAN UMUM

1 Perbedaan pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup adalah ….
a. Pertumbuhan dan perkembangan keduanya dapat diukur
b. Pertumbuhan dapat diukur tetapi perkembangan tidak
c. Perkembangan dapat diukur tetapi pertumbuhan tidak
d. Pertumbuhan dan perkembangan keduanya tidak dapat diukur
2 Faktor internal yang mempengaruhi pertumbuhan adalah ….
a. Tempat tinggal
b. Makanan dan jenis kelamin
c. Hormon dan makanan
d. Genetik dan Hormon
3 Perhatikan bagan berikut ini !
Spora

1

2 3

Sel Telur Sperma

Zygot

Tumbuhan Paku

Nomor 1, 2 dan 3 berturut-turut adalah….
a. Protonema, antheridium dan arkegonium
b. Protalium, antheridium dan arkegonium
c. Protonema, arkegonium dan antheridium
d. Protalium, arkegonium dan antheridium
4 Perhatikan tabel berikut ini !
No Nama Hewan No Nama Hewan
1 Kupu-kupu 5 Laron
2 Capung 6 Lebah
3 Belalang 7 Nyamuk
4 Katak 8 Kumbang
Berdasarkan tabel diatas kelompok hewan yang dapat melakukan metamorphosis sempurna
adalah….
a. Kupu-kupu, Belalang, Katak
b. Nyamuk, katak, kupu-kupu
c. Lebah, laron, nyamuk
d. Katak, Capung, kumbang
5 Salah satu ciri laki-laki yang mengalami masa pubertas adalah ….
a. Mengalami menstruasi
b. Daya pikir melemah
c. Membutuhkan perhatian
d. Mengalami mimpi basah
6 Fungsi rangka bagi tubuh manusia adalah sebagai berikut, kecuali….

Memberi bentuk tubuh b. dan jantung adalah nomor . Tulang Belikat b. yang menunjukkan perbedaan antara otot rangka. Sendi Peluru d. a. Tempat melekatnya otot 7 Bagian tubuh yang tersusun dari tulang rawan adalah …. Sendi Pelana b. berikut! No Otot rangka Otot polos Otot jantung 1 Bentuk silinder Bentuk gelendong Bentuk silinder bercabang 2 Berinti satu Berinti banyak Berinti banyak 3 Warna bening Warna bening Warna lurik-lurik 4 Kerja dikendalikan otak Bekerja diluar kesadaran Bekerja di luar kesadaran Pada tabel di atas. Sendi Engsel c. Daun telinga dan pipi 8 Perhatikan gambar ! Persendian yang ditunjukkan oleh tanda berlabel X pada gambar disamping termasuk sendi …. Mulut dan hidung c. a. Hidung dan daun telinga b. bernama tulang ….. 1 dan 2 c. a. 3 dan 4 b. a. Alat gerak aktif d. Sendi Putar 9 Perhatikan gambar ! Bagian yang berlabel X. Tulang Rusuk c. Tulang Belakang 10 Perhatikan ciri-ciri otot.. c. X a. . polos. 4 dan 1 11 Otot penyusun organ jantung manusia ditunjukkan pada gambar …. 2 dan 3 d. a. Tulang Dada d. Sebagai penopang tubuh c.. Pipi dan mulut d.

a.. a. 1 dan 2 b. 3 dan 4 d. . 3 d. d. seperti pada gambar disebut . mengatur proses dalam tubuh Fungsi dari protein bagi tubuh manusia sesuai dengan nomor . 4 15 Organ pencernaan yang mengalami pencernaan secara kimiawi sekaligus mekanis adalah …. membentuk enzim dan hormon 4. Mulut . Kifosis b. Skoliosis c. Fraktura d. . Perhatikan gambar berikut ! 12 Gangguan yang terjadi akibat kebiasaan posisi duduk yang salah. menghasilkan energi 2. 2 dan 3 c. 2 c.... mengganti sel sel yang rusak 3. a. . 1 b. b. Lordosis 13 Perhatikan beberapa fungsi makanan berikut! 1. a. 4 dan 1 14 Perhatikan gambar berikut 1 4 2 3 Enzim yang berfungsi mengubah protein menjadi pepton dihasilkan oleh organ yang ditunjukkan nomor : ...

