SILABUS

MATA KULIAH LOGIKA MATEMATIKA
KODE MK : MTK 2506

SEMESTER GENAP TAHUN AKADEMIK 2015/2016
DISUSUN OLEH :

………………………………………….

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA
FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
IAIN ANTASARI BANJARMASIN
2016

5. implikasi logis dan ekuivalensi logis. operasi dalam logika matematika dan sifat-sifatnya. Nama MK/Kode MK : Logika Matematika / MTK 2506 2. Tambahan : LO IAIN ANTASARI ambil dari VISI-MISI (Penciri identitas diri) 2. Mahasiswa dapat menggunakan operasi logika matematika dalam pemecahan masalah. 5. SILABUS KURIKULUM PERKULIAHAN PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA A. MK Prasyarat :- 4. Mahasiswa dapat menggunakan argumen dan sifat-sifat operasi logika matematika untuk menarik kesimpulan yang valid. bentuk-bentuk argumen. IDENTITAS MATA KULIAH 1. serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. D. DESKRIPSI MATA KULIAH Mata kuliah ini dimaksudkan untuk memberi kemampuan pada mahasiswa tentang konsep logika matematika meliputi pernyataan. Dosen : ……………………. dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok. kuantor.. B. 2. Mahasiswa dapat menentukan bentuk-bentuk argumen yang valid. Beban SKS/Semester : 2 SKS / II (Dua) 3. Mahasiswa dapat menentukan nilai kebenaran menggunakan tabel kebenaran. 6. 4. . serta aturan dan berbagai macam teknik penarikan kesimpulan dan pembuktian. Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data. Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan IPTEKS pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi. tabel kebenaran. Mahasiswa dapat memahami konsep pernyataan dan kalimat terbuka. 3. Mahasiswa dapat menerapkan bentuk-bentuk pernyataan dalam pemecahan masalah. CAPAIAN PEMBELAJARAN (LEARNING OUTCOME) PRODI 1. Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi. 7. 4. C. Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam. CAPAIAN PEMBELAJARAN (LEARNING OUTCOME) MATA KULIAH 1. argumen dan metode deduksi seperti validitas dan kebenaran. 3. bentuk-bentuk pernyataan. Mahasiswa dapat menggunakan kuantor pada kalimat terbuka dan menentukan negasinya.

konstanta 1. Menentukan pernyataan atau bukan pernyataan 2. Penyelesaian dan himpunan penyelesaian 3. Variabel dan Mahasiswa dapat : tentang kalimat terbuka. Membuat pernyataan majemuk dengan operasi 3.E. Menentukan nilai kebenaran dari hasil operasi disjungsi 6. Memberikan contoh pernyataan tunggal dan 3. Operasi konjungsi implikasi 4. Membuat pernyataan majemuk dengan operasi . SILABUS PERKULIAHAN No Pertemua Tujuan Pembelajaran Pokok Bahasan Capaian Pembelajaran n Ke- 1. Notasi kalimat 3. Menentukan nilai kebenaran dari suatu pernyataan pernyataan majemuk 4. Membuat pernyataan majemuk dengan operasi 5. Operasi konjungsi disjungsi 3. Menentukan himpunan penyelesaian dari suatu terbuka kalimat terbuka dalam matematika 4. Operasi 1. I Mahasiswa dapat memahami 1. Menjelaskan pengertian logika matematika pada kalimat matematika matematika 2. Pengertian Mahasiswa dapat : pernyataan dan bukan pernyataan logika 1. III Mahasiswa dapat memahami 1. Menentukan negasi dari suatu pernyataan matematika konjungsi 2. Nilai kebenaran dari pernyataan 2. Membedakan antara variabel dan konstanta konstanta dan himpunan 2. Operasi disjungsi biimplikasi 5. Pernyataan majemuk tunggal dan 4. II Mahasiswa dapat memahami 1. Operasi negasi Mahasiswa dapat : operasi-operasi dalam logika 2. Menentukan nilai kebenaran dari hasil operasi 4. variabel. Pernyataan dan terhadap satu kalimat matematika bukan pernyataan 3. Kalimat 2. Menentukan suatu kalimat matematika penyelesaian terbuka merupakan pernyataan atau kalimat terbuka 3.

Menyelidiki nilai kebenaran suatu pernyataan suatu pernyataan 2. Menentukan kuantor universal atau eksistensial kuantor dalam kalimat terbuka dan 2. implikasi 7. Menentukan sifat-sifat ekuivalensi logis logis 7 VII Mahasiswa dapat memahami Konvers. Tabel kebenaran dengan tabel kebenaran dari suatu pernyataan 5. IV Mahasiswa dapat memahami 1. Pernyataan. 3. Menentukan nilai kebenaran dari operasi biimplikasi 4. VI Mahasiswa dapat memahami 1. Menentukan suatu pernyataan kontradiksi 2. V Mahasiswa dapat memahami 1. Implikasi Mahasiswa dapat: bentuk-bentuk pernyataan dalam logis dan 1. VIII Ujian Tengah Semester 9. IX Mahasiswa dapat memahami 1. pernyataan pernyataan yang benar . Membuat pernyataan biimplikasi 9. invers Mahasiswa dapat membuat konvers. Menentukan ekuivalensi logis dari suatu pernyataan 2. Menentukan nilai kebenaran suatu pernyataan dalam logika dan mampu operasi pada berdasarkan urutan operasi logika membuat tabel kebenaran dari logika 2. Urutan Mahasiswa dapat : urutan pada pemakaian operasi pemakaian 1. Mahasiswa dapat : bentuk-bentuk pernyataan dalam kontradiksi dan 1. Menentukan implikasi logis dari suatu pernyataan logika matematika ekuivalensi implikasi logis 2. Menentukan suatu pernyataan tautologi logika matematika kontingensi 2. Menentukan dua pernyataan yang ekuivalen yang ekuivalen menggunakan tabel kebenaran 6. Tautologi. Pengertian Mahasiswa dapat : penggunaan bentuk-bentuk kuantor 1. Diagram venn di depan kalimat terbuka sehingga menjadi mampu membuat diagram venn. Menentukan nilai kebenaran dari hasil operasi implikasi 8. Sifat-sifat biimplikasi ekuivalensi 3. Menentukan suatu pernyataan kontingensi pernyataan 4. invers dan kontra bentuk-bentuk pernyataan dalam dan kontra positif positif dari pernyataan implikasi logika matematika 8.

