Nama: Zainul Adha

NIM : 1301652

SATELIT

A. Pengertian Satelit
Satelit adalah benda yang mengorbit benda lain dengan waktu rotasi dan revolusi
tertentu. Sedangkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, satelit adalah bintang siarah
yang mengedari bintang siarah yang lebih besar.misalnya bulan yang mengedari bumi.
Satelit dapat mengelilingi planet karena adanya gaya gravitasi planet. Satelit dibagi
menjadi dua yaitu satelit alami dan satelit buatan.
Satelit buatan banyak digunakan sebagai alat untuk memancarkan sinyal- sinyal
yang berasal dari gelombang-gelombang yang ada di bumi, sehingga dapat diproses
menjadi sesuatu yang bermanfaat dan dapat dinikmati oleh masyarakat secara langsung,
antara lain untuk penyiaran stasiun radio, untuk telefon baik selular dan non selular,
internet, dan juga tv kabel.

B. Sejarah Satelit
Satelit buatan manusia pertama adalah Sputnik 1, diluncurkan oleh Soviet pada
tanggal 4 Oktober 1957.Sputnik 1 membantu mengidentifikasi kepadatan lapisan atas
atmosfer dengan jalan mengukur perubahan orbitnya dan memberikan data dari distribusi
signal radio pada lapisan ionosphere. Sputnik 2 diluncurkan pada tanggal 3 November
1957 dan membawa awak mahluk hidup pertama ke dalam orbit, seekor anjing bernama
Laika. Pada bulan Mei, 1946, Project Rand mengeluarkan desain preliminari untuk
experimen wahana angkasa untuk mengedari dunia, yang menyatakan bahwa, "sebuah
kendaraan satelit yang berisi instrumentasi yang tepat bisa diharapkan menjadi alat ilmu
yang canggih untuk abad ke 20". Amerika sudah memikirkan untuk meluncurkan satelit
pengorbit sejak 1946 di bawah Kantor Aeronotis angkatan Laut Amerika (Bureau of
Aeronautics of the United States Navy). Project RAND milik Angkatan Udara Amerika
akhirnya mengeluarkan laporan di atas, tetapi tidak mengutarakan bahwa satelit memiliki
potensi sebagai senjata militer; tetapi, mereka menganggapnya sebagai alat ilmu, politik,
dan propaganda. Pada tahun 1954, Sekertari Pertahanan Amerika menyatakan, "Saya
tidak mengetahui adanya satupun program satelit Amerika”.

seperti komet dan juga asteroid. and the International Geophysical Year. the National Science Foundation (Yayasan Sains national). Melindungi planet yang diorbitnya secara tidak langsung dari hantaman benda- benda langit yang lainnya. Pada tanggal 29 Juli 1955. Satelit Alami Satelit alami adalah salah satu benda luar angkasa yang telah ada (bukan buatan manusia) yang mengorbit suatu planet. Mengikuti tekanan dari American Rocket Society (Masyarakat Roket America). Hal ini kemudian diketahui sebagai Project Vanguard. Satelit buatan manusia terbesar pada saat ini yang mengorbit bumi adalah Station Angkasa Interasional (International Space Station). Gedung Putih mencanangkan bahwa Amerika Serikat akan mau meluncurkan satelit pada musim semi 1958. Dapat mengontrol kecepatan rotasi dari suatu planet dikarenakan efek gravitasional tidal wave. Proyek ini berlangsung sukses. yang menggunakan wahana Jupiter C untuk meluncurkan satelit. . dan Explorer 1 menjadi satelit Amerika pertama pada tanggal 31 Januari 1958. Pada bulan Juni 1961. tiga setengah tahun setelah meluncurnya Sputnik 1. Fungsi dari satelit alami antara lain : a. C. b. Pada tanggal 31 July. Jenis – Jenis dan Fungsi Satelit 1. c. Soviets mengumumkan bahwa mereka akan meluncurkan satelit pada musim gugur 1957. Menyeimbangkan perputaran siklus air laut yang mengakhibatkan pasang surut air laut. dan lain sebagainya. interest angkatan bersenjata meningkat dan pada awal 1955 Angkatan Udara Amerika dan Angkatan Laut mengerjai Project Orbiter. Angkatan Udara Amerika menggunakan berbagai fasilitas dari Jaringan Mata Angkasa Amerika (the United States Space Surveillance Network) untuk mengkatalogkan sejumlah 115 satelit yang mengorbit bumi.