Mimisan b. udara pernapasan yang masuk diatur kelembapannya di dalam …. a. Hidung . a. a. ISPA d. Lambung d. trombosit dan fibrin . Usus dua belas jari 17 Sembelit atau konstipasi disebabkan oleh ….laring – trachea 19 Dalam proses bernapas. Kerongkongan c. Tuberkulosis c. Alveolus c.trakea . Usus Besar c. bagian yang diberi tanda X dan Y adalah …. Pankreas 16 Organ pencernaan yang bertugas mengabsorbsi sejumlah besar air dari makanan yang tidak tercerna adalah ….alveoli d. trombosit pecah trombokinase ion vitamin K protrombin X fibrinogen Y Berdasarkan skema tersebut. b. Polip 21 Perhatikan skema pembekuan darah berikut ! luka. Radang selaput dinding kolon 18 Bagian berikut yang merupakan urutan saluran pernapasan yang benar adalah ….diafragma b.trachea .paru-paru . Hidung .tenggorokan . Trakea d.laring . Paru-paru b.paru-paru c. Usus halus b. Kadar HCl dalam lambung berlebihan b. trombin dan tromboplastin c. Alveoli . Hidung . Penyerapan air pada kolon berlebihan d. Rusaknya sel-sel lambung c. a. Usus Besar d.diafragma . a. Rongga hidung 20 Penyakit yang terjadi di dalam paru-paru adalah …. trombin dan fibrin b. a.rongga hidung .

leukemia 3.. 2 . 4 dan 5 d. anemia 2. hemofilia 5. 3 dan 6 b... melakukan fotosintesis 4. 5 . 4. . varises 4. ambien Penyakit manakah yang berhubungan dengan penyumbatan pembuluh darah? a. oksigen dari batang ke seluruh tubuh tumbuhan c. a. 3.dan 6 c. tromboplastin dan fibrin 22 Pada sistem peredaran darah kecil. 5 dan 6 26 Alat kelamin jantan pada bunga adalah …. membantu pernapasan melalui lenti sel 3. karbondioksida ke seluruh organ daun 25 Perhatikan fungsi-fungsi organ tumbuhan berikut1 1. 1. Bilik kanan  jantung  serambi kiri d. menyimpan cadangan makanan 2. hasil fotosintesis ke seluruh tubuh tumbuhan d. menyerap air dan garam mineral 6. 3 . 2 dan 4 b. arteriosklerosis 6. 3. 2. 5 dan 6 24 Perhatikan gambar penampang melintang batang dikotil berikut! X Fungsi bagian yang bertanda X adalah mengangkut …. sebagai alat perkembangbiakan 5. Bilik kanan  paru-paru  serambi kiri b. 1. Bilik kiri  paru-paru  serambi kanan c. d. 1. 4 . Bilik kiri  jantung  serambi kanan 23 Perhatikan nama-nama penyakit berikut : 1. 4 dan 6 d. 2. a. a. air dari tanah ke seluruh tubuh tumbuhan b. arah aliran darah adalah …. 3 dan 6 c. sebagai penguat berdirinya tumbuhan Fungsi akar bagi tumbuhan dapat ditunjukkan pada data nomor .. 1.

mengangkut bahan fotosintesis b. Mahkota d.. Nitrogen dan Karbondioksida b. memerlukan oksigen dan air d. tempat terjadinya fotosintesis . menghasilkan oksigen c. Putik c.. Air dan Nitrogen d. Nitrogen dan Sulfur 29 Perhatikan gambar berikut ini ! P Fungsi dari jaringan yang berlabel P adalah ….tempat pertukaran gas d. a.. a.. memerlukan air dan amilum 28 Perhatikan reaksi fotosintesis berikut ! cahaya X + Y C6H12O6 (Amilum) + O2 (Oksigen) khlorofil Zat yang dilambangkan huruf X dan Y adalah .. menghasilkan amilum b. a. Kelopak 27 Perhatikan gambar proses fotosintesis berikut! Gambar percobaan di atas menunjukkan bukti bahwa fotosintesis . a.. Karbondioksida dan Air c. Benang sari b. mengangkut hasil fotosintesis c.

Molekul adalah bagian terkecil dari zat d.. Molekul senyawa tersusun dari atom-atom sejenis 35 Bagian inti atom terdiri atas .. Kelelawar.. walang sangit dan tikus b. a b c d 32 Persamaan antara gerak tropisme dengan taksis adalah ... a. Tupai. a...... Wereng.. tikus dan kelelawar c.. a. Proton dan elektron .. Geraknya menjauhi rangsang c.. Arah geraknya tidak ditentukan datangnya rangsang d. Fototropisme positif dan kemotropisme positif d. Tupai. Atom adalah bagian terkecil dari suatu unsur b. Dipengaruhi cahaya b. a. codot dan kera d. Geotropisme positif dan geotropisme negatif c. Ion adalah atom atau kumpulan atom yang bermuatan listrik c. Geotropisme negatif dan geotropisme positif b. tikus dan burung pipit 34 Pernyataan berikut yang tidak benar adalah .. a.. Proton dan neutron b.. Fototropisme positif dan hidrotropisme positif 31 Dari gambar-gambar berikut.30 Perhatikan gambar berikut: 2 1 Gerak bagian tumbuhan yang ditunjuk nomor 1 dan 2 secara berurutan adalah gerak . yang menunjukkan gerak fototropisme adalah yang diberi huruf . Arah geraknya dipengaruhi datangnya rangsangan 33 Berikut ini kelompok hama yang menyerang tanaman padi adalah ...

