You are on page 1of 9

Bab 1 peendahuluan

a. Latar belakang

Saat ini kertas sudah menjadi suatu kebutuhan penting dalam kehidupan sehari-hari. Setiap hari
pasti kita membutuhkan kertas untuk menulis, mencetak ataupun membungkus sesuatu. Dari
aktivitas tersebut, tentu saja ada yang tidak terpakai yang akhirnya menjadi sampah. Sepertinya,
sampah kertas ini memang terlihat tidak terlalu berat. Akan tetapi sampah ini seringkali kita
temukan dirumah, perkantoran, percetakan, dan sekolah. Oleh karena itu, jelas terlihat bahwa
yang namanya sampah pasti menimbulkan masalah yang dapat mangganggu kebersihan dan
keindahan lingkungan karena berserakan dimana-mana.
Padahal, sesungguhnya sampah kertas tersebut masih dapat dimanfaatkan kembali dengan cara di
daur ulang. Bahkan, dari hasil pembuatan kertas daur ulang tersebut dapat dibuat sesuatu benda
baru yang tentunya memiliki nilai seni, seperti : tempat foto, tempat pinsil, dan aneka kreasi
lainnya yang dapat dibuat sesuai dengan kreativitas seseorang.
Usaha ini sangat menarik karena dapat menciptakan sesuatu benda baru yang bermanfaat
tentunya dengan modal yang tidak terlalu besar karena bahan baku utamanya adalah sampah
kertas. Selain itu, dengan usaha ini berarti kita telah membantu pemerintah untuk mengurangi
volume sampah yang ada. Bahkan dengan pengolahan yang sederhana dan dikombinasikan
dengan sampah alami dilingkungan sekitar kita maka aneka benda baru dapat bermanfaat dengan
penampilan baru yang kaya akan nuansa alami. Atas ide tersebut, penulis berusaha membuat
suatu bentuk baru diantaranya adalah memanfaatkan kertas bekas sebagai media pembelajaran.

b.rumusan masalah
Bagaimana cara membuat kertas bekas sebagai media pembelajaran?

Bahan-bahan apa sajakah yang dipergunakan dalam pengolahan kertas bekas sebgai media
pembelajaran?

Bagaimana solusi untuk menyelesaikan masalah sampah pada saat ini?

Tujuan penelitian
Untuk mengetahui pengertian daur ulang limbah.
Untuk mengetahui Manfaat Sampah Kertas.

Namun anggapan seperti itu tidak selalu benar. hal ini dikarenakan plastik dan kertas merupakan benda yang paling banyak digunakan manusia dan tentunya paling banyak dibuang dan menghasilkan sampah. sampah juga dapat dimanfaatkan untuk menjadi barang yang bernilai jual dan menguntungkan. Saat mendengar kata sampah mungkin hal yang ada di benak kita hanyalah benda kotor dan tidak berguna. Tahapan pertama kertas bekas yang sudah dikumpulkan. kartas daur ulang merupakan produk dari bahan kertas bekas. direndam dalam air untuk menghancurkan kertas. Kemudian. adonan tersebut kemudian di cetak menggunakan cetakan khusus agar rapi dan tipis.Pembaca dapat menambah wawasan pengetahuan tentang limbah kertas.cara dan bahan yang diperlukan dalam pengolahan kertas bekas sebagai media pembelajaran. Manfaat penelitian 1. namun dapat menjadi masalah yang sangat besar apabila tidak ditangani secara serius. Dalam hal ini sampah plastik dan kertas merupakan masalah utama yang sering ditemui masyarakat. . kertas yang sudah hancur kemudian dicampur dengan lem. 3. Bab 2 tinjauan pusataka pengertian Daur Ulang kertas Sampah merupakan hal kecil yang sering dilupakan . Pembaca dapat mengetahui manfaat dari pengelolaan limbah kertas. Pembaca dapat mengetahui dampak negatif yang ditimbulkan limbah kertas.Pembaca dapat mengetahui cara pengelolaan sampah kertas yang benar. Setelah melalui tahap pencampuran. 2. biasanya kertas daur ulang seperti ini dijual ke para pengrajin untuk selanjutnya di buat menjadi barang bernilai seni. Untuk membuka kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan lingkungan. Salah satunya kertas daur ulang. Dengan demikian maka kita dapat menaggulangi masalah sampah yang ada di sekitar kita. Bahan untuk membuat kertas daur ulang dapat berupa sampah koran. dan dapat memperoleh keuntungan dari hasil pemanfaatan sampah. kardus . .dan lain-lain. Untuk membuat kertas daur ulang tidak membutuhkan proses yang rumit dan bahan yang mahal.Untuk mengetahui cara. 4. Setelah di cetak kertas kemudian di jemur agar kering dan dapat dimanfaatkan.

