Conversi Kaset ke CD

A. Pendahuluan

Mungkin banyak di antara kita yang masih mengoleksi bahkan menyimpan
kaset - kaset pita. Namun sayang rasanya bila kaset tersebut jarang
didengar dan diputar. Apalagi jika kaset tersebut sudah tersimpan sangat lama dan
tidak pernah ada perawatan khusus sehingga kaset tersebut bisa sampai berdebu,
berjamur, bahkan mungkin pita pada kaset tersebut kusut atau rusak sehingga
mengurangi kualitas suara kaset tersebut. Terkadang kita juga malas untuk
memutar kaset pita tersebut satu persatu karena proses yang sedikit merepotkan
atau tidak praktis. Apalagi sekarang adalah zamannya teknologi yang semakin
maju dan serba praktis sehingga kita dapat memudahkan pekerjaan atau
mendapatkan hiburan seperti mendengarkan musik.
Kini kita dapat mendengarkan musik dengan MP3 Player yang lebih mudah
penggunaannya daripada kaset pita. Dan mungkin alangkah baiknya jika koleksi
kaset pita tersebut didokumentasikan ke dalam CD dengan format MP3 karena
penggunaannya yang mudah. Merekam lagu dari kaset pita ke format MP3
bukanlah sebuah pekerjaan yang sulit. Namun dibutuhkan perlakuan khusus agar
hasil ripping bisa maksimal. Kualitas audio dari hasil ripping ditentukan dari
beberapa hal, yaitu seperti teknik merekam, tape player yang digunakan, dan
kondisi kaset yang akan digunakan tersebut. Berikut adalah gambar instalasi dasar
merekam.

B. Alat Yang Digunakan
1. Personal Computer ( PC )
2. Tape Recorder (yang ada port head out Earphone out), untuk memutar kaset
pitanya.
3. Jack + kabel dari phone out tape.
4. Kaset Pita
5. CD Blank
6. Software :
a. Software tool perekam Audacity
b. WAV MP3 Converter Setup

C. Langkah – Langkah Mengubah Kaset Pita ke MP3
1. Sebelum melakukan perekaman dari pita kaset ke komputer, sebaiknya periksa
dulu kondisi suara dari kasetnya. Pastikan suara dari kaset tersebut cukup
bagus karena bila suara yang dihasilkan kaset tadi
tidak maksimal, maka hasil rekamannya pun tidak maksimal. Untuk yang dari
radio, pastikan saluran (channel) radio pas dan kualitas suara
adalah yang paling baik saat perekaman. Biasanya, saat malam hari
adalah saat yang tepat kalau ingin merekam siaran radio karena cuaca dan
udara sangat berpengaruh pada penerimaan gelombang radio.

periksa pada bagian inputnya. Kemudian hubungkan tape compo dengan PC.5 mm bolak-balik. Secara default. Setelah semua beres. Untuk menghindari insiden overwriting (penulisan ulang) pada file audio. pilih Preferences. Pada Audio I/O tab. pilih Direktories tab. Anda bisa mengeset stereo. Selanjutnya. Selanjutnya. pada Location. pilih "Make a copy of the file before editing" dibawah "When importing uncompressed audio files" di dalam pilihan Audacity. persiapkan jack 3. Lalu siapkan software tools perekamnya. Gunakan ruang yang cukup untuk menyimpan data musik.sourceforge. Ada output. 5. Pilih WAV (Microsoft 16 bit PCM) sebagai Uncompressed export Format. bila ingin. Anda tinggal mencolokkan jack audio out RCA dari tape compo. Bila Anda ingin merekam side A secara penuh. Setelah proses koneksi tape compo ke komputer selesai. Karena secara default Line-In dalam kondisi Mute. pilih File Formats tab. masih pada Preference. Selanjutnya. Selanjutnya. tentukan sendiri letak File Tempnya. tools ini cukup bagus. Konfigurasikan Line-In dengan mengklik dua kali icon speaker pada system tray atau klik Start > Control Panel > Sounds and Audio Devices. 3. 9. bisa juga melalui colokan headphone. Pada Preference. dan klik tombol Record pada Audacity. 4.net/. Anda bias mengeset sebagai Line-In ataupun Stereo Mix. yang berguna untuk menghubungkan konektor earphone ke konektor sound card. Klik tombol Advanced pada bagian Device Volume dari Control Panel Sounds and Audio Devices. sekarang setting Preferens pada Audacity. hilangkan tanda Mute. colokkan ke input. Hal ini tentu saja akan banyak memakan memori Anda. sebagai contoh digunakan Software Audacity. Buka preferences dari menu Edit. pada bagian Chanels. Untuk ukuran gratis. 7. pilih 2 (stereo). Komputer akan merekam suara yang dihasilkan oleh tape recorder tadi apa adanya. perhatikan di bagian Recording. bila suara pita kaset ataupun siaran radio tadi tidak maksimal. input recording dari Audacity adalah mono. 8. . input dan mic. Anda bisa bisa mengunduhnya secara gratis di http://audacity. 6.2. biarkan sampai semua lagu di sisi A habis. file MP3 yang dihasilkan nantinya juga tidak akan maksimal. Anda bisa mengontrol output format untuk audio. anda bisa memindahkan File Temp ke direktori lain. Biasanya colokan yang berwarna biru (posisi di tengah) atau lihat gambar di samping ketiga colokan komputer sebagai petunjuknya. karena dia sanggup meredusi noise yang dihasilkan oleh tape recorder. mainkan musik dari tape compo. Jadi.

