You are on page 1of 4

I-1

BAB I

PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang

Sumatera Selatan merupakan salah satu provinsi yang cukup kaya akan

sumber daya energi dan salah satunya adalah batubara. Batubara yang terdapat di

Sumatera Selatan sebagian adalah batubara peringkat rendah (low rank coal). Di

era energi sekarang, batubara merupakan salah satu energi alternatif. Seperti yang

terjadi di daerah Tanjung Enim, permintaan batubara semakin meningkat pada

beberapa dekade terakhir yang digunakan untuk bahan bakar utama pada

Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) dan bahan bakar utama pada pembakaran

bahan baku industri semen. Hal ini juga didorong dengan menipisnya cadangan

minyak bumi dunia khususnya di Indonesia sendiri. Selain itu aspek ekonomi,

perdagangan batubara pada pasar internasonal juga mengalami peningkatan yang

cukup signifikan seiring meningkatnya kebutuhan energi dunia.

PT. Bukit Asam (Persero), Tbk. merupakan salah satu perusahaan yang

bergerak dibidang pertambangan batubara yang lokasinya berada di daerah

Tanjung Enim, Sumatera Selatan. Sebagai perusahaan penambangan yang cukup

besar, PTBA memiliki banyak blok penambangan yang ada di PTBA bernama

Tambang Air Laya (TAL), Muara Tiga Besar (MTB), Muara Tiga Besar Selatan

(MTBS) yang dalam pengoperasian penambangannya menggunakan sistem

tambang terbuka yang mana dalam penambanganya sendiri mengunakan dua

metode penggalian continous mining method dan convesional mining method.

penulis membatasi ruanglingkup pembahasan masalah. Pembatasan Penulisan Dalam laporan Praktek Kerja Lapangan (PKL) ini.3. Manfaat dari Praktek Kerja Lapangan ini adalah mahasiswa dapat memahami kegiatan operasional penambangan batubara di PTBA terutama pada kegiatan continous mining di Tambang Air Laya. Studi literatur dilakukan dengan mencari bahan-bahan pustaka yang menunjang dan diperoleh dari : a. Tujuan Dan Manfaat Adapun tujuan dari penulisan laporan Praktek Kerja Lapangan ini adalah untuk memberikan penjelasan tentang aktivitas penambangan di PTBA terutama pada continous mining Method di Tambang Air Laya. I-2 1. Selain itu juga manfaat kegiatan ini adalah mengetahui proses kerja alat dan alat-alat yang digunakan pada continous mining di Tambang Air Laya.2. 1. Selain itu juga untuk memenuhi persyaratan kurikulum di Politeknik Akamigas Palembang. Metode Penulisan Metode penulisan yang digunakan dalam penyusunan laporan praktek kerja lapangan ini adalah metode penggabungan antara teori dengan data-data yang ada di lapangan sehingga dari keduanya didapat pendekatan masalah.4. Adapun urutan metode penelitian tersebut antara lain : 1. 1. Perpustakaan . Instansi yang terkait dalam permasalahan b. Laporan PKL ini membahas tentang penambangan continous mining method pada lokasi penambangan jalur V di Tambang Air Laya.

. I-3 c. Melakukan pencatatan terhadap proses produksi yang sedang berlangsung dan melakukan wawancara seperlunya. pembatasan masalah. Penelitian di lapangan dilakukan dengan beberapa tahap yaitu : a. Menentukan lokasi pengamatan dan mengambil data-data yang diperlukan untuk penyelesaian masalah. tujuan penulis. 1. Brosur-brosur 2. Susunan dan pembagian tersebut adalah sebagai berikut : BAB I PENDAHULUAN Pada bab ini tercantum latar belakang. Melakukan pemotretan dan wawancara seperlunya. dengan melakukan pengamatan secara langsung terhadap proses yang terjadi dan mencari informasi pendukung yang berkaitan dengan permasalahan yang akan dibahas. Mencocokkan dengan perumusan masalah. yang bertujuan agar penelitian yang dilakukan tidak meluas serta data yang diambil dapat digunakan secara efektif. Pengambilan data dilakukan dengan cara : a.5. b. c. Peta. Observasi lapangan. b. grafik dan tabel d. metode penulisan dan sistematika penulisan. 3. Sistematika Penulisan Penyusunan laporan penelitian ini akan disusun per bab yang didalamnya terdapat sub bab yang akan menguraikan permasalahan yang ada dan pemecahan masalah secara singkat dan jelas.

yang mana dikhususkan pada kegiatan pertambangan di Tambang Air Laya (TAL). I-4 BAB II TINJAUAN UMUM Bab ini membahas bagaimana sejarah berdirinya PTBA. BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN Bab ini membahas kesimpulan dan saran hasil dari penelitian yang dilakukan oleh penulis. . cadangan dan kualitas batubara. iklim dan curah hujan. BAB III TINJAUAN KHUSUS Bab ini membahas tentang kegiatan-kegiatan yang dilakukan di PTBA. lokasi dan kesampaian daerah. keadaan geologi.