Satelit Buatan Satelit buatan adalah salah satu benda luar angkasa buatan manusia yang mengorbit suatu planet yang dalam pembuatannya memiliki jenis dan fungsi tertentu dengan tujuan untuk kepentingan manusia. Memberi penerangan pada malam hari. dengan foto-foto yang dibuat satelit cuaca. 3. Ganymede. a. Berbeda dengan satelit alam yang dimiliki bumi yang jumlahnya hanya satu saja. Untuk memantau keadaan iklim dan cuaca. Satelit ini akan memberikan informasi posisi pesawat terbang dan kapal . 7. serta Titan yang mengorbit planet Saturnus. Sebagai alat transmisi sinyal jarak jauh. Untuk melakukan kajian benda-benda di langit. dimana Wan tersebut merupakan cakupan jaringan internet secara global. 4. Untuk repeater di langit. Mengembangkan industri antariksa untuk mendesain dan membuat perlengkapan ruang angkasa. Berdasarkan fungsinya 1) Satelit navigasi Satelit navigasi adalah satelit yang digunakan untuk penerbangan dan pelayaran. d. e. dan Io yang mengorbit planer Jupiter. yakni sebagai alat penguat sinyal. 5. 2. Mengurangi efek yang ditimbulkan akibat dari radiasi sinar ultraviolet sehingga menghindari penyebab pemanasan global. Contoh satelit alami lainnya diantaranya adalah Callisto. satelit buatan ini justru memiliki jenis yang sangat banyak dan jumlah yang banyak pula. misalnya untuk jaringan World Area Network. Adapun manfaat satelit buatan manusia tersebut antara lain sebagai berikut: 1. Mempermudah dalam menerima pesan mengenai citra cuaca. Memancarkan siaran televisi ke seluruh dunia. 6. 2.

3) Satelit komunikasi adalah satelit buatan yang dipasang di angkasa dengan tujuan telekomunikasi menggunakan radio pada frekuensi gelombang mikro. yaitu : a) Satelit pemantau (satelit pasif) yang hanya berfungsi sebagai reflektor (pemantau) bagi sinyal-sinyal gelombang mikro yang dipancarkan dari stasiun bumi. yang sedang dalam perjalanan. Contoh : Satelit televisi dan informasi pertama. Satelit komunikasi berfungsi mengaktifkan alat komunikasi seperti radio. 2) Satelit geodesi Satelit geodesi mempunyai fungsi untuk melakukan pemetaan bumi dan juga mendapatkan informasi mengenai gravitasi bumi. meskipun beberapa tipe terbaru menggunakan satelit pengorbit bumi rendah. yaitu satelit yang dapat menerima suatu sinyal dan dapat memperkuat serta memantulkan ulang sinyal tersebut karena memiliki alat pemancar ulang yang disebut transponder. dan juga telefon sehingga dapat dimanfaatkan oleh manusia. Satelit Navigasi pertama diluncurkan Amerika Serikat pada tanggal 13 April 1960 dengan nama Transit. satelit telstar 1 di tahun 1964 . televisi. Amerika Serikat meluncurkan satelit komunikasi yang pertama pada tanggal 10 Juli 1962 dengan nama Telstar I. b) Satelit pengulang (satelit aktif). meskipun beberapa tipe terbaru menggunakan satelit pengorbit bumi rendah. Fungsi satelit komunikasi antara lain: a) Menerima sinyal b) Memperkuat sinyal suara c) Mentransmit sinyal dari satu titik ke titik yang lain di bumi . Satelit Geodesi pertama diluncurkan Uni Soviet pada tanggal 25 Mei tahun 1958 dengan nama Sputnik III. Kebanyakan satelit komunikasi menggunakan orbit geosinkron atau orbit geostasioner. Satelit komunikasi dibagi menjadi dua.