seperti emas dari prosessor komputer. Daur ulang adalah salah satu strategi pengelolaansampah padat yang terdiri atas kegiatan pemilahan. Reduce. Bentuk lain dari daur ulang adalah ekstraksi material berharga dari sampah. Secara garis besar. Meskipun mirip. daur ulang adalah proses penggunaan kembali material menjadi produk yang berbeda. pembersihan. tidak dikategorikan sebagai proses daur ulang. mengurangi penggunaan energi. Penghematan yang cukup besar pada energi juga didapat dengan mendaur ulang kertas. Material yang bisa didaur ulang terdiri dari sampah kaca. and Recycle). dan plastik. dan barang elektronik. proses pembuatan kompos yang umumnya menggunakan sampah biomassa yang bisa didegradasi oleh alam. plastik. contohnya kertas bekas harus menjadi kertas dengan kualitas yang sama. dan emisi gas rumah kaca jika dibandingkan dengan proses pembuatan barang baru. atau ekstraksi material yang berbahaya bagi lingkungan. kerusakan lahan. pemrosesan. logam. daur ulang adalah proses pengumpulan sampah. atau busa polistirena bekas harus menjadi polistirena dengan kualitas yang sama. pendistribusian dan pembuatan produk / material bekas pakai. logam. mengurangi penggunaan bahan baku yang baru. seperti merkuri. penyortiran. kaca. hal ini sulit dilakukan karena lebih mahal dibandingkan dengan proses pembuatan dengan bahan yang baru. Daur ulang adalah proses untuk menjadikan suatu bahan bekas menjadi bahan baru dengan tujuan mencegah adanya sampah yang sebenarnya dapat menjadi sesuatu yang berguna. pengumpulan. Proses daur ulang alumunium dapat menghemat 95% energi dan mengurangi polusi udara sebanyak 95% jika dibandingkan dengan ekstraksi alumunium dari tambang hingga prosesnya di pabrik. tekstil. dan komponen utama dalam manajemen sampah modern dan bagian ketiga adalam proses hierarki sampah 3R (Reuse. kertas. Daur ulang lebih difokuskan kepada sampah yang tidak bisa didegradasi oleh alam secara alami demi pengurangan kerusakan lahan. dan pemrosesan material baru untuk proses produksi. Pada pemahaman yang terbatas. Daur ulang adalah sesuatu yang luar biasa yang bisa didapatkan dari sampah. timah hitam dari baterai. Jadi. mengurangi polusi. Manfaat Sampah Kertas . Seringkali. proses daur ulang harus menghasilkan barang yang mirip dengan barang aslinya dengan material yang sama.