. Anion c. Fosfat c... Ion 39 Diantara molekul berikut yang tergolong molekul senyawa adalah . a.. 4 41 Bahan kimia yang sering ditemukan pada pemutih pakaian adalah .. Menimbulkan kanker saluran pernapasan c.. a... a. F2+ c. F- 38 Gambar berikut merupakan model dari .. a. Ion Na- d. a. Hipoklorit b. a... S8 c. Arsenik d.. Nikotin 43 Berikut yang merupakan dampak dari minuman keras adalah . Meningkatnya tindakan kejahatan.. NO d. Kation dan anion 36 Jika atom Na melepaskan 1 elektron akan menjadi . Elektron 37 Atom flour menerima sebuah elektron akan membentuk .. Cl2 40 Jumlah atom hidrogen dalam satu molekul asam sulfat H2SO4 adalah . Atom b. Alkali d... 1 b... a. c.. CO b. b... Molekul unsur d. 3 d.. Sulfonat 42 Zat pada rokok yang dapat menyebabkan kecanduan adalah . F+ d. Ion Na+ b. P4 b. Molekul senyawa c.. a. Penurunan minat terhadap kehidupan. Neutron dan elektron d. F2- b.. Tar c.. 2 c.

Pengawet c. Boraks c. Monosodium 46 Perhatikan gambar berikut ! Bahan alami diatas sering ditambahkan pada makanan. 5 c. 4. Formalin d. a. meningkatnya tekanan darah c. hilangnya kesadaran dan ketergantungan b. 4. 6 b. 3. 4. Pewarna b. 5. 44 Berikut merupakan salah satu contoh usaha yang dapat dilakukan untuk mengurangi efek samping penggunaan insektisida yaitu . timbulnya bercak-bercak merah pada kulit 48 Perhatikan data di bawah ini: 1. Penyedap rasa 47 Dampak yang akan ditimbulkan oleh narkotika adalah … a. Tujuan penambahan bahan tersebut adalah untuk …. a. menurunnya kualitas pendengaran d. mempengaruhi susunan saraf pusat 2.. diare 3. Menggunakan insektisida biologis 45 zat aditif yang biasa digunakan untuk pengenyal bakso adalah …. 1. 6 . Menggunakan insektisida secara berlebih d. a. mempengaruhi prilaku 4. d... Meningkatkan kualitas insektisida c. a. menimbulkan batuk Efek samping penggunaan narkoba di tunjukkan nomor…. Meningkatkan dosis insektisida b. Pemanis d. Sesuatu yang berharga terhadap hidup manusia. Siklamat b. menimbulkan ketergantungan 6. menimbulkan perasaan gembira 5.

Bergaul dengan siapa saja c. 4 49 Berikut yang termasuk upaya pengurangan dampak negatif akibat pemakaian bahan kimia di rumah diantaranya adalah .. Rajin beribadah d. Aktif berorganisasi b. Memakai bahan kimia yang mahal harganya d.. Rajin berolahraga . a. 3. Menggunakan pestisida alami c. a. 2. Memakai bahan kimia tanpa aturan b. Selalu memakai bahan kimia 50 Beberapa tindakan atau perilaku yang dapat dilakukan supaya terhindar dari penyalahgunaan zat adiktif dan psikotropika adalah sebagai berikut.... kecuali .. d.

KUNCI JAWABAN 1 B 11 B 21 A 31 A 41 A 2 D 12 D 22 A 32 D 42 D 3 D 13 B 23 D 33 A 43 A 4 B 14 D 24 C 34 D 44 D 5 D 15 A 25 B 35 A 45 B 6 C 16 B 26 A 36 A 46 D 7 A 17 C 27 B 37 D 47 A 8 B 18 B 28 B 38 B 48 B 9 A 19 D 29 D 39 C 49 B 10 D 20 B 30 A 40 B 50 B .

Related Interests