pertanian. 7) Satelit survei sumber daya alam Satelit survei sumber daya alam merupakan satelit yang berfungsi untuk memetakkan dan juga untuk menyelidiki sumber. misalnya untuk mengintai kekuatan senjata dari lawan. 5) Satelit penelitian Satelit penelitian merupakan satelit yang berfungsi untuk menyelidiki tata surya dan juga alam semesta secara lebih bebas tanpa dipengaruhi oleh atmosfer. dan telekomunikasi ke tempat- tempat di bumi e) Sebagai jaringan internet dan multimedia 4) Satelit meteorologi Satelit meteorologi merupakan satelit yang berfungsi menyelidiki lapisan atmosfer bumi yang bertujuan untuk melakukan ramalan cuaca. dan lain sebagainya yang akan membantu memenuhi ruang publik untuk kehidupan. 8) Satelit astronomi Satelit astronomi merupakan satelit yang digunakan untuk mengamati planet dengan ciri planet dalam tata surya. d) Untuk memberikan pelayanan radio. .sumber alam yang ada di bumi bagi kepentingan pertambangan. dan juga objek angkasa lainnya. televisi. galaksi. Satelit ini berusaha mendapatkan data-data tentang matahari dan juga berbagai bintang lain untuk mengungkap rahasia yang banyak tersimpan di alam semesta. perikanan. Contoh satelit hubble yang di luncurkan pada tahun 1990 yang digunakan untuk memotret rose nebula. 6) Satelit militer Satelit militer merupakan satelit yang mempunyai fungsi untuk kepentingan militer suatu negara.

pembuatan peta. meteorologi. fotografi astronomi. Misal satelit LANDSAT yang digunakan untuk mengamati permukaan bumi. Pengamatan dapat dilakukan dengan . Banyak jenis observasi dapat dibuat dari satelit.9) Satelit tenaga surya Satelit tenaga surya merupakan satelit buatan manusia yang diusulkan untuk dibuat di orbit bumi yang tinggi dengan menggunakan transmisi tenaga gelombang mikro untuk menyorotkan tenaga surya kepada antena sangat besar di bumi yang dapat digunakan untuk menggantikan tenaga konvensional. pengamatan awan. 10) Satelit pengamat bumi Satelit pengamat bumi adalah satelit yang dirancang khusus untuk mengamati Bumi dariorbit. dan fotografi Bumi berguna dalam ilmu bumi. pemetaan medan. Contoh dari satelit tenaga surya adalah satelit ikaros buatan jepang. tetapi ditujukan untuk penggunaan non-militer seperti pengamatan lingkungan. termasuk pengintai militer. inspeksi internasional.

dan mulai beroprasi pada 2 November 2000. satelit mikro (di bawah 200 kg). dan pengintaian inframerah. 12) Satelit miniatur Satelit miniatur adalah satelit yang ringan dan kecil. Klasifikasi baru dibuat untuk mengkategorikan satelit-satelit ini: satelit mini (500–200 kg). dan demonstrasi teknologi dengan dengan mengirimkan LED pulse atau kode morse untuk menguji sistem komunikasi optik. misal dengan menggunakan sensor yang beroperasi di bagian yang berbeda dari spektrum elektromagnetik. Berikutnya datang fotografi dengan kemampuannya untuk merekam dalam jumlah besar bentuk permanen dari informasi rinci. fotografi. Stasiun ruang angkasa juga digunakan untuk mempelajari efek jangka panjang penerbangan luar angkasa terhadap tubuh manusia dan menyediakan platfrom yang lebih banyak dan panjang untuk penelitian santifik dari yang telah tersedia dari kendaraan luar angkasa lainnya. satelit nano (di bawah 10 kg). Kemudian disusul pengembangan radar pengintai. Sensor pertama kali digunakan oleh manusia adalah mata telanjang. berbagai cara. intersepsi elektronik. contoh : stasiun ruang angkasa internasional yang mengorbit di Bumi dengan ketinggian 360 Km. contoh : lima satelit yang di luncurkan dari stasiun luar angkasa internasional pada hari kamis 4 Oktober 2012 yang di sebut CubeSat yang digunakan untuk berbagai macam misi seperti observasi bumi. . 11) Stasiun angkasa Stasiun angkasa adalah struktur buatan manusia yang dirancang sebagai tempat tinggal manusia di luar angkasa.