. Bahkan dengan pengolahan yang sederhana dan dikombinasikan dengan sampah alami dilingkungan sekitar kita maka aneka benda baru dapat bermanfaat dengan penampilan baru yang kaya akan nuansa alami. pelapis permukaan boks karton. WAKTU DAN LOKASI Penelitian ini di lakukan pada 20 november sampai 30 Novenber 2010 dan dilakukan di sekolah.. Oleh karena itu. Bab III.. Metode penelitian a.. alat dan bahan bahan :  kertas bekas  tepung tapioka  gincu / pewarna  papan triplek alat :  ember  gayung  kain lap  sendok  kain saring  baskom  panci  kompr . b. Variabel kontrol : kertas bekas. daur ulang sampah plastic ini sudah banyak di gunakan seluruh masyarakat tanpa mereka sadar bahwa bahan dari produk tersebut adalah dari sampah kertas. dengan usaha ini berarti kita telah membantu pemerintah untuk mengurangi volume sampah yang ada. umumnya produk kertas daur ulang tersebut digunakan untuk membuat kerajinan tangan seperti kartu ucapan. kap lampu. Produk dari daur ulang sampah kertas adalah berupa kertas yang teksturnya cantik sehingga dikenal sebagai art paper. tas.. Variabel bebas : ? Variabel terikat : ? Hipotesis : apakah kertas bekas bisa menjadi media pembelajaran. Selain itu. Usaha ini sangat menarik karena dapat menciptakan sesuatu benda baru yang bermanfaat tentunya dengan modal yang tidak terlalu besar karena bahan baku utamanya adalah sampah kertas.

barang fungsional dan sebagai bahan bangunan. kuning untuk alat kelamin. 6. dapat tercipta beberapa barang yang bermanfaat bagi manusia jika di daur ulang. BAB IV. botol bekas. pisahkan barang/material yang dapat didaur ulang dengan sampah yang harus dibuang ke penimbunan sampah. Mekanisme implementasi yang efisien termasuk insentif terhadap pasar. 5. dan recycle (mendaur ulang). Pengelolaan yang baik salah satunya dengan cara daur ulang. Setelah diberi warna lalu dikeringkan. Kredibilitas para pengambil kebijakan. akan menghasilkan manfaat positif bagi masyarakat. lalu dicetak sesuai dengan pola pada papan triplek. daur ulang adalah penggunaan kembali material/barang yang sudah tidak terpakai untuk menjadi produk lain. barang/material yang terkumpul dijual ke pabrik. dll. Keterlibatan masyarakat. rancangan penelitian langkah kerja penelitian sebagai berikut : 1.  kuas c. biomass dan energi untuk listrik. lalu dijemur hingga kering. Dituang tepung beserta air secukupnya ke dalam panci. Langkah-langkahnya adalah Pemisahan. 4). selain itu juga bisa diolah menjadi energi bio arang. 2005 ” Mengolah Sampah”(online)). 7. pencemaran dapat diminimalisir. 8. Pengiriman/penjualan. misalnya boks untuk kertas bekas. 5). 2). (Pustekkom. 2. lalu diperas dan disisihkan.5 Pembahasan Masalah Jika sampah dikelola dan diolah dengan baik. 3. Lingkungan menjadi bersih. Perhatian yang signifikan terhadap pasar daur ulang. 3). simpanlah barang/material kering yang sudah dipisahkan tadi dimasukkan ke dalam boks/kotak tertutup tergantung jenis barangnya. Penyimpanan. yang membutuhkan material tersebut sebagai bahan baku atau dijual ke pemulung. Direndam kertas didalam baskom berisi air dan dihancurkan hingga teksturnya seperti bubur. 4. Pastikan barang/material tersebut kosong dan akan lebih baik jika dalam keadaan bersih. reuse (menggunakan kembali barang yang biasa dibuang). Komitmen yang berkelanjutan terhadap kualitas yang tinggi terhadap semua operasi fasilitas . Kunci sukses pengelolaan sampah meliputi: 1). Pengelolaan sampah yang baik harus memenuhi 3-R reduce (mengurangi penggunaan barang yang menghasilkan sampah). Setelah diletak di papan triplek sesuai dengan pola. Sampah bisa dimanfaatkan sebagai kompos untuk pupuk organik. lalu dicampur dengan lem tepung dan diaduk hingga merata. Lebih jauh sampah dapat dijadikan barang-barang aksesoris. Diambil bubur kertas yang sudah dicampur lem tepung tadi. lalu dimasak dengan api yang kecil sambil diaduk hingga menjadi kental seperti lem. dan hijau untuk daun. Diwarnai bubur kertas yang telah kering sesuai dengan pola bunga yaitu merah untuk mahkota. Disaring bubur kertas. digambarkan pola cetakan bunga pada papan triplek. HASIL DAN PEMBAHASAN .