Sekarang Anda sudah mempunyai sebuah lagu yang siap dikonversikan ke MP3 12. dan tekan tombol record pada Audacity. Setelah selesai. Klik "Add Files" untuk memilih file MP3 dan menambahkannya ke daftar konversi. lalu pilih Paste pada menu edit. Klik "Convert" untuk mengkonversi semua file MP3 ke format WAV. Untuk proses copy. Tunggu hingga proses selesai E. Setelah proses recording selesai. Setelah itu. Download WAV MP3 Converter dari link berikut : http://www. pilih file yang akan kita masukan dengan mengeklik tombol add. Setelah semua selesai. Untuk menandainya Anda tinggal mengklik dan geser sesuai lagunya dan pilih Copy pada menu Edit. Tunggu beberapa waktu sampai semua lagu pada kaset habis. 13. pilih New pada menu file. Proses Konverting 1. 11. Setelah nero terbuka pilih menu Data > Make Data CD/DVD pada kotak tampilan nero. D. 14.com/wavmp3_converter. Selanjutnya tandai setiap satu lagu selesai. Untuk proses copy. Peluncuran WAV MP3 Converter 3. Lalu copy dan cut. Anda tinggal memainkan musik dari tape recorder. tekan Stop. 5.wav- mp3. Proses Burning 1. Pilih satu atau lebih file MP3 yang akan dikonversi. Setelah selesai akan muncul disc content. Dari sini Anda bisa memilah-milah untuk dijadikan potongan per lagu.exekemudian instal perangkat lunak. Convert MP3 ke WAV 7. 8. pada langkah ini perhatikan . lalu pilih Paste pada menu edit. mainkan lagu dari Audacity. Sekarang sudah mempunyai sebuah lagu yang siap dikonversikan ke MP3. Klik save dan OK 15. Untuk memotongnya. tinggal menandai awal dan akhirnya yang akan di copy. 2. Anda tinggal menandai awal dan akhirnya yang akan di copy. kotak bantuan untuk memilih data atau file kita yang akan dimasukkan ke dalam cd / dvd. Beri nama file pada lokasi yang diinginkan. Anda telah punya file Wave yang berisi semua lagu dari sisi A. Untuk menandainya tinggal mengklik dan geser sesuai lagunya dan pilih Copy pada menu Edit. 16.10. 2. Setelah itu. Pilih Target File Format Pilih "untuk WAV" 6. Pilih MP3 File 4. pilih New pada menu file. Pertama buka software nero. Simpan file dengan cara mengeklik file => export.

3. MP3 dan lebih lagi. Zune dapat mengkonversi format yang biasanya tidak dikenal seperti AAC. WAV. 11. 10. 8. setelah selesai klik Burn. dBpoweramp Music Converter : dapat digunakan untuk mengambil lagu dari CD sekaligus mengkonversi mereka menjadi format apapun yang anda mau. Setelah selesai klik next untuk melanjutkan proses 3. 4. jika sudah selesai cek cd yang kita burning. AAC dan lebih lagi. Acoustica MP3 to Wave Converter Plus : konversi MP3 menjadi WAV dengan mudah sehingga anda dapat membuat CD atau meng-edit lagu dengan mudah. Anda dapat mengkonversi audio anda satu per satu atau secara sekaligus dengan pilihan seperti normalisasi volume atau silence removal 6. WAV dan WMA ke MIDI dengan berbagai fitur tambahan lainnya. akan tetapi ingin mendengarkan mereka di pemutar MP3. apakah isinya sesuai dengan yang masukkan. FLAC dan banyak lagi. Tunggu proses burning selesai. Free WMA to MP3 Converter : dengan alat ini anda dapat mengkonversi WMA menjadi MP3 untuk diputar di berbagai alat pemutar audio. Direct Audio Converter and CD Ripper : pecinta musik dapat menggunakan alat ini untuk mengkonversi data-data musik menjadi format-format populer lain tanpa mengubah susunan folder dan tag. 12. Banyak audio dapat dikonversi sekaligus walaupun mereka tidak memiliki format yang sama. 5. Pada Final Burn Setting kita dapat mengubah nama cd / dvd yang kita burning dan contreng fungsimultisession dics agar cd yang kita burning dapat kita tambahkan data pada lain waktu. RM to MP3 Converter : apabila anda memiliki berbagai lagu dalam format Real Media. jumlah data yang akan kita masukkan jangan sampai melebihi batas maksimal penyimpanan cd / dvd yang kita gunakan. OSS Audio Converter : konverter audio yang memiliki level kustomisasi tinggi. Audacity : alat bagus yang dapat mengkonversi kaset menjadi rekaman digital atau CD. Audio Converter : memiliki banyak format untuk konversi termasuk AIFF. Zune Multi-Extension Support Mod : dengan tambahan aplikasi ini. Vorbis OFF. FreeRIP : aplikasi gratis ini memungkinkan anda untuk mengkonversi audio berformat MP3. 2. alat ini dapat membantu anda untuk mengkonversi Real Media menjadi MP3 secara satu per satu ataupun secara massal. APE. 7. Intelliscore Polyphonic WAV to MIDI Converter : konversi MP3. All Converter : gunakan All Converter untuk mengganti format audio anda dari berbagai format populer seperti MP3. 9. Software Conversi Audio : 1. Jika isi sesuai dengan yang kita masukkan berarti burning cd kita sukses dan tidak bermasalah. . DVR-MS dan MPEG.