Satelit pada orbit ini akan bergerak sekitar 28163 km/jam.b. 2) Satelit MEO ( Medium Earth Orbit ) Satelit MEO adalah satelit yang mempunyai garis edar menengah yaitu sekitar antara 10. Waktu untuk revolusi satelit LEO adalah 2 hingga 6 jam.000 km/jam  Waktu Tampak  Delay Time: 10 ms ( Waktu perambatan gelombang dari stasiun bumi ke satelit dan kembali lagi ke stasiun bumi)  Jumlah Satelit: 50 (Global Coverage)  Penggunaan: Satelit Citra. Waktu untuk revolusi satelit MEO adalah 6 hingga 12 jam. Satelit pada low orbit hanya dapa terlihat oleh station bumi sekitar 10 menit. Berdasarkan ketinggian garis edar 1) Satelit LEO ( Low Earth Orbit ) Satelit LEO adalah satelit yang mempunyai garis edar yang rendah yaitu antara 500 km hingga 10. Satelit pada orbit ini dapat menyeselaikan satu putaran mengeliling bumi antara 30 menit hingga 1 jam. Cuaca.000 km dari permukaan bumi. satelit LEO sangat banyak diluncurkan untuk berbagai macam aplikasi. Mata-mata. Elipsat. Constellation.000 km dari permukaan bumi. Satelit pada lingkaran low earth orbit ditempakan sekita 161 hingga 483 km dari permukaan bumi. Karakteristik satelit LEO  Tinggi orbit: 200 – 3000 km.000 km hingga 20. Pada masa sekarang satelit LEO yang mengorbit digunakan untuk aplikasi komunikasi seluler. sistem telekomunikasi bergerak (mobile) contohnya satelit Iridium dan Global Star. dan Odessey.5 jam  Kecepatan putar: 27. di atas permukaan bumi  Periode Orbit: 1. Contoh satelit LEO adalah Global Star. Karena sifatnya yang terlalu dekat dengan permukaan bumi menyebabkan satelit ini akan bergerak sangat cepat untuk mencegah satelit tersebut terlempar keluar dari lintasan orbitnya. Aplikasi dari satelit jenis LEO ini biasanya dipakai pada sistem Remote Sensing dan Peramalan Cuaca karena jarak mereka dengan permukaan bumi yang tidak terlalu jauh. Karena jarak yang tidak terlalu jauh dan biaya yang murah. Akibatnya bahwa jumlah satelit LEO sudah sangat padat. Iridium. tercatat sekarang ada 8000 lebih satelit yang mengitari bumi pada orbit LEO. .