di dalam lingkungan pipa-pipa plastik biasa di gunakan sebagai saluran air di rumah dan juga biasanya masyarakat mengunakan pipa plastik sebagai saluran pembuangan di kloset. Dalam kerja Ilmia kami mengambil batok kelapa sebagai bahan kami dalam kerja Ilmia ini. Sampah Nonorganik Sampah nonorganik tidak dapat terurai secara cepat di lingkungan tetapi Dengan kreativitas kita. 6). Evaluasi yang efektif terhadap strategi atau opsi yang dipilih. pengelolaansampah memerlukan payung hukum yang jelas. dan pada Kerja Ilmia kami ini. sedangkan rantang plastik biasa di gunakan sebagai tempat makanan atau tempat lauk bagi orang-orang yang biasanya membawa bekal pada waktu berpergian. sampah organik terbagi atas dua jenis yaitu sampa kering dan sampah basa. dan Marcia E. di dalam kerja Ilmia ini kami menggunakan sampah organik yang kering : Sampah kering (organik) Sampah kering berjenis organik adalah sampah yang mudah kita jumpai di lingkungan kita seperti daun-daun pohan yang sudah gugur kering. pipa-pipa plastik. Dalam perkembangan zaman saat ini sudah banyak masalah-masalah yang timbul akibat ketidak pedulian masyarakat terhadap lingkungan yang memiliki dampak yang bahaya pada kehidupan kita. Solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut. William. kami memanfaatkan sampah plastik sebagai bahan yang akan kami gunakan : Sampah plastik Sampah plastik merupakan sampah yang sangat sukar terurai di lingkungan perlu bertahun- tahun untuk dapat terurai di lingkungan karna sampah ini terbuat dari bahan-bahan kimia. 1 Hasil . selain itu diperlukan juga partisipasi dan dukungan pemerintah untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan dengan menitikberatkan terhadap masalah sampah yang telah menjadi permasalahan utama. Frank Kreith. kita bisa memanfaatkan sampah ini untuk beragam kebutuhan. (Bagong Suyoto dalam Prof. botol-botol plastik. salah satunya adalah sampah. batok kelapa. ada beberapa jinis sampah plastik yaitu kantong plastik. Yang tak kalah pentingnya. dll. 2005. Dan ini bisa menjadi petaka yang menyeramkan.dll. Dalam Kerja Ilmia ini kami menggunakan pipa-pipa plastik bekas dan rantang plastik bekas sebagai bahan dalam pembuatan kerja ilmia kami. pengelolaan sampah. Prof. “ Menghindari Malapetaka Sampah ” ). Sampah organik Sampah organik merupakan sampah yang mudah untuk terurai dalam lingkungan dan juga setelah terurai biasanya sampah ini bisa menjadi pupuk alami bagi tumbuhan yang ada pada lingkungan. ranting-rangti batang pohan yang kering. pengelolaan sampahakan tetap buruk. sampah yang menumpuk dan berserakan dimana-mana sangat merusak pemandangan kita dan mencemari lingkungan juga udara di sekitar kita. diperlukan peran serta dan kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan terhadap lingkungan sekitar. Kalau tidak. Sampah sudah menjadi permasalahan yang besar di kalangan masyarakat sekarang ini. sampah terbagi atas dua jenis yaitu samapah organik dan sampah nonorganik salah satu sampah yang paling mencemar lingkunagan adalah sampah nonorganik karna sampah jenis ini sangat susah untuk terurai. rantang plastik dll. George Tchohanoglous. di lingkungan batok kelapa biasa di gunakan masyarakat sebagai bahan pembuat arang atau bara api untuk memasak selain itu ada juga yang menggunakan batok kelapa sebagai bahan membuat hiasan-hiasan rumah.