Menentukan negasi dari suatu pernyataan dan mampu membuat diagram dengan satu dengan satu kuantor venn dari negasi pernyataan dan dua 2. Membuat diagram venn dari negasi pernyataan venn dari berkuantor negasi 4. Bentuk. Kebenaran konklusi dan validitas 2. Operasi pernyataan berkuantor 11. Menentukan invaliditas dari suatu argumen . Menentukan negasi dari suatu pernyataan berkuantor kuantor dengan dua kuantor 2. Pengertian Mahasiswa dapat : berbagai penarikan kesimpulan argumen 1. Membuat diagram venn dari suatu pernyataan 3. Sifat-sifat 2. Menggunakan bentuk argumen yang valid dan n Invaliditas sifat-sifat operasi logika untuk menyelidiki validitas suatu argumen 4. Menggunakan sifat-sifat operasi logika untuk operasi logika membuktikan ekuivalensi pernyataan 3. XII Mahasiswa dapat memahami 1. Pembuktia 3. Menentukan secara simbolis dari operasi pernyataan pernyataan berkuantor berkuantor 3. XI Mahasiswa dapat memahami 1. Pengkuantoran berkuantor kalimat 3. Menentukan kuantor universal dan eksistensial terbuka dengan di depan kalimat terbuka dua variabel sehingga dua variabel menjadi pernyataan yang benar 10. Menggunakan bentuk argumen yang valid untuk dalam berbagai bentuk argumen argumen menyelidiki validitas suatu argumen 2. Penyimpul invalid an 3. Menentukan pernyataan sebagai premis dan dalam berbagai bentuk argumen 2. Negasi Mahasiswa dapat : negasi dari pernyataan berkuantor dari pernyataan 1. Menyusun premis agar mendapatkan kesimpulan yang benar 12. X Mahasiswa dapat memahami 1. nya berkuantor 2. Menentukan suatu argumen yang valid atau 3. Diagram 3. Mahasiswa dapat : berbagai penarikan kesimpulan bentuk 1.

Menentukan validitas suatu argumen kontradiksi menggunakan aturan kontradiksi 14. Menentukan validitas suatu argumen berbagai bentuk argumen 2. Bentuk Kegiatan : Diskusi dan Tugas. Pendekatan. Pembuktia Mahasiswa dapat : berbagai penarikan kesimpulan dalam n tautologi 1. Menggunakan bentuk argumen yang valid dan berbagai bentuk argumen 2. SUMBER BACAAN/REFERENSI : 1. XIII Mahasiswa dapat memahami 1. XVI Ujian Akhir Semester (UAS) F. Pembuktia menggunakan aturan implikasi n dengan 2. Pembuktia Mahasiswa dapat : berbagai penarikan kesimpulan dalam n implikasi 1. Jakarta: Universitas Terbuka . 3. 13. Pembuktia sifat-sifat operasi logika untuk menentukan n dengan pernyataan tautologi kontrapositif 2. XIV Mahasiswa dapat memahami 1. Evaluasi : Tes Tertulis G. Karso. PENILAIAN : Penilaian hasil belajar terdiri dari 3 komponen yaitu Nilai Ujian Tengah Semester(UTS). Membuat pembuktian pernyataan implikasi menggunakan aturan kontrapositif 15. Kuis dan Kehadiran UAS = Nilai Rata-Rata Ujian Akhir Semester H. Metode dan Model Perkuliahan : Perkuliahan Aktif dan Menyenangkan 2. XV Mahasiswa dapat menerapkan Penerapan logika Mahasiswa dapat menggunakan konsep logika logika matemtaika dalam matematika matematika dalam berbagai soal pemecahan masalah pemecahan masalah 16. Nilai Rata-Rata Tugas dan Kehadiran dan Nilai Ujian Akhir Semester (UAS). Pengantar Dasar Matematika. SISTEM PERKULIAHAN 1. Rumus yang digunakan untuk memperoleh Nilai Akhir (NA) adalah : NA   3 x UTS   3 x Tugas    4 x UAS 10 Keterangan : NA = Nilai Akhir UTS = Nilai Rata-Rata Ujian Tengah Semester Tugas = Nilai Rata-Rata Tugas Individu/Kelompok.

S. M.. Matematika Diskrit dan Aplikasinya pada Ilmu Komputer. Karso. M. 1986. - .Pd.Si …………………………………… NIP. Kaprodi Pendidikan Matematika Penyusun Dr. Jakarta: Universitas Terbuka 3. Yogyakarta: Andi Press Mengetahui Banjarmasin.2. ……………………. Sabirin. Djong Jek Siang.197604102000031001 NIP. Logika Elementer.

Related Interests