000 km/jam  Waktu Tampak: 2 – 4 jam per hari  Delay Time: 80 ms ( Waktu perambatan gelombang dari stasiun bumi ke satelit dan kembali lagi ke stasiun bumi)  Jumlah Satelit: 10 – 12 (Global Coverage)  Penggunaan: Satelit Citra. di atas permukaan bumi  Periode Orbit: 24 jam  Kecepatan putar: 11. Cara Kerja Satelit Satelit yang mengitari bumi pada orbitnya akan dikendalikan oleh Master Control Station di stasiun bumi.000 km/jam  Waktu Tampak: Selalu tampak ( karena kecepatan putar satelit sama dengan kecepatan putar bumi  Delay Time: 250 ms ( Waktu perambatan gelombang dari stasiun bumi ke satelit dan kembali lagi ke stasiun bumi)  Jumlah Satelit: 3 (Global Coverage)  Penggunaan: Banyak digunakan oleh satelit untuk sistem telekomunikasi tetap. Asiasat.000 – 12. Pengendalian satelit yang berada puluhan ribu kilometer dari bumi menggunakan sistem otomatis yang didasarkan atas dua sistem pengendalian. 3) Satelit GEO ( Geostatinonary Earth Orbit ) Satelit GEO adalah satelit yang berada pada orbit geostasioner yaitu sekitar 36. Contoh satelit GEO adalah satelit palapa dan satelit intelsat. Intelsat. Karakteristik satelit MEO  Tinggi orbit: sekitar 6. 1. D. Mata-mata. yaitu 1 hari. Spin Stabillized Satellite . Cuaca.000 km dari permukaan bumi.800 km. di atas permukaan bumi  Periode Orbit: 5 – 12 jam  Kecepatan putar: 19. yaitu Spin Stabillized Satellite dan Three Axiz Body Stabillized. seperti Palapa. sistem telekomunikasi bergerak (mobile) misalnya satelit Oddysey dan ICO. Orbit stasioner merupakan orbit yang dapat mengakibatkan waktu revolusi satelit GEO sama dengan rotasi bumi.000 km. dll. Karakteristik satelit GEO  Tinggi orbit: sekitar 35.

Spin Stabillized Satellite merupakan metode pengendalian satelit dengan cara menggerakan body satelit secara berputar untuk menuju ke suatu posisi tertentu yang diinginkan. karena benda ini berfungsi sebagai penerima transisi di setiap wilayah di dunia.Y. pada kenyatannya akan bergeser dari orbit yang sebenarnya. . komunikasi satellit dan cara kerjanya berguna sebagai repeater di langit. Kerja satelit terbagi dua. Hal lain yang penting perannya dalam jaringan komunikasi satelit adalah antena satelit. dari ketiga sumbu tersebut akan dipetakan menjadi posisi pitch. dan Z. Upulink adalah transmisi yang dikirim dari planet bumi menuju satelit. Satelit secara teori akan diam pada posisinya di orbit. Umumnya komunikasi satelit menggunkan begit banyak transponders. yaitu alat yang memungkinkan terjadinya komunikasi dua arah. Three Axiz Body Stabillized Three Axiz Body Stabillized merupakan pengontrolan posisi satelit berdasarkan sumbu koordinal X. Sedangkan sebuah satelit spancing (penempatan satelit) digunakan adar dalam melakukan transmisi lebih mudah berdasarkan wilayahnya. satelit juga menggunakan transponders. 2. yaitu cara uplink dan downlink. Power sistem yang digunkakan oleh satelit diperoleh dari sinar matahari yang diubah bentuk menjadi listrik yang menggunkan sel surya (solar cells). Pada dasarnya. sedangkan downlink yaitu transmisi dari satelit ke stasiun bumi. roll and yaw.

Pesawat memperoleh energi matahari itu dengan menggunakan struktur seperti sayap besar yang diberi nama panel surya. Pesawat luar angkasa yang berada lama di uang angkasa membangkitkan tenaga dengan energi matahari. Motor menggerakkan panel dihadapkan ke cahaya matahari. dan satelit dilengkapi dengan sensor yang mencari arah cahaya. Sel-sel tersebut dibuat dari bahan yang disebut silikon. Panel surya hanya akan bekerja bila saat menghadap ke arah matahari. setiap panel surya tersusun atas banyak sel yang lebih kecil sel surya menghasilkan tnaga listrik saat terkena cahaya. . Satelit juga dilengkapi dengan sumber tenaga yang berdurasi 12 tahun yang merupakan bahan bakarnya agar dapat beroperasi.

Related Interests