tali rapia. sampah datang dari berbagai macam sumber. . Salah satunya dengan membuat tas salempang tersebut yang tadinya sudah tidak digunakan sehingga. Itu semua dapat menimbulkan berbagai macam bencana seperti: banjir. dan dapat menimbulkan pencemaran lingkungan banyak masyarakat yang tidak mempedulikan bahwa pentingnya keindahan bagi setiap masyarakat. sangat memperihatinkan yaitu dengan banyaknya sampah yang terbuang disekitar kita. Sampah yang kami ambil yaitu sampah anorganik yang berupa limbah atau sampah dari Koran bekas menjadi sebuah tas. Sesuai yang diinginkan. sampah-sampah yang menumpuk di mana-mana tanpa ada kesadaran untuk menindak lanjuti. merupakan sampah atau hasil olahan tersebut yang berasal dari sampah sekolah dan tempat yang pusat olahannya bahan kertas yang dapat dimanfaatkan kembali. Di dalam kehidupan masyarakat terutama di Indonesia.dan tempurung kelapa dan ini. Bagaimana agar sampah tersebut tidak menjadi suatu masalah dalam kehidupan lingkungan.plastik. Gabungkan sampah Koran tersebut menjadi bentuk tas. Pembuatan tas salempang ini dapat dilakukan dengan berbagai tahap pembuatan yaitu: Siapkan semua bahan yang ingin digunakan Buatlah pola sesuai dengan apa yang diinginkan. Dari berbagai kondisi tersebut kami mengambil tindakan untuk membuat suatu karya atau kerajinan dengan memanfaatkan sampah-sampah tersebut. Seperti yang kita ketahui. kami berpikir dengan membuat tas itu dapat bermanfaat. dan sebagainya. Sampah Koran. Sampah terbagi atas dua yaitu sampah organik. Terlalu banyak permasalahan sampah di masyarakat itu. dan sampah anorganik.

Dalam pembuatan ini kami sengaja mengambil Koran bekas sebagai bahan utama. .Berilah hiasan pada tas tersebut yang sudah dibuat sesuai pola. Gambar: dari hasil pengolahan sampah Koran menjadi tas salempang. untu dijadikan suatu kerajinan.

agar bisa menjaga lingkungannya dengan berbagai macam cara yang kreatif. yaitu dengan mengurangi pencemaran sampah yang ada di lingkungan sekitar. Dalam internet pengolaha sampah Koran di buat menjadi barang berguna . Dari kerajinan yang kami buat itu. Sebenarnya sampah memiliki banyak manfaat terutama bagi masyarakat. kami mengambil tema yaitu: pemanfaatan Koran dan plastic bekas menjadi tas salempang . 4. Sehingga kondisi sampah yang menjadi masalah dalam pencemaran lingkungan dapat berkurang. kami mendapatkan informasi dari internet. Dari semua hasil pengerjaan ini kita dapat menjawab semua pertanyaan- pertanyaan yang sering muncul. Selain dari itu dalam kegiatan pengolahan sampah. Dan cara-cara pembuatannya sudah dapat kita ketahui dari teori diatas. . Bahwa pemanfaatan Koran bekas ini memiliki ciri khas tersendiri dengan menjadikan sampah Koran bekas menjadi tas salempang yang tadinya hanya sampah yang tidak pernah terpikirkan menjadi suatu barang yang berguna. Salah satunya sampah anorganik yang kami gunakan untuk membuat suatu kerajinan.2 Pembahasan Sampah-sampah yang tidak digunakan. yaitu dengan membuat tas dari Koran bekas. Kerajinan tersebut sudah sering kami dapatkan. Maka dari itu kami membuat sesuatu yang lebih unik dan jarang ditemukan. Agar bisa memberi inspirasi terhadap masyarakat dalam memanfaatkan sampah atau barang bekas menjadi suatu barang yang bernilai tinggi dan dapat digunakan. itu juga memberi manfaat untuk masyarakat. Maka dari itu. bisa kita olah kembali dengan keinginan masing-masing.